Parenting

Pilih Mana: Medela Calma atau Comotomo?

Botol susu bayi merupakan perlengkapan bayi yang cukup penting untuk para ibu perhatikan. Dengan botol susu bayi yang berkualitas tentunya bayi akan senantiasa nyaman ketika meminum susu, seperti halnya Medela Calma dan Comotomo yang sampai saat ini masih menjadi andalan para ibu.

Medela Calma dan Comotomo sebenarnya tidak hanya menyediakan botol susu, namun pada pembahasan kali ini Selera.id akan mengulas lebih dalam mengenai botol susu bayi dari kedua produk ini.

Untuk itu yuk simak terus artikel kali ini agar kamu bisa dapatkan perbandingan dan acuan dalam memilih botol susu bayi yang baik untuk si bayi. Stay tune!

Medela Calma atau Comotomo

Medela Calma

Medela Calma merupakan botol susu keluaran terbaru dan pertama oleh medela. Dengan konsep khusus serta serupa sekali berlainan dengan botol susu lainnya untuk menghindari “bingung puting” sehingga bayi bisa kembali menyusu secara alami dengan memakai botol susu ini.

Penelitian terakhir membuktikan kalau dengan gerakan naik-turun dari lidah akan membuat kondisi ruang vakum yang akan mengontrol jumlah ASI yang keluar dari payudara Ibu.

Botol susu Medela Calma mempunyai sistem berbeda dengan botol susu lainnya. Sistem yang digunakan yaitu susu akan mengalir keluar ketika bayi menghisap, seperti ketika menghisap payudara ibu. Artinya, bayi bisa mengatur sendiri ketika ingin mengisap susu, bernapas, dan berhenti sejenak.

Dengan teknologi ini bayi akan terhindar dari resiko tersedak yang disebabkan oleh aliran susu yang keluar tanpa dihisap. Ukuran dot Medela Calma ini cukup dapat dipakai dalam waktu jangka panjang sebab bentuk serta ukurannya didesain cocok dengan kebutuhan serta perkembangan si kecil.

Jadi, ibu tidak perlu bingung lagi memilih botol susu yang lubang dotnya sesuai untuk bayi. Bentuk botolnya pun simpel sehingga mudah untuk disimpan di dalam tas. Dengan begitu tak heran bila Medela Calma sampai sekarang masih menjadi andalan para ibu untuk si bayi. Baca juga Pilih Mana: Comotomo atau Pigeon?

Medela Calma atau Comotomo

Kelebihan Medela Calma

  • Memiliki sistem botol yang bagus untuk bayi
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa botol susu Medela ini memungkinkan bayi menyusu dari botol tanpa mengubah perilaku alami yang dipelajari saat menyusu langsung dari payudara Ibu. Sebab, susu dalam botol tidak akan mengalir secara otomatis. Perihal ini memberi kesempatan bayi istirahat sejenak untuk mengambil nafas secara teratur sebelum kembali menyedot susu, sehingga bayi juga terhindar dari bahaya tersedak dan bingung puting.
  • Tidak perlu ganti dot
    Tidak perlu ganti dot untuk berbagai macam umur. Seperti halnya payudara satu ukuran cocok untuk segala umur. Perihal ini sebab aliran susu diatur oleh pergerakan lidah bayi itu sendiri, sehingga para ibu tidak perlu khawatir dengan bayi yang sedang meminum susu dari Medela Calma.
  • Menggunakan material yang aman bagi kesehatan bayi (pelopor BPA Free)
    Dengan begitu para ibu tentu tidak perlu khawatir lagi dengan sistem dan manfaat yang diberikan oleh Medela Calma untuk aktivitas menyusu si bayi. Tak heran bila Medela Calma sampai sekarang masih jadi andalan bagi para ibu.

Kekurangan Medela Calma

  • Harga mahal
    Medela Calma dikenal memiliki harga yang mahal. Beberapa penggunanya memang mengeluhkan kekurangan yang satu ini, namun tentunya ini sesuai dengan manfaat dan kenyamanan si bayi untuk aktivitas mereka menyusu setiap harinya.
  • Tidak terdapat dot dan tutup botol ketika membeli satu paket botol Medela
    Ketika membeli satu paket botol susu dari Medela tidak ada dot dan tutup botol jadi botol tidak dapat dibawa pergi. Namun solusinya para ibu bisa membeli ring+tutup botol merk medela jadi fungsi sama dengan botol lainnya.
  • Tidak bisa didapatkan di sembarang toko
    Medela Calma ini tidak bisa kamu dapatkan di toko-toko bayi yang kurang lengkap. Produk ini biasa dijual di mall, toko bayi yang besar dan toko-toko online juga sekarang sudah banyak yang menjualnya.

Comotomo

Comotomo merupakan brand botol bayi dari Amerika Serikat (USA). Comotomo botol susu anti-kolik pertama di dunia yang terbuat dari silikon, dengan desain dual anti-colic vent dan bentuk natural menyerupai payudara Ibu, sehingga mendorong bayi meminum ASI/susu secara nyaman

Botol bayi Comotomo merupakan best-seller di Amerika dari jutaan SKU dan produk botol bayi yang ditawarkan di USA marketplace. Comotomo dijual dalam 2 warna : Pink dan Hijau, 2 ukuran : 150 ml dan 250 ml dalam Single Pack Twin Pack.

Botol susu Comotomo ini diklaim memiliki material yang aman, BPA Free, dan memiliki bahan lembut “natural feel” saat dipegang oleh bayi. Terbuat dari bahan silikon yang fleksibel.

Medela Calma atau Comotomo

Bahan botol yang lembut seperti kulit memudahkan bayi untuk menyusu dari botol sehingga bayi tidak bingung. Desainnya juga memudahkan susu mengalir dengan lancar ke dalam mulut anak.

Lihat juga:  Pilih Mana: Nutramigen atau Neocate?

Tekstur botol silikon yang lembut memudahkan bayi untuk memegang botol, meningkatkan kemampuan motorik bayi, dan aman apabila sampai tidak sengaja terjatuh mengenai wajah bayi atau bahkan jatuh ke lantai.

Kelebihan Comotomo

  • Dibuat dari material yang aman
    Semua material yang dipakai pada botol ini aman untuk kesehatan kecil, BPA Free, dan memenuhi standar kualifikasi FDA. Mayoritas botol ini dibuat dari bahan silikon yang notabene lebih aman dibandingkan material plastik BPA Free. Jadi tidak ada alasan untuk para ibu khawatir dengan produk ini.
  • Botol sangat elastis
    Tekstur botol bayi ini sangatlah elastis dan fleksibel. Bentuk botol ini juga menyerupai telur. Jadi, ada bagian yang lebar dan juga ramping. Hal ini untuk memudahkan untuk anak menggenggam ataupun meremasnya. Dari sini, diharapkan bayi dapat mengalami sensasi yang sama dengan ketika menyusui langsung.
  • Desain yang menarik
    Didesain untuk mengurangi resiko bingung puting dan bahannya yang lembut “natural- feel” saat dipegang oleh bayi dia akan seperti memegang sesuatu yang lembut sebab dibuat dari bahan silikon yang notabene fleksibel (elastis) dan mendekati sifat kulit tubuh manusia.

Kekurangan Comotomo

  • Harga mahal
    Kekurangan pertama pada botol susu Comotomo yaitu terletak pada harganya yang mahal sama seperti Medela Calma. Brand asal Amerika ini dibanderol hampir 300 ribu rupiah untuk kemasan single 150 ml dan 250 ml. Namun tentu saja harga yang mahal sebanding dengan kualitas dan keamanan yang ditawarkan produk botol susu Comotomo ini.
  • Terlalu lembut
    Kekurangan selanjutnya dari Comotomo adalah tekstur bahannya yang terlalu lembut membuat si kecil menjadi senang menggigit daripada menyedotnya dan lama-kelamaan melepasnya.
  • Sulit ditemukan
    Dan kekurangan terakhir dari produk ini adalah item yang sulit ditemukan. Botol susu merk Comotomo susah ditemukan pada toko bayi ready stock karena barangnya impor dari luar negeri, dan juga harganya lumayan mahal. Kamu dapat membeli Comotomo di toko online yang sekarang juga sudah banyak yang menjualnya.
SpesifikasiMedela CalmaComotomo
MaterialPlastik bebas Bisphenol A (BPA-Free)Terbuat dari silikon dan aman digunakan (BPA Free)
Harga per Desember 2019Rp 223.500,-Rp 260.000,-

Medela Calma atau Comotomo

Langkah supaya memberikan bayi susu dalam botol sebaik menyusui

1. Dekatkan bayi ke tubuh ibu
Ketika bayi menyusu di payudara Ibu, seluruh tubuhnya berada dalam dekat dengan dada Ibu. Wajah, lengan serta tangan keduanya bersentuhan kulit ke kulit dengan ibu.

2. Buatlah saat memberi susu sebagai waktu yang istimewa
Lihat matanya ketika memberi susu dan bicara dengan lembut kepada bayi Ibu, beri dia perhatian penuh. Ubah posisi selama memberi susu, mirip saat bayi menyusu di payudara Ibu. Minimalkan gangguan- gangguan seperti TV, ponsel, maupun percakapan dengan orang lain sebisa mungkin.

3. Buatlah supaya waktu memberi susu merupakan waktu untuk Ibu
Beberapa orang tua membandingkan saat-saat memberi susu dengan botol yaitu saat bayi dipegang Ibu, persis seperti yang dia rasakan bila menyusu dari payudara Ibu. Ia akan melihat, mencium dan merasakan Ibu selama menyusu dan ini akan memperkuat ikatan khusus itu.

4. Kenali isyarat lapar bayi
Semua bayi lebih suka minum susu kapanpun saat mereka lapar, dan bukan dengan mengikuti jadwal yang ketat. Mengenali isyarat lapar bayi lebih awal juga berarti dia tidak stres ketika Ibu menyiapkan susunya. Menangis merupakan isyarat lapar paling akhir, lebih baik dihindari.

5. Atur aliran susu dari botol
Bayi mungkin membutuhkan bantuan Ibu untuk mengendalikan aliran susu dari botol, sehingga ia mempunyai waktu untuk jeda dan istirahat sejenak saat minum susu. Bila aliran susu ke mulutnya tetap, ia mesti terus menelan. Yang kelihatannya seperti minum susu dengan antusias serta cepat mungkin sesungguhnya bayi Ibu sedang berupaya untuk mengatasi kewalahannya.

Pilih Mana: Medela Calma atau Comotomo?

Medela CalmaComotomo
Kelebihan- Memiliki sistem botol yang bagus untuk bayi - Tidak perlu ganti dot - Menggunakan material yang aman bagi kesehatan bayi (pelopor BPA Free) - Dibuat dari material yang aman - Botol sangat elastis - Desain yang menarik
Kekurangan- Harga mahal - Tidak terdapat dot dan tutup botol ketika membeli satu paket botol Medela - Tidak bisa didapatkan di sembarang toko - Harga mahal - Terlalu lembut - Sulit ditemukan

Kesimpulan

Setelah membahas Medela Calma dan Comotomo tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua produk botol susu bayi ini memiliki kualitas yang bagus dan terjamin keamanannya. Untuk itu para orang tua tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan kedua produk ini. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Medela Calma vs Comotomo

VS

Leave a Reply