Parenting

Pilih Mana: Medela Calma vs Avent Natural

Saat ini banyak sekali beredar botol susu bayi dengan berbagai merk, Namun untuk memilih botol susu untuk bayi sangatlah perlu perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan, Karena bayi memiliki sensitifitas ynag tinggi, Jika memilih botol susu yang tidak nyaman buatnya akan menghambat bayi untuk mengkonsumsi susu lho bun! Nah, dari berbagai merk botol susu bayi yang ada munculah brand Medela Calma dan Avent Natural yang sudah banyak di percaya para orang tua di luar sana.

Nah pada artikel kali ini kami akan membandingkan keduanya, untuk melihat botol susu mana yang lebih unggul dan cocok untuk kebutuhan bayi bunda? Yuk langsung saja disimak artikel di bawah ini!

Medela Calma vs Avent Natural

Medela Calma

Medela Calma dirancang secara eksklusif sebagai alternatif untuk ibu menyusui yang ingin menyusui bayi mereka dengan ASI. Calma memungkinkan bayi untuk menghisap, menelan dan bernapas seperti mereka pelajari pada payudara. Baca juga: Pilih Mana: Medela Calma atau Comotomo?

Calma dikembangkan dalam kerjasama dengan ahli menyusui dari Hartmann Human Lactation Research Group di University of Western Australia. 

Botol susu Medela Calma ini juga dilengkapi dengan sistem berbeda dengan botol susu pada umumnya. Sistem yang digunakan yaitu susu akan mengalir keluar ketika bayi menghisap, seperti ketika menghisap payudara ibu. Artinya, bayi bisa mengatur sendiri ketika ingin mengisap susu, bernapas, dan berhenti sejenak.

Dengan teknologi ini bayi akan terhindar dari resiko tersedak yang disebabkan oleh aliran susu yang keluar tanpa dihisap. Ukuran dot Medela Calma ini cukup dapat dipakai dalam waktu jangka panjang sebab bentuk serta ukurannya didesain cocok dengan kebutuhan serta perkembangan si kecil.

Jadi, ibu tidak perlu bingung lagi memilih botol susu yang lubang dotnya sesuai untuk bayi. Bentuk botolnya pun simpel sehingga mudah untuk disimpan di dalam tas. Dengan begitu tak heran bila Medela Calma sampai sekarang masih menjadi andalan para ibu untuk si bayi.

  • Nipple.
  • Untuk memberikan asi pada bayi.
  • Didesain khusus untuk membantu ibu yang belum bisa menyusui secara alami.
  • Bayi dapat minum, bernafas, dan jeda secara teratur.
  • Material : Plastik bebas Bisphenol A (BPA-Free), Volume : 150 mL.

Kelebihan Medela Calma

  • Menggunakan material yang aman bagi kesehatan bayi
    Dengan begitu para ibu tentu tidak perlu khawatir lagi dengan sistem dan manfaat yang diberikan oleh Medela Calma untuk aktivitas menyusu si bayi. Tak heran bila Medela Calma sampai sekarang masih jadi andalan bagi para ibu.
  • Botol dirancang khusus untuk penggunaan bayi
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa botol susu Medela ini memungkinkan bayi menyusu dari botol tanpa mengubah perilaku alami yang dipelajari saat menyusu langsung dari payudara Ibu. Sebab, susu dalam botol tidak akan mengalir secara otomatis. Perihal ini memberi kesempatan bayi istirahat sejenak untuk mengambil nafas secara teratur sebelum kembali menyedot susu, sehingga bayi juga terhindar dari bahaya tersedak dan bingung puting.
  • Dot sesuai dengan berbagai usia anak
    Tidak perlu ganti dot untuk berbagai macam umur. Seperti halnya payudara satu ukuran cocok untuk segala umur. Perihal ini sebab aliran susu diatur oleh pergerakan lidah bayi itu sendiri, sehingga para ibu tidak perlu khawatir dengan bayi yang sedang meminum susu dari Medela Calma.

Medela Calma vs Avent Natural

Kekurangan Medela Calma

  • Dot dan tutup dot dijual terpisah
    Ketika membeli satu paket botol susu dari Medela tidak ada dot dan tutup botol jadi botol tidak dapat dibawa pergi. Namun solusinya para ibu bisa membeli ring+tutup botol merk medela jadi fungsi sama dengan botol lainnya.
  • Harga cukup tinggi
    Medela Calma dikenal memiliki harga yang mahal. Beberapa penggunanya memang mengeluhkan kekurangan yang satu ini, namun tentunya ini sesuai dengan manfaat dan kenyamanan si bayi untuk aktivitas mereka menyusu setiap harinya.
  • Penjualan hanya ada di beberapa store
    Medela Calma ini tidak bisa kamu dapatkan di toko-toko bayi yang kurang lengkap. Produk ini biasa dijual di mall, toko bayi yang besar dan toko-toko online juga sekarang sudah banyak yang menjualnya.

Avent Natural

Avent diproduksi oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris yang memproduksi botol bayi, pompa payudara, dan makanan bayi serta aksesoris kesehatan lainnya. Avent berasal dari sub merek Avent Naturally yang diluncurkan oleh Perusahaan bernama Cannon Rubber.

Lihat juga:  Pilih Mana: SGM atau Lactogrow?

Avent juga menjadi perusahaan makanan bayi pertama yang memproduksi dot dari silikon yang tidak berbau dan tidak berasa, serta inovasi lain yang dipatenkan seperti steam and microwave steriliser dan pompa payudara yang bebas pewangi.

Avent Natural memperkenalkan botol susu dengan konsep katup dot yang mempunyai irama keluarnya cairan menyesuaikan keinginan si anak. Material botol susu terbuat dari material kualitas tinggi yang tahan panas, serta dibuat dari Polypropylene yang bebas BPA. Philips Avent Natural ternyata memiliki 4 pilihan ukuran lubang aliran susu sesuai usia atau kondisi bayi:

    • Aliran untuk bayi yang baru lahir
      Ideal untuk bayi yang baru lahir dan bayi yang menyusu mulai dari 0 bulan+.
    • Aliran lambat
      Ideal untuk bayi yang baru lahir dan bayi yang menyusu mulai dari 1 bulan+.
    • Aliran sedang
      Aliran ini dikhususkan untuk bayi usia 3 bulan ke atas.
    • Aliran cepat
      Aliran yang lebih cepat untuk bayi usia 6 bulan ke atas.

Medela Calma vs Avent Natural

Kelebihan Avent Natural

      • Terdapat pilihan ukuran lubang aliran susu
        Alasan bayi tersedak saat menyusui dari botol adalah aliran susu yang masuk ke mulutnya terlalu deras sedangkan ASI yang langsung dari ibu dapat disesuaikan sesuai permintaan bayi. Maka dari itu, Philips Avent menerapkan prinsip layaknya ASI pada produk botol susu mereka dengan variasi ukuran dot yang bisa dipilih sesuai usia anak. Mulai dari 0 bulan hingga Sembilan bulan. Bahkan ada juga untuk cairan kental.
      • Tahan panas
        Kelebihan pertama yang ada pada botol susu Avent ini yaitu botol tahan terhadap suhu panas sekalipun, serta dibuat dari Polypropylene yang bebas BPA, alhasil zat kimia beresiko tidak akan ikut terminum oleh anak dikala botol dalam kondisi temperatur panas.
      • Mudah dibersihkan
        Selain kualitasnya yang terjamin aman bagi bayi, botol susu dari Philips Avent juga sangat mudah dibersihkan karena leher botol yang lebar alias wide neck. Anda bisa membersihkannya hingga ke seluruh bagian hingga lekukan di dasar botol. Tapi Anda jangan lupa untuk tetap mensterilkan botolnya setelah dicuci agar botol benar-benar higienis dan bebas kuman.

Kekurangan Avent Natural

      • Ukuran botol yang cukup besar untuk bayi
        Kekurangan yang pertama yang ada pada botol susu Avent Natural yaitu ukuran botol susu terbilang cukup besar jika digunakan oleh bayi yang baru lahir.
      • Rawan pecah karena terbuat dari material kaca
        Tidak seperti merk botol susu lain yang terbuat dari Polipropylene, botol susu Avent Natural ini terbuat dari kaca borosilicate sehingga rawan pecah. Oleh karena itu, Anda harus ekstra berhati-hati saat mencuci dan mensterilkannya.
      • Harga cukup tinggi
        Brand populer dan terkenal seperti Avent Natural pastinya akan meluncurkan produk-produk yang berkualitas tinggi dan tidak abal-abal, sehingga harga yang dipatok juga cukup tinggi. Hal itu tentu tidak menjadi masalah karena keamanan dan kesehatan bayi tetap menjadi utama.
Spesifikasi Medela Calma Avent Natural
Dikembangkan di Australia Inggris
Hal yang di unggulkan Dot terbuat dari silikon lembut dan lentur dan Bahan BPA free. Terdapat 4 pilihan ukuran lubang aliran susu yang dapat disusaikan dengan usia anak.
Harga Rp. 180.000 - Rp. 300.000 Rp. 70.000 - Rp. 200.000

Pilih Mana: Medela Calma vs Avent Natural

Medela Calma Avent Natural
Kelebihan- Menggunakan material yang aman bagi kesehatan bayi - Botol dirancang khusus untuk penggunaan bayi - Dot sesuai dengan berbagai usia anak - Terdapat pilihan ukuran lubang aliran susu - Tahan panas - Mudah dibersihkan
Kekurangan- Dot dan tutup dot dijual terpisah - Harga cukup tinggi - Penjualan hanya ada di beberapa store - Ukuran botol yang cukup besar untuk bayi - Rawan pecah karena terbuat dari material kaca - Harga cukup tinggi

Kesimpulan

Dari kesimpulan artikel di atas yang telah membahas mengenai Medela Calma dan Avent Natural bahwa kedua merk botol tersebt merupakan produk botol susu yang telah memiliki kualitas yang tinggi, Namun tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang adapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan terutama kenyamanan anak, Namun dapat kami sarankan untuk memilih Avent Natural karena memiliki 4 pilihan ukuran lubang aliran susu sesuai usia atau kondisi bayi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Medela Calma vs Avent Natural

VS

Leave a Reply