Parenting

Pilih Mana: Merries atau Sweety?

Popok menjadi kebutuhan penting yang harus dipersiapkan untuk buah hati. Sudah banyak beredar berbagai jenis popok bayi yang mempunyai kualitas yang tinggi di pasaran seperti popok Merries dan Sweety, Kedua popok bersaing untuk mencuri hati para orang tua, dan selalu mengedepankan kenyamanan untuk digunakan untuk si buah hati.

Pada artikel kali ini akan kita bahas kedunya agar dapat di pilih sesuai kebutuhan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing yang akan dikabarkan di bawah ini.

Merries

Merries merupakan produk popok bayi asal Jepang yang sudah mendapat gelar popok bayi nomor 1 di Jepang. Dengan keunggulan yang ada pada produk Merries, PT. Kao Indonesia memutuskan untuk memasarkan popok bayi Merries untuk kebutuhan anak Indonesia sejak tahun 2012. Keunggulan dari Merries sudah dirasakan oleh banyak buah hati Indonesia, seperti berkurangnya peluang terjadinya ruam popok pada bayi. Baca juga Pilih Mana: Merries atau Nepia Genki?

Merries berasal dari bahasa Inggris “merry” yang berarti ceria dan senyuman. Juga terinspirasi dari melodi mainan bayi yang biasa digantung di atas boks bayi untuk membuat mereka tersenyum.

Kelebihan Merries

  • Lebih higienis
    Menggunakan Merries popok sekali pakai, higienitas akan tetap terjaga, karena setiap popok bayi Merries di pack dalam kemasan yang higienis, dan tidak perlu repot mencuci. Popok bayi Merries juga dapat dibuang dengan ringkas dan mudah, sehingga tidak mengotori sekitarnya.
  • Lebih praktis
    Popok Merries memiliki dua tipe yaitu tipe tape dan tipe pants (celana). Untuk tipe tape yang biasa dipakai untuk bayi baru lahir, sangat gampang digunakan dengan penanda ukuran pinggang dan perekat yang dapat dicabut pasang. untuk kalian yang belum terbiasa memakaikan popok pada anak tidak perlu khawatir karena perekat dapat dilepas dan disesuaikan bila diperlukan, tanpa merusak popok.
  • Perekat kuat
    Popok Merries memiliki kelebihan yaitu mempunyai perekat yang dapat dipasang berulang kali, sangat cocok digunakan pada siang hari terlebih dengan aktivitas bayi yang aktif. Selain itu, Merries memiliki feces block gather untuk menahan kotoran agar tidak keluar dari popok.

Kekurangan Merries

  • Tidak tersedia ukuran besar
    Seperti yang dibahas pada awal artikel, para orang tua harus jeli dalam memilih ukuran popok si kecil. Nah, untuk popok merek Merries tidak tersedia untuk ukuran XXL. Merries hanya menyediakan sampai ukuran XL yang dinilai cukup lentur sehingga dapat dipakai hingga berat anak 22 kg.
  • Tidak dilengkapi dengan krim Aloe Vera yang membuat kulit lembab
    Merries tidak dilengkapi dengan krim Aloe Vera, namun kulit bayi tetap kering, nyaman, dan terhindar dari iritasi karena permukaan popok Merries sudah memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  • Popok terasa lembab
    Teknologi Merries melepaskan panas dan lembab agar dapat tetap menahan urin, hal tersebut membuat popok Merries terasa lembab di bagian luar saat dilepaskan.

Berikut beberapa variasi produk popok Merries yang akan dijelaskan pada tabel dibawah ini:

Produk Popok MerriesKeterangan
Merries Popok Tipe PerekatPopok Merries ini menggunakan perekat dalam penggunaanya. Sehingga cocok untuk bayi yang baru lahir karena mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh bayi.
Merries Popok Tipe CelanaPopok ini didesain agar tidak mudah melorot namun tetap nyaman dipakai untuk buah hati yang aktif dalam bergerak.
Merries Good SkinMerries Good Skin merupakan versi ekonomisnya dari popok Merries. Harga Merries Good Skin lebih terjangkau dibanding produk popok Merries lainnya dan juga tersedia dalam kemasan mini sehingga dapat dibawa kemanapun dengan mudah.

Sweety

Sweety yang selalu berinovasi mengikuti keinginan konsumen, dengan berlandaskan riset dan pengembangan yang kuat serta bertaraf internasional, Sweety saat ini memiliki banyak varian yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, diantaranya adalah: Sweety Gold, Sweety Silver dan Sweety Bronze yang masing-masing memiliki dua tipe yaitu Celana (Pants) dan Perekat (Open Comfort).

Sweety merupakan merek popok sekali pakai dari PT. Softex Indonesia yang telah mendapat kepercayaan dari konsumen Indonesia. Sweety sendiri dipercaya telah teruji klinis sebagai popok sekali pakai yang hypoallergenic dan aman untuk kulit bayi.

Kelebihan Sweety

  • Memiliki alarm mengetahui popok penuh
    Popok Merries memiliki alarm khusus yang akan memberitahu ketika waktunya untuk mengganti popok. Hal tersebut bisa diketahui dari garis kuning yang sudah berubah menjadi warna biru yang berarti sudah waktunya untuk mengganti popok.
  • Lebih sehat
    Merries memiliki daya serap tinggi dan sirkulasi udara yang baik, sehingga kulit bayi akan lebih terjaga dan tidak lembab. Hal tersebut karena Merries popok bayi sekali pakai ini menggunakan bahan yang pastinya breathable (dapat dilalui udara) sebagai lapisan untuk menahan cairan supaya tidak tembus atau tumpah.
  • Karet pinggang lembut dan lentur
    Popok sekali pakai merek Sweety mengutamakan kenyamanan bayi sehingga popok didesain dengan karet pinggang yang lembut dan luntur jadi tidak perlu khawatir jika Sweety akan meninggalkan cap dan iritasi pada pinggang bayi.
Lihat juga:  Pilih Mana: SGM atau Lactogen?

Kekurangan Sweety

  • Popok Sweety lebih tebal
    Popok Sweety lebih tebal dari popok Merries, sehingga tidak cocok untuk bayi yang memiliki paha dan pantat yang montok dan membuat bayi tidak nyaman akibat memungkinkan untuk bocor ke samping. Dianjurkan untuk memilih ukuran popok 1-2 ukuran di atas ukuran bayi yang sebenarnya.
  • Tidak semua produk Marries mempunyai penanda popok penuh 
    Kekurangan Merries yang lain yaitu, ada beberapa produk popok Sweety yang tidak memiliki indikator untuk mengetahui jika popok sudah penuh, padahal indikator ini sangat membantu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti popok bayi.
  • Beberapa bayi yang tidak cocok akan ada ruam
    Ada beberapa kasus bayi mengalami ruam popok saat memakai salah satu produk popok dari Sweety. Oleh sebab itu sesuaikan dengan kebutuhan bayi dan sesuaikan dengan varian yang nyaman untuk si kecil.

Berikut beberapa rekomendasi popok Merries yang akan dijelaskan pada tabel dibawah ini:

Produk Popok SweetyKeterangan
Sweety Gold Pants Popok Sweety Gold Pants memiliki bentuk design popok yang tipis tapi tetap aman dari kebocoran saat buah hati beraktifitas.
Sweety Silver Pants Boy and Girl Popok Sweety Silver Pants Boy ini memilki tambahan perlindungan dari natural aloe vera moisturizer yang terkadung di popok akan selalu melembabkan kulit bayi yang sensitif.
Sweety Silver Pants Bahan popok yang lembut dan nyaman memang sudah menjadi satu hal yang dimiliki oleh setiap produk popok dari Sweety termasuk popok tipe celana ini, dengan sirkulasi udara yang baik dan penyerapan yang tinggi menjaga agar kulit tetap kering.
Sweety Bronze PantsSweety Bronze Pants memiliki karet pinggang yang elastis tapi tetap lembut tidak akan meninggalkan bekas kemerahan pada kulit bayi.

Tips memilih popok untuk bayi baru lahir

1. Pilihlah produk yang nyaman dan tidak menimbulkan masalah kulit
Kulit bayi yang halus dan lebih tipis dari kulit orang dewasa membuatnya rentan terhadap stimulus sekecil apapun. jika popok dalam keadaan lembap, kulit bayi akan teriritasi dengan mudah. Sekain itu, bakteri akan mudah masuk dan menyebabkan masalah kulit, seperti ruam pada kulit si kecil.

Kulit bayi yang tipis dan sensitif ini membuat para orang tua harus memperhatikan hal-hal kecil, khususnya pada pemilihan popoknya. 

2. Berdaya serap tinggi agar kulit bayi tetap kering dan lembut
Memilih popok dengan daya serap yang tinggi membuat kulit bayi tetap kering dan lembut. Dengan begitu, masalah kulit seperti ruam maupun gatal tidak akan mudah terjadi. Tidak hanya untuk mencegah kebocoran, pemilihan popok dengan daya serap tinggi juga akan menjaga kulit bayi tetap sehat dan terawat.

Daya serap popok berbeda-beda tergantung merek atau produsen. Oleh sebab itu, penting untuk para orang tua mengetahui produk popok yang akan di gunakan untuk anak.

Di dalam popok sekali pakai, terdapat materi penyerap air yang menyerap cairan dan mengubahnya menjadi wujud gel. Kecepatan serapnya sangat penting untuk menghindari terjadinya kebocoran. 

3. Memiliki Bahan yang lembut agar kulit bayi terbebas dari ruam
Bahan popok yang lembut dan tidak membuat ruam pada bagian kulit yang tertutup popok sangat penting untuk anak. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman saat menggunakannya. Seiring dengan pertumbuhan bayi, kulit akan menjadi lebih tebal dan kuat. Nah, setelah itu kalian baru boleh memilih popok dengan kualitas dan harga yang berimbang.

Harga popok berbahan lembut mungkin lebih mahal dibandingkan dengan popok lainnya. Meskipun begitu, prioritas utama saat memilih popok bayi yang baru lahir bukanlah harga melainkan kualitas.

Pilih Mana: Merries atau Sweety?

Merries Sweety
Kelebihan- Lebih higienis - Lebih praktis - Perekat kuat - Memiliki alarm mengetahui popok penuh - Lebih sehat - Karet pinggang lembut dan lentur
Kekurangan- Tidak tersedia ukuran besar - Tidak dilengkapi dengan krim Aloe Vera yang membuat kulit lembab - Popok terasa lembab - Popok Sweety lebih tebal - Tidak semua produk Marries mempunyai penanda popok penuh  - Beberapa bayi yang tidak cocok akan ada ruam

Kesimpulan

Dari artikel mengenai Merries atau Sweety yang telah dijabarkan, dapat diambil kesimpulan bahwa kedua produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika kalian mencari popok dengan alarm yang dapat memberitahu bahwa popok si kecil penuh kalian dapat memilih Sweety, karena hal tersebut sangatlah penting untuk menjaga kulit anak agar tidak lembab dan nyaman untuk si kecil melakukan kegiatan, Sedangkan produk popok Merries memang terkenal dengan kelembutan dan kenyamanannya dan dapat di pertimbangkan untuk tetap lebih memilih Merries jika membandingkan kenyamanan dan kelembutannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Merries VS Sweety

VS