Elektronik

Pilih Mana: Mesin Cuci 1 Tabung atau 2 Tabung?

Mencuci merupakan aktivitas sehari-hari yang selalu kita lakukan. Saat ini kegiatan mencuci telah menjadi lebih mudah sebab telah ada mesin cuci. Mesin cuci yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses mencuci ini yaitu mesin cuci 1 tabung atau mesin cuci 2 tabung.

 

Mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu mencuci pakaian. Mesin cuci 1 tabung merupakan pengembangan dari mesin cuci 2 tabung sehingga lebih praktis untuk digunakan. Sedangkan mesin cuci 2 tabung masih membutuhkan banyak peranan dan aktivitas fisik pengguna dalam proses pencucian. Baca juga Pilih Mana: Vivo Y81 atau Y83?

Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung merupakan mesin cuci yang hanya terdiri dari 1 tabung saja. Mesin cuci ini dapat mencuci pakaian lebih maksimal dan tidak akan membuat pakaian menjadi berubah bentuk. Proses pencucian dan pengeringan dilakukan dalam 1 tabung.

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung

Berikut beberapa kelebihan mesin cuci 1 tabung yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Hemat Air

Salah satu kelebihan mesin cuci 1 tabung adalah menggunakan air lebih sedikit jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 1 tabung dapat mengatur dengan sendiri secara otomatis jumlah air yang dibutuhkan. Volume air yang dibutuhkan ini tentunya lebih sedikit jika dibandingkan dengan volume air yang dibutuhkan mesin cuci 2 tabung.

  • Lebih Aman untuk Pakaian

Kelebihan lain yang dimiliki mesin cuci 1 tabung adalah lebih aman untuk pakaian Anda. Anda tidak akan menemukan kendala seperti pakaian tersangkut seperti saat Anda memindahkan pakaian ke tabung pengeringan pada mesin cuci 2 tabung. Pada mesin cuci 1 tabun pakaian Anda akan dicuci dan diputar dengan arah vertikal. Dengan demikian pakaian akan cenderung jatuh dan tidak saling berhimpitan.

  • Pakaian Lebih Kering

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki mesin cuci 1 tabung adalah mampu membuat pakaian menjadi lebih kering daripada mesin cuci 2 pintu. Tingkat kekeringan yang diberikan mesin cuci 1 pintu bisa mencapai 90% secara otomatis. Karena itu beban saat proses mencuci hingga mengeringkan pakaian menjadi lebih ringan dan mudah.

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung

Berikut beberapa kekurangan mesin cuci 1 tabung yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan mesin cuci 1 tabung adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Namun hal ini wajar saja sebab mesin cuci 1 tabung merupakan mesin cuci otomatis yang dapat sangat meringankan pekerjaan pengguna sehingga lebih praktis.

  • Mengonsumsi Daya Listrik Lebih Besar

Kekurangan lain yang dimiliki mesin cuci 1 tabung ini adalah mengonsumsi daya listrik lebih besar jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Banyaknya fungsi yang diberikan oleh mesin cuci jenis ini juga membuat daya listrik yang digunakan juga lebih banyak daripada mesin cuci 2 tabung.

  • Lebih Mudah Rusak

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki mesin cuci 1 tabung ini adalah memiliki banyak tombol untuk mengatur proses pengoperasian mesin cuci tersebut. Bagi sebagian orang yang belum memahami dan belum terbiasa untuk menggunakannya, maka akan terasa lebih sulit saat digunakan. Jika terjadi kesalahan maka mesin tersebut akan lebih mudah rusak.

Kelebihan Mesin Cuci 1 TabungKekurangan Mesin Cuci 1 Tabung
- Lebih hemat air- Harga lebih mahal
- Lebih aman untuk pakaian- Mengonsumsi daya listrik lebih besar
- Pakaian lebih kering - Lebih mudah rusak

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci yang masih menuntut banyak aktivitas fisik pengguna. Mesin ini memiliki 2 yang 1 tabung berfungsi untuk mencuci dan 1 tabung lainnya berfungsi untuk mengeringkan.

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

Berikut beberapa kelebihan mesin cuci 2 tabung yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Awet dan Tahan Lama

Salah satu kelebihan mesin cuci 2 tabung atau mesin cuci manual adalah memiliki daya tahan yang lebih awet dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci 2 tabung memiliki kemungkinan rusak yang lebih kecil sebab proses penggunaannya tidak terlalu rumit dan lebih mudah. Karena itulah, mesin cuci 2 tabung ini lebih awet dan tahan lama.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki mesin cuci 2 tabung adalah harga mesin cuci jenis ini lebih terjangkau. Selain memiliki harga yang terjangkau, perawatan mesin cuci manual ini lebih mudah dan sparepartnya juga lebih murah jika dibandingkan dengan mesin cuci otomatis atau mesin cuci 2 tabung.

  • Lebih Hemat Konsumsi Listrik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki mesin cuci manual atau mesin cuci 2 tabung ini adalah lebih hemat dalam mengonsumsi daya listrik. Mesin cuci 2 tabung tidak memerlukan banyak tombol dan settingan sehingga tidak terlalu banyak dalam mengonsumsi daya listrik. Jika Anda membutuhkan mesin cuci yang penggunaan daya listriknya lebih hemat, Anda dapat menggunakan mesin cuci jenis ini.

Lihat juga:  10 Headset Bluetooth Terbaik 2020

Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Berikut beberapa kekurangan mesin cuci 2 tabung yang perlu Anda ketahui:

  • Pengoperasian Masih Manual

Salah satu kekurangan mesin cuci 2 tabung ini adalah proses pengoperasiannya masih manual dan belum otomatis. Mesin cuci jenis ini masih memerlukan campur tangan pengguna untuk memutar tombol untuk mencuci, tombol membuang air, dan tombol mengeringkan pakaian. Bisa dikatakan bahwa proses pengoperasian mesin ini masih merepotkan. Dikutip dari Kompas.com teknologi yang digunakan dalam mesin cuci dua tabung masih minim. Karena itulah mesin cuci ini masih dioperasikan secara manual.

  • Lebih Banyak Mengonsumsi Air

Kekurangan lain yang dimiliki mesin cuci 2 tabung ini adalah lebih banyak dalam mengonsumsi air. Mesin cuci ini tidak bisa mengatur secara otomatis volume air yang dibutuhkan. Dengan demikian, air yang dibutuhkan oleh mesin cuci 2 tabung akan lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung.

  • Dapat Merusak Pakaian

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki mesin cuci 2 tabung adalah dapat membuat pakaian menjadi berubah bentuk, bahkan bisa membuat pakaian menjadi rusak. Hal ini dikarenakan proses pembilasan terjadi dengan cara memusarkan cucian di dalam air. Hal inilah yang akan membuat pakaian dengan bahan tertentu dapat berubah bentuk seperti menjadi lebih lebar atau bahkan kancing menjadi lepas.

Kelebihan Mesin Cuci 2 TabungKekurangan Mesin Cuci 2 Tabung
- Lebih awet dan tahan lama- Pengoperasian masih manual
- Harga lebih terjangkau- Lebih banyak mengonsumsi air
- Lebih hemat konsumsi listrik- Dapat merusak pakaian

Pilih Mana: Mesin Cuci 1 Tabung atau 2 Tabung?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Mesin Cuci 1 TabungMesin Cuci 2 Tabung
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Lebih praktis dan memudahkan- Masih manual dan membutuhkan banyak aktivitas pengguna
- Daya listrik yang dikonsumsi lebih besar- Daya listrik yang dikonsumsi lebih kecil
- Cek harga mesin cuci 1 tabung online termurah, Klik di sini- Cek harga mesin cuci 2 tabung online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung di atas, dapat disimpulkan bahwa mesin cuci 1 tabung memberikan kepraktisan dan memberikan hasil cucian yang lebih baik saat digunakan. Jika Anda ingin mencuci lebih praktis dengan hasil yang baik, Anda dapat menggunakan mesin cuci jenis ini. Namun harga mesin cuci 1 tabung lebih mahal dan lebih mudah rusak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mesin Cuci 1 Tabung vs 2 Tabung

VS

Leave a Reply