ElektronikHome

Pilih Mana: Mesin Cuci Front Loading atau Top Loading?

Terdapat dua jenis mesin cuci yang dapat kalian pilih jika kalian sedang berencana untuk membeli mesin cuci, yaitu mesin cuci front loading atau top loading. Perbedaan antara mesin cuci front loading dan mesin cuci top loading ternyata bukan hanya sekedar desainnya saja lho, tapi juga cara kerjanya.

Jika kalian sedang bingung untuk memilih antara mesin cuci front loading atau top loading sebaiknya kalian simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini.

Mesin Cuci Front Loading

Pengoperasian yang sepenuhnya otomatis menjadi alasan mengapa mesin cuci front load diminati oleh konsumen. Bagi kalian yang memiliki kegiatan yang padat. Mesin cuci ini merupakan pilihan tepat karena proses pencuciannya bisa diserahkan kepada mesin cuci hingga tuntas.

Kalian dapat memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci dan meninggalkannya hingga siklus pencucian selesai. Setelah siklus pencucian selesai, cucian bisa langsung dijemur atau dimasukkan ke dalam mesin pengering. Baca juga Pilih Mana: Mesin Cuci Panasonic atau Sharp?

Mesin cuci front load juga dilengkapi dengan program-program khusus untuk mencuci berbagai jenis bahan pakaian, termasuk bahan seperti wol dan satin.

Pengaturan program meliputi suhu air yang digunakan, lama perendaman, kekuatan putaran tabung, dan lain sebagainya. Mesin cuci ini juga dapat menjadi alternatif bagi Sobat yang ingin menghemat tagihan air di rumah karena mesin cuci jenis ini didesain untuk mengoptimalkan volume air yang digunakan pada setiap siklus pencucian.

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

  • Lebih hemat air
    Mesin cuci front loading menggunakan teknologi yang berbeda, khususnya dalam hal penggunaan air. Pada mesin cuci ini, air akan dialirkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Mekanisme seperti ini membuat penggunaan air menjadi lebih efisien. Air yang terbuang sia-sia pun lebih sedikit.
  • Mencuci lebih bersih
    Berbeda dengan mesin cuci top loading yang berputar secara horizontal, perputaran mesin cuci front loading terjadi secara vertikal. Akibatnya, cucian pun seperti dicuci dengan cara dibanting. Cara mencuci pakaian seperti ini jauh lebih baik dibandingkan dengan memutar pakaian secara horizontal. Saat dibandingkan, hasil cucian pun lebih bersih.
  • Lebih aman untuk pakaian
    Perputaran secara vertikal pada mesin cuci front loading membuatnya lebih aman untuk pakaian. Risiko pakaian terlilit semakin kecil. Ini berbeda dengan mesin cuci top loading yang berisiko membuat pakaian saling melilit. Pakaian pun tidak saling menarik. Risiko pakaian rusak saat dicuci pun semakin kecil.

Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

  • Harga relatif lebih mahal
    Mesin cuci jenis ini biasanya mempunyai harga yang sangat mahal jika dibandingkan dengan mesin cuci jenis lainnya, tetapi teknologi mesin cuci jenis ini biasanya lebih canggih dan memiliki banyak fitur.
  • Menimbulkan getaran 
    Jika mesin cuci jenis ini tidak dipasang dengan baik dan mempunyai posisi yang berhubungan langsung dengan lantai, mesin cuci jenis ini seringkali menimbulkan getaran yang hebat karena proses pencuciannya, terutama pada spin cycle.
  • Penggunaan daya listrik lebih tinggi
    Kekurangan yang terakhir pada mesin cuci front loading ini yaitu penggunaan daya listrik biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin cuci top loading, Karenanya kekurangan inilah yang banyak menjadi pertimbangan beberapa orang.

Mesin Cuci Top Loading

Mesin cuci Top Loading menggunakan agiator yang terbuat dari bahan plastik yang terletak pada bagian tengah bawah tabung. Agiator ini berfungsi untuk membersihkan pakaian dan juga memutarnya hingga pakaian bercampur dengan air dan juga dengan sabun. Selanjutnya, setelah pakaian bercampur dengan air sabun, bilas lagi pakaian tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan sabun cuci. Pada jenis mesin cuci ini, tabung cuci bergerak secara vertikal.

Mesin cuci dengan bukaan depan ini memungkinan Anda untuk dapat memasukkan kembali pakaian Anda yang tertinggal ketika proses pencucian sudah dimulai. Hal ini merupakan kelebihan yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan mesin cuci top loading.

Kelebihan Mesin Cuci Top Loading

  • Harga lebih murah 
    Dibandingkan dengan harga mesin cuci tipe front loading, harga mesin cuci memang beraneka macam. Ini tergantung kualitas mesin cuci, dan juga bandrol yang ditetapkan oleh pabrikan. Namun, bila dijejerkan, mesin cuci tipe top loading biasanya lebih murah harganya.
  • Ukuran tabung lebih besar 
    Dibandingkan front loading, dan lebih muat banyak. Sebagai pengguna mesin cuci, kita pasti mendambakan kapasitas cuci yang besar. Dan, bila anda dihadapkan pada pilihan front loading atau top loading, mesin cuci top loading akan mampu memuat cucian lebih banyak.
  • Sangat efektif membersihkan noda membandel
    Aktivitas mencuci, pasti akan lebih mudah dikerjakan setelah cucian terlebih dahulu direndam. Biarpun tidak semua orang selalu melakukan aktivitas perendaman pakaian ini, anda yang terbiasa merendam pakaian pasti akan lebih memilih mesin cuci top loading yang sanggup mengoptimalkan hasil perendaman pakaian.

Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

  • Membutuhkan lebih banyak air
    Seperti yang kita tau tadi, mesin cuci tipe ini memiliki volume tabung yang besar. Maka, secara otomatis ia juga memerlukan pasokan air yang lebih banyak. Biarpun begitu, ini tidak akan menjadi masalah, karena hasil yang akan kita peroleh akan setimpal.
  • Cukup beresiko dan berpotensi merusak pakaian yang berbahan ringkih
    Karena cara kerja mesin cuci yang memusarkan air, mesin cuci top loading memiliki resiko merusak pakaian yang berbahan mudah rusak. Untuk menghindari hal ini, anda harus memiliki wawasan lebih, dan cara mencuci dengan mesin cuci yang lebih teliti.
  • Efektivitas pengeringan pakaian kurang maksimal
    Proses pengeringan pakaian pada mesin cuci tipe top loading ini, kurang mampu bekerja secara maksimal untuk aktifitas pengeringan cucian. Sehingga, anda tetap harus menjemur pakaian yang sudah dicuci tadi, hingga kering dan siap untuk disetrika.
PerbandinganMesin Cuci Front Loading Mesin Top Loading
Efisiensi Pemakaian air lebih hemat karena saat membilas, mesin ini akan menyemprotkan air ketika mesin masih berputar.Membutuhkan air lebih banyak untuk mencuci atau membilas pakaian.
Space Kapasitas ruangan yang digunakan jauh lebih sedikit karena drum pencuci dan pengering jadi satu. Kapasitas ruangan yang digunakan untuk menyimpan mesin top load lebih banyak karena rata-rata mesin ini menyediakan drum khusus yang berfungsi sebagai pengering.
Biaya Harga jauh lebih mahal karena dirasa lebih efisien dan canggih dibanding mesin cuci bukaan atas.Harga relatif lebih murah
Penggunaan Deterjen Penggunaan deterjen lebih sedikit karena hanya memerlukan air dalam jumlah lebih sedikit.Penggunaan deterjen lebih banyak karena mesin cuci bukaan atas membutuhkan air dalam jumlah besar.
Mesin Mesin cuci bukaan depan dapat membersihkan lebih baik dan tidak merusak pakaian.Mesin cuci bukaan atas dapat menampung beban yang lebih berat serta menampung kapasitas pencucian lebih besar yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.
Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau iPhone X?

Cara memilih mesin cuci top loading

1. Pilihlah mesin cuci dengan kapasitas sesuai kebutuh
Jika kalian  ingin mesin cuci yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Rata-rata berat pakaian yang dikenakan setiap orang per harinya adalah 1,5 kg. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kapasitas yang sesuai, Anda hanya perlu mengalikan ukuran standar tersebut dengan jumlah anggota keluarga Anda.

Agar proses pencucian lebih optimal, volume cucian yang direkomendasikan adalah 70% dari kapasitas mesin cuci. Jadi sebaiknya Anda tetap memilih mesin cuci dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dibandingkan volume cucian Anda yang sebenarnya.

Tetapi, perhitungan ini perlu dipertimbangkan kembali bila Anda tipe yang lebih suka menumpuk cucian untuk dicuci sekaligus. Anda bisa mengakalinya dengan mencuci pakaian dalam beberapa kali proses pencucian.

2. Pilihlah produk dari produsen yang terpercaya
Banyaknya mesin cuci dengan merek dari produsen terkenal tentu akan membuat Anda semakin sulit menentukan produk yang terbaik. Perlu diketahui bahwa setiap produsen mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kalian dapat melihat review pengguna di internet terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Ataupun ketika kalian ingin membeli secara online seperti di Tokopedia dapat kalian lihat review terlebih dahulu ya.

3. Pilih tipe inverter untuk penggunaan di malam hari
Mesin cuci inverter merupakan mesin cuci dengan teknologi yang dapat mengatur perputaran motor mesinnya. Berkat teknologi tersebut, mesin cuci dapat difungsikan tanpa menghasilkan suara berisik. Tipe ini dapat menjadi pilihan bila Anda terbiasa mencuci di malam hari dan tak ingin mengganggu anggota keluarga lain. Selain tidak berisik, teknologi inverter ini juga membuat mesin cuci lebih hemat energi dan air.

Karena teknologi tersebut, umumnya harga mesin cuci tipe inverter lebih mahal dibandingkan tipe biasa. 

Pilih Mana: Mesin Cuci Front Loading atau Top Loading?

Mesin Cuci Front Loading Mesin Top Loading
Kelebihan- Lebih hemat air - Mencuci lebih bersih - Lebih aman untuk pakaian - Harga lebih murah  - Ukuran tabung lebih besar  - Sangat efektif membersihkan noda membandel
Kekurangan- Harga relatif lebih mahal - Menimbulkan getaran  - Penggunaan daya listrik lebih tinggi - Membutuhkan lebih banyak air - Cukup beresiko dan berpotensi merusak pakaian yang berbahan ringkih - Efektivitas pengeringan pakaian kurang maksimal

Kesimpulan

Mesin Cuci Front Loading maupun mesin cuci Top Loading memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, dari perbandingan kedua jenis mesin cuci tersebut, mesin cuci front loading jauh lebih unggul dalam masalah pencucian pakaian. Hanya saja, mesin cuci front laoding biasanya mempunyai harga yang relatif lebih mahal. Jika kalian memiliki budget terbatas, sebaiknya pilihlah mesin cuci top loading, mesin cuci ini juga mampu menahan beban cucian lebih banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga lho.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mesin Cuci Front Loading vs Mesin Cuci Top Loading

VS

Leave a Reply