Aplikasi

Pilih Mana: Midtrans atau Go-pay?

Saat ini uang dalam bentuk fisik mulai tersingkirkan penggunaanya. Banyak masyarakat telah menggunakan sistem kartu baik itu ATM, debit, kredit, hingga uang elektronik. Namun nampaknya posisi kartu sebagai alat pembayaran mulai terusik dengan teknologi yang lebih digital. Sama halnya seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini aplikasi semacam dompet digital yang dapat memudahkan untuk melakukan transaksi yaitu Midtrans atau Gopay.

Midtrans

Midtrans adalah salah satu payment gateway yang terpercaya dan sudah digunakan oleh ribuan e-commerce lain di Indonesia. Sebagai salah satu bisnis dengan transaksi yang terbesar.Terlebih dari itu, Midtrans juga menerima berbagai metode pembayaran mulai dari Kartu Debit/Kredit, Bank Transfer, Direct Debit, E-Wallet, sampai Over the Counter.

Layanan Midtrans juga mudah diintegrasikan ke berbagai platform. Dan layanan Midtrans dapat dengan mudah diintegrasikan sehingga kami dapat melanjutkan semua proses cetak pelanggan tanpa masalah setelah transaksi sukses melalui Midtrans. Baca juga Pilih Mana: Gopay atau Dana?

Manfaat Midtrans

Dari sisi transaksi, Midtrans memiliki platform yang terpercaya untuk memastikan dan mengkonfirmasi berbagai transaksi yang masuk. Dan hanya perlu membuka dashboard merchant yang disediakan oleh Midtrans untuk melacak semua transaksi pelanggan secara langsung. Dashboard merchant ini pun sangat sederhana dan mudah digunakan.

Jika pelanggan mengalami masalah dengan pembayarannya, Midtrans juga dapat langsung mengetahui sebab dari kegagalan pembayaran pelanggan tersebut, baik itu dikarenakan akun bank pelanggan bermasalah atau sesederhana karena pelanggan telah melewati batas waktu pembayaran.

Dengan begitu,Midtrans dapat langsung membantu menginformasikan kendalanya kepada para pelanggan dalam pembayaran.Begitulah pengalaman Gogoprint sebagai pengguna layanan payment gateway Midtrans. Untuk Anda para pelanggan Gogoprint yang sudah pernah melakukan pembayaran menggunakan virtual account kami,

Cara Penggunaan Midtrans

Setelah customer memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa yang ada pada situs e-commerce tertuju, customer akan mengikuti langkah pembayaran informasi terkait transaksi yang disampaikan melalui koneksi internet ke sumber payment gateway.

Setelah itu, sistem payment tersebut akan meneruskan informasinya ke prosesor pembayaran dari bank yang dipakai penjual.Kemudian prosesor pembayaran itu meneruskan informasi transaksi yang telah diterima ke asosiasi dengan menjelaskan bahwa kartu yang dipakai merupakan jenis Mastercard atau Visa.

Selanjutnya, bank terkait akan menerima permintaan yang diajukan serta mengirimkan balasan ke prosesor beserta kode khususnya.Kode ini nantinya yang akan memperlihatkan apakah transaksi tersebut sudah berhasil atau tidak. Terakhir, prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan tersebut ke payment lagi, kemudian diteruskan ke situs penjual sekaligus kepada pemegang kartu.

Cara kerja payment gateway MidTrans Indonesia ini sama seperti payment gateway pada umumnya, sangat praktis. Pertama, Anda dapat daftarkan toko online Anda sendiri dengan cara terhubung ke merchant admin portal MidTrans didalam mode testing.

Di mode tersebut, Anda dapat mencoba berbagai macam pengaturan yang telah tersedia tanpa perlu mengubah apapun.Selanjutnya, silahkan anda lanjutkan pendaftaran dengan memenuhi beberapa dokumen yang ada. Dokumennya berupa persyaratan yang akan diverifikasi oleh MidTrans.

Lihat juga:  Pilih Mana: Go Launcher atau Hola Launcher?

Go-pay

Go-pay atau yang sebelumnya disebut dengan Go-Wallet merupakan dompet virtual untuk menyimpan Go-jek Credit Anda.Go-pay dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi Go-jek seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Tix, Go-Box, Go-Clean, Go-Pulsa, Go-Mart, Go-Bills, dan sebagainya.

Go-pay  juga bisa Anda gunakan untuk membayar berbagai transaksi pada merchant atau toko-toko yang sudah bekerja sama dengan perusahaan Gojek. Tapi tentu saja Anda harus memastikan bahwa saldo Go-pay Anda cukup jika Anda mau menggunakan Go-pay.

Namun, jika saldo Go-pay Anda tidak mencukupi, Anda tidak perlu khawatir.Go-jek menyediakan layanan pembayaran secara parsial, sehingga Anda bisa membayar dengan saldo Go-pay, dan sisanya dibayarkan dengan uang tunai.

Manfaat Go-pay

Dengan menggunakan Go-pay, Anda bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran untuk semua layanan yang tersedia pada aplikasi Go-jek. Sehingga, Anda tidak perlu membayar secara tunai (cash). Fitur umum Go-pay yang bermanfaat selanjutnya adalah Anda dapat melakukan transaksi pembayaran melalui Go-pay kapan saja serta dimana saja karena layanan transaksi Go-pay 24 jam.

Tentunya akan sangat membantu Anda di saat keadaan genting misalnya mau membeli pulsa handphone atau listrik tengah malam.Hal menarik dari fitur Go-pay adalah Go-jek memberikan berbagai promo khusus yang tentunya menarik dan beragam setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Go-pay.

Cara penggunaan Go-pay

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan instalasi aplikasi Go-jek pada smartphone Anda.Setelah itu, Anda dapat melakukan isi ulang saldo Go-pay sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka, sekarang Anda sudah bisa menggunakan layanan Go-pay.

Terdapat berbagai pilihan alternatif untuk isi ulang atau top up Go-pay. Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi serta kebutuhan Anda.Transfer Go-pay hanya tersedia lewat driver Go-ride/Go-car, Go-food/Go-mart/Go-shop yang berada pada status pesanan Anda.

Pilih Mana: Midtrans atau Go-pay?

Midtrans Go-pay
Kelebihan - Mempermudah transaksi bagi pengusaha online - Sudah dipercaya oleh ribuan e-commerce - Platform yang terpercaya- Memberikan banyak promo yang menarik - Mendapatkan harga spesial bagi pengguna Go-jek - Pembayaran lebih mudah dan aman
Kekurangan - Hanya bisa digunakan di e-commerce - Hanya dikenal di kalangan pebisnis online- Fitur pembayaran E-Wallet cenderung lebih sedikit - Resiko kebocoran data

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas sudah kita bahas mengenai Midtrans dan Go-pay, dan dapat kita kesimpulan kedua platform tersebut berbeda dalam segi penggunaan. Untuk kalian selaku pebisnis online dan sering melakukan transaksi di e-commerce Midtrans dapat menjadi pilihan. Tetapi jika kalian pengguna Go-jek jangan sampai ketinggalan menggunakan Go-pay ya karena banyak sekali harga khusus maupun promo menarik yang di tawarkannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Midtrans VS Go-pay

VS