Kesehatan

Pilih Mana: Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih?

Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih merupakan sebuah minyak yang biasanya menjadi alternatif bagi orang saat sedang terjadi masalah perut kembung atau masalah pernapasan juga masalah gigitan serangga. Dan juga Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih tidak hanya digunakan pada orang dewasa, anak bayi juga bisa menggunakannya.

Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang bisa Anda ketahui pada artikel kami kali ini. Kami akan membahasnya untuk Anda. jadi, pastikan untuk Anda membaca artikel kami kali ini sampai selesai ya guys. Selamat membaca.

Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Minyak Telon

Minyak Telon adalah adalah minyak yang sering dibalurkan pada tubuh bayi dengan campuran dari Minyak Adas, Minyak Kayu Putih, dan Minyak Kelapa dalam kadar yang berbeda-beda. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelarut. Baca juga Lilin Aromaterapi Terbaik

Menambah komponen lain sebagai campuran, seperti minyak lavender, atau mengganti minyak kelapa dengan minyak lain, seperti minyak zaitun. Minyak telon biasanya diberikan kepada bayi dengan cara dibalurkan di kulit.

Campuran ini memberikan rasa hangat karena merangsang pembuluh darah membesar sehingga aliran darah menjadi lebih cepat. Aroma minyak telon juga dapat memberikan rasa tenang. Minyak Telon juga sangat bagus digunakan untuk bayi.

Kelebihan Minyak Telon

Berikut adalah kelebihan yang ada pada Minyak Telon:

  • Melindungi dari gigitan serangga
    Kelebihan yang utama dari Minyak Telon adalah bahwa minyak ini sangat bagus sekali untuk melindungi Anda atau orang tersayang Anda dari gigitan serangga. Untuk itulah Minyak Telon sangat bagus sekali ya untuk menjaga Anda atau anak dan orang tersayang dari gigitan serangga.
  • Mengatasi masalah pernapasan
    Tidak hanya untuk melindungi dari gigitan serangga, minyak telon juga punya manfaat untuk membantu mengatasi masalah pernapasan. Kelebihan satu ini banyak disukai para orang yang memang suka terganggu dengan masalah pernafasan, sehingga setelah menggunakan Minyak Telon akan semakin legah.
  • Mudah Didapatkan
    Kelebihan lagi lainnya mungkin dari segi mendapatkannya. Untuk mendapatkan Minyak Telon ini jika Anda ingin mencarinya, sangat cukup mudah lho. Karena di berbagai toko minimarket. Supermarket, apotek juga bisa sangat mudah untuk Anda dapatkan.

Kekurangan Minyak Telon

Berikut adalah kekurangan yang ada pada Minyak Telon:

  • Perih jika terkena mata
    Kekurangan yang pertama adalah bahwa Minyak Telon memiliki kandungan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan melindungi dari berbagai hal. Tetapi penggunaannya harus Anda perhatikan ya jangan sampai terkena mata. Karena akan perih jika cairan Minyak Telon terkena mata.
  • Dapat membuat nyeri perut
    Mungkin bagi Anda yang sedang mengalami perut kembung akan mengatasinya dengan menggunakan Minyak Telon. Namun, apakah Anda tahu jika menggunakan Minyak Telon juga akan membuat Anda nyeri perut karena perut kembung tadi? Ya, dengan begitu bisa membuat Anda ingin BAB hehe.

Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

  • Bisa membuat alergi
    Kekurangan lainnya dari Minyak Telon juga mungkin ini tidak dialami seluruh orang. Karena kekurangan yang satu ini bisa terjadi apabila tidak cocok Anda gunakan. Apalagi pada anak bayi harus sekali Anda perhatikan baik-baik ya. Jika merasakan gatal-gatal yang berlebihan hentikan penggunaannya.

Minyak Kayu Putih

Tanaman cajuput atau Malauleca merupakan tumbuhan yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Minyak Kayu Putih. Setelah melalui proses penyulingan, cajuput pun hadir sebagai Minyak Kayu Putih yang memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Bau khas Minyak Kayu Putih terkadang menjadi problematika bagi beberapa orang. Namun, sebagian besar orang bisa menikmatinya. Minyak kayu putih tentu sudah akrab dengan kehidupan kebanyakan orang.

Bagaimana dengan Anda? Suka dengan aroma Minyak Kayu Putih atau tidak nih? Seperti yang Anda tahu jika Minyak Kayu Putih tidak hanya bisa digunakan oleh anak dewasa atau orang tua. Anak bayi juga bisa menggunakannya jika memang cocok ya. Anda bisa membeli Minyak Kayu Putih di Guardian.

Kelebihan Minyak Kayu Putih

Berikut adalah kelebihan yang ada pada Minyak Kayu Putih:

  • Meredakan hidung tersumbat
    Salah satu manfaat dari Minyak Kayu Putih dan juga menjadi kelebihan adalah meredakan hidung tersumbat. Cajuput yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Minyak Kayu Putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan. Senyawa ini dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat.
  • Mengobati sakit kepala
    Mengoleskan Minyak Kayu Putih pada leher bagian belakang dan samping dapat mengobati sakit kepala. Udara segar yang terasa, dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Sebaiknya cobalah cara alami ini, hindari penggunaan obat-obatan. Minyak Kayu Putih juga mudah untuk Anda dapatkan.
  • Meredakan masalah pernapasan
    Menghirup uap Minyak Kayu Putih dapat meringankan pilek, hidung tersumbat dan bronkitis. Mengoleskannya ke bagian dada dan tenggorokan juga dapat meredakan gejala batuk dan pilek. Untuk penderita asma, mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dapat memberi efek menenangkan pada tenggorokan.
Lihat juga:  8 Merk Susu Kedelai Kemasan Yang Bagus 2020

Kekurangan Minyak Kayu Putih

Berikut adalah kekurangan yang ada pada Minyak Kayu Putih:

  • Aroma yang terlalu menyengat
    Bagi banyak orang juga adanya review mengatakan bahwa aroma Minyak Kayu Putih ini bisa membuat orang mual dan tidak nyaman. Namun, hal ini tidak selalu terjadi pada setiap orang kok, hanya pada orang yang tidak suka saja dengan aromanya.

Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

  • Dapat menimbulkan reaksi alergi
    Kekurangan lainnya dari Minyak Kayu Putih dapat membuat Anda akan alergi pada kulit. Namun hal ini kan kerap atau sering terjadi pada anak bayi. Jadi, untuk mengatasinya Anda harus hati-hati saat penggunaan.
  • Belum disarankan untuk ibu hamil
    Ibu hamil atau menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan Minyak Kayu Putih, atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya, karena sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang memadai mengenai informasi keamanan penggunaannya pada bumil dan busui.
KekuranganMinyak Telon Minyak Kayu Putih
ProdukMinyak Telon Minyak Kayu Putih
DeskripsiMengatasi gigitan serangga dan masalah penapasanMengatasi perut kembung dan masalah pernapasan
HargaRata-rata Rp. 20.000-an per Desember 2019Rata-rata Rp. 10.000-an per Desember 2019

Perbedaan Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih

1. Komposisi
Perbedaan Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih ada pada komposisinya.

Kebanyakan Minyak Telon terbuat dari campuran minyak kelapa, minyak adas (Oleum foeniculi), dan minyak eucalyptus dengan kadar yang berbeda-beda. Sementara, Minyak Kayu Putih terbuat dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih, yakni pohon jenis Melaleuca leucadendra atau Melaleuca cajuputi.

2. Fungsi dan Manfaat
Perbedaan komponen antara Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon, memungkinkan adanya perbedaan manfaat dari keduanya.

Minyak Kayu Putih sering digunakan untuk meredakan pilek atau hidung tersumbat dan sakit kepala karena efek aromaterapinya.Minyak Kayu Putih diketahui mengandung senyawa seperti Cineole.

Namun, hindari mengoleskan kedua minyak ini ketika ada luka terbuka karena bisa menimbulkan rasa perih menyengat.

Minyak Telon juga sering digunakan untuk melegakan pernapasan saat pilek. Tidak hanya itu, aroma yang khas dari campuran minyak eucalyptus dan minyak adas ini juga mampu mengusir nyamuk.

Perbedaan antara Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih ini terdapat pada studi dalam sebuah jOurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

3. Aroma
Baik Minyak Kayu Putih maupun minyak kayu telon, keduanya sama-sama memiliki efek aromaterapi. Namun, aroma Minyak Kayu Putih jauh lebih kuat ketimbang Minyak Telon. Selain itu, sensasi hangat yang dirasakan juga berbeda.

Minyak Kayu Putih terasa lebih hangat di kulit ketimbang Minyak Telon. Itulah sebabnya, Minyak Telon lebih sering digunakan bayi, sementara Minyak Kayu Putih cenderung digunakan oleh orang yang usianya lebih dewasa.

4. Tekstur
Perbedaan lainnya yang bisa Anda ketahui Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih juga bisa Anda lihat dari teksturnya.

Minyak kayu putih cenderung tidak licin dan lebih cepat meresap di kulit. Sementara Minyak Telon, terasa lebih kental dan licin serta lebih lama meresap di kulit.

Pilih Mana: Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih?

Minyak Telon Minyak Kayu Putih
Kelebihan- Melindungi dari gigitan serangga - Mengatasi masalah pernapasan - Mudah Didapatkan - Meredakan hidung tersumbat - Mengobati sakit kepala - Meredakan masalah pernapasan
Kekurangan- Perih jika terkena mata - Dapat membuat nyeri perut - Bisa membuat alergi - Aroma yang terlalu menyengat - Dapat menimbulkan reaksi alergi - Belum disarankan untuk ibu hamil

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah kami bahas pada penjelasan kami kali ini, Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sederhananya saja, penggunaan kedua ini bisa Anda pikirkan jika cocok untuk penggunaanya lanjutkan saja penggunaanya. Jika tidak cocok bisa Anda berhentikan penggunaannya. Perhatikan tingkat kecocokannya ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Telon vs Minyak Kayu Putih

VS

Leave a Reply