KecantikanKesehatan

Pilih Mana: Minyak Zaitun atau Kemiri?

Rambut merupakan hal yang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap penampilan perempuan ataupun laki-laki. Anda dapat menggunakan berbagai hal untuk merawat dan memperbaiki rambut Anda, dua di antaranya yaitu minyak zaitun dan minyak kemiri. Manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Minyak zaitun atau kemiri?

Minyak zaitun dan minyak kemiri dapat Anda gunakan untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah pada rambut Anda. Minyak zaitun cocok digunakan melembapkan rambut. Sedangkan minyak kemiri juga cocok digunakan untuk melebatkan rambut.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga biasa disebut dengan olive oil. Minyak zaitun ini merupakan minyak yang dibuat dan didapatkan dari buah zaitun. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat baik untuk kulit, kecantikan, rambut dan juga dikonsumsi.

Kelebihan Minyak Zaitun

Berikut beberapa kelebihan minyak zaitun yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Mengembalikan Kilau Rambut

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah dapat mengembalikan kilau pada rambut Anda. Minyak zaitun memiliki banyak kandungan seperti vitamin E, vitamin K, vitamin a serta kaya kan antioksidan. Adanya kandungan yang dimiliki oleh minyak zaitun tersebut memberikan manfaat pada rambut dengan cara melindungi keratin pada rambut, serta menahan kelembapan rambut. Dengan demikian, kilau alami pada rambut dapat kembali dan rambut akan tampak lebih sehat berkilau.

  • Rambut Akan Lebih Mudah Ditata

Kelebihan lain yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah dapat membuat lebih mudah untuk ditata. Rambut yang memiliki tekstur yang kering dan kasar akan sulit untuk diatur dan ditata. Anda dapat membuat rambut Anda lebih mudah untuk ditata dengan cara melapisi rambut Anda dengan minyak zaitun dan didiamkan selama kurang lebih 30 menit.

  • Dapat Mengatasi Rambut Bercabang

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah dapat membantu mengatasi rambut yang bercabang. Anda dapat melembutkan dan mengurangi rambut bercabang dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin. Anda dapat menggunakan beberapa tetes minyak zaitun untuk bisa menata dan membuat rambut Anda yang berantakan teratasi.

Kekurangan Minyak Zaitun

Berikut beberapa kekurangan minyak zaitun yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Cocok untuk Rambut Berminyak

Salah satu kekurangan minyak zaitun adalah tidak cocok digunakan untuk rambut atau kulit kepala yang berminyak. Hal ini akan membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih berminyak. Sebaiknya minyak zaitun ini digunakan untuk kulit kepala atau rambut yang memiliki jenis kering. Karena itulah, Anda perlu mengetahui jenis kulit kepala dan jenis rambut Anda terlebih dahulu.

  • Sebaiknya Tidak Digunakan untuk Bayi

Kekurangan lain yang dimiliki minyak zaitun adalah sebaiknya tidak Anda gunakan pada bayi. Hal ini dikarenakan belum ada penjelasan secara detail apakah minyak zaitun ini aman dan baik digunakan pada bayi. Jika Anda ingin memberikan minyak pada rambut bayi, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan minyak kemiri.

  • Penyebab Ruam Kulit

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah dapat menyebabkan ruam pada kulit. Dikutip dari Merdeka.com jika minyak zaitun yang Anda pakai kemudian terpapar pada wajah Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, maka akan menghasilkan sekresi sebum yang berlebihan. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab ruam pada kulit.

Kelebihan Minyak ZaitunKekurangan Minyak Zaitun
- Dapat mengembalikan kilau rambut- Tidak cocok untuk rambut berminyak
- Rambut akan lebih mudah ditata- Sebaiknya tidak digunakan untuk bayi
- Dapat mengatasi rambut bercabang- Penyebab ruam kulit

Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan minyak yang dihasilkan melalui proses pembakaran buah kemiri. Setelah dibakar, kemiri akan mengeluarkan minyak yang disebut dengan minyak kemiri. Penjelasan mengenai minyak kemiri telah kami bahas pada minyak kemiri vs urang aring. Sebelumnya kami telah membahas mengenai minyak kemiri vs urang aring.

Kelebihan Minyak kemiri

Berikut beberapa kelebihan minyak kemiri yang perlu Anda ketahui:

  • Mengatasi Rambut yang Botak

Salah satu kelebihan minyak kemiri adalah dapat mengatasi masalah kebotakan. Kebotakan merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri pada seseorang. Minyak kemiri memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut pada usia dini. Rambut yang mengalami kebotakan yang masih baru juga dapat diatasi dengan cara menggunakan minyak kemiri.

  • Dapat Membantu Menumbuhkan Berbagai Jenis Rambut

Salah satu kelebihan minyak kemiri adalah memiliki kemampuan untuk menumbuhkan berbagai jenis rambut, seperti rambut di kepala, kumis, jenggot dan lain sebagainya. Jika Anda menginginkan beberapa bagian tersebut memiliki rambut atau bulu yang tebal, Anda bisa memanfaatkan kemiri yang dibakar dan mengaplikasikan minyak tersebut pada bagian yang Anda inginkan tebal rambut tersebut.

  • Membantu Menghitamkan Rambut

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki minyak kemiri adalah dapat membantu untuk menghitamkan rambut Anda yang memiliki warna kurang hitam. Selain memiliki kemampuan untuk menebalkan rambut Anda, minyak kemiri juga memiliki kemampuan utnuk menghitamkan rambut Anda dengan sangat baik. Karena itulah, jika Anda menginginkan rambut yang hitam mengkilap secara alami, Anda dapat menggunakan minyak kemiri.

Kekurangan Minyak Kemiri

Berikut kekurangan minyak kemiri yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat memicu Timbulnya Jerawat

Salah satu kekurangan minyak kemiri adalah dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan minyak kemiri yang diaplikasikan pada rambut memiliki kemungkinan terpapar pada wajah penggunanya. Jika minyak tersebut menempel terlalu lama pada wajah, hal tersebut dapat membuat wajah berkemungkinan tumbuhnya jerawat.

  • Dapat Membuat Rambut Lepek

Kekurangan lain yang dimiliki oleh minyak kemiri adalah dapat membuat rambut menjadi lepek. Rambut yang diaplikasikan minyak kemiri memang dapat membuat rambut menjadi lembap, namun jika dilakukan terus menerus akan membuat rambut menjadi lepek yang lebih parah.

  • Dapat Memicu Munculnya Alergi

Sebelum menggunakan minyak kemiri atau jenis minyak apapun, Anda perlu tahu apakah kulit kepala Anda memiliki alergi terhadap jenis minyak tertentu. Jika kepala tidak cocok atau tidak menerima kandungan minyak kemiri yang diaplikasikan pada rambut Anda, maka ada kemungkinan kulit kepala akan mengalami alergi ataupun iritasi.

Kelebihan Minyak KemiriKekurangan Minyak Kemiri
- Mengatasi rambut yang botak- Dapat memicu timbulnya jerawat
- Dapat membantu menumbuhkan berbagai jenis rambut - Dapat membuat rambut lepek
- Membantu menghitamkan rambut- Dapat memicu munculnya alergi

Pilih Mana: Minyak Zaitun atau Kemiri?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara minyak zaitun dan minyak kemiri. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Minyak ZaitunMinyak Kemiri
- Dapat membantu melembapkan rambut- Dapat membantu melebatkan rambut
- Kurang cocok digunakan untuk bayi- Dapat digunakan pada bayi
- Dapat mengatasi rambut bercabang- Membantu menghitamkan rambut

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai minyak zaitun dan minyak kemiri di atas, dapat disimpulkan bahwa minyak zaitun lebih baik digunakan dalam hal mengatasi rambut yang kering , bercabang, dan susah diatur. Tapi, jika Anda memiliki tujuan untuk menebalkan rambut, menghitamkan, serta mengatasi rambut rontok Anda lebih baik menggunakan minyak kemiri.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Zaitun vs Kemiri

VS

Leave a Reply