KendaraanLainnyaOtomotifTechnology

Pilih Mana: Mitsubishi Pajero atau Honda CR-V?

Dunia otomotif merupakan dunia yang sangat dicintai dan digandrungi oleh kalangan pria. Setiap tahunnya dunia otomotif terutama brand yang khusus mengeluarkan produk mobil selalu bersaing untuk memberikan produk yang inovatif dan terdepan agar tidak kalah saing dari brand mobil lainnya.

Brand mobil seperti Honda dan Mitsubishi tidak berhenti-hentinya dalam melakukan persaingan dalam mengeluarkan produk mobilnya. kedua brand ini selalu berlomba agar menjadi brand mobil nomor satu yang dapat mencakup setiap kalangan dan nyaman digunakan dalam keadaan apapun. Baca Juga: Pilih Mana: Honda Mobilio atau Honda Brio?

Salah satu mobil dari tiap brand yang selalu menjadi favorit adalah Pajero Sport dan CR-V, dari kedua mobil ini kira-kira mana mobil yang cocok untuk kebutuhan kamu? mari kita bahas secara terperinci tentang kelebihan dan kekurangan dari spesifikasi yang ditawarkan oleh kedua mobil ini.

Mitsubishi Pajero Sport 2021

Membuka tahun 2021, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis New Pajero Sport SUV 7-seater andalan pabrikan itu adalah facelift dari bentuk pendahulu. Disertai dengan segenap peningkatan fitur. Peluncurannya jadi salah satu yang ditunggu banyak orang, khususnya golongan menengah ke atas. Pada replika 2021, Pajero Sport sudah punya wajah Dynamic Shield terkini yang telah diaplikasikan sebelumnya pada Xpander, Xpander Cross serta Eclipse Cross.

Sesuai dengan slogan Pajero yaitu “Live the adventure” maka edisi terbaru dari pajeor sport 2021 diliris secara online terlebih dahulu untuk pasar Indonesia. Sedikit berbeda dengan versi yang dipasarkan di Thailand, Pajero Sport 2021 ini memiliki berbagai peningkatan fitur. Mari simak kelebihan dari mobil ini!

Kelebihan Pajero Sport 2021

1.   Kesan mobil yang terlihat maskulin

Dengan kesan mobil yang seperti ini mobil pajero cocok untuk digunakan untuk aktivitas off-road. Ketika diperkenalkan untuk pertama kali pada tahun 2009 mobil pajero sport ini telah dikenal sebagai mobil yang memiliki tampilan gagah. Pada kesempatan ini, pabrik mitsubishi memberikan beberapa perubahan tampilan eksterior agar terlihat lebih segar.

Beberapa penyegaran yang sangat terlihat jelas pada model mobil ini ialah Kesan agresif yang dipertegas dengan kehadiran desain grille serta lampu depan kombinasi baru.

2.   Mesin yang bertenaga

Untuk mobil Pajero Sport 2021 ini memiliki varian yang lebih tinggi dengan  mendapatkan mesin 4N15 2.4T dengan keluaran tenaga yang lebih tinggi. Terdapat tenaga 181 ps yang akan maksimal pada putaran 3.500 rpm dan 430 torsi puncak 2.500 dengan terdapat pilihan transmisi otomatis 8 percepatan.

Pada mobil pajero sport 2021 ini ditambahkan fitur adaptive cruise control yang akan membantu mengurangi beban ketika berkendara di jalan tol. Dan untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih optimal Pajero Sport ini telah dilengkapi dengan mode off-road yang sangat membantu ketika membawa mobil di jalanan yang memiliki kontur yang buruk.

3.   Fitur tambahan lengkap

Dari segi kepraktisan, ada beberapa tambahan baru di dalam mobil Pajero Sport ini. Tambahan baru yang pertama di mobil pajero sport 2021 adalah Brake Auto Hold yang mendampingi Electrical Parking Brake. Begitu pula dengan penyambung yang bisa ditemukan bagi penghuni baris kedua, dengan adanya penyambung daya pada baris kedua akan memudahkan penumpang dalam pengisian daya smartphone.

Pajero ini juga memiliki layar digital sebesar 8.0 inchi yang akan memudahkan pengemudi mendapatkan berbagai informasi seputar jalan dan memberikan kesan mewah di dalam mobil.

Memiliki fitur tailgate dimana fitur ini dapat membantu membuka pintu bagasi mobil hanya dengan gerakan kaki.

4.   Memiliki aksesoris yang lebih sporty

Untuk mobil ini terdapat beberapa aksesoris yang bisa ditambahkan untuk mempercantik dan memaksimalkan tampilan. Ada tiga paket yang ditawarkan seperti paket Basic, paket Aero dan paket Aero Plus, tentu saja beberapa paket ini akan menambah harga dari harga normal.

Kekurangan Pajero Sport 2021

1.   Design yang tak banyak berubah

Untuk mobil pajero ini tidak terlalu banyak perubahan baik di dalam eksterior maupun interior. Sehingga mobil Pajero Sport ini memiliki bentuk yang sama dengan mobil pajero sebelumnya, membuat orang awam akan sulit dalam membedakan keluaran Pajero Sport ini.

2.   Opsi mesin hanya Satu

Seperti yang diketahui bahwa pajero ini hanya memiliki satu opsi mesin yaitu mesin diesel. Mesin diesel memang diketahui menawarkan penampilan garang serta konsumsi bahan bakar yang lebih efektif ketimbang model berbahan bakar bensin.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lampu Halogen atau HID?

Lantaran konsumen menggemari model bermesin bensin sebab mempunyai suara yang lebih halus, sedang model bermesin diesel cukup bising dalam masalah suara mesin yang dihasilkan.

Sayangnya mobil Pajero Sport ini hanya menawarkan opsi di mesin diesel saja.

3.   Konsumsi bahan bakar yang boros

Penampilan yang tinggi amat mempengaruhi keunggulan serta kekurangan Mitsubishi Pajero Sport. Lebih lagi dengan bentuk tubuh yang bongsor, pasti saja berakibat pada konsumsi bahan bakar yang tinggi. Walaupun tidak seboros mesin bensin, akan tetapi untuk hal mobil bermesin diesel, Pajero Sport dapat dikatakan cukup boros.

4.   Harga tinggi

Untuk ukuran mobil SUV yang memiliki tambahan fitur memang akan meningkatkan harga jual mobil ini sendiri. Tapi untuk harga Pajero tergolong mobil yang memiliki harga yang tinggi mengingat hanya memiliki revisi sedikit design pada mobilnya.

Honda CR-V 2021

Honda CR-V facelift sudah meluncur di Indonesia. Sosok SUV sedang Honda ini hadir makin mewah serta kompleks dengan bantuan Honda Sensing. Dengan fitur yang ditambah serta beberapa upgrade lainnya membuat harga mobil cr-v ini melambung naik.Kemunculan teknologi Honda SENSING adalah pertama kalinya untuk model Honda CR-V di Indonesia. Sebelumnya, teknologi ini disematkan pada model mobil Honda lainnya. Dengan adanya Honda sensing ini akan membuat lengkap mobil CR-V ini dibanding sebelumnya.

Kelebihan Honda CR-V 2021

1.   Memiliki fitur driver attention monitor

Fitur yang terdapat dalam mobil ini bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun. Sistem ini bekerja dengan cara membaca pergerakan arah setir yang cenderung ke kanan atau ke kiri secara terus menerus.

Sistem ini akan mendeteksi sebagai indikasi kelelahan ketika mengemudi, pada saat inilah peringatan monitor akan muncul untuk segera menepikan kendaraannya.

2.   Fitur mewah di interior

Menilik ke dalam interior mobil CR-V ini maka akan disuguhi desain Silver Panel Garnish pada interior. Pada dashboard mobil ini dipercantik dengan wood panel yang indah.

Sebagai mobil SUV terbaru, speedometer di mobil ini sudah menggunakan LCD display yang memberikan informasi seperti rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh dan sisa bahan bakar.

Selain itu mobil ini dilengkapi dengan display touchscreen sebesar 7 inch yang akan memberikan kesan classy.

3.   Tambahan fitur tailgate

Mobil CR-V terkenal dengan akses yang mudah pada bagian bagasi. Pada CR-V kini terdapat New Hand-Free Access Power Tailgate yang membuat pengemudi tidak perlu menggunakan tangan lagi ketika membuka bagasi mobil, hanya dengan gerakan ayunan kaki bagasi akan terbuka dan tertutup secara otomatis.

Kelemahan Honda CR-V 2021

1.   Harga yang sangat tinggi

Salah satu kelemahan yang sangat menonjol dari versi mobil ini adalah harga yang sangat tinggi jika dibandingkan dangan SUV lain yang memiliki badan seperti CR-V bahkan dengan belum adanya fitur sunroof di dalam mobil ini membuat CR-V terkesan memiliki harga yang tinggi dibanding mobil yang telah memiliki fitur tersebut.

2.   Body yang besar

Dibandingkan dengan mobil CR-V generasi sebelumnya, mobil CR-V 2021 ini memiliki body yang besar sehingga membuat kurang nyaman jika digunakan di jalan yang sempit. Selain itu tidak terdapat mode off-road sehingga tidak bisa digunakan di jalanan yang memiliki kontur jalan yang tidak bagus.

Pilih Mana: Mitsubishi Pajero atau Honda CR-V?

Keterangan Mitsubishi Pajero Honda CR-V
Kelebihan - Kesan mobil yang terlihat maskulin - Mesin yang bertenaga - Fitur tambahan lengkap - Memiliki aksesoris yang lebih sporty- Memiliki fitur driver attention monitor - Fitur mewah di interior - Tambahan fitur tailgate
Kekurangan - Design yang tak banyak berubah - Opsi mesin hanya Satu - Konsumsi bahan bakar yang boros - Harga tinggi- Harga yang sangat tinggi - Body yang besar

Kesimpulan

Dari pembahasan dua mobil di atas hampir seluruh fitur yang disediakan sama dan menarik. Pembeda kedua mobil itu terletak dari besar body dan mesin. Jadi, sudahkah memilih harus membeli mobil yang mana?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pilih Mana: Mitsubishi Pajero atau Honda CR-V?

VS