HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Mixer Bosch atau Mixer KitchenAid?

Membuat roti atau kue tentunya hal yang menyenangkan, di samping ada rasa kepuasan tersendiri, kita jadi senang apabila roti atau kue yang dibuat habis dimakan oleh keluarga dan orang tercinta. Untuk membuat roti dan kue sendiri tentunya dibutuhkan adonan dengan mixer yang memiliki kualitas baik seperti Mixer Bosch dan Mixer KitchenAid.

Selain membuat roti dan kue, Mixer Bosch dan Mixer KitchenAid juga bisa digunakan untuk beberapa bahan makanan lainnya. Kualitas yang diberikan juga baik sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan manfaat yang diberikan kedua mixer ini.

Berbicara mengenai kelebihan diatas tadi, tentunya kedua produk ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan. Yuk simak terus Selera.id untuk dapatkan info lebih dalam mengenai kedua produk ini.

Mixer Bosch

Mixer roti bosch merupakan salah satu peralatan dapur yang saat ini banyak diandalkan oleh ibu rumah tangga dan koki-koki andal dalam mengolah kue atau roti. Mixer roti bosch berasal dari Jerman yang diinisiasi oleh Robert Bosch GmbH. Awalnya Bosch sendiri cuma menjual komponen otomotif lho.

Seiring berjalannya waktu, Bosch mengamati bahwa peralatan dapur juga berpengaruh penting sebagai kebutuhan sehari-hari. Seperti mixer roti ini salah satunya. Mixer roti bosch mempunyai desain modern dengan sistem pengadukan andal dan memberikan hasil maksimal. Mixer ini juga menjadi incaran banyak pebisnis UKM professional.

Di Bosch ada istilah tersendiri untuk penyebutan mixer rotinya, yakni Kitchen Machine. Bodinya yang kokoh dengan konsep ekslusif membuat harga jual mixer roti bosch ini lebih variatif. Baca juga: 10 Merk Mixer Kualitas Terbaik 

Kelebihan Mixer Bosch

  • Merk terkenal
    Tidak diragukan lagi kalau mixer bosch merupakan jenis mixer yang cukup dikenal masyarakat luas karena memang produksi jerman yang notabene merupakan Negara maju, sehingga memberikan opini baik kepada produk-produk yang dijual. Tentu saja saat ditanya orang, kamu bisa dengan bangga mengatakan bila kamu mempunyai mixing machine bosch yang memang sudah dikenal mempunyai reputasi yang baik.
  • Mempunyai pengaduk roti dan kue
    Kelebihan dari mixing machine ini merupakan sudah dilengkapi dengan pengaduk roti dan kue sekaligus, sehingga kamu tidak perlu susah payah untuk membeli mixing machine lain karena mesin ini bisa dikatakan mempunyai two times fungsi. Tidak cuma untuk mengaduk adonan roti namun juga dapat dipakai untuk mengaduk adonan kue.
  • Memiliki varian yang banyak
    Varian yang ditawarkan oleh Bosch sendiri banyak sehingga bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing dirumah.

Kekurangan Mixer Bosch

  • Kapasitas kecil
    Hal ini mungkin merupakan kekurangan terbesar dari mesin bosch ini. Kebanyakan mesin bosch yang dijual di Indonesia sendiri cuma didesain untuk adonan 4 kg namun bowlnya sendiri cuma memuat untuk 2 kg adonan basah. Sehingga bila kamu ingin membuat batch yang cukup besar, maka kamu mau tidak mau mesti membuatnya beberapa kali yang membuat adonan menjadi berbeda-beda kualitasnya.
  • Daya listrik besar
    Jika kamu mempunyai watt listrik yang besar di rumah, perihal ini mungkin tidak akan jadi masalah, tetapi jika listrik dirumah kamu tergolong kecil, maka sebaiknya jangan coba menggunakannya. Mixing machine ini membutuhkan daya kurang lebih 900 watt dimana mixing machine lain pada umumnya cuma membutuhkan daya sebesar 300 watt saja. Perihal ini memang cukup berat mengingat kapasitasnya yang juga kecil.
  • Materials sejenis plastik
    Jika produk mixing machine durable lain sudah dikonsep dengan materials stainless mungkin, berbeda dengan mixer bosch yang masih mengandalkan materials sejenis plastik tebal yang membuatnya menjadi keliatan rapuh. Terlebih jika kamu tipe orang yang sedikit ceroboh, mangkuk pengaduk bisa saja rusak serta hancur sewaktu-waktu karena materialnya yang memang bisa pecah, berbeda dengan metal yang jika jatuh mungkin hanya akan mengalami penyok.

Rekomendasi Mixer Bosch

1. Bosch Mixer Roti MUM6N11
Bosch Mixer Roti merupakan salah satu produk unggulan dari BOSCH Home Appliances. Didesain khusus untuk adukan 4 kg dengan mangkuk yang bisa muat sampai 2 kg adonan basah atau 1 kg tepung kering. Untuk daya listrik yang dibutuhkan memang cukup besar, 800 Watt, karena adanya kipas angin di dalam mesin, sehingga tidak cepat panas saat pemakaian.

2. Bosch MFQ4020
Bosch MFQ4020 merupakan mixer dengan teknologi motor modern yang bertenaga namun amat ringan serta tidak menyebabkan suara bising. Sementara, bila kamu membutuhkan stand mixer yang best seller, Bosch MUM58720 merupakan opsi yang pas. Mixer yang dilengkapi dengan wadah stainless steel ini bisa membuat adonan lebih cepat dari mixer jenis lainnya.

Varian Mixer BoschHarga per Oktober 2019
Bosch Mixer Roti MUM6N11Rp 6.300.000,-
Bosch MFQ4020Rp 1.050.000,-
Lihat juga:  Pilih Mana: Kalsiboard atau Triplek?

Mixer KitchenAid

KitchenAid merupakan perusahaan asal Amerika yang sudah memproduksi stand mixer sejak tahun 1919. Hampir semua orang yang melihat mixer KitchenAid langsung jatuh cinta karena desainnya yang sangat elegan dan funky, tersedia dalam berbagai opsi warna ngejreng. Baik dapur berdesain minimalis, vintage, playful maupun artistik, mixer KitchenAid akan membuat dapurmu lebih funky.

Selain funky, stand mixer KitchenAid juga bermutu tinggi. Stand mixer amat sesuai untukmu yang tidak ingin repot memegangi mangkuk adonan karena mixer ini mempunyai rangka yang kuat untuk menopang badan serta mangkuk adonan. Stand mixer KitchenAid juga stabil, jadi kamu bisa tenang meninggalkan mixer itu bekerja sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

Dengan stand mixer KitchenAid, kamu dapat membuat adonan dalam jumlah besar secara sekaligus dalam waktu cepat dan menghemat tenaga. Mixer KitchenAid ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sehingga sesuai untuk kebutuhan rumah tangga.

Kelebihan Mixer KitchenAid

  • Mempunyai fitur planetary mixer
    Mixer KitchenAid mempunyai 10 speed yang bisa dipakai. Untuk menciptakan adonan yang merata dan juga baik, KitchenAid menghadirkan planetary mixer. Selain whisk atau beater mixer itu berputar, poros mixer itu juga berputar. Cara berputar seperti inilah yang membuat adonan itu cepat berkembang karena udara yang terkumpul dalam adonan bisa cepat terperangkap serta merata.
  • Material full metal
    Berbeda dengan mixer Bosch yang sebagian produknya masih menggunakan material plastik, KitchenAid justru membekali seluruh produknya dengan material metal yang kokoh dan tahan lama sehingga tidak perlu khawatir mixer akan retak atau pecah seperti yang terbuat dari plastik.
  • Memiliki varian dan warna yang banyak
    Varian yang dimiliki oleh KitchenAid nyatanya juga banyak sekali, selain itu warna yang ditawarkan juga banyak. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin memiliki mixer andalan kamu dirumah karena bisa kamu pilih sesuai selera masing-masing.

Kekurangan Mixer KitchenAid

  • Harga mahal
    Mixer KitchenAid sendiri memiliki harga yang mahal mengingat material yang digunakan baik tahan lama dan fitur-fitur yang canggih di dalamnya. Hal ini tentu sesuai dengan istilah ada rupa ada harga.
  • Masih susah ditemukan
    Untuk mendapatkan mixer ini kamu harus mencarinya di mall atau supermarket yang besar. Jika masih belum menemukannya, tenang saja karena saat ini sudah banyak beredar di pasar online, jadi tidak perlu bingung lagi jika ingin memakai KitchenAid.
  • Tidak memiliki pisau pengiris
    Saat mengulen roti, KitchenAid sendiri tidak memiliki pisau pengiris seperti yang dimiliki Bosch. Tentunya ini menjadi kekurangan tersendiri untuk KitchenAid mengingat pisau pengiris adalah salah satu komponen yang cukup penting juga.

Rekomendasi Mixer KitchenAid

1. Kitchenaid 5KPM150-EWH Heavy Duty-5Quart Stand Mixer
Mixer ini mempunyai wadah berkapasitas 4,83 liter, sebanding untuk mengolah adonan seberat 1,4 Kg. Alat ini cocok untuk mengolah adonan jenis apa pun, dari roti, kue, pasta sampai pizza. Selain itu, alat ini juga ideal untuk adonan cair seperti krim, telur, atau susu segar.

2. KitchenAid Artisan Design Series 5-Qt
Kecepatan dari stand mixer ini juga menjadi perhatian, karena adonan bisa tercampur dengan cepat dan mudah. yang akan mencampur adonan dengan cepat dan gampang. Terdapat 13 opsi warna stand mixer yang bisa dipilih, dan masing-masing bisa disesuaikan dengan selera. Pada prinsipnya, dapurmu akan jadi lebih berwarna dengan kehadiran produk satu ini.

Varian Mixer KitchenAidHarga per Oktober 2019
Kitchenaid 5KPM150-EWH Heavy Duty-5Quart Stand MixerRp 10.000.000,-
KitchenAid Artisan Design Series 5-QtRp 8.354.000,-

Pilih Mana: Mixer Bosch atau Mixer KitchenAid?

Mixer BoschMixer KitchenAid
Kelebihan- Merk terkenal - Mempunyai pengaduk roti dan kue - Memiliki varian yang banyak - Mempunyai fitur planetary mixer - Material full metal - Memiliki varian dan warna yang banyak
Kekurangan- Kapasitas kecil - Daya listrik besar - Materials sejenis plastik - Harga mahal - Masih susah ditemukan - Tidak memiliki pisau pengiris

Kesimpulan

Mixer Bosch dan Mixer KitchenAid adalah mixer yang berguna untuk membuat beberapa adonan dengan kualitas yang baik dan tahan lama. Namun saya lebih merekomendasikan KitchenAid untuk jadi mixer andalan kamu karena memiliki material yang baik dan varian warna yang beragam, meskipun harga nya yang sedikit mahal ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mixer Bosch vs Mixer KitchenAid

VS

Leave a Reply