Game

Pilih mana: Mobile Legends vs Free Fire?

Akhir-akhir ini, genre battle royale dalam mobile esports sedang mengalami kebangkitan pesat. Bagaimana tidak? Game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends dan juga Free Fire selalu menghiasi halaman utama Play Store ataupun App Store dengan jumlah unduhan terbanyak.

Jika Anda salah satu pecinta game maka sudah tidak asing lagi dengan game satu ini. Mobile Legends dan Free Fire. Tentunya sampai saat ini pun kedua game ini masih banyak sekali peminatnya.

Kedua game ini masih sangat berjaya,loh. Anda bisa memainkannya karena game ini bisa dimainkan oleh siapa saja tanpa memandang usia baik anak-anak maupun dewasa. Kini kedua game juga dapat Anda mainkan di smartphone android. Hal ini jadi sangat mudah dan praktis untuk dimainkan, bukan?

Selain, kemudahannya yang bisa diinstal oleh banyak perangkat. Pastinya kedua game ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Lantas mana dari kedua game ini yang lebih baik?

Yuk simak pembahasannya di Selera.id.

Mobile Legends vs Free Fire

Mobile Legends

Mobile Legends adalah game yang dikembangkan dan dirilis oleh Moontoon developer. Game ini dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS. Game MOBA satu ini sukses mencuri perhatian para gamer di Indonesia sejak tahun 2016.

Game ini bisa dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi 2 tim. Permainan akan dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari daftar hero yang bisa diakses oleh pemain.

Hero yang tersedia adalah hero yang telah dibeli dan hero yang sedang ‘dipinjamkan’ secara gratis kepada pemain oleh sistem. Dengan kata lain, tidak semua hero dapat langsung dimainkan. Durasi permainan bisa berkisar sekitar 15 menit untuk 1 ronde. Baca juga : Pilih Mana: AoV atau Mobile Legends?

Kelebihan Mobile Legends

Berikut ini Kelebihan Mobile Legends:

  • Memiliki banyak Variasi Hero dan Skin
    Karakter hero di Mobile Legends ini sudah lebih bervariasi sehingga Anda bisa memilih sesuka hati. Selain itu, role atau peran di Mobile Legends juga lebih banyak. Biasanya hal ini lah yang sangat disukai oleh beberapa pecinta game.
  • Memiliki game yang ringan
    Bagi Anda yang memiliki masalah dengan minim spesifikasi penyimpanan maka hal ini tidak jadi masalah. Karena game ini sangat ringan dan memiliki ukuran yang cenderung kecil untuk masuk di perangkat android Anda. Jadi, Anda bisa memainkannya dengan mudah.
  • Memiliki Grafis yang bagus
    Kelebihan lainnya ada pada kualitas grafisnya. Tentunya para gamers, sangat mengidam-idamkan game yang memiliki grafik yang berkualitas tinggi, nah di mobile legends ini menawarkan grafik yang sangat menggoda,loh. Hal ini akan memanjakan mata Anda.

Mobile Legends vs Free Fire

Kekurangan Mobile Legends

Berikut ini Kekurangan Mobile Legends:

  • Tampilan menu yang sulit
    Kekurangan yang ada pada game ini yaitu memiliki menu yang lumayan banyak karena gameplay-nya yang banyak. Bagi pemula mungkin akan kesulitan untuk memainkannya karena akan terasa asing dan bingung ketika bermain.
  • Koneksi yang mudah reconnect
    Padahal gamenya hanya kecil. Namun entah mengapa koneksinya mudah terputus. Mungkin banyak pemain yang bermain di server.
  • Kontrol game yang lumayan susah
    Kekurangan berikutnya jika dibandingkan dengan kontrol Touch dan analog pesaingnya. Game ini justru lebih enak dimainkan dengan cara Touch, karena jika pakai analog, rasa Moba terasa berkurang.

Free Fire

Free Fire adalah salah sebuah game yang merupakan kombinasi dari genre battle royale dengan TPS (Third Person Shooter). Sekilas ini adalah sebuah game perang yang mengumpulkan hingga 50 pemain di sebuah peta yang luas, dimana setiap pemain harus saling membunuh dan menjadi satu-satunya orang yang bisa bertahan untuk menjadi pemenang.

Game Free Fire ini serupa dengan game lainnya yang bergenre battle royale, seperti PUBG, Fortnite atau ROS (Rules of Survivor); dimana semua pemain dikerahkan dengan pesawat dan wajib melakukan terjun bebas. Tiap pemain juga harus mencari senjata dan peralatan medis ketika dikirim untuk bertarung melawan pemain lain dan bertahan hidup.

Lihat juga:  Pilih Mana: Skyrim vs Skyrim Special Edition

Sangat seru bukan? Nah, kami pun telah membahasnya lebih detail. Berikut ulasannya!

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Samsung Galaxy A20 atau Redmi Note 7?

Mobile Legends vs Free Fire

Kelebihan Free Fire

Berikut ini Kelebihan Free Fire:

  • Banyak varian fitur
    Kelebihan pertama dari game ini yaitu ada pada fitur nya. Dalam Free Fire pemain bisa merasakan fitur penuh yang ada pada game Battle Royale ini. Bahkan Free Fire terus mendapatkan update yang berisikan beberapa fitur terbaru yang tentu akan membuat game semakin seru untuk Anda mainkan.
  • Memiliki ukuran penyimpanan yang memadai
    Kelebihan lainnya yang ada pada Free Fire ialah ukuran saat gameplay ini diunduh. Anda hanya memerlukan ruang sebesar 500 MB sehingga sangat menghemat ruang penyimpanan pada gadget Anda. Meskipun dengan ukuran yang lebih kecil, Free Fire justru tetap memiliki kualitas grafis yang cukup baik dan lebih berkualitas. Salah satu kelebihan inilah yang membuat game ini disukai banyak pengguna.
  • Adanya tournament esports
    Karena hadir lebih dulu, Free Fire berhasil membangun komunitas esportnya melalui Garena. Berdasarkan data statistik Esports Charts April, 2019, turnamen esports Free Fire World Cup 2019 berhasil dinobatkan sebagai turnamen esports mobile dengan jumlah penonton terbanyak di dunia, yakni 1 juta penonton di waktu yang bersamaan. Hal ini sangat memudahkan penggunanya yang ingin memiliki skill berkualitas untuk ikut bertanding untuk mendapatkan beberapa hadiah dari sebuah game. Keren bukan? Anda tidak hanya bermain namun juga bisa menghasilkan uang.

Kekurangan Free Fire

Berikut ini Kekurangan Free Fire:

  • Tidak terlalu dikenal
    Kebanyakan pengguna game ini berasal dari negara-negara berkembang. Itulah kenapa di indonesia sempat sangat terkenal dan digandrungi. Namun hal ini menjadi kelemahan bagi game ini sendiri karena kebanyakan dari negara ini tidak semuanya punya perangkat yang berspesifikasi tinggi.
  • Game Mode yang lebih sedikit
    Kekurangan berikutnya dari game ini sekilas, Free Fire memiliki Game Mode yang lebih sedikit dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini terlihat dari Free Fire yang hanya memiliki 7 game mode dalam permainannya seperti Classic, Death Race, Ranked, Rush Hour, Solo, Duo, dan Squad.
  • Memiliki kualitas grafis yang kurang
    Kekurangan pada menu grafis yang kerap kali sangat disayangkan ini ada pada Free Fire. Game ini tidak menghadirkan lebih banyak pilihan menu grafis seperti pesaingnya. Meski begitu, Anda masih dapat memilih opsi Smooth untuk performa yang tinggi. Untuk detail senjata dan kendaraan memang terlihat jauh tertinggal dari game lainnya namun untuk detail lingkungan, rerumputan akan terlihat jelas di Free Fire.

Pilih mana: Mobile Legends vs Free Fire?

Keterangan Mobile Legends Free Fire
Kelebihan-Memiliki banyak Variasi Hero dan Skin -Memiliki game yang ringan -Memiliki Grafis yang bagus -Banyak varian fitur -Memiliki ukuran penyimpanan yang memadai -Adanya tournament esports
Kekurangan-Tampilan menu yang sulit -Koneksi yang mudah reconnect -Kontrol game yang lumayan susah-Tidak terlalu dikenal -Game Mode yang lebih sedikit -Memiliki kualitas grafis yang kurang

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Mobile Legends vs Free Fire yang bisa kami hadirkan untuk Anda. Anda bisa memainkan keduanya kok. Karena tidak memerlukan ruang penyimpanan yang  terlalu besar. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengunduhnya tanpa harus khawatir jika tidak muat dalam penyimpanan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mobile Legends vs Free Fire

VS

Leave a Reply