Pilih Mana: Mobilio atau Brio?

Sampai sekarang, terdapat banyak jenis mobil yang berada pada pasaran dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Mobil dengan jenis MPV dan hatchback masih menjadi mobil incaran masyarakat luas. Kedua jenis mobil ini juga yang paling banyak dijumpai di jalanan.

Mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) adalah jenis mobil yang didesain untuk memuat banyak penumpang dan barang. MPV biasanya memiliki kabin yang lebih luas dan fleksibel dibandingkan dengan mobil lain, sehingga memungkinkan pemiliknya untuk memuat banyak barang dan penumpang. Umumnya, MPV juga memiliki mesin yang lebih kuat dan fitur-fitur yang lebih baik untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Hatchback adalah jenis mobil yang memiliki bagian belakang yang dapat dibuka, seperti pintu truk, sehingga memudahkan memuat barang dan membawa penumpang. Hatchback biasanya lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan MPV, sehingga membuat manuver dan parkir lebih mudah. Namun, karena ukuran yang lebih kecil, kapasitas muatannya juga lebih terbatas dibandingkan MPV.

Mobilio menjadi salah satu jenis mobil dengan tipe MPV dan Brio sebagai mobil tipe Hatchback. Kedua mobil ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk membantu Anda dalam memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan, kami telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari Mobilio dan Brio. Simak penjelasannya!

Mobilio

Nyaman dan berkualitas, dua kata yang sangat menggambarkan Honda Mobilio. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 yang dilengkapi dengan kenyamanan, kualitas tinggi dan juga desain eksterior yang menarik.
Dari awal diperkenalkan sampai saat ini, Mobilio menjadi mobil yang paling banyak dicari karena memiliki berbagai fitur yang berteknologi tinggi dan desain yang modern.

Kelebihan Mobilio

Sebagai mobil jenis MPV yang populer, tentunya Mobilio memiliki beberapa kelebihan yang dapat dirasakan oleh para penggunanya. Simak penjelasannya.

Kabin yang Besar

Mobil berjenis MPV ini memiliki kabin yang lebih besar dan menjadi salah satu daya tarik dari Mobilio. Meskipun bertipe MPV, Mobilio didesain dengan tinggi yang lebih pendek namun tetap memiliki kabin yang lebih besar. Dari sini juga dapat dilihat bahwa Honda telah memberikan usaha maksimalnya untuk memberikan kabin yang luas tanpa harus memberikan kesan yang besar pada eksteriornya.

Mesin yang Bertenaga

Honda membekali Mobilio dengan mesin 1.500 cc L15Z1 yang memiliki tenaga sebesar 118 Hp. Mesin ini juga merupakan keluaran terbaru dari Honda yang digunakan juga pada Honda City tahun 2014.

Pengendalian Mobil yang Mudah

Mobilio tak hanya dibekali dengan mesin, namun juga dibekali dengan handling yang sangat baik. Tak hanya itu, body roll dan juga feedback setir yang dimiliki oleh mobil ini lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil lain di kelasnya.

Kekurangan Mobilio

Setelah mengetahui kelebihan dari Mobilio, pada bagian ini kami akan menjelaskan beberapa kekurangan yang menjadi tolak ukur sebelum membeli mobil ini.

Kabin yang Tidak Kedap

Salah satu kekurangan pertama dari mobil ini adalah kabinnya yang tidak kedap suara. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu pengemudi dan juga penumpang, karena suara mesin, angin dan ban akan masuk kedalam kabin.

Kurangnya Lampu Indikator

Kenyamanan di dalam kabin mobil tentunya harus didukung dengan berbagai faktor lainnya, salah satunya adalah kehadiran dari lampu indikator yang mumpuni. Namun sangat disayangkan, Honda Mobilio belum dapat memenuhi hal ini. Beberapa tombol indicator di dalam kabin mobil ini tidak dilengkapi dengan lampu indicator yang membuat pengemudi akan sulit membedakan tombol di malam hari. Hasilnya, pengemudi harus bergantung dengan feeling ketika ingin mengoperasikan tombol di dalam kabin.

Socket Charger yang Minim

Mencharger smartphone di dalam mobil ketika berkendara bukan menjadi hal yang asing lagi, kegiatan ini menjadi perhatian khusus bagi produsen mobil dalam menambahkan socket charger di dalam kabin. Sangat disayangkan, Honda Mobilio ini memiliki socket charger yang minim, dibandingkan dengan sejumlah competitor lainnya. Beberapa mobil lain telah menambahkan socket charger pada baris kedua di dalam mobil, sedangkan Mobilio hanya memiliki socket di baris pertama saja.

Brio

Brio dikenal dengan julukan mobil hatchback yang ringan dan mudah diparkir. Honda Brio adalah mobil hatchback yang diproduksi oleh Honda dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011. Awalnya mobil ini hanya diproduksi di Thailand dan India, namun konsumen di Indonesia juga memberikan respon yang sangat bagus dan membuat mobil ini juga diproduksi di Indonesia dan diekspor ke banyak negara lainnya.

Kelebihan Brio

Menjadi mobil populer di masyarakat Indonesia, menandakan bahwa mobil ini memiliki berbagai kelebihan. Berikut penjelasannya.

Desain Eksterior Sporty

Mobil Brio ini mengusung konsep yang sporty dan sangat sesuai dengan selera konsumen muda di Indonesia. Tak hanya sporty, Brio juga terlihat modern karena memiliki desain lampu depan dan juga belakan yang mengusung konsep modern. Velg yang digunakan juga menambah kesan agresif pada mobil ini.

Konsumsi Bensin yang Irit

Selain desain yang sporty, Brio juga irit dalam mengkonsumsi bensin. Beberapa pengguna mengklaim bahwa Brio hanya menghabiskan 1 liter untuk menempuh jarak sejauh 21 km di dalam kota. Sedangkan untuk ke luar kota, mobil ini hanya membutuhkan 1 liter untuk melaju sejauh 30.1 km.

Dilengkapi Banyak Fitur

Honda Brio juga memberikan berbagai fitur untuk membuat pengemudi merasa terbantu ketika mengendarai mobil. Setir mobil ini juga telah dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi untuk mengatur audio mobil lebih mudah ketika berkendara. Tak hanya itu, fitur keselamatan di dalamnya juga tak kalah lengkap baik untuk pengemudi dan penumpang.

Kekurangan Brio

Berikut beberapa kekurangan dari Honda Brio, yang dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin membeli mobil ini.

Kapasitas Mesin Kecil

Konsumsi bensin yang irit ini juga didukung dengan kapasitas mesin mobil yang kecil. Kapasitas mesin yang dimiliki oleh Brio ini hanya 1.2 L sehingga tenaga maksimum yang dikeluarkan hanya 90 Hp dan torsi maksimum hanya sebesar 110 Nm.

Kabin dan Bagasi yang Sempit

Honda Brio memiliki kabin yang lebih kecil, sehingga penumpang jadi kurang leluasa dan nyaman. Tak hanya kabin, bagasi yang dimiliki oleh Honda Brio juga tidak begitu luas dan tergolong sempit.

Kabin Tidak Kedap Suara

Kelemahan lainnya dari Honda Brio ini adalah kabin yang tidak kedap suara. Hal ini dapat dipicu karena peredam di dalam kabin mobil kurang tebal, sehingga suara di luar kabin akan jelas terdengar oleh penumpang dan pengemudi. Beberapa pengendara menganggap bahwa kabin yang tidak kedap suara ini menjadi salah satu kekurangan yang sangat disayangkan. Sehingga untuk Anda yang ingin memiliki mobil dengan kabin yang kedap suara, mobil Honda Brio bukan menjadi pilihan yang tepat.

Perbandingan Mobilio dan Brio

MobilioBrio
Kelebihan- Kabin yang Besar
- Mesin yang Bertenaga
- Pengendalian Mobil yang Mudah
- Desain Eksterior Sporty
- Konsumsi Bensin yang Irit
- Dilengkapi Banyak Fitur
Kekurangan- Kabin yang Tidak Kedap
- Kurangnya Lampu Indikator
- Socket Charger yang Minim
- Kapasitas Mesin Kecil
- Kabin dan Bagasi yang Sempit
- Kabin Tidak Kedap Suara
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai kekurangan dan kelebihan pada Mobilio dan Brio, Anda tentunya dapat menilai secara langsung mengenai mobil apa yang harus dibeli. Jika ingin memiliki kabin yang besar dan mesin bertenaga maka Mobilio dapat menjadi pilihan Anda, namun jika ingin mobil dengan desain yang sporty dan bensin yang irit, tentunya Brio pilihan yang tepat. Terlepas dari jenis mobil apa yang dipilih, Anda juga harus memastikan dengan keperluan dan budget yang Anda punya. Semoga membantu!

Anda Pilih Mobilio atau Brio?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!