Pilih Mana: Mobilio atau Freed?

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah jenis mobil yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi keluarga. MPV dikenal dengan kapasitas penumpang yang besar dan fleksibel, serta desain yang modern dan nyaman. Mobil ini pertama kali muncul di pasar pada akhir tahun 1980-an dan mulai populer di beberapa negara termasuk di Indonesia.

Sejarah MPV dapat di trace kembali pada tahun 1984, ketika Renault mengeluarkan jenis mobil sejenis yang disebut Espace. Espace ini menjadi cikal bakal MPV modern yang saat ini dikenal. Popularitas MPV semakin meningkat pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, saat keluarga di seluruh dunia mulai menginginkan mobil yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti perjalanan jauh, perjalanan sehari-hari, dan sebagainya.

Saat ini, MPV menjadi salah satu jenis mobil yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Beberapa merek ternama seperti Honda, Toyota, dan Mitsubishi telah mengeluarkan berbagai jenis MPV yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget konsumen. MPV juga menjadi pilihan utama bagi keluarga yang menginginkan mobil yang aman, nyaman, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Salah satu merk ternama yaitu Honda, membuat berbagai mobil berjenis MPV yang berkualitas tinggi, dua yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan adalah Mobilio dan Freed. Kedua jenis mobil ini mengusung tema mobil keluarga sehingga akan aman dan nyaman jika dipakai untuk berpergian. Tapi, apa yang menjadi perbedaan dari kedua mobil ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mobilio

Honda Mobilio adalah sebuah MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diproduksi oleh Honda Motor Company. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013 dan kemudian diperkenalkan di India pada tahun 2014. Di Indonesia, Mobilio menggantikan Honda Stream sebagai MPV andalan Honda.

Pada tahun 2015, Honda melakukan facelift pada Mobilio dengan menambahkan beberapa fitur baru seperti audio touchscreen dan kamera mundur. Pada tahun 2016, Honda menambahkan varian RS yang dilengkapi dengan mesin 1.5L VTEC Turbo dan transmisi CVT. Pada tahun 2018, Honda melakukan facelift lagi pada Mobilio dengan menambahkan beberapa fitur baru seperti sensor parkir dan kamera mundur. Beberapa isu mengatakan bahwa di tahun 2022, Honda Mobilio tidak lagi diproduksi dan tidak tersedia di pasar. Namun, pernyataan ini ditepis oleh pihak Honda, karena Mobilio titap akan diproduksi dalam varian S M/T.

Kelebihan Mobilio

Sebagai mobil MPV paling populer di Indonesia, Mobilio pastinya memiliki berbagai kelebihan pada mobilnya. Berikut penjelasannya.

Mesin yang Berperforma Tinggi

Honda Mobilio dilengkapi dengan mesin 1.500 cc L15Z1 yang merupakan mesin terbaru dari Honda. Mesin ini akan menghasilkan tenaga sebesar 118Hp. Walaupun tenaga yang dihasilkan tergolong besar, namun Mobilio dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Eksterior Berkelas

Desain yang dimiliki oleh Mobil ini lebih berkelas jika dibandingkan dengan jenis mobil MPV lainnya. Meskipun dijuluki dengan nama mobil keluarga, namun eksterior dari mobil ini tergolong sporty dan gagah.

Fitur dan Teknologi yang Canggih

Mobilio dari Honda ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan juga teknologi yang canggih, seperti fitur keyless yang akan membuat mobil lebih aman, telah menggunakan CVT yang memberikan kesan halus ketika berkendara.

Kekurangan Mobilio

Setelah mengetahui beberapa kekurangan dari Mobilio, kami akan membahas beberapa kekurangan yang dapat menjadi patokan sebelum membeli mobil ini.

Harga yang Tinggi

Mengingat bahwa mobil ini berjenis MPV, harga yang ditawarkan untuk membeli mobil ini tergolong sangat tinggi. Untuk jenis mobil LMPV, harga yang dipatok cukup tidak masuk akal. Hal ini menjadi kekurangan pertama dari Mobilio.

Bumper Belakang Kecil

Penampakan bumper Mobilio yang terlihat penyuk bukanlah hal yang tak wajar lagi, penyebabnya adalah bumper belakang yang sangat kecil dan tidak proporsional menjadi kelemahan tersendiri dari mobil ini.

Freed

Honda Freed adalah sebuah MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diproduksi oleh Honda Motor Company. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2008 dan kemudian diperkenalkan di beberapa negara lain, termasuk Indonesia. Di Jepang, Freed menggantikan Honda Mobilio sebagai MPV andalan Honda. Ciri khas dari Freed ini berada pada pintu mobilnya. Freed memiliki pintu mobil geser.

Pada tahun 2010 Honda memperkenalkan Honda Freed di Indonesia dengan mesin 1.5L dan transmisi CVT. Pada tahun 2012 Honda melakukan facelift pada Freed dengan menambahkan beberapa fitur baru seperti audio touchscreen dan kamera mundur. Namun, pada tahun 2015 produksi Freed di Jepang telah diberhentikan dan menyusul pada tahun 2016 produksi di Indonesia juga diberhentikan. Hal ini disebabkan mobil yang berbentuk kotak seperti Freed kurang laku di pasaran.

Kelebihan Freed

Mobil dengan pintu geser ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan mobil MPV lainnya. Simak penjelasannya.

Kabin Luas dan Nyaman

Mobil MPV ini memiliki kabin yang luas, hal ini didukung dengan dimensi dari mobil yang cukup besar, dengan panjang 4.125mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740mm. Tak hanya itu, baris kedua di dalam mobil ini mengusung konsep jok model captain seat yang lebar dan nyaman.

Memiliki Peredam Panas pada Kaca Samping

Kaca dari mobil Freed ini menggunakan teknologi Green Glass yang berperan untuk mengurangi panas sinar matahari dan juga sinar UV, membuat suhu di dalam kabin tetap sejuk.

Fitur yang Cukup Lengkap

Selain Eksterior, pada bagian dalam mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap. Mobil ini memiliki sambungan USB untuk mendengarkan lagu, Audio Steering Switch, layar MID, AC Double Blower, ECO Indicator dan berbagai fitur canggih lainnya.

Kekurangan Freed

Walaupun terlihat mewah, mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan yang menjadi perhatian sebelum membeli mobil ini.

Suara Aneh dari Pintu

Seperti yang telah diketahui bahwa Freed menggunakan pintu dengan teknologi Sliding Door. Pintu jenis ini dapat memberikan kesan elegan dan mewah, namun pintu dengan jenis ini terkadang menimbulkan suara aneh ketika melewati jalan yang rusak.

Ruang Bagasi Sempit

Memang benar jika ruang kabin di dalam mobil ini tergolong luas dan nyaman, namun bagasi yang dimiliki oleh Freed ini tergolong sempit. Hal ini akan menyebabkan anggota keluarga tidak dapat membawa barang dengan jumlah yang cukup banyak.

Perbandingan Mobilio dan Freed

MobilioFreed
Kelebihan- Mesin yang Berperforma Tinggi
- Eksterior Berkelas
- Fitur dan Teknologi yang Canggih
- Kabin Luas dan Nyaman
- Memiliki Peredam Panas pada Kaca Samping
- Fitur yang Cukup Lengkap
Kekurangan- Harga yang Tinggi
- Bumper Belakang Kecil
- Suara Aneh dari Pintu
- Ruang Bagasi Sempit
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Honda Mobilio dan Honda Freed adalah kedua mobil ini adalah MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diproduksi oleh Honda Motor Company. Keduanya dikenalkan di pasar dengan tujuan yang sama, yaitu sebagai pilihan kendaraan keluarga yang nyaman dan fleksibel. Perbedaannya terletak pada produksi mobil ini, meskipun Mobilio diperkenalkan lebih pertama dari Freed, namun produksi dari Mobilio tetap berjalan, sedangkan Freed produksinya dihentikan secara permanen.

Anda Pilih Mobilio atau Freed?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!