KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Mobilio atau Jazz?

Di Indonesia, pengguna mobil berada pada urutan kedua sebagai jenis kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sampai tahun 2022 tercatat sebanyak 20.099.273 unit pengguna mobil pribadi.

Banyaknya peminat untuk memiliki mobil pribadi membuat industri otomotif berbondong-bondong memproduksi mobil dengan segala jenis dan kegunaannya. Saat ini, Indonesia memiliki sekitar 14 juta jenis mobil yang beredar di pasar Indonesia. Baca Juga: Pilih Mana: Mobilio atau Xpander?

Banyaknya jenis mobil tentunya membuat Anda bingung untuk memilih satu diantara jutaan mobil. Menurut para pengamat, merk mobil yang paling laris di Indonesia adalah Honda. Seperti yang kita tahu bahwa Honda memiliki segudang merk mobil dengan kualitas terbaik dan harga yang bersahabat.

Dua jenis mobil keluaran Honda yang paling diminati adalah Mobilio dan Jazz. Bagi pecinta otomotif pasti tidak akan asing lagi dengan dua nama mobil ini. Meski populer dan menjadi mobil favorit di Indonesia, kedua mobil ini memiliki berbagai kelebihan serta kekurangan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tentang Honda Mobilio

Mobilio merupakan mobil berjenis LMPV atau Low MPV, dengan model ini membuat Mobilio menjadi kecintaan masyarakat Indonesia. Harga yang ditawarkan oleh Mobilio juga lebih terjangkau dan dapat memuat penumpang lebih banyak sehingga akan pas dijadikan mobil keluarga.

Mobilio ini mulai aktif dipasarkan pada tahun 2014 dan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. dilengkapi dengan mesin i-VTEC,transmisi CVT dan desain yang segar menjadikan mobil ini mudah merebut hati para konsumen.

Kelebihan Honda Mobilio

Mobilio ini dilengkapi dengan berbagai kelebihan pada mobilnya, terbukti dari sambutan masyarakat yang antusias dengan mobil ini. Berikut penjelasannya

1.  Tenaga Besar

Mobilio menggunakan mesin tipe bensin dengan ukuran 1.496 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 Ps dan torsi yang hampir menyentuh 145 Nm. Nilai ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan mobil LMPV lainnya.

2.  Teknologi Keyless

Berbeda dari mobil LMPV lainnya, Mobilio telah didukung dengan teknologi keyless yang tentunya akan mempermudah penggunanya. Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses mobil dengan mudah serta lebih aman dari pencurian dan kejahatan lainnya.

3.  Memiliki Transmisi CVT

Sebenarnya ini merupakan keunggulan utama dari Mobilio, Mobilio merupakan satu-satunya mobil jenis LMPV yang menggunakan transmisi CVT. Dengan menggunakan transmisi ini akan membuat perpindahan gigi lebih halus dan membuat nyaman untuk dikendarai.

4.  Tingkat Keamanan yang Tinggi

Tak hanya Keyless, Mobilio juga menggunakan fitur keselamatan VSA atau Vehicle Stability Assist. Fitur ini didesain untuk menstabilkan manuver kendaraan apabila roda kemudi diputar secara mendadak. VSA pada Mobilio ini juga bekerja secara harmonis dengan ABS Anti-lock Braking System.

Kekurangan Honda Mobilio

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan Mobilio. Mobil ini juga memiliki berbagai kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli mobil ini. Simak penjelasannya

1.  Harga yang Tinggi

Mengingat bahwa Mobilio merupakan jenis mobil LMPV yang akan mengedepankan harga ekonomisnya. Nyatanya, harga yang dipatok untuk membeli mobil ini tergolong mahal di kelasnya.

2.  Tidak Memiliki Defogger

Defogger merupakan hal yang sangat penting untuk membuat pantauan belakang semakin jelas. Mobilio hanya dibekali wiper untuk menyeka kaca belakang, tanpa adanya defogger kerja dari wiper kurang sempurna.

Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Agya atau Toyota Calya?

3.  Kebisingan Menembus Kabin

Mobilio tidak memiliki peredaman kabin, sehingga ketika membawa mobil ini pengendaranya akan merasakan langsung kebisingan jalan atau gesekan ban yang menembus kabin.

Tentang Honda Jazz

Berbeda dengan Mobilio, Jazz merupakan mobil yang berjenis hatchback. Mobil ini merupakan mobil dengan peminat yang sangat banyak di Indonesia, terbukti dengan penjualan Jazz yang selalu menduduki jajaran atas di kelasnya.

Mobil Jazz ini memiliki desain yang sporty dan atraktif, sehingga cocok untuk para anak muda di Indonesia. Memiliki bentuk bumper yang kekar serta desain lampu yang telah menggunakan LED.

Kelebihan Honda Jazz

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh Jazz, membuat mobil ini menjadi yang terlaris dibandingkan mobil hatchback di kelasnya. Simak penjelasannya

1.  Performa Mesin Besar

Jazz dilengkapi dengan tipe mesin 1.5L SOHC, i-VTEC + DBW yang berkapasitas 1.479 cc, mampu mengeluarkan daya maksimal hingga 120 Ps dengan torsi maksimal hingga 145 Nm.

2.  Kabin yang Besar

Kelebihan lain dari Jazz ini adalah kabin yang besar dan lega. Selain itu, Jazz dilengkapi dengan Ultra seat yang membuat jok lebih fleksibel dan dapat diatur sesuai kebutuhan penggunanya.

3.  Menggunakan Electric Power Steering

Fitur ini akan memudahkan pengemudi dalam mengendarai mobil. Saat kecepatan rendah akan terasa lebih ringan ketika berbelok dan saat kecepatan tinggi secara otomatis setir akan menjadi berat untuk mencegah putaran kecil yang membuat arah laju mobil tidak terkontrol.

Kekurangan Honda Jazz

Walaupun dilengkapi dengan berbagai kelebihan, Jazz juga memiliki kekurangan yang dapat menjadi tolak ukur sebelum membeli mobil ini. Simak penjelasannya

1.  Fitur Keselamatan yang Lemah

Meskipun Honda Jazz memiliki struktur kerangka mobil yang berjenis G-CON + ACE yang berguna untuk meredam benturan kuat. Namun, Jazz belum dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih canggih seperti VSC, Hill Start Assist dan Brake Assist.

2.  Ground Clearance yang Rendah

Mobil Jazz ini memiliki jarak antara permukaan aspal dengan titik terendah mobil yang rendah. Menyebabkan mobil ini akan tidak nyaman jika digunakan pada jalan yang bergelombang dan rusak.

Pilih Mana: Mobilio atau Jazz?

Keterangan MobilioJazz
Kelebihan - Tenaga Besar - Teknologi Keyless - Memiliki Transmisi CVT - Tingkat Keamanan yang Tinggi- Performa Mesin Besar - Kabin yang Besar - Menggunakan Electric Power Steering
Kekurangan - Harga yang Tinggi - Tidak Memiliki Defogger - Kebisingan Menembus Kabin- Fitur Keselamatan yang Lemah - Ground Clearance yang Rendah

Kesimpulan

Dari artikel di atas, tentunya Anda sudah mengetahui perbedaan antara mobil Honda Mobilio dan Jazz. Kedua jenis mobil ini memiliki kelebihan dari segi kenyamanan dan mesin yang bertenaga.

Mobilio cocok dipakai sebagai mobil keluarga, sedangkan Jazz dengan gaya sportinya cocok untuk anak muda. Terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua mobil ini, Anda harus memilih mobil yang cocok serta sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, pilih Mobilio atau Jazz?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mobilio atau Jazz

VS