KendaraanOtomotifTrends

Pilih Mana: Mobilio atau Xpander?

Mobil tentunya memiliki beragam jenis dan kegunaan. Salah satu jenis mobil yang paling sering ditemui di jalan raya adalah jenis MVP. Multi-purpose Vehicle atau MPV merupakan jenis yang paling sering digunakan di Indonesia

Bukan hanya menilai dari model tapi jenis MVP ini disukai karena dapat mengangkut banyak penumpang menjadikan mobil ini cocok untuk keluarga. Selain dapat mengaktu banyak penumpang tapi mobil ini juga sangat tangguh digunakan di berbagai jenis jalan.

Keunggulan lain dari jenis MVP ini karena perawatan dan biaya operasional mobil ini relative terjangkau. Harga jual mobil berjenis MVP ini tidak akan turun jauh dari harga beli. Baca Juga: Pilih Mana: Mitsubishi Pajero atau Honda CR-V?

Jenis mobil MVP sering digunakan sebagai model dari perusahaan otomotif. Dua produk mobil yang menggunakan jenis MVP adalah Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander.

Dari dua produk mobil itu pastinya memiliki keunggulan tersendiri. Mari simak perbedaan dari kedua mobil ini!

Honda Mobilio

Honda mobile merupakan jenis mobil MVP dengan tujuh tempat duduk yang diproduksi oleh produsen mobil jepang. Dengan kapasitas yang dapat mengangkut hingga tujuh orang membuat mobil ini cocok untuk keluarga.Mobilio hadir dengan teknologi baru dan modern yang belum pernah digunakan oleh Honda sebelumnya. Mobil ini menggunakan mesin 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 PS @ 6600 RP, dengan torsi maksimal 14,8 N.m pada 4600 RPM.

Mobil ini telah menggunakan teknologi PGM-FI yang mengunakan bahan bakar secara minimal dan mampu mengeluarkan energi secara maksimal. Tersedia dalam tipe S, E, E CVT, E CVT Prestige, RS dan RS CVT.

Kelebihan Honda Mobilio

1. Tenaga besar dan irit bahan bakar

Mobilio memiliki mesin 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve yang akan menghasilkan tenaga sebesar 118 PS dengan torsi tertinggi sebesar 14.8 Nm pada 4600 RPM. Selain mesin yang bertenaga besar tapi Mobilio telah menggunakan teknologi PMG-FI sehingga bahan bakar yang dikonsumsi lebih irit.

2. Memiliki fitur hill start assist

Dengan fitur hill start assist pada Mobilio ini akan memudahkan pengemudi pemula ketika berjalan dengan kondisi menanjak. Mobil ini tidak akan langsung merosot mundur ketika berhenti di jalan tanjakan.

3. Dilengkapi fitur keyless

Untuk seluruh varian dari mobile ini hampir seluruhnya menggunakan fitur keyless.

4. Transmisi menggunakan CVT

Mobilio ini merupakan mobil MVP satu-satunya yang menggunakan CVT. Sehingga ketika mengendarai mobil ini lebih halus dan juga menghemat bahan bakar.

5. Memiliki VSA

Fitur VSA atau vehicle stability assist ini merupakan teknologi keselamatan yang didesign untuk menstabilkan maneuver kendaraan jika roda kemudi diputar secara mendadak. VSA pada Mobilio ini juga dikombinasikan dengan ABS Anti-lock braking system.

Kekurangan Honda Mobilio

1. Bumper belakang kecil

Mobilio ini memiliki bumper belakang yang kecil sehingga proporsional mobil ini menjadi kelemahan dari mobil ini.

2. Kebisingan menembus kabin

Ketika menggunakan mobil ini kebisingan di jalan atau suara ban akan terdengar jelas dari dalam kabin.

3. Tidak memiliki defogger

Defogger merupakan kawat yang berfungsi sebagai pemanas sehingga suhu kaca akan terjaga dan embun tidak akan terbentuk akibat perbedaan suhu. Pada Mobilio ini hanya dilengkapi dengan wiper belakang tanpa dilengkapi dengan defogger sehingga sering menimbulkan embun.

4. Minim improvisasi

Lihat juga:  Pilih Mana: Uniqlo atau H&M?

Mobil ini tidak memiliki banyak perubahan design. Dari awal dirilis di Indonesia sampai sekarang improvisasi dari mobil ini tidak terlihat maksimal.

Mitsubishi Xpander

Xpander merupakan mobil jenis MPV yang mampu memuat penumpang hingga 7 orang yang dirancang serta diproduksi oleh Mistsubishi Motor. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 di pameran gaikindo Tangerang selatan.Dengan kapasitas penumpang sebanyak 7 orang menjadikan mobil ini cocok untuk keluarga. Nama Xpander merefleksikan sebuah ambisi MMC untuk memperluas pengalaman bekendara ke lingkup yang lebih luas dan menyenangkan.

Memiliki kapasitas mesin sebesar 1.5L dan menghasilkan tenaga sampai 104 PS dan torsi tertinggi dapat menyentuh angka 141 Nm.

Kelebihan Mitsubishi Xpander

1. Design stylish

Xpander memiliki design yang kokoh dan tajam. Dengan menyusung design dynamic shield memberikan efek kokoh dan stylish pada mobil ini.

2. Suspensi nyaman

Selain design yang stylish tapi Xpander juga memberikan tingkat kenyamanan yang mumpuni. tidak hanya dirasakan oleh pengemudinya tapi seluruh penumpang dapat merasakan kenyamanan ketika menaiki mobil ini.

Dilengkapi juga dengan USB ports pada bagian kursi penumpang akan memudahkan untuk mengisi daya smartphone.

3. Memiliki Luggage Under Tray

Fitur interior yang satu ini sangat berguna untuk pemilik mobil. Fungsi dari fitur ini dapat meletakkan barang di bawah bagasi dan tertutup oleh tray, sehingga akan memberikan kesan bagasi yang rapi dan luas.

4. Fitur keamanan lengkap

Fitur keselamatan pada Xpander cukup lengkap. Untuk rangka body mobil ini telah menggunakan reinforces impact safety evolution yang akan membuat mobil lebih kokoh. Dilengkapi dengan dual airbag, Hill Start Assist, Anti-lock Braking System, Active Stability Control, Pedestrian Protection, sampai Emergency Stop Signal.

5. Mesin bertenaga

Dengan mesin mobil berkode 4A91 empat silinder dengan teknologi buatan Mitsubishi yaitu MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) membuat perfomra Yang dihasilan Xpander menggapai daya 104 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm

Kekurangan Mitsubishi Xpander

1. Transmisi belum CVT

Kekurangan yang paling menonjol adalah transmisi yang digunakan belum menggunakan CVT dan masih menggunakan transmisi otomatis biasa. Menjadikan tarikan pada mobil ini belum halus dan agak kasar.

2. Interior tidak semewah eksterior

Unyuk interior di dalam Xpander ini masih menggunakan material plastic keras walaupun dihiasi dengan aksen kayu. Sehingga membuat penampilan dari interior ini kurang menarik.

Pilih Mana: Mobilio atau Xpander?

Keterangan Mobilio Xpander
Kelebihan - Tenaga besar dan irit bahan bakar - Memiliki fitur hill start assist - Dilengkapi fitur keyless - Transmisi menggunakan CVT - Memiliki VSA- Design stylish - Suspensi nyaman - Memiliki Luggage Under Tray - Fitur keamanan lengkap - Mesin bertenaga
Kekurangan - Bumper belakang kecil - Kebisingan menembus kabin - Tidak memiliki defogger - Minim improvisasi- Transmisi belum CVT - Interior tidak semewah eksterior

Kesimpulan

Dari pembahasan Mobilio dan Xpander dapat dilihat bahwa kedua mobil ini cocok untuk keluarga dan tangguh di berbagai medan perjalanan. Perbedaan yang sangat terlihat berada pada transmisi yang digunakan oleh kedua mobil ini. Dengan pembahasan dari kedua mobil ini semoga dapat membantumu untuk memilih mobil jenis MVP ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mobilio vs Xpander

VS