Pilih Mana: Mouse Logitech atau Genius?

Mouse merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik, Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Sampai saat ini mouse sangat berkembang dan berinovasi dalam bentuk maupun fitur yang ditawarkannya. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kedua mouse yang saat ini namanya sudah familiar bagi penggunanya yaitu Mouse Logitech Atau Genius.

Mouse Logitech

Logitech merupakan salah satu brand mouse, keyboard, dan aksesoris PC lainnya yang cukup ternama. Kualitas produk yang dikeluarkan oleh Logitech memang tidak perlu diragukan lagi. Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang yang menggunakan produk-produk Logitech tersebut.

Kelebihan Mouse Logitech

Dilengkapi Sensor yang Tinggi

Mouse Logitech memiliki teknologi sensor yang luar biasa. Sensor optik atau laser yang dipasang pada mouse ini menjamin akurasi dan responsivitas yang tinggi. Pergerakan halus dan presisi dapat dirasakan, bahkan di permukaan yang berbeda. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengontrol pergerakan mouse dengan lebih baik dan akurat.

Desain Ergonomis yang Nyaman

Logitech selalu menempatkan desain ergonomis sebagai prioritas utama dalam produknya, termasuk mouse. Desain yang nyaman membuat pengguna dapat menggunakan mouse dengan lama tanpa merasa lelah atau tidak nyaman. Logitech menyediakan berbagai model dan ukuran untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan mouse yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memiliki Software Khusus dan Tombol yang Bisa Diprogram

Mouse Logitech memiliki banyak fitur yang dapat disesuaikan. Tombol yang dapat diprogram memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan fungsi mouse sesuai kebutuhan mereka. Software khusus dari Logitech juga memberikan pengguna kontrol lebih lanjut terhadap pengaturan mouse, seperti sensitivitas dan penyesuaian lampu RGB. Dengan berbagai fitur ini, Anda dapat mengubah mouse Logitech menjadi alat yang benar-benar sesuai dengan gaya bermain Anda.

Kekurangan Mouse Logitech

Kurang Dukungan untuk Pengguna Linux

Pengguna Linux mungkin menghadapi kesulitan dalam menemukan driver atau dukungan resmi untuk beberapa model mouse Logitech. Hal ini bisa membatasi penggunaan mouse secara optimal di sistem operasi tersebut. Meskipun demikian, masih ada cara untuk mendapatkan manfaat penuh dari mouse Logitech di Linux.

Rekomendasi Mouse Logitech

Logitech MX Anywhere 2S

Membuka daftar mouse Logitech terbaik, Carisinyal memiliki rekomendasi produk dari Logitech MX Anywhere 2S. Ini merupakan mouse wireless yang bisa terhubung ke tiga buah komputer berbeda. Sensor Darkfield 4.000 dpi yang melengkapi mouse ini membuatnya dapat beroperasi di permukaan apapun, termasuk permukaan kaca.

Logitech Ultrathin Touch Mouse T630

Logitech Ultrathin Touch Mouse T630 merupakan mouse dengan desain modern yang sangat tipis ini akan terlihat cocok untuk melengkapi Ultrabook Anda. Di samping itu, Logitech Ultrathin Touch Mouse T630 tampil dengan navigasi sentuh, sehingga Anda tidak akan mendengar suara “klik” lagi ketika menekan mouse ini.

Logitech M557

Lengkapi laptop Windows atau Mac Anda dengan sebuah mouse wireless yang harganya sekitar 500 ribu, yakni Logitech M557. Walaupun bukan mouse gaming, mouse konvensional ini memiliki tombol yang bisa dikustomisasi. Sementara itu, keberadaan sensor optik high-definition dengan resolusi 1.000 dpi pada mouse ini akan memastikan kendali kursor agar tetap mulus dan responsif.

Logitech M337

Mouse Logitech terbaik tidak harus yang dijual dengan harga di atas 1 juta. Bahkan, ada juga mouse bagus dari Logitech yang harganya sekitar 200 – 300 ribu rupiah, yaitu Logitech M337. Mouse ini membawa desain sederhana dan ukuran yang terasa pas di dalam genggaman tangan. Yang menarik dari mouse ini adalah scroll wheel-nya yang dapat memberi navigasi atas-bawah dan kanan-kiri.

Logitech M585

Dengan menggunakan Logitech M585, Anda hanya perlu sebuah mouse ini untuk menggerakkan navigasi di dua komputer yang sedang sama-sama beroperasi. Selain itu, Anda pun bisa copy paste sebuah data dari satu laptop ke laptop lainnya. Logitech turut memberikan 2 tombol tambahan di bagian samping mouse yang dapat kita kustomisasi sendiri untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Mouse yang juga memiliki scroll wheel yang bisa memberi navigasi ke kiri dan kanan ini menyediakan resolusi sensor hingga 1.000 dpi.

Genius

Genius merupakan salah satu brand mouse yang cukup terkenal di Indonesia dengan kualitas yang ditawarkan dari harga termurah sampai yang termahal Genius memberikan pilihannya. Genius sudah dipercaya dan banyak dicari sampai saat ini terus mengembangkan inovasi terbaru produknya.

Kelebihan Mouse Genius

Desain yang Nyaman

Mouse Genius diciptakan dengan kenyamanan pengguna sebagai prioritas utamanya. Desain ergonomisnya membuat mouse ini nyaman digunakan dalam jangka waktu lama tanpa menimbulkan rasa lelah atau ketidaknyamanan. Bentuk dan letak tombol-tombolnya disesuaikan dengan struktur tangan manusia, sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya secara efektif. Dengan demikian, Mouse Genius adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan produktivitas mereka melalui perangkat input yang nyaman dan efisien.

Sensor dan Akurasi Optik yang Tinggi

Mouse Genius menawarkan kinerja yang luar biasa. Sensor optiknya memungkinkan pengguna untuk mengontrol pergerakan dengan presisi tinggi. Ini membuatnya ideal untuk berbagai keperluan, mulai dari produktivitas hingga gaming. Mouse ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti teknologi tracking laser dan teknologi scroll wheel yang responsif. Hal ini memastikan bahwa mouse akan bekerja dengan baik di berbagai permukaan, termasuk kertas, meja kayu, dan bahkan permukaan kaca.

Dilengkapi Tombol Tambahan dan Makro

Beberapa model mouse Genius hadir dengan tombol tambahan dan fungsi makro yang dapat diprogram sesuai kebutuhan. Hal ini memberikan fleksibilitas tambahan bagi pengguna untuk mengatur kontrol dan membuat pengalaman mereka lebih personal. Dengan demikian, pengguna dapat menyesuaikan mouse mereka sesuai preferensi individu.

Kekurangan Mouse Genius

Driver dan Software yang Kurang Sesuai

Pengguna mouse Genius mungkin menemukan bahwa dukungan driver dan software yang tersedia tidak selalu sesuai dengan harapan mereka. Hal ini dapat menghambat pengguna yang ingin menyesuaikan pengaturan mouse atau memanfaatkan fitur-fitur khusus yang disertakan. Akibatnya, para pengguna mungkin merasa terbebani oleh keterbatasan dalam hal ini.

Rekomendasi Mouse Genius

GENIUS NX-7000

GENIUS NX-7000 Wireless Optical Mouse memiliki 5 pilihan warna menarik, termasuk hitam dan putih yang sudah umum. Namun 3 warna lainnya cukup unik yakni merah, biru, dan juga hijau. Meski bentuknya terlihat sederhana, namun tingkat akurasi dari mouse ini cukup tinggi. Di bagian bawah mouse juga sudah terdapat tempat penyimpanan untuk dongle. Untuk resolusinya juga cukup baik, mencapai 1000 dpi.

Genius X-G200

Genius X-G200 merupakan mouse yang dirancang memiliki bentuk seperti gitar, yaitu langsing di bagian tengah.Bentuknya yang seperti itu memungkinkan tangan untuk memberikan genggaman yang kuat terhadap mouse, baik tangan kanan maupun tangan kiri bagi yang kidal. Dengan begitu, kontrol terhadap mouse akan mudah dilakukan.Mouse ini memiliki banyak LED di sekujur tubuhnya, sehingga memberikan kesan garang saat LED tersebut menyala.

Genius Ammox X1-400

Mouse Genius Ammox X1-400 dirancang untuk memiliki kontur yang cocok baik untuk tangan kanan maupun tangan kiri. Bukan sekadar cocok, namun juga nyaman saat digenggam.

Pada kedua sisi mouse ini juga terdapat lapisan karet yang menambah rasa nyaman saat mengoperasikannya.Dengan demikian pengguna mouse ini tidak cepat lelah. Jadi, mouse ini bakal cocok digunakan untuk bermain game yang memiliki durasi panjang.

Mouse Genius Ammox X1-400 memiliki empat level resolusi, yaitu 400, 800, 1200, dan 3200 DPI. Respon mouse ini juga sangat cepat, hanya 1 milidetik saja. Artinya jika mouse digerakkan, dalam waktu 1 milidetik gerakan tersebut sudah diterjemahkan ke dalam gerakan di dalam game.

Genius Scorpion M6-600

Mouse gaming Genius Scorpion M6-600 dirancang dengan tambahan tiga buah tombol selain tombol klik kiri, klik kanan, dan roda gulung yang juga bisa diklik. Tombol yang pertama berada di dekat roda gulung dan dua tombol lagi terletak di sisi kiri mouse.

Adanya tombol-tombol tambahan tersebut menyiratkan bahwa mouse ini sebenarnya lebih cocok untuk tangan kanan. Fungsi utama tombol yang ada di dekat roda gulung adalah untuk mengganti mode resolusi. Mouse gaming ini memiliki 5 mode resolusi, yaitu 800, 1600, 2400, 3200, dan 5000 DPI. Kemampuan ini berguna saat menghadapi medan yang berbeda-beda di dalam game.

Perbandingan Mouse Logitech dan Genius

Mouse LogitechMouse Genius
Kelebihan- Dilengkapi Sensor yang Tinggi
- Desain Ergonomis yang Nyaman
- Memiliki Software Khusus dan Tombol yang Bisa Diprogram
- Desain yang Nyaman
- Sensor dan Akurasi Optik yang Tinggi
- Dilengkapi Tombol Tambahan dan Makro
Kekurangan- Kurang Dukungan untuk Pengguna Linux- Driver dan Software yang Kurang Sesuai
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua mouse tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing di bagian fitur yang dikeluarkan. Tetapi jika kalian ingin memilih mouse dengan updatean terbaru dan kualitas lebih terupdate juga Logitech dapat menjadi pilihan. Tetapi jika kalian ingin mencari mouse gaming dengan spesifikasi yang tak kalah bagus dengan harga dibawah Logitech Genius dapat menjadi pilihan kalian.

Anda Pilih Mouse Logitech atau Genius?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!