ElektronikGame

Pilih Mana: Mouse SteelSeries vs Mouse Logitech

Mouse gaming merupakan komponen yang sangat penting untuk menunjang aktivitas gaming kamu menjadi lebih baik. Mouse gaming umumnya memiliki desain yang berbeda dengan mouse pada umumnya, dan fitur yang dimiliki juga cukup banyak. Tentunya saat ini sudah banyak produsen gaming yang memproduksi mouse gaming, salah duanya seperti Mouse SteelSeries dan Mouse Logitech.

Mouse SteelSeries dan Mouse Logitech memiliki kualitas dan performa yang tinggi untuk aktivitas gaming kamu. Kamu tentu sudah tidak perlu ragu dan khawatir dengan manfaat yang diberikan mouse kedua mouse ini untuk kebutuhan gaming kamu.

Pada pembahasan kali ini, Selera.id akan mengulas lebih dalam mengenai beberapa info serta kelebihan kekurangan dari kedua mouse gaming andalan orang banyak ini. Untuk itu stay tune terus ya!

Mouse SteelSeries vs Mouse Logitech

Mouse SteelSeries

SteelSeries dibuat pada tahun 2001 oleh Jacob Wolff-Petersen. Nama asli perusahaan adalah Soft Trading, serta diubah menjadi SteelSeries pada 2007.

SteelSeries merupakan produsen peripheral gaming yang terkenal dan selalu konsisten menghadirkan perangkat gaming andalan. Jajaran produk yang dihasilkannya cukup banyak, mulai dari headset, mouse, mousepad, sampai keyboard.

Dukungan yang diberikannya tidak terbatas pada perangkat gaming saja. Ia juga banyak mensponsori tim gamer profesional.

Berbicara mengenai beberapa perangkat gaming yang diproduksi oleh SteelSeries, mouse dari perusahaan gaming raksasa ini memiliki kualitas yang tinggi dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak gamers profesional yang mengandalkan mouse dari SteelSeries untuk turnamen dan permainan game mereka sehari-hari. Jadi tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan kecanggihan yang dimiliki oleh SteelSeries ini. Baca juga: Mouse Gaming Terbaik

Kelebihan Mouse SteelSeries

  • Memiliki banyak varian
    Varian dari mouse Steelseries sendiri sangat banyak sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Mulai dari yang simpel sampai yang kompleks untuk permainan game favorit kamu Steelseries memilikinya.
  • Kualitas tinggi
    Kualitas dari mouse Steelseries sendiri tentunya tinggi. Hal ini benar-benar dipikirkan dengan matang oleh Steelseries mengingat mouse dengan kualitas yang tinggi sangat mempengaruhi permainan game yang membutuhkan sensitivitas tinggi.
  • Mempunyai fitur-fitur yang canggih
    Fitur-fitur atau tombol-tombol yang ada pada setiap mouse Steelseries memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Kamu bisa merubah settingan yang ada pada keyboard untuk kamu pindahkan ke mouse Steelseries kamu. Canggih bukan?

Kekurangan Mouse SteelSeries

  • Harga cukup tinggi
    Karena spesifikasi dan performa dari semua varian mouse Steelseries ini mumpuni serta berkualitas untuk game andalan kamu sehari-hari, tentunya sudah tak heran jika harga yang disematkan pun cukup tinggi. Hal ini dirasa sesuai oleh sebagian besar pemiliknya.
  • Ukuran yang kurang sesuai
    Menurut beberapa review dari penggunanya, mouse dari SteelSeries memiliki ukuran yang kurang sesuai dengan tangan kebanyakan orang di Indonesia. Namun jangan khawatir karena umumnya hal ini dirasakan saat pertama kali mencoba menggunakan mouse SteelSeries ini.
  • Desain yang biasa
    Sebenarnya ini bukanlah kekurangan yang cukup berarti untuk mouse SteelSeries, namun terdapat beberapa orang yang menganggap bahwa desain dari SteelSeries ini terlalu biasa dan kurang menarik. Pastinya tergantung perspektif orang masing-masing ya guys.

Mouse SteelSeries vs Mouse Logitech

Rekomendasi Mouse SteelSeries

1. SteelSeries Rival 110
Rival 110 didesain dengan enam tombol yang dapat kamu kustomisasi untuk pengalaman main game yang makin sempurna. Selain itu, desainnya yang umum cocok untuk segala jenis genggaman, baik kamu yang bertangan kanan atau dominan di tangan kiri. Durabilitasnya mencapai 30 juta klik serta dengan sensor optik TrueMove1.

2. SteelSeries Rival 310
Karena memang didesain untuk e-sport, performa dari Rival 310 ini cukup tinggi. Rival 310 ini digadang-gadang sebagai mouse yang tidak memiliki isu stabilitas, tanpa tracking error dan tanpa response time delay. Jadi, dapat dikatakan kalau Rival 310 merupakan salah satu dari gaming mouse terbaik. Menyamai kebagusan dari Sensei 310 yang merupakan rivalnya dari Steelseries juga.

3. SteelSeries Sensei 310
Dengan fitur 8 tombol yang dapat memudahkanmu untuk main game, kamu akan dapat memakai mouse ini dengan nyaman. Selain itu, mouse ini pula dilengkapi dengan fitur anti sidik jari dan TrueMove 3 sehingga presisi yang akan diberikan oleh mouse ini akan semakin tinggi. Terutama saat kamu membutuhkan kecepatan serta kontrol yang tinggi saat bermain game.

Mouse Logitech

Sebagai suatu perusahaan Swiss yang berfokus pada inovasi serta kualitas, Logitech mendesain produk serta pengalaman yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Dibuat pada tahun 1981 di Lausanne, Swiss, dan dengan pesat berkembang sampai ke Silicon Valley, Logitech mulai menghubungkan masyarakat melalui periferal komputer inovatif serta menciptakan produk pertama dari berbagai industri.

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, nyatanya Logitech juga memproduksi berbagai perangkat untuk aktivitas gaming seperti keyboard, headphone, perlengkapan streaming, mouse dan lain sebagainya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9?

Dari berbagai macam perangkat gaming yang diusungnya, mouse dari Logitech tentunya memiliki kualitas yang tinggi sehingga tak heran bila banyak orang yang mengandalkan mouse ini untuk aktivitas gaming mereka.

Mouse SteelSeries vs Mouse Logitech

Selain itu varian yang dimiliki oleh mouse Logitech sendiri sangat banyak, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menyesuaikan kebutuhan gaming kamu dengan mouse dari Logitech ini.

Kelebihan Mouse Logitech

  • Mempunyai varian yang banyak
    Sama halnya seperti mouse dari SteelSeries, Logitech sendiri juga memiliki varian mouse yang sangat banyak yang bisa kamu sesuaikan dan butuhkan dalam game favorit kamu masing-masing.
  • Ukuran yang pas dengan tangan
    Berbeda dengan SteelSeries yang memiliki ukuran kurang sesuai di tangan, Logitech nyatanya memiliki ukuran yang pas dengan tangan kebanyakan orang di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh sebagian penggunanya yang merasa puas dengan mouse ini.
  • Memiliki fitur canggih
    Logitech tentunya juga memiliki fitur yang canggih di setiap variannya agar dapat menunjang permainan game penggunanya dengan baik. Selain itu performa yang diberikan oleh seluruh varian mouse Logitech ini juga berkualitas tinggi sehingga tak heran bila banyak yang mengidamkan mouse ini untuk aktivitas gaming mereka.

Kekurangan Mouse Logitech

  • Harga yang tinggi
    Harga yang disematkan oleh mouse Logitech ini juga tinggi sehingga kamu mesti merogoh kocek yang cukup dalam untuk memiliki mouse dengan kualitas tinggi ini. Untuk mendapatkan performa mouse yang handal, tentu sudah tak heran lagi untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak ya guys.
  • Desain terlalu agresif
    Tidak semuanya mouse dari Logitech memiliki desain yang agresif, namun ada beberapa yang mengusung konsep ini sehingga dinilai kurang sedap dipandang dan kurang nyaman saat digenggam.
  • Jarang melakukan update desain
    Logitech juga dinilai jarang untuk melakukan update desain dan beberapa fitur tambahan untuk setiap seri nya. Hal ini tentu disayangkan mengingat banyak para gamers yang membutuhkan penyegaran desain yang baru serta fitur yang mumpuni untuk aktivitas gaming mereka.

Rekomendasi Mouse Logitech

1. Logitech Lightspeed Wireless Gaming Mouse G703
Produk ini dilengkapi teknologi LIGHTSPEED wireless yang diklaim bahkan lebih cepat daripada wired mouse! Pastinya ini amat cocok dan memudahkan kamu yang menginginkan kecepatan pada game FPS. Bila ditambahkan dengan POWERPLAY, kamu bahkan bisa memakainya sambil mengisi daya. Tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai di tengah permainan!

2. Logitech MMO Gaming Mouse G600
Terdapat side button yang melimpah pada mouse produksi Logitech yang satu ini. Setiap tombol pada side button-nya bisa diinput sesuai dengan keinginan kamu. Pastinya cocok untuk kamu yang suka bermain game MMO. Kamu akan bisa memakai skill yang dibutuhkan saat bermain dengan lebih gampang dan cepat berkat bantuan side button yang dimiliki mouse ini.

3. Logitech Gaming Mouse G403
Untuk kamu yang menginginkan mouse nyaman dengan performa tinggi, jadikan mouse ini sebagai opsi. Mouse ini sudah dilengkapi dengan sensor gaming mouse PMW3366 yang banyak dipakai oleh para atlet profesional e-sport di seluruh dunia. Selain itu, desainnya ergonomis sehingga amat nyaman dipakai bahkan dalam waktu lama.

SpesifikasiMouse SteelSeriesMouse Logitech
AsalDenmark Swiss
Rata-rata harga per Januari 2020Mulai dari Rp 650.000,- Mulai dari Rp 542.000,-

Pilih Mana: Mouse SteelSeries vs Mouse Logitech

Mouse SteelSeriesMouse Logitech
Kelebihan- Memiliki banyak varian - Kualitas tinggi - Mempunyai fitur-fitur yang canggih - Mempunyai varian yang banyak - Ukuran yang pas dengan tangan - Memiliki fitur canggih
Kekurangan- Harga cukup tinggi - Ukuran yang kurang sesuai - Desain yang biasa - Harga yang tinggi - Desain terlalu agresif - Jarang melakukan update desain

Kesimpulan

Jika kamu membutuhkan mouse gaming yang sangat berkualitas, Mouse SteelSeries atau Mouse Logitech-lah jawabannya. Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, namun nyatanya hal ini sesuai dengan performa dan kualitas yang dimilikinya. Lalu yang mana pilihan kamu? Pilih mouse andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mouse SteelSeries vs Mouse Logitech

VS

Leave a Reply