KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Muesli atau Oatmeal ?

Bagi kalian yang suka mengonsumsi makanan sehat atau sedang menjalani diet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Oatmeal.

Namun, sebaiknya ketahui dahulu apa saja sih jenis-jenis yang bisa dikonsumsi. Selain oat, ternyata ada lagi yang bernama granola dan muesli.  Muesli ini memiliki tampilan yang serupa dan bahan-bahan yang sama.

Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai apa perbedaan Muesli dan Oatmeal, agar makanan diet kalian tidak membosankan dengan adanya banyak pilihan seperti Muesli da Oatmeal ini.

Muesli

Muesli ini dari rolled oat dicampur dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Namun, ada beberapa modifikasi muesli yang bisa juga dibuat bukan hanya dengan rolled oat melainkan dengan quinoa atau millet. Buah kering yang digunakan biasanya cranberry, kurma, aprikot, anggur, dan ceri.  Baca juga: Pilih mana: Granola vs Oatmeal?

Muesli ini memiliki manfaat antara lain ialah sebagai anti oksidan yang baik untuk daya tahan tubuh, serta memperbaiki sistem pencernaan berkat serat unik yang dimiliki.

Muesli untuk diet juga dianjurkan karena kandungan seratnya menambah volume makanan di usus sehingga lebih lama dicerna dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Cara Makan Muesli Dengan Enak 

Kebanyakaan orang menikmati muesli dalam campuran yang direndam dalam susu semalaman (overnight oat) dan dikonsumsi secara mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

Namun, untuk mendapatkan rasa yang enak kalian dapat  menambahkan potongan buah segar, susu sapi, plant based milk, yogurt, atau jus buah sesuai selera dan dapat di campurkan dengan yogurt dan menambahkan pemanis seperti madu atau sirup maple.

Kelebihan Muesli

  • Memiliki rasa yang alami
    Bagi Anda yang menyukai rasa alami dari biji-bijian serta bahan lain yang terdapat pada muesli maka makanan satu ini memang sangat cocok untuk Anda. Karena bisa dibilang muesli lebih alami dengan citarasa muesli yang bergantung sepenuhnya dari buah-buahan kering yang ada di dalamnya.
  • Pilihan makanan yang menyehatkan
    Muesli memiliki campuran bahan-bahan yang apa adanya atau mentah. Karena bebas dari proses pengolahan, muesli jadi dianggap lebih menyehatkan. Namun, saat ini produsen yang memproduksi muesli mulai mengeluarkan produk terbarunya yang diolah atau dipanggang. Jadi, Anda bisa menyantap sesuai dengan selera.
  • Dilengkapi dengan banyak varian 
    Kelebihan lain yang terdapat pada muesli yaitu hadir dalam berbagai varian dan jenis. Anda bisa mengkonsumsi produk muesli yang alami atau tanpa diolah dan bisa juga memilih varian lain muesli yang diolah dengan dipanggang.

Kekurangan Muesli 

  • Rasa yang hambar
    Karena berasal dari bahan yang alami tanpa diproses atau diolah dengan tambahan bahan pemanis lain. Membuat rasa dari muesli ini sedikit hambar. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan menambahkan bahan lain seperti susu atau yogurt.
  • Warna yang cenderung pucat
    Karena tidak melewati proses pemanggangan alias dibiarkan mentah. Membuat tampilan warna yang ada pada muesli terlihat lebih pucat. Hal ini yang membuat beberapa orang merasa kurang menarik untuk mengkonsumsinya.
  • Harga yang cukup mahal
    Berbeda dengan produk pesaingnya granola. Muesli sendiri mematok harga yang cenderung mahal. Oleh karena itu, Bagi Anda yang ingin mencoba mengkonsumsi muesli ada baiknya menyiapkan budget yang lebih.

Oatmeal

Oatmeal ini merupakan jenis makanan sehat yang kini terkenal di kalangan sebagian orang yang sedang melakukan diet dan menjalankan hidup sehat.

Oatmeal ini sering dikonsumsi untuk menu sarapan pagi karena saat ini oatmeal dalam bentuk instan sudah banyak ditemui sehingga menu oatmeal ini lebih praktis dibuat.

Oatmeal ini mengandung serat alami yang tinggi dan berbagai kandungan nutrisi lain seperti vitamin, mineral serta antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan serat alami yang tinggi pada oatmeal memberikan oatmeal kemampuan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Enfagrow atau Pediasure?

Serat yang terkandung pada oatmeal disebut beta-glucan yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula darah, insulin serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Oatmeal juga mengandung antioksidan, lebih tepatnyatiga komponen antioksidan yang berbeda dengan komponen antioksidan yang ditemukan pada jenis makanan berserat lainnya.

Komponen antioksidan yang terdapat pada oatmeal adalah asam ferulat, trikotienol dan asam kafeat. Ketiga komponen antioksidan tersebut berperan dalam melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

Cara Makan Oatmeal Dengan Enak 

Oatmeal dapat disajikan dalam bentuk bubur yang diseduh dengan air hangat. Penyajian oatmeal dengan cara ini merupakan penyajian paling sederhana.

Namun agar oatmeal tidak bosan oatmeal dapat di tambahan seperti madu, susu, kayu manis atau cinnamon, serta buah-buahan seperti strawberry, cherry, dan pisang.

Selain dikonsumsi bersama buah-buahan dan bahan-bahan seperti madu untuk menambah rasa manis, oatmeal dapat pula diolah bersama sayuran dan daging.

Kelebihan Oatmeal

  • Diperkaya dengan banyak nutrisi 
    Kelebihan lain dari Oatmeal yaitu kaya akan kandungan nutrisi. Oatmeal juga bisa mencukupi vitamin dan mineral dalam tubuh. Oatmeal merupakan makanan kaya nutrisi yang memiliki banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori. Konsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi bisa memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  • Menjaga Berat Badan
    Oatmeal sangat bagus untuk diet karena kaya akan serat larut, jadi orang akan cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya dari mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan. Beberapa peneliti mengatakan bahwa sarapan dengan Oatmeal membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan selama 4 jam ke depan.
  • Harga yang terjangkau
    Jika bicara soal harga maka produk oatmeal ini menawarkan berbagai variasi harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang pas dikantong.

Kekurangan Oatmeal

  • Tidak cocok dikonsumsi bagi alergi gluten
    Untuk Anda yang sensitif akan gluten dan rentan iritasi maka Anda bisa mengurangi konsumsi oatmeal dalam waktu yang lama. Karena meskipun oatmeal tidak mengandung gluten, namun kondisi lingkungan tumbuh di ladang yang memiliki biji-bijian seperti gandum dan barley atau di dekat ladang gandum dan barley, bisa mencemari oat dengan gluten. Hal ini dapat menimbulkan gejala ringan.
  • Dapat Menimbulkan Gangguan pencernaan
    Kekurangan yang ada pada oatmeal yaitu adanya gangguan pencernaan. Seringkali hal ini yang justru dikhawatirkan banyak orang ketika ingin mengkonsumsi Oatmeal. Oatmeal sendiri mengandung asam phytic. Zat ini membuat nutrisi penting tidak dapat diserap oleh usus.
    Ini sebagian besar berlaku untuk kalsium, magnesium, seng dan besi, namun nutrisi lain juga dapat dipengaruhi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, ada baiknya mengkonsumsi oatmeal pada batasan tertentu ya.
  • Pemicu alergi
    Avenin dan asam fitat dalam oatmeal dapat menyebabkan reaksi alergi pada seseorang yang sensitif. Tapi untuk menghilangkan senyawa itu, Anda bisa merendam oatmeal ke dalam mangkuk. Caranya rendam oat dengan waktu minimal selama 12 jam dengan ditambahkan sari cuka apel.

Muesli atau Oatmeal

Keterangan Muesli Oatmeal
Kelebihan - Memiliki rasa yang alami - Pilihan makanan yang menyehatkan - Dilengkapi dengan banyak varian  - Diperkaya dengan banyak nutrisi  - Menjaga berat badan - Harga yang terjangkau
Kekurangan - Rasa yang hambar - Warna yang cenderung pucat - Harga yang cukup mahal - Tidak cocok dikonsumsi bagi alergi gluten - Dapat Menimbulkan Gangguan pencernaan - Pemicu alergi

Kesimpulan 

Setelah membaca apa saja perbedaan muesli dan oatmeal pada artikel di atas, kalian dapat menyesuaikan sendiri mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan selera dan bisa juga di konsumsi secara bergantian agar kalian tidak bosan tentunya. Karena ketiga sereal ini sama-sama dibuat dari gandum, maka kandungan nutrisi masing-masing pun tidak jauh berbeda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Muesli atau Oatmeal

VS

Leave a Reply