KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Mylanta atau Promag?

Sakit maag adalah gejala penyakit lambung yang membuat penderitanya merasakan nyeri perut. Walaupun maag terbilang mudah untuk disembuhkan tapi jika semakin parah akan menganggu penderitanya untuk beraktivitas normal.

Penyebab dari kondisi ini belum diketahui pasti tapi beberapa ahli menyebutkan bahwa penyebab dari kondisi ini karena gangguan enzim pada lambung. Gangguan pada lambung akan memecah mukosa dan membuat iritasi dan peradangan pada lambung.

Sakit maag ini dapat diderita oleh segala usia dan jenis kelamin. Faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi ini seperti terlalu banyak makan, kelebihan berat badan, makan terlalu cepat dan faktor lainnya. Baca Juga: Pilih Mana: Polysilane vs Mylanta

Untuk penanganan dari kondisi ini tergantung dengan penyebab dan tingkat keparahan dari gejalanya. Beberapa perusahaan farmasi membuat serta memproduksi obat maag yang mampu mengurangi gejalanya.

Dua di antara banyaknya produk obat ini adalah Mylanta dan Promag. Dua produk itu merupakan obat yang paling disukai untuk mengatasi kondisi maag pada lambung.

Tentunya kedua obat itu memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri. Simak penjelasan di bawah ini agar mengetahui perbedaan kedua obat ini!

Obat Mylanta

Mylanta ialah obat yang berguna untuk mengurangi indikasi sakit maag, seperti mual ataupun nyeri perut. Tak hanya itu, obat ini juga digunakan untuk mengatasi asam lambung berlebih pada pengidap gastritis, tukak lambung, ataupun gastroesophageal reflux disease (GERD).Dengan kandungan antasida seperti aluminium dan magnesium hidroksida yang mampu menetralkan asam lambung berlebih. Selain antasida di dalam Mylanta juga mengandung tambahan simethicone.

Kombinasi obat di dalam produk Mylanta ini dipercaya dapat meredakan gejala akibat kelebihan asam lambung seperti mual dan nyeri perut.

Kelebihan Obat Mylanta

1. Memiliki beragam varian

Mylanta menyediakan beberapa varian yang dijual bebas di pasaran dengan bentuk dan kandungan yang berbeda. Berikut varian produk Mylanta:

    • Mylanta cair, mengandung 200 mg aluminium hidroksida, 200 mg magnesium hidroksida dan 20 mg simethicone di dalam 5 mL
    • Mylanta tablet, mengandung 200 mg aluminium hidroksida, 200 mg magnesium hidroksida dan 20 mg simethicone pada tiap 1 tablet Mylanta
    • Mylanta chew & melts, berbentuk tablet kunyah dan memiliki kandungan kalsium karbonat 550 mg dan 110 mg magnesium hidroksida

2. Dapat dikonsumsi anak-anak

Obat Pereda maag ini aman dikonsumsi untuk anak yang berusia 6 tahun ke atas karena kandungan di dalam Mylanta tidak akan memberikan efek bahaya di tubuh.

3. Kandungan antasida yang kompleks

Mylanta ini dapat menetralkan asam lambung yang berlebih dikarenakan kandungan aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang ada di dalam Mylanta.

4. Mudah dibawa

Kemasan dari Mylanta ini kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Dalam keadaan darurat  hal ini akan memudahkan penderitanya untuk membawa obat ini.

Kekurangan Mylanta

1. Tidak dianjurkan diminum saat hamil

Produk Mylanta ini belum dilakukan studi lebih lanjut tentang antasida yang terkandung di dalam obat ini terhadap janin ibu hamil. Sehingga obat ini tidak dianjurkan diminum oleh ibu hamil.

Lihat juga:  Pilih Mana: Arirang atau Samyang?

2. Menimbulkan interaksi dengan obat lain

Obat ini dapat menimbulkan risiko dehidrasi dan hypokalemia jika digunakan dengan dexamethasone atau hydrocortisone. Untuk menghindari hal ini terjadi selalu konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi Mylanta.

3. Tidak tersedia bentuk sachet

Mylanta belum mengeluarkan bentuk obat dalam kemasan sachet. Sehingga jika penderita ingin meminum Mylanta berbentuk cair mengharuskan membawa sendok.

Obat Promag

Promag berkhasiat untuk menangani keluhan sakit maag, penyakit asam lambung naik, ataupun perut kembung. Promag dijual secara bebas serta tersedia dalam bentuk pil kunyah dan suspensi cair.Promag terdiri dari beberapa produk dengan bahan-bahan yang tertuju untuk permasalahan lambung, terutama asam lambung. Promag mempunyai produk dengan kandungan obat medis ataupun obat herbal.

Kelebihan Obat Promag

1. Tersedia dalam bentuk sachet

Obat Promag ini tersedia dalam bentuk tablet maupun cair. Selain tablet dan cair tapi Promag juga tersedia dalam bentuk sachet. Dengan bentuk sachet, tentunya akan memudahkan penderita maag untuk membawa obat ini.

2. Mempunyai versi double action

Memiliki kandungan famotidine yang mampu menurunkan produksi asam lambung dan kandungan antasida yang berguna untuk mengikat asam lambung. Formula double action ini akan mengatasi penyakit maag dengan cepat.

3. Memiliki produk herbal

Selain kandungan obat medis, Promag juga menyediakan obat herbal yang bernama Promag Gazero Herbal. Obat ini mengandung jahe merah, ada, akar manis, kunyit, akar nanas dan madu. Dengan kombinasi kandungan ini menjadikan obat memiliki sifat antiradang dan mencegah perburukan kondisi akibat asam lambung naik.

4. Dapat diminum ibu menyusui

Ibu menyusui diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat Promag tablet dan cair. Karena kandungan di dalamnya tidak akan terserap ke dalam ASI.

Kekurangan Obat Promag

1. Dapat memperburuk kanker

Untuk varian herbal dari Promag ini sangat tidak dianjurkan jika penderita mengidap penyakit kanker. Karena kandungan kunyit dan akar di dalam Promag dapat memperburuk kondisi tersebut.

Pilih Mana: Mylanta atau Promag?

Keterangan Mylanta Promag
Kelebihan - Memiliki beragam varian - Dapat dikonsumsi anak-anak - Kandungan antasida yang kompleks - Mudah dibawa- Tersedia dalam bentuk sachet - Mempunyai versi double action - Memiliki produk herbal - Dapat diminum ibu menyusui
Kekurangan - Tidak dianjurkan diminum saat hamil - Menimbulkan interaksi dengan obat lain - Tidak tersedia bentuk sachet- Dapat memperburuk kanker
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa kedua obat ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri tapi kedua obat ini ampuh untuk meredahkan gejala maag. Jika gejala maag terus berlangsung sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mylanta vs Promag

VS