Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Nasi Putih atau Oatmeal?

Manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan untuk makan. Makan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling penting. Memakan makanan yang sehat dan memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi tentunya merupakan keinginan semua orang. Makanan yang memiliki kandungan tersebut memiliki beragam jenis. Dua jenis makanan ini di antaranya yaitu nasi putih dan oatmeal. Manakah yang lebih baik diantara kedua makanan ini? nasi putih atau oatmeal?

Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang dalam setiap harinya mengonsumsi makanan ini. Nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat tubuh manusia. Namun, belakangan ini para praktisi medis dan ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi oatmeal. Oatmeal memiliki khasiat untuk menjaga kolesterol dan kadar gula agar tetap normal.

Nasi Putih

Sebagian orang tidak bisa lepas dari mengonsumsi nasi putih. Selain mengenyangkan nasi putih juga memiliki banyak manfaat. Namun, nasi putih juga ternyata memiliki kekurangan dan bisa memberikan dampak yang buruk bagi sebagian orang yang mengonsumsinya. Baca juga Pilih Mana: Nasi atau Bubur?

Kelebihan Nasi Putih

Berikut penjelasan mengenai kelebihan nasi putih:

  • Sumber Energi

Nasi merupakan makanan pokok yang memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan tubuh manusia. Nasi putih memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang dapat menjadi sumber energi manusia. Dengan adanya karbohidrat dan kalori yang terkandung dalam nasi putih ini. Nasi putih menjadi sumber energi yang besar bagi tubuh Anda.

  • Mengobati Disentri

Kulit ari pada nasi putih juga memiliki manfaat baik untuk tubuh manusia. Kulit ari nasi putih dianggap ampuh untuk mengobati disentri. Selain itu, sekam padi yang berumur tiga bulan mengandung diuretic properties. Malah sebagian orang percaya bahwa nasi dapat menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

  • Baik untuk Tulang dan Gigi

Nasi putih memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan membentuk tulang agar tulang tidak mudah keropos dan menjadi kuat. Jadi, nasi membantu Anda untuk mencegah pengeroposan tulang sejak dini. Selain memiliki manfaat untuk pertumbuhan tulang, kalsium dalam nasi juga memiliki fungsi untuk menopang pertumbuhan gigi. Mengonsumsi nasi putih ini juga ternyata membantu Anda untuk membentuk gigi yang kuat.

  • Memperbaiki Suasana Hati

Perasaan senang pada otak ditimbulkan oleh senyawa serotonin. Senyawa serotonin ini didongkrak oleh karbohidrat. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang melakukan diet dengan mengonsumsi sedikit nasi dan sedikit roti setiap harinya cenderung memiliki depresi dan kegelisahan. Dengan memperbanyak mengonsumsi nasi, dapat membantu Anda memperbaiki mood atau suasana hati.

  • Mendukung Pertumbuhan

Sebagai makanan pokok, nasi putih berperan penting untuk mendukung pertumbuhan manusia. Dari kecil hingga orang dewasa memerlukan nasi untuk mendukung pertumbuhan tubuh. Nasi yang memiliki kandungan zat dan mineral yang baik mampu membuatnya menjadi sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia.

  • Kaya Vitamin

Kelebihan nasi putih lainnya adalah kaya akan vitamin. Nasi putih mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga berfungsi untuk membentuk jaringan pada tubuh. Karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi nasi sebanyak 3 kali sehari agar kebutuhan vitamin dan mineral dapat terpenuhi.

Kekurangan Nasi Putih

Berikut penjelasan mengenai kekurangan nasi putih:

  • Pemicu Obesitas

Nasi putih yang memiliki kandungan pati membuat orang yang mengonsumsinya menjadi cepat lapar. Dengan demikian orang akan mengonsumsi nasi yang lebih banyak lagi. Sedangkan dalam 100 gr nasi putih mengandung 80 gr karbohidrat. Ini merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kegemukan dan obesitas.

  • Pemicu Diabetes

Nasi putih memiliki kandungan GI yang cukup tinggi, yakni GI 72. Kandungan GI ini memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi GI yang terkandung dalam makanan, semakin cepat pula gula darah diserap ke dalam aliran darah.

Terkontaminasi Arsenik

U.S. food and Drug Administration menyarankan kepada ibu hamil dan orang tua untuk menghindari nasi putih. Hal ini dikarenakan nasi putih lebih rentan terkontaminasi oleh arsenik. Orang tua dan perempuan yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang berasal dari biji-bijian.

Kelebihan Nasi PutihKekurangan Nasi Putih
- Kaya vitamin- Terkontaminasi arsenik
- Sumber energi- Pemicu diabetes
- Baik untuk tulang dan gigi- Pemicu obesitas

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang sedang menjadi tren saat ini. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengganti nasi putih dengan oatmeal. Mengganti nasi putih dengan oatmeal dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Kelebihan Oatmeal

Berikut akan dipaparkan kelebihan mengganti nasi putih dengan oatmeal:

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Oatmeal termasuk ke dalam jenis biji-bijian gandum utuh. Makanan ini memiliki fungsi untuk mengurangi berbagai macam penyakit, penyakit tersebut antara lain tekanan darah tinggi dan diabetes tipe-2. Oatmeal ini memiliki lignan yang terkandung di dalamnya. Ini merupakan senyawa kimia yang telah dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, jenis makanan biji-bijian ini memiliki kandungan zat besi, magnesium dan vitamin.

  • Menurunkan Kolesterol

Dikutip dari Kompas.com banyak mengonsumsi oatmeal merupakan cara yang baik untuk menurunkan kolesterol. Termasuk kadar LDL atau biasa disebut dengan kolesterol buruk dalam darah. Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, mulailah untuk beralih ke oatmeal.

  • Diet

Oatmeal merupakan makanan yang makanan yang kaya serat dan memiliki kadar kalori yang rendah. Makanan ini sangat cocok bagi orang yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan kalori dalam tubuh.

  • Mencegah Pengerasan Arteri

Oatmeal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini berfungsi mencegah adanya proses produksi molekul. Aktivitas ini menyebabkan monosit untuk mematuhi dinding arteri sehingga terjadi pengerasan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perempuan yang telah menopause kemudian memakan enam porsi biji-bijian dalam setiap minggunya dapat mengurangi risiko terserang atherosclerosis.

Kekurangan Oatmeal

Selain memiliki banyak kelebihan dan manfaat, oatmeal juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Penyebab Alergi

Oatmeal merupakan gandum utuh, dalam gandum terdapat avenin dan asam fitat. Zat tersebut dapat memicu munculnya alergi pada orang yang sensitif. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghilangkan zat tersebut dengan cara merendam oatmeal ke dalam mangkuk selama 12 jam yang telah ditambahkan sari cuka apel.

  • Mengandung Pestisida

Oatmeal termasuk ke dalam bahan non organik. Sewaktu ditanam, bahan ini disemprot menggunakan pestisida oleh petani. Karena itulah, zat kimia tersebut menempel pada oatmeal. Meskipun demikian, oatmeal organik mengandung gizi dan nutrisi yang jauh lebih banyak daripada oat yang kimiawi. Selain itu, oatmeal mengandung gluten yang tidak baik untuk tubuh manusia.

Kelebihan OatmealKekurangan Oatmeal
- Mencegah penyakit kardiovaskular- Penyebab alergi
- Menurunkan kolesterol- Mengandung pestisida
- Mencegah pengerasan arteri- Mengandung gluten

Pilih Mana: Nasi Putih atau Oatmeal?

Setelah Anda membaca berbagai kelebihan dan kekurangan nasi putih dan oatmeal di atas, Anda bisa menentukan mana makanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Simpulan perbedaan antara kedua genteng tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Nasi PutihOatmeal
- Tinggi karbohidrat dan kalori- Kaya akan serat
- Merupakan makanan pokok - Bukan makanan pokok
- Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi- Baik untuk kesehatan diet dan kesehatan gigi

Kesimpulan

Nasi putih dan oatmeal merupakan dua makanan yang sama pentingnya. Nasi putih merupakan makanan pokok yang dapat memberikan energi pada tubuh. Namun, jika Anda mengalami berbagai masalah kesehatan dan ingin menerapkan pola hidup sehat Anda sebaiknya mulai untuk mengonsumsi oatmeal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nasi Putih vs Oatmeal

VS

Leave a Reply