Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Neocate atau Pregestimil?

Mengonsumsi susu sapi formula bisa menjadi pilihan terakhir ibu untuk melengkapi nutrisi bayi ketika pemberian ASI mengalami kendala, seperti munculnya masalah kesehatan pada ibu ataupun bayi yang menyebabkan ASI tidak bisa diberikan. Tetapi masalahnya, beberapa bayi mengalami alergi susu sapi. Untungnya, ada beberapa produk susu yang khusus dibuat untuk bayi dan anak usia balita dengan kondisi tersebut seperti contohnya susu Neocate dan Pregestimil.

Bagi kalian para orang tua yang sedang bingung mencari susu khusus untuk anak yang memiliki alergi sapi, susu Neocate dan Pregestimil dapat kalian pertimbangkan, Namun diantara keduanya manakah yang lebih unggul?

Tenang saja! Pada artikel kali ini kami akan mengulas lebih lanjut kedua susu tersebut. Stay tune!

Neocate

Neocate Advance dilengkapi dengan nutrisi hipoalergenik yang berbahan dasar 100% asam amino. Kandungan tersebut terbebas dari protein susu sapi, sehingga membantu meredakan gejala alergi susu sapi secara cepat dalam waktu 3 – 14 hari.

Selain itu, Neocate Advance dilengkapi dengan energi 1 kcal/ ml dan 35% MCT yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pertumbuhannya, khusunya untuk anak usia 1 – 12 tahun. Baca juga Pilih Mana: Pregestimil atau Pepti Junior?

Untuk harga yang dibandrol susu Neocate Advance ini memang tergolong mahal, sekitar Rp. 300.000 –  Rp. 700.000.

Kelebihan Neocate

  • Sangat aman dikonsumsi oleh anak yang alergi susu sapi
    Neocate Advance sebagai pelengkap rangkaian allergy care adalah formula Asam amino tanpa kandungan protein susu sapi, sehingga sangat aman diberikan untuk si kecil yang masih mengalami alergi susu sapi, dan juga untuk si Kecil dengan alergi berbagai protein makanan serta kondisi lain yang memerlukan formula asam amino sebagai asupannya.
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi 
    Untuk memenuhi kebutuhan Nutrisi Tumbuh kejar pertumbuhan pada anak yang mengalami alergi, dan sesuai kebutuhan anak usia 1-12 tahun.
  • Dapat mendukung pertumbuhan anak
    Satu satunya Formula hipoalergenik dengan kandungan asam amino 100% non alergenik di Indonesia, mendukung pertumbuhan si Kecil dengan alergi untuk terus bertumbuh kembang tanpa halangan dari alerginya.

Kekurangan Neocate

  • Harga mahal
    Kekurangan yang pertama pada susu Neocate ini yaitu dari segi harganya dimana susu Neocate ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 300.000-Rp.700.000 yang membuat beberapa orang menjadikannya pertimbangan sebelum membeli susu Neocate ini.
  • Rasa yang kurang manis
    Seperti yang kita ketahui susu Neocate ini dikhusukan untuk anak yang memilki alergi yang pastinya kandungan yang terdapat pada susu ini jauh berbeda dibandingkan susu formula biasa dan rasa nya tidak semanis susu formula biasanya. Namun ini sesuai dengan selera anak masing-masing ya.
  • Nama yang kurang familiar
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada Susu Neocate ini yaitu namanya yang kurang familiar di kalangan masyarakat, sehingga ada beberapa orang yang masih asing dengan nama susu Neocate ini.

Pregestimil

Pregestimil merupakan susu formula bayi hipoalergenik untuk bayi usia 0-12 bulan diproduksi oleh MeadJhonson. Khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang

Pregestimil dirancang untuk bayi yang mengalami malabsorpsi lemak dan sensitif terhadap protein utuh. Malabsorpsi lemak merupakan suatu kondisi di mana nutrisi termasuk karbohidrat, protein, lemak, air, elektrolit, mineral dan vitamin tidak dapat diserap oleh mukosa usus, sehingga mengakibatkan ekskresi pada tinja.

Susu ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak usia 12 bulan. Meadjohnson Pregestimil mengandung sumber protein hipoalergenik, 55% lemak minyak trigliserida rantai menengah (MCT), DHA dan ARA, yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan matanya.

Kelebihan Pregestimil

  • Melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi si kecil
    Pregestimil Hipoalergenik memiliki manfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi si
    kecil, memberikan asupan nutrisi dengan baik, membantu tumbuh kembang anak dengan
    sempurna.
  • Mencerdaskan otak anak
    Memiliki kandungan yang sangat cukup baik untuk anak yaitu dengan adanya kandungan sumber protein hipoalergenik, 55% lemak minyak trigliserida rantai menengah (MCT), DHA dan ARA, yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan matanya.
  • Memberikan manfaat dari susu yang bebas alergi
    Enfamil Pregestimil adalah susu formula bayi hipoalergenik untuk bayi usia 0 – 12 bulan. Khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang.

Kekurangan Pregestimil

  • Hanya untuk usia anak 0-12 bulan
    Kekurangan yang lainnya pada susu Pregestimil juga adalah susu ini hanya memproduksi susu untuk usia anak 0-12 bulan. Untuk usia di atas 0-12 bulan sepertinya susu ini belum memproduksinya.
  • Harga relatif mahal
    Susu ini memang memiliki segudang kelebihan yang cukup baik untuk anak Anda, tetapi dengan demikian susu ini juga memiliki kekurangan yang ada. Salah satunya adalah susu ini memiliki harga yang dijual cukup mahal. Harga susu Pregestimil ini dibandrol Rp. 365.000 per Oktober 2019 untuk ukuran 400 gram.
  • Hanya tersedia di toko tertentu
    Jika Anda memiliki anak yang alergi akan susu sapi maka akan memberikan susu formula anak yang cocok untuk Anak. Pregestimil ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikonsumsi anak. Tetapi kekurangannya susu ini tidak tersedia di berbagai tempat, kalian juga dapat menemukannya di online shop yang mungkin memakan waktu lama dalam pengirimannya.
Kandungan Neocate Kandungan Pregestimil
Protein, Kalsium, FOS, GOS, Laktosa, Asam Linoleat (Omega 6), Asama a-Linolenat (Omega 3), AA, DHA, 12 Vitamin, Fosfor, Magnesium, Zat Besi, Seng, Mangan, Tembaga, Selenium, Iodium, Natrium, Biotin, L-Karnitin, Taurina DHA, ARA, LA ,ALA ,Kolin, 15 Mineral, Vitamin A, Vitamin D3, Vitamin E, Vitamin K1, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B9, Vitamin B12, Vitamin C.

Jenis susu formula untuk anak yang alergi susu sapi

1. Formula hidrolisis
Susu formula ini berbasis susu sapi, Tetapi proteinnya sudah dipecah menjadi partikel-partikel kecil sehingga tubuh tidak mengenali itu sebagai protein berbahaya dan bisa lebih mudah dicerna. Cara ini dapat meminimalkan munculnya reaksi alergi.

Terdapat dua jenis susu formula yang dihidrolisis, yaitu yang dihidrolisis sebagian dan yang dihidrolisis seluruhnya. Sebagian besar bagi yang alergi susu sapi lebih cocok diberikan formula yang dihidrolisis seluruhnya.

2. Formula soya
Susu formula ini berbasis protein kedelai ini merupakan salah satu pilihan yang direkomendasikan untuk anak dengan alergi susu sapi. Sebagian besar anak dengan alergi susu sapi dapat menerima formula berbasis soya, yang mengandung nutrisi sama baiknya dengan formula standar.

Tetapi, Moms harus memastikan bahwa anak tidak alergi kedelai. Pasalnya, 8 hingga 14% bayi dengan alergi susu sapi juga akan bereaksi terhadap kedelai.

Susu formula kedelai ini memiliki kandungan phytate yang dapat memengaruhi penyerapan nutrisi dan isoflavonoid yang dapat membuat formula kedelai tidak cocok diberikan pada bayi di bawah 6 bulan.  Jadi tidak semua bayi dengan alergi protein susu sapi, cocok diberikan formula kedelai.

3. Formula berbasis asam amino (AAF)
Susu Formula asam amino (AAF) merupakan formula yang mengandung asam amino. Asam amino sendiri adalah hasil penguraian dari protein. Asam amino 100% non-alergen sehingga aman digunakan untuk anak yang alergi protein susu sapi.

Dari penelitian ditemukan, bayi dengan alergi susu sapi yang sangat sensitif, ketika diberikan formula hidrolisis mengalami penurunan berat badan dan gejala alergi tetap muncul. Sedangkan ketika diberikan formula asam amino, terjadi kenaikan berat badan dan gejala alergi berkurang. 

Penggunaan formula asam amino dianjurkan sebagai pengobatan lini pertama untuk anak yang memiliki alergi parah seperti riwayat anafilaksis, Heiner Syndromme, Eosinphilic Eosophagitis dan gastro intestinal berat atau yang berhubungan dengan pertumbuhan yang terganggu.

Jadi, jika pencernaan bayi Anda tetap tidak memberi respons terhadap formula eHF, biasanya dokter akan menyarankan pemberian susu formula berbasis asam amino (AAF). Formula berbasis asam amino dapat ditoleransi oleh hampir semua bayi yang memiliki alergi protein susu sapi dan kedelai.

Tetapi, perlu diingat bahwa semakin banyak fomula dihidrolisis, maka semakin kurang enak rasanya untuk beberapa bayi.

Pilih Mana: Neocate atau Pregestimil?

Neocate Pregestimil
Kelebihan- Sangat aman dikonsumsi oleh anak yang alergi susu sapi - Memenuhi kebutuhan nutrisi  - Dapat mendukung pertumbuhan anak - Melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi si kecil - Mencerdaskan otak anak - Memberikan manfaat dari susu yang bebas alergi
Kekurangan- Harga mahal - Rasa yang kurang manis - Nama yang kurang familiar  - Hanya untuk usia anak 0-12 bulan - Harga relatif mahal - Hanya tersedia di toko tertentu

Kesimpulan

Telah kita bahas kedua susu Neocate atau Pregestimil, dimana kedua susu tersebut khusus diperuntukan untuk anak yang memilki alergi dengan susu sapi. Dari artikel di atas dapat juga kita ambil kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi harga yang di bandrol oleh susu ini juga terbilang cukup mahal ya moms, Oleh karenanya di sesuaikan saja dengan selera anak terlebih dahulu karena jika tidak akan sangat mubazir ya moms!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Neocate vs Pregestimil

VS

Leave a Reply