ElektronikPhotography

Pilih Mana: Nikon D3400 vs Canon 1300D

Kamera DSLR menjadi hal perangkat atau barang yang saat ini menjadi pilihan banyak orang khususnya bagi pemula yang suka fotografi dan juga menginginkan hasil foto yang bagus. Banyaknya merk atau tipe kamera DSLR membuat Anda bingung mungkin mana yang cocok untuk pemula. Nikon D3400 dan Canon 1300D bisa menjawab pertanyaan Anda.

Nikon D3400 dan Canon 1300D kualitas kamera terbaik yang diberikan dan memang dirancang sangat cocok bagi pemula. Namun, apa kelebihan dan kekurangan dari kedua kamera ini? Temukan jawabannya pada penjelasan di bawah. Scroll down guys.

Nikon D3400 vs Canon 1300D

Nikon D3400

Nikon D3400 merupakan kamera DSLR entry level perusahaan. Nikon D3400 merupakan kamera DSLR Nikon dengan body yang ramping. Nikon D3400 didesain untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus dari smartphone Anda. Baca juga Pilih Mana: Canon 1300D vs Nikon D3300

Nikmati share foto ke smartphone Anda dengan mudah dari kamera ini menggunakan aplikasi Nikon SnapBridge. Tidak hanya itu kamera ini mempunyai sensitivitas ISO yang tinggi, yaitu 100-25.600 untuk bekerja lebih baik dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Terdapatnya suatu fitur lain yaitu desain sensor yang bisa menghilangkan sebuah Optical Low Pass Filter buat mencapai ketajaman yang lebih besar dan lebih bagus untuk resolusi dari kedua foto serta video.

Walaupun tidak mempunyai WiFi, D3400 memiliki konektivitas Bluetooth untuk mentransfer gambar dari kamera ke smartphone, meskipun lambat.

Kelebihan Nikon D3400

  • Desain dan kualitas bodi yang bagus
    Nikon dikenal memiliki desain dan kualitas bodi yang prima, termasuk untuk Nikon D3400 ini. Meskipun sebagian material bodi menggunakan plastik, tapi plastik yang digunakan juga berkualitas baik. Salah satu keuntungan yang didapat dengan menggunakan bodi plastik adalah bobotnya yang dapat ditekan.
  • Baterai yang awet
    Baterai Nikon D3400 sanggup diajak untuk memotret sebanyak 1.200 kali hingga tiba saatnya untuk diisi ulang kembali. Angka ini lebih besar dan sangat awet menjadikan kelebihan tersendiri untuk kamera DSLR ini.
  • Guide mode sehingga hasil foto bagus
    Guide Mode merupakan peranti lunak yang terdapat pada sistem kamera Nikon D3400. Seperti telah disebutkan sebelumnya, target pasar kamera ini ditujukan untuk para pemula. Guide Mode akan memberikan panduan tentang pengaturan ideal kamera untuk mengambil foto dalam keadaan dan situasi tertentu

Kekurangan Nikon D3400

  • Absennya fitur WiFi
    Kekurangan lainnya dari kamera Nikon D3400 ini yang pertama adalah bahwa kamera ini belum dilengkapi atau absennya fitur WiFi. Namun dengan begitu tetap memiliki konektivitas Bluetooth untuk mentransfer gambar dari kamera ke smartphone, meskipun lambat.
  • Tidak ada fitur anti debu
    Walaupun kamera ini sudah sangat canggih dan juga dengan teknologi terbaru, namun Nikon D3400 ini mengurangi fitur anti debu yang berfungsi sebagai sensor pembersih pada kamera dan port external mic yang biasanya digunakan oleh seorang videografer untuk mendapatkan input suara yang lebih baik.
  • Belum mengusung layar sentuh
    Selain absennya fitur WiFi dan juga tidak ada fitur anti debu, membuat kamera ini sangat kurang akan fitur yang canggih. Banyaknya kamera yang sudah mengusung layar sentuh, namun belum untuk kamera Nikon D3400 ini. Hal ini menjadikan kekurangan yang cukup menjadi hal penting untuk Nikon.

Nikon D3400 vs Canon 1300D

Canon 1300D

Kamera Canon 1300D merupakan kamera kelas pemula dengan berbagai fitur yang sangat cocok digunakan untuk Anda yang sedang belajar menggunakan kamera DSLR. Kamera ini sudah menggunakan sensor APS-C 18 megapixel, dan prosesor Digic 4.

Layar LCD ini ditemani dengan jendela bidik optik yang cukup membantu untuk memotret. Bergeser sedikit ke samping layar, di sini bisa ditemukan sejumlah tombol navigasi. Selain itu, fitur terbaru yang ada pada kamera ini adalah adanya WiFi dan NFC.

Sebagai sebuah kamera DSLR kelas pemula, Canon memang tidak melengkapinya dengan fitur yang melimpah. Tapi, semua fitur yang ada di Canon DSLR 1300D sudah sangat cukup untuk sekedar belajar memotret.

Dengan fitur ini kita akan lebih mudah untuk memindahkan foto dan video ke smartphone atau perangkat lain tanpa harus melepas memori atau menggunakan kabel data. Harga kamera ini juga sangat terjangkau untuk kelas pemula.

Kelebihan Canon 1300D

  • Fitur yang lengkap
    Kelebihan dari kamera DSLR Canon 1300D ini yang pertama adalah, dengan penjelasan di atas sudah bisa diketahui sama-sama bahwa kamera ini lengkap dan kaya akan fitur yang disematkan pada kamera DSLR ini. Fitur WiFi dan NFC menjadikan daya tarik tersendiri untuk kamera DSLR ini. Sebagai sebuah kamera DSLR kelas pemula, Canon memang tidak melengkapinya dengan fitur yang melimpah. Tapi, semua fitur yang ada di Canon DSLR 1300D sudah sangat cukup.
  • Ukuran dan desain bodi yang nyaman
    Kamera 1300D memiliki desain yang masih sama seperti pendahulunya, yang sukses dipasaran. Desain kamera ini sangat pas untuk digunakan foto, memiliki desain yang profesional. Ukurannya juga sangat pas, tidak terlalu berat dan ringan. Untuk kualitas kamera tidak perlu Anda ragukan lagi.
  • Sangat cocok untuk pemula
    Selain memiliki fitur yang lengkap dan juga ukuran dan desain bodi yang nyaman kelebihan lainnya kamera DSLR ini sangat cocok untuk para pemula. Bagi Anda yang masih sangat ingin mencoba dan bergelut di bidang fotografer kamera ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Fitur yang lengkap nyaman dan mudah digunakan.

Kekurangan Canon 1300D

  • Sistem autofocus masih kurang
    Meski dengan kelebihan yang segudang dari kamera DSLR ini tetapi ada juga kekurangan yang perlu Anda ketahui. Yang pertama dari segi autofocus bahwa fitur autofocus kamera ini belum begitu bagus, namun hal ini tidak menjadi permasalah besar sepertinya untuk para fotografer karena banyak sekali aplikasi editan autofocus yang dapat membantunya. Dan juga jika benar bisa menggunakan kamera ini hasilnya akan sangat bagus.
  • Desain biasa saja
    Untuk kekurangan yang satu ini mungkin tidak begitu masalah bagi banyak orang. Pasalnya, desain dari kamera DSLR Canon 1300D ini masih terbilang monoton dan masih tetap mengusung desain mirip pada kamera sebelumnya. Namun, hal ini masih sangat wajar saja tidak terlalu menjadi kekurangan yang fatal.

Nikon D3400 vs Canon 1300D

  • Tombol kurang bagus saat ditekan
    Selanjutnya, kekurangan dari kamera DSLR Canon 1300D ini adalah tombol saat dipencet atau saat digunakan tidak terlalu bersahabat. Banyaknya review yang mengatakan hal tersebut. Untuk kekurangan ini sayang sekali ya, tetapi tenang Anda bisa mencoba menggunakannya terus agar tetap mahir menggunakannya.
KeteranganNikon D3400 Canon 1300D
MerkNikon Canon
Resolusi24 Megapiksel 18 Megapixel
ISO100-25.600100-12.800
Sensor APS-C APS-C
Fitur WiFiTidak adaAda
Harga Rp. 4 jutaan per November 2019Rp. 4 jutaan per November 2019

Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

1. Kebutuhan dan budget
Membeli kamera DSLR sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang bijak. Jangan memaksakan diri membeli yang canggih fiturnya padahal kita tidak membutuhkan fitur tersebut untuk keseharian.

Untuk pemula disarankan untuk mencari dengan budget tidak terlalu mahal. Agar kelak jika sudah mahir baru mencari yang lebih handal.

2. Perhatikan sensor
Kamera DSLR full frame adalah semua kamera DSLR yang menggunakan ukuran sensor yang sama dengan ukuran film analog. Jadi apa yang dilihat di viewfinder, itulah hasil fotonya. Kamera sensor APS-C memiliki ukuran sensor lebih kecil. Konsekuensinya ada bagian foto yang hilang atau di crop. Yang ke tiga kamera sensor Four-Thirds. Jenis ini yang sedang menjadi trend saat ini. Dengan ukuran sensor lebih kecil dari APS-C, bodinya menjadi lebih kecil pula dan tentu lebih ringan.

3. Perhatikan resolusi
Resolusi megapixel, apabila berencana ingin mencetak foto dalam ukuran besar, sebaiknya membeli kamera dengan resolusi besar sehingga hasil cetakan foto juga bisa maksimal sesuai yang diinginkan.

Nah kalau hanya sekedar ingin foto-foto dan share ke dunia maya, megapixel besar tidak terlalu dibutuhkan.

4. Speed atau kecepatan
Kamera DSLR pemula memiliki kecepatan yang lebih baik daripada kamera mahal. Kecepatan diperlukan apabila sering memotret objek bergerak misalnya mobil yang sedang melaju atau menonton konser musik.

5. Perhatikan fitur ISO
Fitur lainnya pada kamera DSLR yang mungkin perlu diperhatikan adalah pengaturan ISO untuk memotret di tempat gelap.

ISO ini berkaitan dengan tingkat sensitifitas sensor pada kamera terhadap cahaya. Semakin besar nilai pada settingan di kamera maka semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan.

6. Ukuran dan model
Ukuran kamera DSLR memang besar dan tidak seperti kamera digital biasa. Namun ada pula beberapa kamera DSLR yang ringan dan bisa dibawa kemana-mana saat bepergian.

Pilih Mana: Nikon D3400 vs Canon 1300D

Nikon D3400 Canon 1300D
Kelebihan- Desain dan kualitas bodi yang bagus - Baterai yang awet - Guide mode sehingga hasil foto bagus - Fitur yang lengkap - Ukuran dan desain bodi yang nyaman - Sangat cocok untuk pemula
Kekurangan- Absennya fitur WiFi - Tidak ada fitur anti debu - Belum mengusung layar sentuh - Sistem autofocus masih kurang - Desain biasa saja - Tombol kurang bagus saat ditekan

Kesimpulan

Dari segi kualitas Nikon D3400 dan Canon 1300D memiliki kualitas yang terbaik, dan juga keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya juga memiliki berbagai fitur yang canggih. Namun, untuk fitur yang lebih lengkap Canon 1300D lebih sangat unggul dibandingkan dengan Nikon D3400. Penjelasan di atas sudah cukup detail kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nikon D3400 vs Canon 1300D

VS

Leave a Reply