GamePerangkat Keras

Pilih Mana: Nintendo Switch atau PS4?

Game dari dulu sampai sekarang memang tidak ada matinya, hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya produsen game yang merilis beberapa perangkat keras untuk menunjang aktivitas gaming yang mengasyikkan, contohnya seperti Nintendo Switch dan PS4.

Nintendo Switch dan PS4 menjadi perangkat yang digemari oleh kaum anak muda. Game-game yang ditawarkan pun sangat bervariasi sehingga membuat penggunanya tidak bosan-bosannya memainkan kedua perangkat ini.

Penasaran dengan detail dari kedua perangkat keras ini? Untuk itu yuk simak terus artikel Selera.id kali ini agar bisa kamu jadikan perbandingan dalam memilihnya kelak. Disini aja ya!

Nintendo Switch atau PS4

Nintendo Switch

Nintendo akhirnya siap untuk beralih generasi. Tetapi tidak seperti Sony serta Microsoft yang mengandalkan sekedar kemampuan mentah sebagai kekuatan utama, Nintendo senantiasa mempertahankan jati dirinya sebagai salah satu produsen konsol yang menjadikan kreativitas sebagai prioritas. Baca juga: Monitor Gaming Terbaik

Di akhir tahun 2016 kemarin, mereka akhirnya memperkenalkan Nintendo Switch pada orang banyak melalui sebuah teaser pendek yang menggoda.

Nintendo Switch memiliki panel tombol di kedua sisi Switch yang berfungsi sebagai Joy Con, joystick bongkar pasang, yang mirip dengan controller di era Wii. Joycon ini dapat dilepas dan menempatkan Switch di atas meja. Kamu juga dapat bermain dengan menggunakan televisi lewat docking station.

Joycon dilengkapi dengan sensor sinar, accelerometer, gyroscope, vibrator yang bisa mendeteksi gerakan kita saat bermain game yang mengharuskan kita untuk bergerak. Maka dari itu tak heran jika Switch menjadi gameplay yang inovatif karena bisa dimainkan melalui cara classic menggunakan kontroler sampai seperti nintendo Wii.

Nintendo juga akan menjual lebih banyak varian Joycon di masa depan yang akan berbeda dari sisi kosmetik. Versi beda warna akan tersedia untuk bundle Switch di saat rilis nanti. Dan tentu saja, Joycon telah didesain untuk dapat membaca Amiibo, yang sepertinya akan tetap jadi salah satu produk andalan Nintendo selain Switch.

Nintendo Switch atau PS4

Kelebihan Nintendo Switch

  • Game konsol yang sangat portable
    Salah satu hal paling mengasyikkan yaitu Nintendo Switch Console bersifat amat portable untuk gaming dimanapun. Desainnya fleksibel, dan dapat langsung dimainkan secara multiplayer bersama teman kapan pun. Cukup melepaskan controller, kemudian berikan kepada temanmu ketika ingin bermain multiplayer.
  • Dapat tersambung ke TV
    Game konsol ini dapat disambungkan ke tv untuk sensasi bermain yang lebih asyik, memungkinkan kamu untuk bermain seperti pada game console lain pada umumnya. Jadi, dengan kelebihan Nintendo Switch Console ini, kamu dapat memainkannya pada layar kecil maupun di layar tv yang lebih besar.
  • Prosesor Nvidia Tegra
    Dengan didukung kinerja Nvidia, konsol dibangun khusus untuk menghadirkan game yang ringan dan cepat. Tegra merupakan prosesor yang dapat dikustomisasi dan performanya tidak perlu diragukan. Kekuatan Tegra juga terlihat dari kemampuannya ketika memainkan sebuah game di resolusi 720p dan 60 frame per second( fps).

Kekurangan Nintendo Switch

  • Layar belum maksimal
    Layar konsol Nintendo Switch dinilai masih kurang karena panel LCD yang masih memantulkan bayangan dengan jelas sehingga, tidak nyaman ketika sedang memainkan game. Terlebih bila sedang memainkan di luar ruangan, pantulan bayangan membuat gambar pada layar jadi tidak terlihat jelas.
  • Sistem penyimpanan tidak fleksibel
    Pihaknya cuma memberikan penyimpanan data permainan 32 GB pada konsol. Memori tambahan tidak dapat menyimpan data game, maka dari itu variasi permainannya jadi sedikit. Memori eksternal cuma dapat dipakai untuk menyimpan berkas lain seperti, downloadable content atau update software.
  • Minimnya opsi game
    Console keluaran Nintendo ini memang akan membawa pemainnya kembali ke masa nostalgia bermain game sebab banyak game casual seperti Mario Kart, Donkey Kong, dan lainnya. Akan tetapi, dapat dibilang Nintendo Switch masih kekurangan game AAA (game dengan nilai produksi tinggi seperti Grand Theft Auto).

PS4

PS4 mempunyai desain yang cukup ramping serta elegan. Perbedaan utama yang dapat diamati yaitu desain casing yang terlihat seperti font yang diberi efek italic. PS4 mempunyai dimensi kurang lebih 275×53×305 mm dengan berat kurang lebih 2,8 kg.

Sama seperti desain konsolnya, controller dari PS4 juga layak dikatakan sebagai controller dengan konsep terbaik yang pernah diluncurkan oleh Sony. Bila PS2 serta PS3 mempunyai konsep yang hampir tidak ada bedanya dengan controller PS1, maka controller bernama DualShock 4 ini mengalami perubahan desain sangat besar yang pernah dilakukan Sony.

Tidak cuma dari segi desain saja, Sony juga merombak fungsionalitas dari controller mereka dengan menghilangkan beberapa tombol yang sudah ada sejak controller PS1 dan menambahkan tombol dan bagian baru lain di DualShock 4. Di DualShock 4 kamu tidak akan menemukan dua tombol wajib yang biasanya senantiasa muncul di seluruh konsol atau handheld.

Nintendo Switch atau PS4

Pengguna PS4 dimanjakan juga oleh Sony melalui OS yang didesain amat user friendly. Bila sebelumnya PS3 memakai XrossMediaBar atau biasa disingkat XMB, maka PS4 sepenuhnya meninggalkan user interface yang sudah dipakai Sony di beberapa hardware produksi mereka.

Lihat juga:  Pilih Mana: iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

Untuk meningkatkan nilai sosial, PS4 juga menyediakan What’s New yang merupakan semacam timeline yang menunjukkan aktivitas teman-temanmu atau update terbaru dari Sony.

Fitur paling keren lainnya yang dapat kamu jumpai di PS4 yaitu kemampuan untuk memainkan game yang sedang dalam proses download. Tentu saja kamu tidak dapat langsung mulai begitu saja, kamu tetap mesti menunggu sampai PS4 selesai mengunduh beberapa bagian dari game, dan setelah bagian itu selesai dimainkan, kamu bisa langsung mulai bermain sambil PS4 menyelesaikan bagian lain yang belum diunduh.

Kelebihan PS4

  • Dapat dengan mudah update games
    Syarat untuk dapat online yaitu memakai firmware terbaru dari PS4, dengan firmware terbaru ini otomatis kita selalu dapat mengunduh file update patch dari suatu game, DLC dan lain sebagainya secara lebih gampang. Update dan patch amat penting untuk menjaga kestabilan dari game yang sedang kita mainkan, banyak bug atau error yang umumnya diperbaiki dalam update ini.
  • Dapat bermain game online dan free
    Layanan free games dan online game saat ini mulai merajalela, game-game seperti Fortnite, PUBG, Fifa/PES19 Online, Warframe, dan yang paling anyar yaitu Apex Legends merupakan game free to play yang mempunyai animo pemain yang cukup besar. Dengan mempunyai PS4 original tentunya kita dapat memainkan semua game multiplayer seru di atas secara gratis.
  • Mesin PS4 tidak sering error dan lebih awet
    PS4 Original nyaris sama sekali tidak pernah error, saat error pun umumnya itu karena bug dari game nya sehingga menyebabkan crash dan keluar ke menu utama, berbeda dengan PS4 bajakan yang sering sekali ditemui kasus error seperti Hang, Freeze, serta Shutdown Sendiri dan berbagai macam kendala yang akan selalu menghantui kita.

Kekurangan PS4

  • Tidak bisa menyimpan data video MP4 dan flashdisk
    PS4 cuma dapat memutar video berformat MP4 serta file musik dari flashdisk. Cuma saja kamu tidak akan dapat menyimpan data-data tersebut di dalam PS4. Pada awal peluncurannya, streaming di perangkat yang lebih canggih ini pula terbatas cuma dari aplikasi Plex, tetapi sekarang sudah ada aplikasi lain bernama Media Player.
  • Harga mahal
    Karena PS4 lebih canggih dan mutakhir dalam memainkan game terbaru, sudah tidak heran lagi bila PS4 memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan Nintendo Switch. Jika kamu memiliki dana lebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli perangkat keras canggih ini.
  • Resiko barang palsu
    Karena PS4 menjadi idaman para gamers saat ini, tentunya sudah banyak juga oknum yang membuat replika PS4 dengan kualitas yang dibawahnya dan harga yang lebih murah. Untuk itu kamu mesti lebih cermat dan teliti dalam memilih PS4 andalan kamu.
SpesifikasiNintendo SwitchPS4
Ukuran10 × 4.2 × 0.5 inchi 11.3 × 10.4 × 1.5 inchi
ProcessorGPU/CPU: “Nvidia customized Tegra”CPU: 8-core x86-64 AMD “Jaguar” GPU: 1.84 TFLOPS AMD Radeon
RAM4GB8GB GDDR5
PenyimpananPenyimpanan flash 32GB (dapat diperluas melalui microSD)500GB hard drive yang dapat dilepas

Nintendo Switch atau PS4

Tips merawat konsol game kamu:

  1. Jauhkan konsol game dari peralatan yang mempunyai magnet di dalamnya.
    Mengapa? Magnet nyatanya bisa mengganggu kinerja hard disk di dalam konsol yang bisa membubatnya rusak.
  2. Hindari juga menempatkan konsol game di tempat yang langsung terkena sinar matahari.
    Walaupun kecil presentasenya, tetapi ternyata sinar matahahri bisa melelehkan bagian luar konsol game beserta solderan kabel-kabel halus di dalamnya.
  3. Musuh utama perangkat elektronik yaitu benturan.
    Selalu jaga konsol gamemu supaya tidak terkena benturan keras benda tumpul atau bahkan terjatuh ya!
  4. Letakkan pula konsol game di tempat bebas debu.
    Nyatanya debu bahaya sekali untuk konsol gamemu sebab bisa menghambat saluran pembuangan panas yang ada di dalamnya dan berujung overheat.

Pilih Mana: Nintendo Switch atau PS4?

Nintendo SwitchPS4
Kelebihan- Game konsol yang sangat portable - Dapat tersambung ke TV - Prosesor Nvidia Tegra - Dapat dengan mudah update games - Dapat bermain game online dan free - Mesin PS4 tidak sering error dan lebih awet
Kekurangan- Layar belum maksimal - Sistem penyimpanan tidak fleksibel - Minimnya opsi game - Tidak bisa menyimpan data video MP4 dan flashdisk - Harga mahal - Resiko barang palsu

Kesimpulan

Setelah membahas Nintendo Switch dan PS4 tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua perangkat keras ini memiliki fitur dan kelebihan yang menyenangkan untuk para penggunanya. Untuk kamu yang menginginkan kemudahan dalam bermain game dimanapun, maka Nintendo Switch-lah jawabannya. Namun jika kamu menginginkan detail gambar yang bagus dan game yang lebih bervariasi maka PS4-lah jawabannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nintendo Switch vs PS4

VS

Leave a Reply