Home

Pilih Mana: No Drop atau Jotun?

Drop dan Jotun adalah merek cat yang sudah terkenal sejak zaman dahulu karena No Drop dan Jotun memiliki kualitas yang sangat bagus yang sudah banyak dipercaya oleh semua orang. No Drop dan Jotun juga sudah terkenal di pasaran dan mudah untuk kamu dapatkan dimana-mana.

Tetapi untuk memilih diantara keduanya mana yang lebih bagus untuk cat dinding kamu? Apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada kedua cat tersebut? Dari artikel ini kamu bisa mendapatkan jawabannya mengenai kekurangan dan kelebihan juga beberapa varian yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

No Drop

No Drop merupakan cat pelapis anti bocor yang memiliki beragam variasi produk di pasaran. No Drop dikenal sebagai brand yang cukup populer di masyarakat. No Drop hadir dengan inovasi kreatif dengan memberikan warna yang lebih variatif sehingga bisa memberi fungsi lebih dari sekedar pelapis anti bocor.

Kelebihan dari No Drop bukan hanya tahan terhadap air saja, tetapi juga tahan terhadap jamur. Selain itu juga No Drop tahan lama dan memiliki sifat elastis. Sifat elastis inilah yang membuat kamu semakin hemat dan efisien dalam penggunaannya. Untuk proses pencairannya sendiri juga mudah, kamu perlu menggunakan air bersih saja. Baca juga Pilih Mana: No Drop atau Dulux?

Beberapa Varian No Drop

  • No Drop Tinting
    No Drop Tinting adalah cat pelapis anti bocor dekoratif yang bisa melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air sekaligus memperindah tembok rumah kamu dengan cat warna terang dan berbagai macam. Terbuat dari resin yang memiliki acrylic sehingga cocok untuk tembok luar maupun dalam.
  • No Drop 107
    No Drop 107 adalah bahan pelapis kedap air yang terdiri dari 2 komponen yaitu liquid berbasis emulsi acrylic dan powder berbasis semen, aditif dan filler. No Drop 107 sangat sesuai untuk digunakan pada permukaan yang selalu atau amat sering terendam air, seperti basement, lantai dasar kamar mandi, bak mandi, kolam renang, dak beton atau bagian- bagian bangunan yang rawan kebocoran, beton luar dan dalam tendon air, kolam ikan sebelum diplester atau di keramik.
  • No Drop Bitumen Black
    No Drop Bitumen Black adalah pelapis bitumen non fiber berbasis air, bersifat elastis dan bermutu tinggi. Memberikan perlindungan pada permukaan beton, plasteran, logam/besi maupun kayu sebagai pelapis anti bocor, mencegah rembesan air serta anti karatι Setelah mengering No Drop Bitumen Black akan menjadi lapisan bitumen berwarna hitam yang akan melindungi permukaan.
Varian Cat JotunHarga (per September 2019)
No Drop Tinting Tersedia 4 kg Rp. 175.000 dan 20 kg Rp. 960.000
No Drop 107 Tersedia 4 kg Rp. 120.000
No Drop Bitumen Black Tersedia 1 kg Rp. 32.000, 4 kg Rp. 123.000, dan 20 kg Rp. 635.000

Kelebihan No Drop

  • Tahan cuaca
    Kelebihan yang utama dari No Drop sudah pasti banyak diketahui oleh orang yaitu kelebihannya tahan cuaca, karena sifatnya yang elastis, kedap air sehingga itulah No Drop tahan terhadap berbagai cuaca.
  • Awet dan tahan lama
    Kelebihan lainnya adalah bahwa No Drop memiliki jangka waktu ketahanan yang cukup lama sekitar hingga 5 tahun lamanya. Apalagi manfaat dari No Drop ini yang biasanya digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes dan seng yang sudah terbukti tingkat ketahanannya.

  • Terkenal dan mudah didapatkan
    Kelebihan lainnya dari merek cat No Drop ini adalah cat sudah terkenal dan banyak menjadi pilihan untuk semua orang, dengan terkenalnya cat No Drop ini menjadi mudah untuk kamu dapatkan di toko bangunan yang ada di daerah kamu.

Kekurangan No Drop

  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Kekurangan lainnya adalah bahwa No Drop ini untuk cat interior dan eksterior masih sangat dibedakan, tidak adanya cat yang menjadi satu untuk kegunaan yang sama sangat menjadikan kekurangan No Drop menjadi yang mencolok.
  • Tidak adanya warna oplosan
    Kekurangan lainnya adalah No Drop tidak tersedianya warna oplosan sehingga ini juga menjadi kekurangan untuk No Drop.
  • Tekstur yang lebih ke sedikit cair
    Untuk kekurangan lainnya adalah bahwa tekstur atau konsistensi dari No Drop ini lebih ke sedikit cair, hal ini akan memungkinkan kamu untuk melapisi tembok atau permukaan lainnya harus lebih dari satu kali.

Jotun

Cat Jotun merupakan cat cat terkemuka di dunia. Cat Jotun ini didirikan pada 1926 di Norwegia oleh Odd Gleditsch. Saat ini Jotun telah membesar dan memiliki 74 perusahaan dengan 40 fasilitas produksi di seluruh dunia. 

Banyaknya varian cat Jotun yang memiliki kualitas yang sangat baik seperti dengan kualitasnya yang bagus juga cat lebih tahan lama. Cat Jotun juga sudah sangat dikenal banyak orang sehingga mudah untuk kamu dapatkan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Garasi atau Carport?

Beberapa Varian Cat Jotun

  • Jotun Majestic True Beauty Matt
    Majestic True Beauty adalah cat premium yang menyediakan warna  yang indah untuk memberikan nuansa elegan yang kamu mau di rumah kamu. Dinding kamu akan memiliki hasil akhir yang halus dan terkesan mewah yang tidak hanya kuat lama tapi juga mudah dibersihkan. Dengan fitur Teknologi True Color eksklusif dari Jotun, formulasi unik dari bahan-bahan berkualitas yang menjamin warna yang akurat, konsisten, dan tahan lama.
  • Jotun Jotashield AntiFade Bare
    Jotashield AntiFade Color menawarkan perlindungan unggul dengan motif indah yang tahan lama. Disertifikasi oleh laboratorium eksternal untuk melindungi rumah kamu dari pelapukan alami dan membebaskan kamu dari kekhawatiran tentang pemeliharaan. Dibuat dengan berbagai pilihan warna, dipilih dengan cermat oleh para ahli agar sesuai dengan pilihan kamu dan membuat rumah kamu indah.

  • Jotun Jotashield Primer
    Jotashield Primer adalah cat dasar berbahan dasar air dan ramah lingkungan yang memberikan lapisan dasar untuk rangkaian cat Jotashield. Menutup hingga ke dalam untuk memberikan perlindungan terhadap alkali dan kelembaban, sekaligus memberikan daya rekat kuat antara lapisan atas dan lapisan dalam untuk hasil cat yang tahan lama.
Varian Cat JotunHarga (per September 2019)
Jotun Majestic True Beauty Matt Tersedia 2.5 kg Rp. 215.000 dan 20 kg Rp. 1.500.000
Jotun Jotashield AntiFade Bare Tersedia 2.5 kg Rp. 250.000 dan 20 kg Rp. 2.000.000
Jotun Jotashield Primer Tersedia 2.5 kg Rp. 130.000 dan 20 kg Rp. 1.400.000

Kelebihan Jotun

  • Tahan cuaca dan anti lumut
    Cat Jotun memiliki varian cat untuk menjaga dinding eksterior kamu dari kondisi cuaca maupun dari lumut dan jamur. Cat varian tersebut dikhususkan untuk eksterior yang berbahan dasar akrilik emulsi termodifikasi yang diformulasikan. Varian cat ini juga sangat mudah diaplikasikan. 
  • Noda mudah dibersihkan
    Kelebihan lainnya dari cat Jotun ini adalah cat ini mengklaim bahwa noda yang menempel di dinding mudah untuk kamu bersihkan. Kamu tidak perlu repot bahkan bingung ketika dinding kamu menempel noda dan kotoran lainnya.
  • Awet dan tahan lama dan banyak varian warna
    Ketika kamu memilih cat untuk rumah kamu setidaknya kamu harus memperhatikan tingkat ketahanannya, maka dari itu cat Jotun ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena ketahanan yang lama juga awet hingga 5 tahun lamanya. Jotun juga memiliki banyak varian warnanya yang bagus untuk memberikan nuansa rumah kamu menjadi lebih indah.

Kekurangan Jotun

  • Memiliki timbal yang tinggi
    Kekurangan yang dimiliki oleh cat Jotun adalah memiliki kandungan timbal yang tinggi. hal ini diketahui dari hasil tes pada seluruh merek cat dan mendapatkan hasil bahwa hanya ada dua merek cat yang memiliki kandungan timbal yang rendah Jotun tidak termasuk. Timbal yang terkandung dalam cat ini memberikan dampak yang sangat buruk untuk perkembangan otak anak.
  • Tidak terlalu melindungi dinding dari resapan air
    Cat Jotun memang memiliki jenis cat air yang dapat melindungi bangunan dari resapan air. Namun, manfaat ini tidak begitu berfungsi pada cat tembok Jotun ini.
  • Boros penggunaan dan ukuran sedikit
    Kekurangan yang lainnya karena tekstur dari cat Jotun ini lebih ke konsistensi yang cair sehingga sangat boros penggunaannya, kamu harus mengulang beberapa kali pengecatan agar mendapatkan warna yang terang sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Kekurangan lainnya juga cat Jotun ini memiliki sedikit ukurannya.

Pilih Mana: No Drop atau Jotun?

No DropJotun
Kelebihan- Tahan cuaca - Awet dan tahan lama - Terkenal dan mudah didapatkan - Tahan cuaca dan anti lumut - Noda mudah dibersihkan - Awet dan tahan lama dan banyak varian warna
Kekurangan- Cat interior dan eksterior masih dibedakan - Tidak adanya warna oplosan - Tekstur yang lebih ke sedikit cair - Memiliki timbal yang tinggi - Tidak terlalu melindungi dinding dari resapan air - Boros penggunaan

Kesimpulan

No Drop dan Jotun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan memiliki kualitas yang tinggi. Jika ingin memilih cat dengan pilihan warna yang lebih banyak maka Jotun adalah pilihan yang tepat untuk kamu. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

No Drop vs Jotun

VS