Home

Pilih Mana: No Drop atau Nippon Paint?

Intensitas matahari serta curah hujan yang tinggi ternyata beresiko menyebabkan kerusakan pada kondisi bangunan terutama paparan sinar matahari di Negara tropis seperti di Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan cat yang bisa melindungi bangunan tempat tinggalmu agar terhindar dari pengelupasan dan peretakkan dinding, Seperti karakteristik yang ada pada kedua cat No Drop dan Nippon Paint.

Karena kedua cat diproduksi dengan menggunakan teknologi yang tinggi kualitas dari No Drop  dan Nippon Paint tidak perlu di ragukan lagi, dan dapat mencegah kebocoran bahkan pelapukkan akibat jamur dan lumut sehingga dapat bertahan lama.

Namun, apakah ada perbedaan dari keduanya? Tentu saja! keduanya di produksi oleh pabrik yang berbeda pasti mempunyai perbedaan. Karenanya, pada artikel kali ini akan kita bahas perbedaan dan perbandingan keduanya, Serta kami akan memberikan informasi beberapa peran warna yang ada dan cocok untuk di ruangan kalian lho! Yuk disimak!

No Drop

No Drop merupakan cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air serta sangat tahan cuaca sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis/seng dan permukaan terakota.

No Drop dapat di aplikasikan pada tembok kamar mandi, tembok samping rumah, seng/ asbes, wuwungan, atap, talang atau sambungan, dan atap beton.

Cat ini sanggup menutup celah serta pori sebagai biang bocor, sehingga bisa mencegah rumah dari cuaca yang ekstrim sehingga cat pada rumah dapaty bertahan lebih lama. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau No Drop?

Cara Penggunaan Cat No Drop

1. Aduk terlebih dahulu No Drop sampai rata sebelum digunakan.
2. Cara penggunaan cat No Drop untuk permukaan tembok, beton, asbes, plaster.

  • Aplikasikan 1 lapis No Drop yang diencerkan dengan air ± 20% sebagai cat dasar.
  • Biarkan kering terlebih dahulu sebelum mengulang lapisan berikutnya.
  • Untuk lapisan kedua dan selanjutnya, aplikasikan No Drop tanpa pengencer sampai ketebalan minimal 250 micron.

3. Cara penggunaan cat No Drop untuk permukaan galvanis/ seng.

  • Aplikasi 1 lapis Active primer sebagai lapisan dasar untuk menghasilkan daya lekat yang baik.
  • Setelah kering aplikasikan No Drop tanpa pengencer sampai tercapai ketebalan kering minimal 250 micron.

4. Cara penggunaan cat No Drop untuk memperbaiki retakan/ sambungan < 2mm.

  • Aplikasikan 1 lapis No Drop yang diencerkan dengan air ± 10% sebagai cat dasar.
  • Tempelkan No Drop Membrane untuk memperkuat sambungan, biarkan setengah kering
  • Aplikasikan No Drop tanpa pengencer.
Jenis No Drop Keterangan
No Drop TintingNo Drop Tinting merupakan cat pelapis anti bocor dekoratif yang bisa melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air sekaligus memperindah tembok rumah anda dengan cat warna cerah dan beraneka ragam.
No Drop 100 No Drop 100 dapat digunakan untuk bahan pelapis anti bocor untuk kamar mandi yang terdiri dari 2 komponen yaitu powder berbasis semen dan liquid berbasis emulsi acrylic.
No Drop Bitumen BlackNo Drop Bitumen Black merupakan pelapis bitumen non fiber berbasis air, bersifat elastis dan bermutu tinggiι
No Drop 107No Drop 107 sangat bagus untuk digunakan pada permukaan yang  sangat sering terendam air.

Kelebihan No Drop

  • Memiliki formula sempurna
    No Drop dibuat dengan bahan resin khusus berkualitas yang membuatnya dipercaya memiliki ketahanan terhadap kondisi cuaca dan kebocoran. No Drop diklaim memiliki ketahanan cat dalam jangka waktu panjang sehingga produk ini dikenal sebagai pelapis anti bocor yang paling kuat.
  • Memiliki variasi harga yang menarik
    Harga cat No Drop sangat beragam karena dibedakan berdasarkan ukuran kemasannya. Tersedia kemasan dengan ukuran mulai dari 1 kg, 4 kg, hingga yang 20 kg. Selain itu setiap toko bangunan yang menjual cat memiliki patokan harga yang berbeda-beda tergantung dari harga jual di tempat penjualan dan daerah masing-masing.
  • Dapat digunakan di semua bagian rumah
    No drop memiliki daya rekat kuat sehingga bisa melindungi bagian tembok luar yang sering terkena paparan sinar matahari dan terkena hujan. Cat yang memiliki kualitas rendah biasanya warnanya akan mudah pudar, Namun No Drop tidak demikian. Cat merk ini memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga cocok bila akan digunakan baik pada dinding luar rumah, dalam rumah, hingga di kamar mandi yang cenderung lembab.

Kekurangan No Drop

  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Sebagian orang menyukai cat praktis yang dapat digunakan untuk interior dan eksterior dalam satu cat. Sayangnya, No Drop membedakan produk cat interior dan eksterior. Dengan demikian jika Anda membutuhkan kedua jenis cat tersebut, Anda perlu membeli kedua jenisnya.
  • Konsistensi encer
    No Drop dinilai memiliki konsistensi cat yang cukup encer dibandingkan No Drop.  sehingga dalam pengaplikasiannya No Drop sering menetes kemana-mana dan tentunya akan membuat penggunaan cat menjadi semakin boros.
  • Tidak bisa mengoplos warna sesuai dengan keinginan
    Kekurangan yang lain pada cat No Drop ini yaitu warna tidak bisa dicampur sesuai dengan keinginan kita atau biasa di sebut di oplos, beberapa cat merk lain sudah memberikan fitur ini, Namun, No Drop belum menyediakan fitur seperti itu jadi kita hanya dapat memilih warna yang sudah tersedia.

Nippon Paint

Nippon Paint didirikan sejak tahun 1881, Nippon Paint merupakan perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor industri cat di Jepang. Saat ini, Nippon Paint merupakan pemimpin pasaran cat di Jepang.

Dari Jepang, Nippon Paint berkembangan dengan cepat ke negara-negara lainnya. Salah satunya, Nippon Paint Indonesia yang berdiri pada tahun 1969.
Saat ini, Nippon Paint terkenal dengan produk berkualitas tinggi dan terobosan yang inovatif, yang menjadikan No Drop sebagai merek cat nomor satu di kawasan Asia Pasifik.
Sejalan dengan komitmen kami untuk menyediakan solusi cat dan pelapis yang total untuk konsumen kami yang beragam, Nippon Paint menawarkan berbagai pilihan produk dan ribuan warna.
Sebagai pemimpin industri cat, Nippon Paint juga berkomitmen untuk memberikan kualitas terbaik melalui penelitian dan pengembangan di bawah quality control yang ketat.

Cara Penggunaan Cat Nippon Paint

1. Cat area yang sulit terlebih dahulu 
Mengecat dahulu bagain tepi, sudut atau ujung yang berbentuk ornamen dan area yang tinggi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sofa atau Couch?

2. Tumpang tindih pengaplikasian cat menggunakan kuas
Pastikan sapuan cat dilakukan tanpa putus ketika mengerjakan salah satu area. Lakukan gerakan overlap (tumpang tindih) ketika pengerjaan dilanjutkan ke area lainnya.

3. Pilih arah cat dan lakukan secara konsisten
Lakukan cat searah dari atas-bawah atau kanan-kiri, dan lanjutkan arah cat yang sama untuk seluruh area. Jika menggunakan kuas, sapukan arah bawah dengan satu tarikan yang halus dan merata.

4. Selalu mengecat dua lapis atau lebih 
Selesaikan pengecatan satu lapis dan biar kering lalu lanjutkan lapisan selanjutnya.

Jenis Nippon PaintKeterangan
Nippon WeatherbondNippon Weatherbond merupakan cat berkualitas tinggi dengan bahan dasar resin emulsi akrilik yang sesuai untuk pemakaian eksterior.
Nippon Spot-less Cat premium yang diformulasikan untuk pemakaian interior, mempunyai daya tahan sangat bagus terhadap kotoran rumah tangga (teh, wine, kopi, tinta, tangan, lipstik, jus, dan lainnya).
Elastex Waterproof 3-in-1 Elastex Waterproof 3-in-1 adalah cat pelapis anti bocor dengan perlindungan 5 tahun anti bocor, berbahan dasar latex elastomerik akrilik yang sangat tangguh untuk mencegah kebocoran air.