ElektronikGadgets

Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 7?

Smartphone sekarang tentu menjadi salah satu perangkat yang penting untuk manusia. Selain untuk menelpon, smartphone juga bisa kamu gunakan untuk aktivitas lainnya seperti mencatat beberapa hal penting, berbisnis, bekerja, mencari info bahkan hanya sekedar untuk bermain game. Produsen smartphone sekarang juga berlomba memberikan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang terjangkau seperti Nokia 2.2 dan Redmi 7. Kedua smartphone ini sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, terlebih untuk anak muda yang gemar memainkan game lewat smartphone. Pembahasan kali ini mengenai detail dan spesifikasi dari Nokia 2.2 dan Redmi 7. Jangan kemana-mana ya.

Nokia

Nokia Corporation merupakan produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya terletak di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal melalui produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, serta W-CDMA (UMTS).

Saat ini lisensi bisnis ponsel pintar serta ponsel genggam berlabel Nokia sudah dipunyai oleh HMD Global bersama FIH Mobile (anak perusahaan Foxconn) mulai Desember 2016 sampai 2026 yang akan datang. HMD Global bekerja sebagai developer sebaliknya FIH Mobile bekerja sebagai manufaktur.

Kata Nokia berawal dari nama suatu komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan. Nokia dibuat sebagai perusahaan penggilingan pulp oleh Fredrik Idestam, seorang insinyur pertambangan yang membawa cara pembuatan kertas baru yang lebih ekonomis dari Jerman ke Finlandia, pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekelilingnya pada awal abad ke-20 dan mulai memakai merek Nokia. Baca juga Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 6A?

Nokia 2.2

Smartphone ini mengusung Android 9 Pie (Android One) dengan RAM 3GB dan storage 32GB (dapat diperluas sampai 400GB). Ini merupakan penawaran paling‘ murah hati’ yang pernah dilayangkan Nokia untuk konsumen di Indonesia.

Setelah itu kinerja Nokia 2.2 ditopang prosesor Quad-corenya dengan chipset Helio 22 yang beroperasi dengan clock 2 GHz. Serta bentang layar 5,71 inci resolusi HD+ rasio 19:9.

Kamera Nokia 2.2

Dari bagian kamera, Nokia 2.2 mempunyai total dua kamera yakni satu kamera belakang 13 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan kamera depan 5 megapiksel.

Tidak hanya itu, kamera Nokia 2.2 ini mempunyai fitur kamera low-light image berbasis AI yang memungkinkan konsumen bisa mengambil gambar sekalipun dalam situasi pencahayaan rendah.

Tidak cuma itu, kamera Nokia 2.2 pula dilengkapi dengan fitur HDR yang sanggup menangkap warna-warna cerah dengan jangkauan yang dinamis.

Baterai Nokia 2.2

Kapasitas baterai smartphone ini sebesar 3.000 mAH serta memakai chipset MediaTek Helio A22 yang dikonsep untuk optimalisasi baterai sehingga konsumen tidak perlu melakukan pengisian baterai sepanjang hari.

Fitur Nokia 2.2

Nokia 2.2 memiliki fitur-fitur menarik seperti Google Photo berbasis AI yaitu Colourpop yang berikan perhatian pada subjek foto. Colourise memungkinkan foto-foto monokrom diubah jadi lebih berwarna serta Beautify mempercantik sisi natural untuk hasil swafoto yang lebih bagus.

Tidak hanya itu, Nokia 2. 2 pula dilengkapi dengan fitur face unlock dan Google Lens. Fitur biometric face unlock memungkinkan pengguna membuka kunci handphone dengan cara mengarahkan wajah mereka ke kamera depan.

Sedangkan Google Lens membantu untuk mencari apa yang konsumen lihat, dengan mendekatkan lensa kamera pada benda yang mau dibeli atau pada sampul album musik. Setelah gambar terbaca, konsumen dapat mendengarkan musik dari album itu di layanan penyedia musik streaming seperti Spotify.

Harga Nokia 2.2

Harga dari Nokia 2.2 ini dibanderol kurang lebih Rp 1.800.000,- . Smartphone ini juga hanya memiliki satu varian warna, yakni tungsten black (hitam).

Redmi

Kiprah Xiaomi dengan seri Redmi-nya di Indonesia memang terhitung sukses. Xiaomi dengan seri Redmi (biasa) maupun Redmi Note series- nya sukses membuat cemas lawan-lawannya di tanah air. Jelas, sejak pertama datang ke Indonesia sekitar 2014, Xiaomi telah membawa seri Redmi pertamanya dan langsung jadi perangkat ekonomis yang melekat di pasar tanah air.

Sejarah Redmi pula terus meningkat dengan beberapa bulan setelahnya mengumumkan ekspansi bisnis di Singapura, Malaysia, Filipina, India, termasuk ke Indonesia. Seri Redmi Note yang identik dengan perangkat dengan ukuran cukup besar atau beraliran smartphone-tablet (phablet) pula muncul.

Sama seperti seri Redmi (biasa), seri Redmi Note juga kemudian melekat di hati pemakai smartphone ekonomis tanah air dengan gambaran spesifikasi yang cukup tinggi.

Redmi 7

Redmi 7 mempunyai detail yang tidak dapat dikatakan entry level, mungkin lebih tepatnya yaitu middle-low. Smartphone ini memakai Qualcomm Snapdragon 632 dengan GPU Adreno 506. Kapasitas RAM 3GB serta memori internal 32GB yang dapat ditambah MicroSD sampai 512GB.

Redmi 7 masih tetap memakai MIUI sebagai antarmuka, kali MIUI versi 10 yang modifikasi dari Android Pie. Bentuk ikon serta bentuk antarmuka MIUI kali ini mesti diakui lebih fresh dibanding MIUI tipe sebelumnya atau tahun lalu.

Layarnya memakai panel IPS mengusung ukuran 6,26 inci serta aspek rasio 19:9 berlapis Corning Glass 5, Redmi 7 mempunyai resolusi HD+ (720 x 1520p).

Kamera Redmi 7

Redmi 7 mempunyai kamera belakang ganda dengan kombinasi resolusi 12MP dan 2MP dengan dukungan fitur AI. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8MP. Melihat detail kameranya memang lumrah bila Redmi 7 disebut entry level.

Lihat juga:  Pilih Mana: Smartwatch Apple vs Samsung

Kemampuan kamera belakang dan depannya lumayan memuaskan dalam situasi pencahayaan yang cukup dengan mutu fotonya cukup memuaskan.

Baterai Redmi 7

Baterainya yang berkapasitas 4.000 mAh dengan sistem yang dioptimalkan diklaim sanggup membuat Redmi 7 mempunyai waktu standby sampai 400 jam.

Fitur Redmi 7

Fitur dari Redmi 7 antara lain seperti fitur Second Space serta Dual App untuk mempunyai dua home screen menyamai dua smartphone serta dua aplikasi dengan dua akun berbeda.

Fitur Game Booster pula tersedia di Redmi 7 yang sediakan opsi tambahan yakni memberikan prioritas bandwidth koneksi internet untuk kebutuhan game. Setelah itu memberingan ruang konsumsi memori RAM untuk aplikasi atau game yang diinginkan.

Buat fitur keamanan perangkat, Redmi 7 mempunyai pemindai sidik jari serta AI Face Unlock di kamera depan. Pemindai sidik jarinya berperan amat baik, proses buka kunci tergolong cepat. Begitu pula dengan AI Face Unlock namun akan sedikit lelet dalam situasi minim cahaya.

Harga Redmi 7

Harga dari Redmi 7 yakni sekitar Rp1.899.000,-. Smartphone ini hadir dalam 3 opsi warna yaini comet blue, lunar Red, dan eclipse black.

SpesifikasiNokia 2.2Redmi 7
ProsesorQuad-coreSnapdragon
Layar 5,71 inci resolusi HD+ rasio 19:96,26 inci resolusi HD+ rasio 19:9
Kamera Kamera depan belakang 5 dan 13 MPKamera depan belakang 8 dan 12/2 MP
Baterai 3.000 mAh4.000 mAh
Warna Tungsten blackComet blue, lunar red, dan eclipse black

Tips Memilih Smartphone Untuk Gaming

Karena saat ini semakin maraknya game yang dimainkan di smartphone maka saya akan berikan beberapa tips untuk kalian memilih smartphone yang mumpuni untuk digunakan dalam bermain game.

  • Kapasitas baterai besar minimal 3.000 mAh
    Cara memilih smartphone untuk gaming pertama yaitu dengan melihat kapasitas baterai. Tidak dipungkiri kalau salah satu gangguan sangat menjengkelkan dikala bermain game yaitu baterai yang cepat lemah. Oleh karena itu, memilih handphone dengan kapasitas baterai sebesar mungkin. Upayakan minimum 3.000 mAh.
  • Kapasitas RAM minimal 2 GB
    Ini dia pemicu kamu sering lag dikala bermain game, yakni pada RAM yang sangat kecil. Bila kalian hobi bermain game HD, maka RAM di bawah 2 GB tidak akan menjamin memberi kepuasan. Oleh karena itu, bagaimana juga caranya kalian mesti memilih smartphone yang memiliki spesifikasi RAM 2 GB. Ini juga minimal, bila lebih besar, akan lebih baik lagi.
  • Kapasitas memori besar semakin bagus, paling tidak 32 GB internal
    Kapasitas memori yang seadanya tidak akan membuat kalian puas beraktivitas gaming. Sebaiknya kalian memilih smartphone dengan memori internal besar sehingga bisa menyimpan banyak game. Sebab mengingat file game Android memiliki ukuran yang amat besar, paling tidak 32 GB serta pastikan support slot Micro SD.
  • UI standar lebih baik
    Jika Kalian gamer, tidak harus mempertimbangkan UI. Cukup UI standar saja, sebab UI standar sudah lebih baik dari lainnya. Sebab pada UI yang memiliki banyak fitur, maka RAM yang dikonsumsi akan semakin besar sehingga bukannya memperkuat kinerja, justru malah membuat smartphone semakin berat sebab RAM yang cepat terkuras.
  • Panel layar Super AMOLED supaya semakin bagus
    Nah, bagian panel layar pula wajib kalian amati baik- baik. Janganlah salah memilih. Panel layar berteknologi IPS LCD sesungguhnya sudah lumayan bagus dibanding TFT. Tetapi bila ingin mencoba sensasi yang lebih melegakan, maka panel berteknologi super AMOLED merupakan opsi yang sangat pas sebab sanggup menciptakan gambar sangat halus serta jernih.
  • Paling tidak mempunyai resolusi sebesar 720p
    Cara memilih ponsel pintar untuk gaming selanjutnya yaitu perhatikan resolusi layarnya. Pada dasarnya, pada smartphone yang memiliki layar beresolusi tinggi, maka pengelola gambar dan Chip grafisnya akan bertugas semakin berat.
  • Prosesor Snapdragon sudah lebih dari cukup
    Disaat ini terdapat banyak sekali prosesor smartphone, mulai dari yang terendah sampai yang terhandal. Bila kalian memilih detail RAM 2 GB, maka prosesor Snapdragon sudah lebih dari cukup. Tetapi, bila di bawah 2 GB, maka sebaliknya memilih prosesor yang lebih handal.

Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 7?

Nokia 2.2Redmi 7
Kelebihan- Android One dukungan hingga 2 tahun - Memiliki fitur Google Assistant - Kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP - Kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh - Sudah memakai prosesor snapdragon 632 - Dual kamera dengan fitur AI
Kekurangan- Belum ada fitur fingerprint sensor - Kapasitas baterai kecil - Belum ada fitur fast charging - Belum ada USB Type-C

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Nokia 2.2 dan Redmi 7 diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini cukup mumpuni untuk menemani hari-hari kamu. Spesifikasi dan fitur yang diberikan pun cukup menarik, maka tak heran bila kedua smartphone ini cukup digemari oleh beberapa orang khususnya anak muda. Untuk kamu gamers, saya merekomendasikan Redmi 7 untuk menemani hari-hari kamu, karena memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh yang jauh lebih besar dari pada Nokia 2.2. Sehingga baterai smartphone kamu tidak mudah habis kala dipakai bermain game. Namun itu semua kembali ke selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nokia 2.2 vs Redmi 7

VS

Leave a Reply