Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Nutramigen atau Neocate?

Alergi susu sapi merupakan perhatian penting untuk orang tua akan kehidupan si kecil, mengingat susu formula pendamping ASI-lah yang bisa menunjang tumbuh kembang si kecil agar senantiasa sehat dan cerdas. Namun tidak usah khawatir karena saat ini sudah banyak susu yang bisa dikonsumsi meskipun si kecil alergi pada susu sapi, yakni Nutramigen dan Neocate.

Nutramigen dan Neocate merupakan susu formula dengan nutrisi dan kandungan-kandungan yang baik serta bisa membuat bayi tumbuh dengan cerdas dan sehat, meskipun harga yang disematkan tentunya lebih mahal daripada susu formula biasa pada umumnya.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Nutramigen dan Neocate untuk pertumbuhan si kecil. Kelebihan serta kekurangan juga disematkan sehingga bisa dijadikan referensi dalam memilih susu formula terbaik untuk si buah hati. Stay tune ya!

Nutramigen

Nutramigen merupakan formula hipoalergenik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi yang alergi terhadap molekul protein utuh dalam susu sapi serta formula kedelai maupun dalam makanan lain. Nutramigen tidak mengandung laktosa.

Protein dalam Nutramigen terhidrolisa ekstensif menjadi molekul berukuran amat kecil sehingga sangat kecil juga kemungkinannya memicu reaksi alergi.

Nutramigen mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi dan bisa dipakai sebagai satu-satunya sumber nutrisi sampai umur 6 bulan.

Setelah konsultasi dengan dokter, pemakaian Nutramigen bisa dilanjutkan setelah bayi berumur 6 bulan dengan tambahan makanan pendamping.

Nutramigen sudah teruji serta terbukti manfaatnya dari 70 clinical studies. Nutramigen juga sudah teruji klinis menurunkan reaksi alergi terhadap protein susu sapi setelah 12 bulan konsumsi.

Kamu bisa mendapatkan susu ini di toko-toko perlengkapan bayi, mall, supermarket dan toko online pun sekarang sudah banyak yang menjual sehingga tidak perlu pusing lagi mencarinya. Baca juga Pilih Mana: Neocate atau Pregestimil?

Kelebihan Nutramigen LGG

  • Menjaga tumbuh kembang anak
    Nutramigen dibuat untuk tambahan makanan di luar ASI. Ada bagusnya bila Nutramigen dikonsumsi bila dibutuhkan dan cuma bisa dikonsumsi atas saran dan petunjuk dokter atau ahli kesehatan anak lainnya. Nutramigen membantu tumbuh kembang anak Kamu supaya memperoleh nutrisinya dengan lengkap dan bisa tumbuh dengan optimal.
  • Melengkapi nutrisi untuk bayi alergi susu sapi
    Susu ini membantu melengkapi kebutuhan nutrisi penting untuk si kecil yang alergi protein susu sapi dan membantu tumbuh kembang si kecil dengan sempurna dan sehat.
  • Tidak mengandung laktosa
    Laktosa merupakan jenis gula yang banyak terdapat dalam susu hewani serta produk olahannya, seperti keju, es krim, yogurt, dan mentega. Kandungan inilah yang menjadikan bayi menjadi alergi susu sapi dan menyebabkan beberapa resiko penyakit yang cukup berbahaya.

Kekurangan Nutramigen

  • Harga mahal
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Nutramigen adalah harganya yang cukup tinggi. Namun tentunya hal ini sesuai dengan kandungan dan manfaat yang diberikan terhadap si kecil yang alergi susu sapi.
  • Tidak ada varian rasa
    Kekurangan selanjutnya dari Nutramigen adalah susu ini tidak memiliki varian rasa. Seperti yang kita tahu bahwa susu ini hanya memiliki varian rasa plain sehingga ada kemungkinan si kecil mengalami kebosanan untuk mengkonsumsi susu ini.
  • Resiko penyakit lainnya
    Kekurangan terakhir dari Nutramigen adalah adanya kemungkinan penyakit lainnya yang disebabkan oleh susu ini. Maka dari itu senantiasa konsultasikan pemakaian susu ini kepada dokter.
Varian Nutramigen Keterangan
ProduksiMead Johnson
Kandungan Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, K, mineral, kalsium dan probiotik lactobacillus rhamnosus GG
Harga Rp 327.000,- per Oktober 2019

Neocate

Neocate merupakan sintetis asam amino 100% yang merupakan bahan dasar susu formula hipoalergenik. Rasa susu formula ini relatif lebih enak dan lebih bisa rasanya lebih bisa diterima oleh bayi pada umumnya.

Neocate dipakai untuk mengatasi gejala alergi makanan persisten dan berat. Seperti Multiple Food Protein Intolerance, alergi terhadap extensively hydrolysed formula, alergi makanan dengan gangguan kenaikkan berat badan, alergi colitis, GER yang tidak berespon dengan terapi standar.

Multiple food protein intolerance atau MFPI didefinisikan sebagai intoleransi terhadap lebih dari 5 makanan utama termasuk EHF (Extensive Hydrolysate Milk) dan susu formula soya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Zee atau Boneeto?

MFPA (Multiple food protein allergy) didefinisikan sebagai alergi lebih dari 1 makanan dasar seperti susu, tepung, telur dan kedelai. Susu ini juga dipakai sebagai placebo dalam DBPCFC untuk mendiagnosis alergi susu sapi

Kelebihan Neocate

  • Harga dibawah Nutramigen
    Jika dibandingkan dengan Nutramigen, Neocate bisa dikatakan lebih ekonomis sehingga bisa menjadi salah satu pertimbangan penting untuk para orang tua dalam membeli susu formula untuk si kecil.
  • Cocok untuk si kecil yang alergi susu sapi
    Neocate merupakan susu formula untuk bayi yang mengalami alergi susu sapi dan intoleransi protein. Cocok dikonsumsi si kecil yang berumur 0-12 bulan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
  • Dapat mendukung pertumbuhan anak
    Susu ini merupakan satu satunya formula hipoalergenik dengan kandungan asam amino 100% non alergenik di Indonesia, mendukung pertumbuhan si kecil untuk terus bertumbuh kembang tanpa halangan dari alerginya.

Kekurangan Neocate

  • Tidak ada varian rasa
    Sama halnya dengan Nutramigen, Neocate juga tidak memiliki varian rasa sehingga membuat si kecil mungkin akan merasakan kebosanan dengan varian satu rasa saja.
  • Susah didapat
    Neocate sendiri tergolong susu formula yang susah didapat. Jika menginginkan susu formula ini kamu mesti mencarinya di mall, supermarket besar dan beberapa toko perlengkapan bayi.
  • Kurang terkenal
    Jika dibandingkan dengan Nutramigen, Neocate juga masih kalah pamor. Orang-orang tentu akan lebih memilih produk yang sudah terkenal seperti Nutramigen ketimbang Neocate yang masih belum begitu tenar.
Varian NeocateKeterangan
ProduksiPT Nutricia Indonesia Sejahtera
Kandungan Asam amino non alergik, nukleotida, 1 kcal/ ml dan 35% MCT
Harga Rp 296.000,- per Oktober 2019

Menangani alergi susu sapi

Jangan menyepelekan gejala alergi susu sapi, karena bila tidak ada tindakan penanganan yang tepat, bisa mempengaruhi organ tubuh dan tumbuh kembang bayi. Sebagian besar bayi memang akan melewati masa alergi susu sapi pada umur 18 bulan.

Namun sebelum masa itu itu datang, tindakan terbaik untuk menyikapi alergi susu sapi yaitu menghindari protein susu sapi dan kedelai. Sebaiknya Ibu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis susu yang sesuai bagi bayi, karena bisa saja Ibu tidak perlu langsung memakai susu dengan formula asam amino.

Hal-hal yang harus diperhatikan para orang tua untuk si kecil:

  1. Konsultasi dan periksakan ke dokter mengenai kondisi kesehatan bayi Ibu yang mempunyai alergi susu sapi secara rutin, dan simpan riwayat kesehatannya dengan baik, supaya mudah bagi Ibu untuk memantau nutrisi dan kesehatan hariannya.
  2. Teliti makanan pendamping ASI dan minuman tambahan yang akan Ibu berikan, sehingga ia bebas dari bahaya akibat reaksi alergi susu sapi.
  3. Selalu gunakan takaran yang sudah di tuliskan pada setiap kemasan agar si kecil senantiasa tumbuh kembang dengan baik dan tidak mengalami resiko-resiko penyakit lainnya.

Pilih Mana: Nutramigen atau Neocate?

Nutramigen Neocate
Kelebihan- Menjaga tumbuh kembang anak - Melengkapi nutrisi untuk bayi alergi susu sapi - Tidak mengandung laktosa - Harga dibawah Nutramigen - Cocok untuk si kecil yang alergi susu sapi - Dapat mendukung pertumbuhan anak
Kekurangan- Harga mahal - Tidak ada varian rasa - Resiko penyakit lainnya - Tidak ada varian rasa - Susah didapat - Kurang terkenal

Kesimpulan

Nutramigen dan Neocate tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Si kecil tetap bisa tumbuh kembang dengan baik dan sehat sama seperti bayi yang tidak menderita alergi susu sapi. Selalu konsultasikan pemakaian susu formula ini kepada dokter agar tidak menimbulkan beberapa resiko yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nutramigen vs Neocate

VS

Leave a Reply