Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Nutramigen atau Pregestimil?

Jika si kecil  menunjukan gejala dalam kurun waktu 30 menit sampai 2 jam setelah mengonsumsi susu berlaktosa,  anak mengeluarkan gas, terlihat kembung, terjadi serangan diare, kram perut dan muntah, Bisa saja si kecil mengalami sensitivitas laktosa, konsultasikanlah hal ini dengan dokter anak. atau anak bisa jadi mengalami alergi protein susu sapi. Jika anak mengalami alergi susu formula, susu Nutramigen dan Pregestimil dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi untuk anak dengan kondisi tersebut.

Namun, sebelum memberikan susu Nutramigen dan Pregestimil ini kepada si kecil pastinya, para ibu harus mengetahui lebih dahulu dong tentang susu Nutramigen dan Pregestimil ini. Tenang saja! Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai keduanya. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya!

Nutramigen

Nutramigen merupakan  susu bayi hipoalergenik untuk bayi usia 0-24 bulan yang alergi terhadap protein susu sapi ringan dan bantu mengurangi kemungkinan alergi di masa depan, di mana tetap memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

Nutramigen merupakan formula hipoalergenik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi yang alergi terhadap molekul protein utuh dalam susu sapi dan formula kedelai maupun dalam makanan lain. Nutramigen tidak mengandung laktosa. Baca juga Pilih Mana: Nutramigen atau Neocate?

  • Untuk Bayi yang alergi terhadap protein susu sapi
  • Protein terhidrolisa ekstensif
  • Formula bayi dengan keperluan medis khusus
  • Gunakan di bawah pengawasan tenaga medis
  • Produk bukan untuk pemberian secara parenteral

Susu Nutramigen LGG ini terdapat kandungan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi dan dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber nutrisi sampai usia 6 bulan. Setelah konsultasi dengan dokter, penggunaan Nutramigen LGG dapat dilanjutkan setelah bayi berusia 6 bulan dengan tambahan makanan pendamping.

Kelebihan Nutramigen

  • Dapat memenuhi kebutuhan gizi 
    Susu formula Nutramigen LGG ini mengandung formula hipoalergenik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi yang alergi terhadap molekul protein utuh dalam susu sapi dan formula kedelai maupun dalam makanan lain. Nutramigen LGG tidak mengandung laktosa.
  • Sangat kecil kemungkinannya memicu reaksi alergi
    Protein dalam Nutramigen LGG terhidrolisa ekstensif menjadi molekul berukuran sangat kecil sehingga sangat kecil kemungkinannya memicu reaksi alergi.
  • Dapat menjaga tumbuh kembang anak
    Nutramigen dibuat untuk tambahan makanan di luar ASI. Ada bagusnya bila Nutramigen dikonsumsi bila dibutuhkan dan cuma bisa dikonsumsi atas saran dan petunjuk dokter atau ahli kesehatan anak lainnya. Nutramigen membantu tumbuh kembang anak Kamu supaya memperoleh nutrisinya dengan lengkap dan bisa tumbuh dengan optimal.

Kekurangan Nutramigen

  • Mengonsumsi harus dalam pengawasan dokter 
    Penggunaan Nutramigen harus dibawah pengawasan tenaga medis. Konsultasikan pada dokter untuk penggunaan Nutramigen. Karena tidak boleh digunakan pada bayi tanpa gangguan medis, penyakit atau kondisi medis khusus.
  • Variannya hanya satu
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada Nutramigen yaitu susu ini tidak memiliki varian rasa. Seperti yang kita tahu bahwa susu ini hanya memiliki varian rasa plain sehingga ada kemungkinan si kecil mengalami kebosanan untuk mengkonsumsi susu ini.
  • Harga cukup mahal
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada Nutramigen ini yaitu harganya yang dibandrol cukup tinggi. Tetapi tentunya hal ini sebanding dengan kandungan dan manfaat yang diberikan terhadap si kecil yang alergi susu sapi. Karena pastinya anak yang alergi susu sapi membutuhkan asupan nutrisi yang lain, dan itu ada pada susu Nutramigen ini.

Pregestimil

Pregestimil merupakan susu formula bayi khusus untuk bayi untuk usia 0-12 bulan yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang. Susu Pregestimil memerlukan pengawasan tenaga medis khusus untuk hipoalergenik.

Pregestimil Hipoalergenik ini memiliki manfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi anak dan memberikan asupan nutrisi dengan baik, membantu tumbuh kembang anak dengan sempurna.

Kelebihan Pregestimil

  • Dapat bermanfaat dari susu yang bebas alergi
    Enfamil Pregestimil adalah susu formula bayi hipoalergenik untuk bayi usia 0 – 12 bulan. Khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang.
  • Dapat meningkatkan perkembangan otak dan mata
    Memiliki kandungan yang sangat cukup baik untuk anak yaitu dengan adanya kandungan sumber protein hipoalergenik, 55% lemak minyak trigliserida rantai menengah (MCT), DHA dan ARA, yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan matanya.
  • Memberikan asupan nutrisi
    Pregestimil Hipoalergenik memiliki manfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi si
    kecil, memberikan asupan nutrisi dengan baik, membantu tumbuh kembang anak dengan
    sempurna.

Kekurangan Pregestimil

  • Mengonsumsinya pada usia anak tertentu
    Kekurangan yang lainnya pada susu Pregestimil juga adalah susu ini hanya memproduksi susu untuk usia anak 0-12 bulan. Untuk usia di atas 0-12 bulan sepertinya susu ini belum memproduksinya.
  • Hanya tersedia di toko tertentu
    Jika  memiliki anak yang alergi akan susu sapi maka akan memberikan susu formula anak yang cocok untuk Anak. Pregestimil ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikonsumsi anak. Tetapi kekurangannya susu ini tidak tersedia di berbagai tempat, kalian juga dapat menemukannya di online shop seperti di Shopee.
  • Harga mahal
    Susu ini memang memiliki segudang kelebihan yang cukup baik untuk anak Anda, tetapi dengan demikian susu ini juga memiliki kekurangan yang ada. Salah satunya adalah susu ini memiliki harga yang dijual cukup mahal. Harga susu Pregestimil ini dibandrol Rp. 365.000 per Oktober 2019 untuk ukuran 400 gram.
Kandungan Nutrisi NutramigenKandungan Nutrisi Pregestimil
Mengandung protein terhidrolisa ekstensif sehingga sangat kecil kemungkinannya memicu reaksi alergi pada si kecil. Dengan protein terhidrolisa extensive sehingga mudah dicerna perut si kecil.
Mengandung Probiotik Lactobacillus rhamnosus GG bantu mendukung kesehatan pencernaan dan Bebas laktosaMCT Oil
Mengandung DHA 17mg/100kkal & ARA 34mg/100kkalMengandung DHA, ARA, ALA, LA dan Kolin
Mengandung Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, K untuk optimalkan perkembangan si kecilMengandung 12 Vitamin dan Mineral

Ciri-ciri anak alergi susu formula

Berikut ciri-ciri yang sering timbul pada anak yang alergi susu formula, Jika anak moms mengalami hal di bawah ini diharapkan segera berkonsultasi ke dokter anak ya moms.

1. Saluran cerna

  • Bayi
    Sering mengalami muntah/gumoh, kembung,”cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden atau mulet”, sering rewel,gelisah atau kolik terutama malam hari) dan sering minta minum. Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari. Kotoran berbau tajam, warna hijau atau berak darah. Lidah/mulut sering timbul putih, Karena sering ngeden beresiko terjadi hernia umbilikalis (pusar), scrotalis dan inguinalis.
  • Anak lebih besar
    Mulut berbau, sulit buang air besar, BAB tidak tiap hari, kotoran bulat-bulat, berbau tajam, warna hijau tua atau hitam, nyeri perut.

2. Kulit sensitif
Sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut. Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Kotoran telinga berlebihan. Kulit kepala berkerak. Pembesaran kelenjar di belakang kepala atau leher. Sering berkeringat (berlebihan), kepala, telapak tangan atau telapak kaki sering teraba sumer/hangat.

3. Saluran napas 

  • Pada bayi
    Napas grok-grok, kadang disertai batuk ringan, terutama malam dan pagi hari. Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, Bila tidur kepala sering miring ke salah satu sisi karena hidung buntu sebelah. Minum ASI sering tersedak atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara. Mata sering berair atau sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi.
  • Anak lebih besar 
    Sering batuk, batuk lama (>2 minggu), pilek, (terutama malam dan pagi hari siang hari hilang) sinusitis, bersin, sesak, astma dan suara serak.

Pilih Mana: Nutramigen atau Pregestimil?

NutramigenPregestimil
Kelebihan- Dapat memenuhi kebutuhan gizi  - Sangat kecil kemungkinannya memicu reaksi alergi - Dapat menjaga tumbuh kembang anak - Dapat bermanfaat dari susu yang bebas alergi - Dapat meningkatkan perkembangan otak dan mata - Memberikan asupan nutrisi
Kekurangan- Mengonsumsi harus dalam pengawasan dokter  - Variannya hanya satu - Harga cukup mahal - Mengonsumsinya pada usia anak tertentu - Hanya tersedia di toko tertentu - Harga mahal

Kesimpulan

Pada artikel di atas sudah kita bahas lebih lanjut mengenai susu Nutramigen atau Pregestimil, Keduanya merupakan susu khusus untuk anak yang memiliki alergi pada susu formula sapi. Kedua susu tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya, untuk memilih susu khusu anak alergi susu ini kalian butuh berkonsultasi langsung ke dokter anak ya moms!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nutramigen vs Pregestimil

VS

 

Leave a Reply