KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Obat Diapet atau Diatabs?

Setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya diare. Diare ini merupakan penyakit perut yang membuat penderitanya akan menjadi sering membuang air besar dengan kondisi tinja tidak normal atau cair.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh virus yang masuk ke tubuh melalui makanan. Selain dari faktor makanan diare juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain seperti diet cairan, intoleran terhadap suatu makanan, cemas, stress maupun penggunaan dari obat pencahar. Baca Juga: 8 Merk Obat Diare Terbaik 2022

Biasanya diare akan hilang dengan sendirinya, akan tetapi jika diare terus berlanjut selama beberapa hari maka akan menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Oleh karena itu ketika mengalami diare ada baiknya jika langsung ditangani dengan obat khusus diare.

Beberapa obat diare banyak dijual bebas di apotek, obat diare yang paling sering dicari adalah Diapet dan Diatabs. Kedua obat ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, maka dari itu sebaiknya kita mengulas kedua obat ini agar tidak menimbulkan efek berbahaya pada tubuh.

Obat Diare Diapet

Obat diare Diapet ialah produk herbal yang berguna untuk memulihkan diare, meredakan frekuensi buang air besar, memadatkan tinja yang cair, serta mengurangi rasa mulas akibat diare. Diapet ini memiliki tiga tipe produk Diapet yang dijual secara bebas di pasaran, yaitu Diapet, Diapet Anak, serta Diapet NR.Diapet mengandung bahan-bahan alami seperti jambu biji, kunyit, buah mojokeling dan kulit buah delima. Kombinasi dari keempat bahan ini dipercaya bisamengatasi diare. Untuk obat ini sendiri memiliki bentuk kapsul dan sirop.

Kelebihan Obat Diare Diapet

1.   Bisa dikonsumsi untuk anak-anak

Obat diare Diapet ini memiliki kelebihan yang menonjol yaitu obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Diapet memang menciptakan obat diare yang diformulsikan untuk ank-anak dengan tippe obat berbentuk sirop, hal ini membuat anak-anak akan mudah dalam mengkonsumsi oat diapert ini

2.   Memiliki bahan aktif alami

Seperti yang diketahui bahwa obat ini memiliki komposisi obat yang didominasi oleh bahan-bahan alami seperti jambu biji, kunyit, buah mojokeling dan kulit buah delima.sehingga dengan mengkonsumsi obat ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berat.

3.    Memiliki berbagai jenis produk

Kelebihan selanjutnya dari obat Diapet ini adalah memiliki produk yang berbeda, yaitu Diapet yang dapat digunakan sebagai obat diare untuk umum, obat Diapet anak yang memiliki bentuk sirop dan diformulasikan untuk anak usia 5 tahun ke atas dan Diapet NR yang dapat menyerap racun akibat infeksi bakteri atau keracunan makanan

Kekurangan Obat Diare Diapet

1.   Obat susah ditelan

Dikarenakan kandungan alami yang ada di obat ini menjadikan Diapet memiliki ukuran kapsul yang besar, dengan kapsul yang besar ini sedikit membuat penderita susah untuk menelan Diapet.

2.   Menimbulkan efek alergi

Untuk pengguna yang memiliki alergi obat sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum menggunakan obat diare ini dikarenakan oabt Diapet dapat menimbulkan syok anafilaktik untuk yang memiliki alergi obat.

Alergi obat yang timbul antara lain muncul ruam gatal, bengkak pada bibir atau kelopak mata dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

3.   Tidak dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui

Walaupun belum diketahui apakah Diapet dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa jangan mengkonsumsi obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Lihat juga:  Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Putih?

Obat Diare Diatabs

New Diatabs ialah obat yang bisa digunakan untuk menangani diare. New Diatabs dijual dengan cara bebas serta tersedia dalam bentuk pil 600 miligram.New Diatabs berisi attapulgite yang bekerja dengan metode mengikat racun serta kuman dan mengurangi hilangnya cairan dari badan pada diare. Dengan seperti itu tinja dapat jadi lebih padat serta kram perut dan frekuensi buang air besar pula akan menurun.

Kelebihan Obat Diare Diatabs

1.   Boleh dikonsumsi ibu hamil dan menyusui

Obat Diatabs ini mengandung bahan aktif berupa attapulgite. Bahan dari attapulgite ini tidak terserap dalam tubuh, sehingga kemungkinan obat ini menyebabkan efek samping terhadap janin kecil. Oleh karena itu, ibu menyusui dan hamil boleh mengkonsumsi obat ini jika mengalami diare.

2.   Mudah ditelan

Obat diare ini memiliki bentuk tablet dengan berat 600mg sehingga tablet yang dihasilkan tergolong kecil. Hal ini memudahkan untuk penderita mengkonsumsi obat diar Diatabs, selain itu dengan bentuk yang tergolong kecil maka anak-anak umur 6 tahun ke atas juga dapat menelan obat ini secara mudah.

3.   Harga yang terjangkau

Untuk obat diare ini dapat dibeli dengan harga yang relatif murah sehingga pas untuk di kantong, selain murah obat ini bahkan mudah untuk dijumpai di tiap apotek maupun pasar swalayan.

Kekurangan Obat Diare Diatabs

1.   Tidak memiliki jenis sirop

Walaupun obat ini diformulasikan juga untuk anak-anak umur 6 tahun ke atas tapi dengan tidak dibuatnya obat dalam bentuk sirop membuat anak-anak akan susah untuk mengkonsumsi obat ini. Dikarenakan anak kecil lebih menyukai obat berbentuk sirop.

2.   Memberikan interaksi terhadap obat lain

Ketika mengkonsumsi obat diare ini akan memberikan interaksi terhadap obat-obatan lain seperti terjadinya peningkatan risiko sembelit jika digunakan bersama loperamide, membuat pandangan buram dan kantuk jika digunakan bersama obat antidepresan. Dan berbagai interaksi obat-obatan lainnya.

3.   Menimbulkan gejala alergi

Untuk yang memiliki alergi terhadap kandungan di dalam Diatabs sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu karena jika salah penggunaan akan menimbulkan ruam gatal, bengkak pada bibir dan kelopak mata dan kesulitan bernapas.

Pilih Mana: Obat Diapet atau Diatabs?

Keterangan Obat Diare DiapetObat Diare Diatabs
Kelebihan - Bisa dikonsumsi untuk anak-anak - Memiliki bahan aktif alami - Memiliki berbagai jenis produk- Boleh dikonsumsi ibu hamil dan menyusui - Mudah ditelan - Harga yang terjangkau
Kekurangan - Obat susah ditelan - Menimbulkan efek alergi - Tidak dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui- Tidak memiliki jenis sirop - Memberikan interaksi terhadap obat lain - Menimbulkan gejala alergi
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari kedua pembahasan obat diare antara Diapet dan Diatabs terlihat bahwa kedua obat merupakan obat yang mampu meredakan diare dan meredakan gejala sakit perut. Untuk kekurangan dari kedua obat ini tidak menunjukan kekurangan yang signifikan, untuk itu konsumsi lah obat diare secara tepat dan benar sehingga tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pilih Mana: Obat Diapet atau Diatabs?

VS