Kesehatan

Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Colgate?

Obat kumur umumnya merupakan cairan antiseptik dan menjadi salah satu pembersih mulut, Tetapi, tidak bisa menggantikan rutinitas higienitas mulut seperti menyikat gigi. Fungsi Obat kumur lebih kepada penyegar nafas. Namun sekarang beberapa obat kumur juga dapat melindungi gigi dari terkena bakteri plak dan mencegah gigi berlubang lho! Contohnya Obat Kumur Listerine dan Colgate.

Obat Kumur Listerine dan Colgate bukan hanya sekedar obat kumur yang dapat membuat nafas menjadi segar saja, Namun kedua obat kumur tersebut dapat menjaga kesehatan pada rongga mulut. Dalam artikel kali ini akan kita bandingkan kedua obat kumur Listerine dan Colgate tersebut dan melihat obat kumur mana yang lebih baik dari segi kandungannya dan berdasarkan kelebihan, kekurangan yang ada. Yuk mari disimak!

Obat Kumur Listerine

Listerine merupakan obat kumur antiseptik yang digunakan untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Obat kumur ini mengandung berbagai zat aktif seperti eucalyptol, menthol, methyl salicylate dan thymol sehingga dapat membantu mencegah dan mengurangi plak dan radang gusi (gingivitis). Baca juga Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Pepsodent?

Beberapa kandungan yang terdapat pada Listerine:

  • Eucalyptol 0,92mg dalam 1mL Kandungan ini berfungsi sebagai anti peradangan yang bisa mengurangi rasa sakit pada gusi.
  • Menthol 0,42mg dalam 1mL Kandungan ini berfungsi anestetik dan mengatasi iritasi ringan pada mulut
  • Methyl salicylate 0,6mg dalam 1 mL Kandungan ini berfungsi sebagai analgesik dan antiseptik
  • Thymol 0,64mg dalam 1mL Kandungan ini berfungsi sebagai antiseptik, antibakteri dan antifungi

Obak kumur Listerine dapat mencegah bakteri yang tersisa di gigi yang akan menimbulkan karang gigi dan penyakit lain. kandungan Clean Mint-nya yang diberikan membuat aroma mulut menjadi segar. Berikut beberapa varian dari obat kumur Listerine pada tabel dibawah ini:

Varian Obat Kumur Listerine Keterangan
Listerine Cool MintMemilki kandungan 4 essential oil, kamu akan dapatkan kesegaran selama 12 jam.
Listerine Original Antiseptic Listerine original bisa melawan kuman penyebab bau mulut, plak, dan masalah gusi.
Listerine FreshburstListerine Freshburst ini juga mengandung Anti-septik, Anti-bakteri, Anti-jamur, Anti-iritasi.
Listerine Fresh CitrusTerdapat kandungan dan kesegaran rasa buah citrus, kamu bisa menghilangkan kuman penyebab bau mulut, plak, dan gusi berdarah.

Kelebihan Obat Kumur Listerine

  • Mengatasi resesi gusi
    Resesi gusi merupakan sebuah indikasi terjadinya infeksi yang merusak jaringan pada gusi. Selain memeriksakan ke dokter dan membersihkan mulut secara rutin, Kalian juga bisa berkumur dengan listerine selama 30 detik lalu dibuang. Setelah itu, hindari merokok, makan atau minum apapun setidaknya selama 30 menit supaya listerine bisa bekerja dengan maksimal mengatasi resesi gusi yang kalian alami.
  • Mencegah bau mulut
    Kelebihan lainnya yang ada pada obat kumur Listerine yaitu memiliki banyak kandungan yang membunuh berbagai bakteri pada mulut, bakteri pada mulut menumpuk dapat menyebabkan bau mulut, Oleh karena itu dengan menggunakan Listerine dapat membunuh bakteri yang mengakibatkan bau mulut tak sedap.
  • Membuat nafas lebih segar
    Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting untuk menunjang kesuksesan kerja. Terutama, kamu yang pekerjaanya seringbertemu langsung dengan client,  Sebab itu, penting bagi kamu untuk membuat napas lebih segar dengan berkumur menggunakan obat kumur Listerine setelah menggosok gigi dapat membuat nafas menjadi lebih segar dan kalian lebih percaya diri.

Kekurangan Obat Kumur Listerine

  •  Membuat mulut menjadi kering
    Jaringan pada rongga mulut sangat halus dan lembab. Penggunaan obat kumur Listerine yang mengandung alkohol memberikan rasa kesat di dalam mulut yang sebenarnya membuat jaringan tisu menjadi kering. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan jenis obat kumur yang baik sesuai kondisi kalian.
  • Tidak dapat digunakan jika sedang mengalami sariawan
    Jika kalian sedang memilki sariawan ada baiknya tidak menggunakan obat kumur Listerine ini, Sariawan akan semakin sakit karena kandungan alkohol yang ada pada obat kumur.
  • Menimbulkan sensasi pedas
    Setelah menggunakan obat kumur Listerine akan merasakan efek yang sedikit pedas dimulut yang membuat beberapa orang tidak nyaman.

Colgate

Obat kumur Colgate merupakan obat kumur bebas alkohol yang dapat membunuh 99.9% bakteri dan dapat membantu menyegarkan nafas 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan disarankan menggunakan 2 kali sehari sehabis menggosok gigi.

Obat kumur Colgate ini dapat membuat gusi lebih sehat, membantu mencegah gigi berlubang, membuat nafas segar lebih lama. Perlindungan 12 jam dari plak dan bakteri. Obat kumur Colgate ini tidak memberikan rasa perih.

Produk-produk obat kumur dapat mengandung bahan-bahan berikut:

1. Antimikrobial
Antimikrobial dapat mengurangi plak, gingivitis, serta peradangan gusi pada tahap awal, serta membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.
2. Zat pembasmi bau mulut
Zat ini berfungsi untuk menonaktifkan senyawa penyebab bau mulut sehingga membuat nafas menjadi lebih segar.
3. Astringent salt
Bahan Astringent salt ini dapat berfungsi sebagai penyamar bau mulut sehingga cocok bagi kalian yang ingin menghilangkan bau pada mulut.
4. Flouride
Kandungan Flouride tersebut dapat membantu mencegah karang gigi dan gigi berlubang.
5. Peroksida
Kandungan peroksida ini dapat membantu mencegah kemunculan noda pada permukaan gigi. Sehingga gigi terlihat lebih bersih.
6. Antiseptik
Terdapat kandungan antiseptik seperti klorheksidin glukonat atau hexetidine yang dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab plak yang bisa menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, dan bau mulut. Berikut beberapa varian dari obat kumur Colgate pada tabel dibawah ini:

Varian Obat Kumur Colgate Keterangan
Colgate Mouthwash Plax Fresh Tea Dapat memberi perlindungan hingga dua belas jam. Formulanya juga dapat menjaga kesehatan gusi.
Colgate Plax Freshmint Splash Dapat membunuh 99.9% bakteri dan dapat membantu menyegarkan nafas
Colgate Plax Mouthwash Peppermint Obat kumur ini juga mampu mengurangi pembentukan karang gigi sehingga gigi putih agar selalu terjaga.

Kelebihan Colgate

  • Mencegah gigi berlubang
    Produk obat kumur Colgate yang mengandung flouride akan memberikan perlindungan lebih untuk mencegah lubang gigi dengan memperkuat lapisan enamel pada gigi.
  • Membersihkan noda-noda pada gigi
    Kelebihan lainnya pada obat kumur Colgate ini yaitu dapat membersihkan noda pada gigi sehingga membuat gigi tetap putih bersih. Gigi yang bersih dapat meningkatkan kesehatan pada rongga mulut dan tingkat percaya diri ketika berbicara dengan orang lain.
  • Menjaga gusi tetap sehat
    Kelebihan terakhir yang ada pada obat kumur Colgate yaitu dapat menjaga gusi tetap sehat karena dapat membunuh 99.9% bakteri yang menempel pada gusi sehingga nafas dapat menjadi segar.

Kekurangan Colgate

  • Dapat membuat mulut iritasi
    Obat kumur Colgate yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada rongga mulut karena mengandung antibakterial yang kuat. Karenanya bagi kalian yang mempunyai rongga mulut yang sensditif tidak dianjurkan menggunakan obat kumur.
  • Tidak di anjurkan untuk digunakan oleh anak-anak
    Ada efek buruk yang mungkin terjadi jika kita tak sengaja menelan obat kumur. Itulah mengapa anak-anak di bawah umur dianjurkan tidak menggunakannya dan untuk yang mempunyai gigi sensitif dianjurkan konsultasi kepada dokter gigi terlebih dahulu.
  • Dapat membuat mulut kering
    Penggunaan obat kumur Colgate dapat membuat mulut menjadi sangat kering sehingga memicu sensitivitas gigi terhadap lubang dan bau mulut. Oleh karenanya, gunakan obat kumur disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan Obat kumur untuk hasil maksimal

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, baca kandungan yang tertera dalam kemasan dan ikuti petunjuk penggunaan sebagai berikut.

  • Pastikan terlebih dahulu  obat kumur tersebut sudah terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Umumnya obat kumur digunakan sekali sehari sebelum tidur atau setelah menggosok gigi, atau sesuai petunjuk dokter. Untuk menghasilkan efek terbaik, sebaiknya gunakan di waktu yang sama.
  • Kebanyakan obat kumur biasanya terdapat gelas takar seukuran kurang lebih 10 mm atau setara 2 sendok teh penuh yang dapat digunakan sekali pakai. Sebaiknya hindari menggunakan lebih dari takaran ini kecuali direkomendasikan dokter.
  • Gunakan untuk berkumur selama kurang lebih satu menit. Kemudian keluarkan dari mulut. Kecuali direkomendasikan dokter, hindari sekali-sekali menelan obat ini. Oleh karenanya, selalu dampingi saat anak-anak ketika mereka menggunakan obat kumur yang telah di setujui oleh dokter.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ataupun berkumur dengan cairan lain setidaknya selama 30 menit setelah menggunakan obat kumur.
  • Gunakanlah obat kumur setelah gosok gigi dan sebelum menggunakan obat kumur karena kandungan tertentu pada pasta gigi dapat menghambat kerja chlorhexidine dalam obat kumur.

Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Colgate?

Obat Kumur Listerine Colgate
Kelebihan- Mengatasi resesi gusi - Mencegah bau mulut  - Membuat nafas lebih segar - Mencegah gigi berlubang - Membersihkan noda-noda pada gigi - Menjaga gusi tetap sehat
Kekurangan- Membuat mulut menjadi kering - Tidak dapat digunakan jika sedang mengalami sariawan - Menimbulkan sensasi pedas- Dapat membuat mulut iritasi - Tidak di anjurkan untuk digunakan oleh anak-anak - Dapat membuat mulut kering

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa obat kumur Listerine dan Colgate memberikan manfaat yang hampir sama yaitu dapat menjaga kesehatan rongga mulut terumatam gusi dan gigi, dan dapat memberikan kesegaran pada mulut. Namun, tentunya keduanya terdapat perbedaan karena pastinya bahan yang digunakan untuk produksi yang berbeda. Seperti pada Listerine yang mengandung alkohol yang memberikan pro-kontra nya, Tetapi alkohol yang terkandung juga sudah teruji aman asalkan digunakan sesuai dosis yang ada. Berbeda dengan Colgate yang menawarkan beberapa varian yang tidak mengandung alkohol. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Listerine vs Colgate

VS

Leave a Reply