HomeKecantikan

Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Pepsodent?

Menjaga kesehatan mulut dan gusi serta gigi sangat wajib untuk semua orang karena dengan mulut dan gusi yang bersih jug gigi yang bersih membuat kamu lebih percaya diri untuk kamu melakukan aktivitas kamu seharian apalagi jika aktivitas tersebut melibatkan banyak teman di sekeliling kamu.

Cara kamu untuk menjaga kesehatan mulut gusi dan gigi kamu salah satunya kamu perlu menggunakan obat kumur setelah kamu menggosok gigi. Banyaknya merek atau brand dari obat kumur yang bisa kamu dapatkan seperti Listerine dan Pepsodent.

Listerine dan Pepsodent memiliki produk obat kumur yang memiliki kualitas tinggi dengan banyak manfaat yang bisa kamu rasakan seperti nafas lebih segar dan dapat membasmi bau mulut yang tidak sedap. Tetapi manakah yang lebih baik dari keduanya? Pembahasan kali ini bisa membantu kamu untuk memilih obat kumur mana yang menjadi pilihan kamu.

Listerin

Listerine merupakan produk yang dipasarkan oleh PT Johnson & Johnson Indonesia (J&J). Marketing komunikasi dan kepercayaan konsumen yang kuat membuat Listerine menjadi produk unggulan. Baca juga Pilih Mana: Listerine Obat Kumur atau Betadine Obat Kumur ?

Listerine adalah brand yang terkenal dan ternama dengan obat kumur yang sangat ampuh mengatasi bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar hingga saat ini banyak menjadi pilihan untuk banyak orang.

Rekomendasi Obat Kumur Listerine

  • Listerine Cool Mint
    Listerine Cool Mint merupakan produk dasar dari varian mouthwash Listerine yang pas banget untuk kamu yang baru saja mau menggunakan mouthwash. Dengan kandungan 4 essential oil, kamu akan dapatkan kesegaran selama 12 jam. Gunakan dengan cara berkumur setelah menyikat gigi.
  • Listerine Original
    Listerine Original ini dapat bantu kamu menguras masalah gusi. Berkumur dengan Listerine Original bisa melawan kuman penyebab bau mulut, plak, dan masalah gusi. Listerine Original ini mengandung antiseptik, anti bakteri, anti jamur, dan anti iritasi.
  • Listerine Fresh Burst
    Dengan Listerine Fresh Burst ini, kamu bisa hilangkan plak dan bau mulut, sekaligus menambah kesegaran mulut. Listerine Fresh Burst ini juga mengandung antiseptik, anti bakteri, anti jamur, dan anti iritasi.
  • Listerine Fresh Citrus
    Menurut survey, 46% orang Indonesia merasa memiliki plak dan karang gigi, meskipun mereka telah menyikat gigi dua kali sehari. Kok bisa, ya? Hal ini karena menyikat gigi belum tentu bisa jangkau semua bagian mulut dengan maksimal.
Dengan kandungan dan kesegaran rasa buah citrus pada Listerine Fresh Citrus, kamu bisa menghilangkan kuman penyebab bau mulut, plak, dan gusi berdarah.
  • Listerine Zero
    Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan rasa mouthwash yang tajam tapi tetap ingin mencoba pakai mouthwash untuk kebersihan mulut yang maksimal, kamu bisa coba Listerine Zero. Hadir dengan rasa yang lebih ringan, kamu bisa dapatkan napas yang lebih segar dan mulut bersih maksimal.

Kelebihan Obat Kumur Listerine

  • Membasmi bau mulut
    Kelebihan yang utama dari Listerine ini seperti yang diketahui bahwa Listerine adalah obat kumur yang biasanya digunakan saat setelah penggunaan menggosok gigi. Pada Listerine ada aturan pakai, memiliki kelebihan dan membasmi bau mulut. Dalam mencegah bau mulut, kamu disarankan untuk secara rutin menjaga kebersihan rongga mulut, menjaga pola makan secara teratur, menghindari konsumsi makanan atau minuman dengan aroma menyengat, memperbanyak konsumsi air putih, dan menghindari minuman beralkohol.

  • Membuat nafas lebih segar dan menghilangkan plak
    Listerine juga memiliki manfaat yang membuat nafas lebih segar hal ini sangat dibutuhkan sekali apalagi untuk kamu yang beraktivitas seharian. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus menggunakan secara teratur setiap kamu selesai menggosok gigi. Kelebihan menghilangkan plak pada gigi juga menjadi andalan untuk Listerine ini.
  • Banyaknya varian produk
    Banyaknya varian produk dari Listerine ini juga menjadi kelebihan dari obat kumur Listerine karena kamu bisa memilih rasa dari obat kumur ini sesuai dengan selera dan keinginan juga kecocokan kamu.
Jika dibandingkan dengan pesaingnya obat kumur Pepsodent maka obat kumur Listerine jauh lebih unggul memiliki banyak varian produk obat kumur dan kisaran harga obat kumur Listerine sekitar Rp. 40.000-50.000 (per September 2019).

Kekurangan Obat Kumur Listerin

  • Terasa pedas
    Kekurangan pada Listerin ketika kamu yang suka atau memang sudah menggunakan Listerine pasti kamu sudah terbiasa dengan rasanya yang pedas. Tetapi jika kamu yang baru saja memulai ingin menggunakan Listerine jangan heran jika rasanya memang terasa pedas ketika kamu berkumur.
  • Dapat membuat mulut kering
    Listerine pasti terdapat kandungan alkohol sehingga hal ini dapat membuat mulut menjadi kering. Jika terdapat keluhan seperti mulut atau lidah kering, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan jenis obat kumur yang baik sesuai kondisi kamu.
  • Tidak dapat digunakan saat mulut sariawan
    Kekurangan lainnya obat kumur Listerine tidak menyarankan jika digunakan saat keadaan mulut sedang iritasi atau bahkan sariawan. Dan juga Listerin ini tidak bisa digunakan oleh anak kecil karena bahaya akan tertelan.

Pepsodent

Siapa yang tidak mengenal brand Pepsodent. Banyaknya produk yang dikeluarkan oleh Pepsodent dengan berbagai kualitas yang baik, salah satunya adalah obat kumur Pepsodent. Produk obat kumur dari Pepsodent sangat cocok untuk kamu yang ingin memberikan nafas segar setelah menggosok gigi dan adanya varian produk yang cocok untuk gigi sensitif juga dapat membuat bau mulut tidak sedap menjadi hilang seketika.

Obat kumur Pepsodent terkenal dengan kualitas yang baik tanpa adanya alkohol pada obat kumurnya.

Rekomendasi Obat Kumur Pepsodent

  • Pepsodent Sensitive Expert
    Pepsodent Sensitive Expert adalah obat kumur dari Pepsodent yang memiliki manfaat untuk melawan gigi sensitif. Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert, dengan formulasi tanpa alkohol, efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut. Produk yang kualitas halal dan tidak mengandung alkohol.
  • Pepsodent Pro Complete
    Pepsodent Pro Complete mengandung Active Zinc untuk membantu mengurangi pertumbuhan bakteri. Ada juga kandungan Fluoride membantu mencegah gigi berlubang dan mengembalikan mineral yang hilang pada gigi.

Produk halal dan Pepsodent mengklaim produk ini tidak mengandung alkohol dengan begitu menjadikan obat kumur optimal.
  • Pepsodent Herbal Natural
    Pepsodent Herbal Natural dengan formulasi tanpa alkohol, efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut. Dapat membuat nafas kamu lebih segar dan tidak adanya alkohol pada obat kumur Pepsodent ini.

Kelebihan Obat Kumur Pepsodent

  • Membuat nafas lebih segar
    Berbagai varian obat kumur dari Pepsodent ini memiliki banyak manfaat seperti dapat menyegarkan nafas dan dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap pada mulut. Kamu harus sering menggunakan ini dengan rutin setidaknya harus kamu gunakan setelah kamu menggosok gigi.
  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan yang satu ini sangat menjadi pilihan bagi setiap orang jika ingin membelinya. Yaitu memiliki harga yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan pesaingnya Listerine hal ini jauh lebih unggul obat kumur Listerine.
  • Tidak terdapat alkohol
    Kelebihan lainnya dari obat kumur Pepsodent ini yaitu obat kumur ini tidak terdapat kandungan alkohol, perihal ini sangat bagus sekali untuk kesehatan mulut kamu jika dibandingkan dengan Listerine.
Karena dengan adanya kandungan alkohol pada obat kumur yang terlalu sering kamu gunakan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan merusak keseimbangan alami dalam mulut, dan kisaran harga obat kumur Pepsodent Rp. 25.000-40.000 (per September 2019).

Kekurangan Obat Kumur Pepsodent

  • Varian yang sedikit
    Ketika kamu akan membeli obat kumur untuk kamu gunakan pasti kamu akan mencari pilihan yang baik dari yang baik, dan tentunya kamu akan selalu terus mencoba rasa-rasa yang ada pada produk obat kumur tersebut. Tetapi untuk Pepsodent kali ini menawarkan varian produk obat kumur yang sedikit jika dibandingkan dengan Listerine hal ini jauh lebih unggul obat kumur Listerine.
  • Adanya kandungan fluoride
    Kekurangan lainnya jika adanya kelebihan tidak adanya kandungan alkohol tetapi obat kumur Pepsodent ini terdapat kandungan fluoride, sedangkan fluoride ini sendiri sebenarnya tidak begitu baik untuk digunakan pada mulut seperti halnya pasta gigi yang mengandung fluoride mulut kamu akan terasa kering dan dapat terjadi hal-hal seperti iritasi bahkan sampai masalah yang serius.
  • Tidak terlalu menjadi pilihan
    Jika dibandingkan dengan obat kumur Listerine yang sudah sangat terkenal menduduki posisi pasar untuk produk obat kumur lain halnya dengan obat kumur Pepsodent yang tidak begitu menjadi andalan padahal obat kumur Pepsodent tidak memiliki kandungan alkohol sedangkan obat kumur Listerin terdapatnya kandungan alkohol. Sehingga obat kumur Listerin secara tingkat pemasarannya jauh lebih unggul dibandingkan dengan obat kumur Listerine.
KeteranganListerinePepsodent
Nama PerusahaanPT Johnson & Johnson Indonesia (J&J)PT Unilever Indonesia Tbk
Tahun BerdiriTahun 1886Tahun 1933
Produk Obat KumurListerine Cool Mint, Listerine Original, Listerine Fresh Burst, Listerine Fresh Citrus, Listerine Zero Pepsodent Sensitive Expert, Pepsodent Pro Complete, Pepsodent Herbal Natural

Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Pepsodent?

ListerinePepsodent
Kelebihan - Membasmi bau mulut - Membuat nafas lebih segar dan menghilangkan plak - Banyaknya varian produk - Membuat nafas lebih segar - Harga yang terjangkau - Tidak terdapat alkohol
Kekurangan - Terasa pedas - Dapat membuat mulut kering - Tidak dapat digunakan saat mulut sariawan - Varian yang sedikit - Adanya kandungan fluoride - Tidak terlalu menjadi pilihan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai obat kumur Listerine dan Pepsodent keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memilih obat kumur pastikan kamu memilih yang sudah bagus kualitasnya yang sudah terjamin BPOM. tetapi jika kamu ingin memilih banyak varian obat kumur Listerine bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu, tetapi jika kamu memilih obat kumur non alkohol maka Pepsodent menjadi pilihan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Obat Kumur Listerine vs Obat Kumur Pepsodent

VS

Leave a Reply