ElektronikHome

Pilih Mana: Oil Diffuser vs Air Purifier

Menjaga kesehatan dimulai dari kualitas udara pada ruangan di rumah Anda, setuju? Ya, memiliki udara ruangan yang bersih di setiap sudah rumah Anda akan membuat Anda menjadi lebih nyaman saat berada di dalam rumah. Solusi untuk menjaga kualitas udara tetap bersih yaitu bisa penggunaan Oil Diffuser atau Air Purifier.

Oil Diffuser dan Air Purifier pasti tidak asing lagi didengar oleh Anda ya. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan segar. Namun, apa kelebihan dan kekurangannya juga perbedaan keduanya?

Anda bisa mendapatkan jawabannya setelah membaca penjelasan kami di bawah ini.

Oil Diffuser vs Air Purifier

Oil Diffuser

Oil Diffuser merupakan alat yang digunakan untuk menyebarkan essential oil ke udara sekitar. Dengan cara ini setiap orang bisa langsung mendapatkan manfaat dari aromanya sebagai bagian dari terapi alternatif yang disebut aromaterapi. Baca juga Merk Air Purifier Terbaik

Mengapa essential oil ataupun minyak aromaterapi ini harus disebarkan dan penting di dalam ruangan? Karena bagi suatu riset mengenai essential oil, kalau menyebarkan aroma melalui Oil Diffuser akan mengaktifkan reseptor bau di hidung.

Untuk kemudian mengirim pesan ke otak yang dapat mempengaruhi emosi dan sistem saraf manusia. Hal inilah yang membuat Oil Diffuser dan essential oil jadi terkenal sebagai ‘alat penenang’ yang digunakan pada hunian-hunian.

Terlebih untuk ruangan- ruangan bersifat pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi, rasanya butuh banget si Oil Diffuser ini. Tidak hanya dapat membuat pikiran rileks, wewangian yang wangi bisa mengusir bau apek.

Kelebihan Oil Diffuser

  • Membantu melawan sulit tidur
    Hidung merupakan salah satu indera tubuh yang mampu menyalurkan respon secara cepat ke otak. Jika mencium bau tertentu, otomatis otak juga merespon. Hal ini mempengaruhi besar jika menggunakan diffuser. Dengan meneteskan minyak esensial yang sesuai dengan keperluan ke diffuser, hingga dapat membantu Anda dalam banyak hal, termasuk melawan susah tidur.
  • Mengendalikan nafsu makan
    Beberapa Oil Diffuser berinteraksi dengan sistem limbik sisi emosional otak kita) dan menekan nafsu makan, hal ini sanggup membantu menurunkan berat tubuh kita. Essential oil yang digunakan untuk menurunkan berat tubuh seperti grapefruit dan lavender.
  • Mengusir serangga
    Tidak ingin menggunakan obat pengusir serangga untuk membersihkan kamar dari nyamuk dan serangga lainnya? Gunakan diffuser. Beberapa minyak esensial yang dapat dimasukkan ke diffuser saat ingin mengusir serangga merupakan clove, lemongrass, rosemary. Tidak perlu pusing mengusir nyamuk dengan raket atau sapu lidi, cukup nyalakan diffuser serta mereka akan kabur atau mati dengan sendirinya.

Kekurangan Oil Diffuser

  • Dapat menyebabkan gangguan pernafasan
    Kekurangan yang pertama dari Oil Diffuser dapat mengganggu pernafasan. Hal ini biasanya terjadi karena tidak sesuainya penggunaan Oil Diffuser yang ditambah dengan wewangian aromaterapi. Sehingga akan menyebabkan gangguan pernafasan hingga asma yang timbul.
  • Harga yang cukup mahal
    Sebelum Anda membeli Oil Diffuser ini sebaiknya mencari terlebih dahulu. Karena harga yang dijual juga cukup tinggi, banyak sekali di online shop bahkan offline shop menjual Oil Diffuser ini dengan harga yang kompetitif. Pastikan pembelian yang benar-benar terjamin ya.

Oil Diffuser vs Air Purifier

  • Dapat menyebabkan kulit menjadi gatal
    Jika Anda orang yang cenderung mudah iritasi terhadap sesuatu apalagi uap. Maka untuk menggunakan Oil Diffuser ini sebaiknya hati-hati penggunaan Oil Diffuser ini. Karena kekurangan Oil Diffuser ini juga dapat menyebabkan kulit menjadi gatal.

Air Purifier

Air purifier merupakan alat penjernih udara. Air purifier ini juga sangat bagus karena bekerja dengan cara menghisap udara yang ada di sekitar lalu menyalurkan kembali udara tersebut melalui filter yang berfungsi untuk menangkap virus dan bakteri di udara.

Sehingga udara yang dikeluarkan dari Air purifier akan menjadi lebih bersih dan juga sehat. Misalnya bagi Anda yang punya anggota keluarga yang perokok, Air purifier ini bisa meminimalisir bau serta asap rokok di ruangan.

Air Purifier juga dapat menghilangkan virus dan bakteri di udara, menghilangkan bau tidak sedap, dan mengurangi pertumbuhan jamur pada ruangan. Cara kerja Air purifier juga cukup sederhana.

Begitu dinyalakan, udara di dalam ruangan akan tersedot dengan bantuan kipas dan ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang Air Purifier. Kemudian udara tersebut disaring melalui filter dan akan disalurkan kembali lewat penyalur yang berada di depan. Anda bisa membeli Air Purifier di Ace Hardware.

Kelebihan Air Purifier

  • Membersihkan bakteri dan virus
    Air Purifier terbaik yang sudah dilengkapi dengan teknologi penyaring atau filter anti virus dan bakteri mampu untuk menyaring dan menangkal bakteri dan virus pembawa penyakit. Dengan begitu, Anda bisa menikmati udara yang bersih dan lebih segar karena bakteri dan virus pembawa penyakit bisa dikurangi jumlahnya. Sehingga Anda dan keluarga bisa terjaga kesehatannya.
  • Menghilangkan bau tidak sedap
    Buat Anda yang sensitif dengan bau, sangat disarankan untuk menggunakan Air Purifier. Kemampuan produk satu ini dalam menghilangkan bau tidak sedap. Jadi, bagi Anda yang ingin terbebas dari berbagai macam bau yang tidak Anda sukai, bisa memanfaatkan air purifier. Jika anggota keluarga Anda ada yang merokok, air purifier juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu meminimalkan bau serta asap rokok yang ada dalam ruangan.
  • Mengatasi jamur yang berlebihan
    Jamur merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit menular dan juga berbahaya. Penggunaan Air Purifier dapat membantu untuk menghilangkan adanya jamur yang bertebaran di udara di dalam ruangan Anda. Sehingga udara yang ada di dalam ruangan bisa menjadi lebih bersih dan sehat.

Kekurangan Air Purifier

  • Harga yang cukup mahal
    Sama halnya dengan Oil Diffuser dimana Air Purifier ini juga memiliki kekurangan dengan harganya yang cukup mahal. Dan banyak sekali berbagai merk atau brand yang menjual Air Purifier ini di pasaran.

Oil Diffuser vs Air Purifier

  • Tidak cocok di ruangan bayi
    Nah, bagi Anda yang memiliki anak bayi pastikan tidak menggunakan Air Purifier ini pada ruangan anak tersebut ya. Mengapa demikian? Tentu saja ini akan membuat gangguan kelembaban udara pada ruangan, jika terlalu lembab paru-paru anak bayi sangat rentan akan berbahaya terhadap udara terlalu lembab.
  • Bobot cukup berat
    Karena pada umumnya Air Purifier memiliki bentuk yang cukup besar, sehingga membutuhkan tempat yang cukup besar. Dan juga dengan bentuk besar tersebut dipastikan bobot atau berat dari Air Purifier ini cukup berat. Beda dengan Oil Diffuser yang memiliki bentuk tidak besar.

Oil Diffuser vs Air Purifier

Jika sudah membaca penjelasan di atas sudah pasti Anda akan mengetahui perbedaan dari keduanya yaitu Oil Diffuser dan Air Purifier. Dimana keduanya ini sama-sama memiliki fungsi untuk membuat udara menjadi tetap segar dan nyaman.

Namun juga ada perbedaan dari keduanya yang perlu Anda ketahui. Yaitu perbedaan pada fungsi utama Oil Diffuser dan Air Purifier.

Dimana Oil Diffuser ini adalah alat untuk menyebarkan essential oil ke ruangan sekitar, membersihkan udara, menyemprotkan wewangian dan membuat pernapasan lebih segar. Dan pada umumnya Oil Diffuser ini alat untuk penenang pada ruangan yang bisa membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Dan fungsi tersebut sangat cukup berbeda dengan fungsi utama dari Air Purifier.

Sedangkan Air Purifier ini memiliki alat penjernih udara, dimana Air Purifier ini dapat membuat ruangan menjadi bersih dan membuat ruangan menjadi bebas akan debu. Selain itu juga dapat membuat ruangan menjadi lebih lembab dan mengatasi jamur pada ruangan. Tidur Anda akan lebih nyaman.

Dari penjelasan diatas sudah tahu ya perbedaan masing-masing Oil Diffuser dan Air Purifier.

KeteranganOil Diffuser Air Purifier
Fungsi UtamaMembersihkan udara, menyemprotkan wewangian dan membuat pernapasan rileksMemurnikan dan membersihkan udara agar aman dari bakteri atau virus
Letak PenggunaanDi kamar tidur berukuran kecil Di lingkungan dengan kualitas udara buruk
Kecepatan MenguapMembutuhkan cairan, penguapan terjadi lebih singkatTidak membutuhkan cairan apa pun, mampu membersihkan udara 30-120 menit
Kebutuhan Akan AirButuh sedikit air sekitar 300-500 mililiterTidak membutuhkan air
Cara KerjaMenyebarkan essential oil ke udara dalam bentuk tetesan dan kabut halusMenyerap udara dan mengeluarkan kembali dalam keadaan bersih

Pilih Mana: Oil Diffuser vs Air Purifier

Oil Diffuser Air Purifier
Kelebihan- Membantu melawan sulit tidur - Mengendalikan nafsu makan - Mengusir serangga - Membersihkan bakteri dan virus - Menghilangkan bau tidak sedap - Mengatasi jamur yang berlebihan
Kekurangan- Dapat menyebabkan gangguan pernafasan - Harga yang cukup mahal - Dapat menyebabkan kulit menjadi gatal - Harga yang cukup mahal - Tidak cocok di ruangan bayi - Bobot cukup berat

Kesimpulan

Oil Diffuser dan Air Purifier memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga memiliki kegunaan yang cukup berbeda. Jika Anda yang memang butuh untuk membersihkan ruangan lebih bersih maka Air Purifier bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika ingin kualitas tidur menjadi lebih baik dan ruangan lebih wangi dan segar Oil Diffuser pilihan yang bagus. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oil Diffuser vs Air Purifier

VS

Leave a Reply