Hiburan

Pilih Mana: One Piece atau Naruto?

Para pencinta manga dan seri anime pasti tidak akan asing lagi jika mendengar nama One Piece dan Naruto. Kedua anime itu memiliki daya Tarik masing-masing walaupun sama-sama populer, untuk One Piece sendiri bercerita tentang petualangan bajak laut sedangkan Naruto memiliki latar belakang cerita tentang ninja.

Untuk seri anime One Piece inipun masih berlanjut dari tahun pertama kali terbit sampai sekarang yang telah memasuki episode ke 1039, sedangkan seri anime Naruto sudah tamat di episodenya yang ke 500 dan digantikan dengan serial Naruto lainnya yaitu Boruto: Naruto Next Generation. Baca Juga: Pilih Mana: Netflix atau Viu?

Bagi yang baru akan menonton kedua seri anime ini pastinya akan kebingungan untuk memilih seri anime mana yang harus ditonton antara kedua seri ini. Untuk itu mari kita bahas seri anime mana yang harus ditonton terlebih dahulu, One Piece dengan alur bajak laut atau Naruto dengan alur dunia ninja?

Anime One Piece

One Piece adalah seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation yang ditayangkan secara perdana pada tahun 1999. Seri anime ini dibuat berdasarkan manga One Piece karya Eiichiro oda. Bercerita tentang kisah Luffy seorang bocah bertubuh elastis akibat memakan buah. Luffy sendiri adalah seorang pelaut yang memiliki tim bernama Bajak Laut Topi Jerami.Luffy menjelajah Grand Line demi mencari harta karun legendaris “One Piece” yang akan menjadikan dia sebagai raja bajak laut berikutnya.

One piece juga memiliki prestasi yang memiliki total penjualan manga tertinggi di Jepang dan diakui sebagai terbitan Weekly Shonen Jump yang paling laris sepanjang masa. Hal inilah yang membuat reputasi One Piece melejit naik.

Kelebihan seri Anime One Piece

1.    Merupakan anime yang populer

Anime one piece merupakan anime yang sangat populer dan laris dalam penjualan, hal ini telah membuktikan bahwa anime ini memiliki daya Tarik yang besar sehingga dapat menarik pecinta anime untuk menontonnya.

Tidak hanya itu, anime yang sudah tayang sejak lama ini bukan hanya dicintai oleh penyuka anime tapi untuk orang yang tidak menyukai animepun ikut menonton seri ini. Saat ini untuk manganya sudah masuk ke chapter 1.066 sedangkan serinya sudah masuk ke episode 1039.

2.   Membahas isu-isu yang terjadi di dunia nyata

Alur cerita yang disajikan di seri anime one piece ini bukan hanya alur karangan saja, tetapi penulis juga menyajikan isu-isu yang terjadi di dunia nyata seperti korupsi, diskriminasi, perbudakan dan genosida.

Untuk itu jika menyukai pembahasan atau alur cerita yang berat one piece cocok untuk menjadi tontonan sehari-hari.

3.   Perkembangan karakter yang konsisten

One piece memiliki banyak karakter di dalam animenya, untuk setiap karakter mempunyai masalah dan kekuatan masing-masing. Pada seri one piece ini setiap karakter akan dibangun sedemikian rupa agar dapat membantu jalan cerita yang disajikan. Sehingga tidak akan menimbulkan karakter tambahan yang tidak perlu.

4.   Alur yang memiliki misteri

Selain membahas isu-isu di dunia nyata tapi one piece juga memiliki misteri pada tiap episodenya yang membuat penonton penasaran dan menjadi tertarik untuk menonton setiap episodenya. Banyak fans yang berdebat mengenai teori kekuatan setiap karakter dan alur yang tak terduga dari one piece.

5.   Grafis yang memanjakan mata

World building atau animasi grafis yang disajikan pada seri one piece ini sangatlah apik. Dikarenakan one piece mengambarkan tentang petualangan bajak laut sehingga akan banyak tampilan pulau-pulau yang terlihat sangat realistis di seri one piece ini.

Bukan hanya pemandangan saja yang dibuat bagus tetapi gambar dari setiap karakterpun dibuat sedetail mungkin, sehingga tidak membuat sakit mata ketika menontonnya

Kekurangan seri anime one piece

1.   Alur yang lambat

Dikarenakan tiap karakter dibangun dengan begitu detail membuat alur cerita one piece tergolong lambat. Dengan alur yang lambat ini membuat penonton terkadang bosan untuk menontonnya.

2.   Tidak cocok ditonton anak-anak

Dikarenakan ini merupakan serial bajak laut, ada beberapa karakter yang menggunakan baju sangat terbuka seperti hanya menggunakan atasan bikini dan beberapa baju seksi lainnya.

3.   Kurang dibumbui kisah asmara

Lihat juga:  Pilih Mana: Proyektor Epson atau Proyektor InFocus?

Untuk para penonton yang telah dewasa keinginan untuk melihat alur percintaan di seri one piece ini sangatlah ditunggu-tunggu, akan tetapi seri one piece ini hanyalah bercerita tentang persahabatan tanpa adanya unsur percintaan.

4.   Lagu opening dan ending yang kurang

Bagi penyuka anime lagu opening dan ending dari suatu seri sangatlah penting, untuk one piece sendiri lagu-lagu yang disajikan kurang easy listening walaupun tidak semua opening dan endingnya.

5.   Minimnya sumber dan referensi di internet

Menemukan sumber dan referensi one piece di internet bisa dikatakan sulit dikarenakan minimnya sumber yang menuliskan tentang one piece.

Anime Naruto

Naruto merupakan sebuah film yang diangkat dari manga karya Masashi Kishimoto. Seri Naruto ini bercerita tentang kehidupan tokoh utamanya yaitu Naruto yang berkeinginan menjadi Hokage yaitu pemimpin ninja terkuat di desanya.Naruto memiliki kekuatan misterius di tubuhnya yang bisa merubah dirinya menjadi monster rubah ekor Sembilan. Dengan kekuatan yang belum terkendali itu membuat Naruto dikucilkan di desanya, tetapi dia tetap berusaha untuk menjadi nomor satu di desanya.

Dengan alur yang tak terduga di setiap episodenya menjadikan Naruto diminati penonton dari muda sampai tua.

Kelebihan Seri Anime Naruto

1.   Cerita yang sudah tamat

Seperti yang telah diketahui seri anime Naruto sudah tamat pada tahun 2017 sehingga penonton yang baru ingin menonton tidak perlu menunggu terlalu lama untuk episode selanjutnya.

Walaupun Naruto memiliki episode yang panjang, tetapi penonton akan puas dikarenakan seri sudah lengkap, sehingga penonton akan tau akhir dari jalan ceritanya.

2.   Grafik karakter yang detail

Untuk seri anime naruto ini memiliki grafik yang sangat detail apalagi di bagian pertarungan antara karakter yang dibuat sangat apik sehingga penonton tidak akan bosan ketika menonton seri anime ini.

3.   Musik yang asik untuk didengarkan

Jika menonton seri anime tidak akan lengkap jika tidak mendengarkan musik opening dan ending dari seri itu sendiri. Lagu yang diputar ketika opening adalah lagu yang paling diingat ketika menonton seri anime

Dikarenakan naruto memiliki episode yang banyak membuat variasi lagu yang didengarkan lebih bervariasi

4.   Menjawab plot di dalam manga

Untuk seri anime ini naruto sendiri memberikan beberapa detail yang tidak ditujukan pada manga sehingga beberapa alur yang janggal di manganya akan terjawab di seri animenya sendiri

Kekurangan Seri Anime Naruto

1.   Alur yang Lama

Hampir rata-rata seri anime akan mengalami alur yang cukup lama dikarenakan seri anime akan membahas tiap permasalahan karakter yang dilalui, selain itu karakter yang terdapat di seri anime ini akan dibangun sehingga menimbulkan karakter yang kuat.

2.   Terlalu Banyak Episode Tambahan

Untuk yang satu ini merupakan alasan terjadinya alur yang lama, untuk seri naruto ini sendiri memiliki episode tambahan atau filler yang banyak. Padahal untuk episode filler ini sendiri tidak perlu ditayangkan karena alur cerita yang tidak menganggu alur utama seri ini.

3.   Cerita yang Terlalu Dipaksa

Untuk beberapa alur cerita di seri ini dianggap tidak terlalu masuk akal dikarenakan perubahan plot yang tiba-tiba sehingga memberi kesan cerita yang terlalu dipaksakan terhadap karakter di seri ini.

Pilih Mana: One Piece atau Naruto?

Keterangan One PieceNaruto
Kelebihan - Merupakan anime yang populer - Membahas isu-isu yang terjadi di dunia nyata - Perkembangan karakter yang konsisten - Alur yang memiliki misteri - Grafis yang memanjakan mata- Cerita yang sudah tamat - Grafik karakter yang detail - Musik yang asik untuk didengarkan - Menjawab plot di dalam manga
Kekurangan - Alur yang lambat - Tidak cocok ditonton anak-anak - Kurang dibumbui kisah asmara - Lagu opening dan ending yang kurang - Minimnya sumber dan referensi di internet- Alur yang Lama - Terlalu Banyak Episode Tambahan - Cerita yang Terlalu Dipaksa

Kesimpulan

Dunia peranimasian tidak akan pernah habis dalam membahas kedua anime ini, anime yang dibahas pada review kali ini memiliki daya tarik masing-masing baik itu dari segi grafis, karakter dan alur cerita. Dari pembahasan ini kalian akan memilih menonton one piece atau naruto dulu?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pilih Mana: One Piece atau Naruto?

VS