Aplikasi

Pilih Mana: Opera Mini atau UC Browser?

Aplikasi browser memiliki fungsi untuk menghubungkan kita ke internet dan melakukan berbagai aktivitas. Anda bisa melakukan pencarian berbagai informasi hingga mencari hiburan dengan memanfaatkan aplikasi browser ini. Terdapat berbagai macam aplikasi browser yang dapat Anda pakai, dua di antaranya adalah Opera Mini dan UC Browser. Dari kedua aplikasi browser tersebut manakah yang akan Anda pilih? Opera Mini atau UC Browser?

Aplikasi Opera Mini dan UC Browser sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Hampir semua orang tahu dan pernah menggunakan salah satu atau bahkan kedua aplikasi browser tersebut. Opera Mini didirikan pada tanggal 10 Agustus 2005 oleh Opera software.inc sedangkan UC browser didirikan 1 tahun lebih awal yaitu pada bulan Agustus 2004.

Opera Mini

Opera Mini merupakan salah satu aplikasi browser yang sangat digemari. Selain karena cepat, aplikasi browser satu ini mampu membantu Anda untuk menyelamatkan data Anda. Baca juga Pilih Mana: Chrome vs UC Browser?

Selain itu, menurut Kompas.com Opera Mini memiliki fitur-fitur hebat yang jarang dimiliki aplikasi browser lain.

Kelebihan dan Kekurangan Opera Mini

Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan Opera Mini:

  • Tampilan

Opera Mini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Versi terbaru Opera Mini malah menjadi lebih bersih dan tidak menampilkan berita atau hal lain sebagainya. Tampilan yang sederhana ini sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya. Orang yang awam sekalipun akan mudah menggunakan aplikasi browser satu ini.

  • Cepat

Selain memiliki kelebihan ditampilannya, Opera Mini juga dianggap sebagai aplikasi browser yang terbilang cepat. Opera Mini ini cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang berada di lokasi yang sinyalnya lemah atau tidak stabil. Pada situasi yang demikian Opera Mini tetap mendukung aktivitas internet Anda. Apalagi jika Anda berada pada lokasi yang tidak memiliki keterbatasan sinyal. Opera Mini memang dikenal sebagai aplikasi browser yang paling cepat. Dari hasil tes yang telah dilakukan, telah ditemukan bahwa Opera Mini 72% lebih cepat daripada Google Chrome, dan 64% lebih cepat daripada UC Browser.

  • Save Page

Opera Mini memberikan Anda kesempatan untuk melakukan save page. Dengan fasilitas semacam ini Anda dapat menyimpan halaman, membacanya kapanpun dan di manapun. Halaman yang disimpan tersebut berguna untuk menjadi pengingat Anda. Selain itu, hal tersebut berfungsi untuk membantu Anda menghemat data. Anda tidak perlu menghabiskan data dengan melakukan pencarian ulang.

  • RAM

Untuk menjalankan Opera Mini ini Anda hanya membutuhkan kurang lebih 50 Mb. Angka ini lebih kecil daripada UC Browser dan aplikasi browser lainnya yang membutuhkan kurang lebih 90 MB RAM. Dengan demikian, Opera Mini ini bisa dibilang cocok untuk semua kalangan. Baik yang memiliki RAM rendah ataupun bagi yang memiliki RAM yang besar.

  • Support Terhadap Java Script

Opera Mini memiliki 2 mode. Pertama mode penghematan dan yang kedua mode turbo. Mode turbo dapat Anda gunakan jika Anda ingin menggunakan Opera Mini dengan layar yang support terhadap java script. Tampilan yang menggunakan mode turbo jauh lebih baik dan lebih bersih daripada tampilan yang menggunakan mode penghematan data. Sedangkan mode penghematan data bisa Anda pakai jika Anda ingin melakukan pengehematan data karena mode ini lebih ringan dan Anda juga menghemat kuota.

  • Tidak Ada Add On

Kekurangan lainnya yang dimiliki Opera Mini adalah tidak tersedianya plugin. Hal ini sangat disayangkan karena pengguna pastilah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, sayang sekali Opera Mini tidak menyediakan add on.

  • Block Iklan

Jika Anda merupakan orang yang tidak terlalu suka dengan iklan yang sering muncul, maka Opera Mini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Opera Mini merupakan satu-satunya aplikasi browser yang sudah terdapat add blocker di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat tenang tanpa adanya iklan-iklan yang dapat mengganggu.

Kelebihan Opera MiniKekurangan Opera Mini
- Hemat RAM jika menggunakan mode penghematan- Tidak memiliki add on
- Dapat menyimpan halaman- Tidak menampilkan berita update
- Tampilan sederhana dan mudah dipahami- Memakan banyak RAM jika menggunakan mode turbo

UC Browser

UC Browser merupakan aplikasi yang dikenal handal untuk melakukan aktivitas download. Aplikasi browser yang berdiri pada tahun 2004 ini telah memiliki banyak jaringan server di berbagai belahan dunia.

Kelebihan dan Kekurangan UC Browser

Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan UC Browser:

  • Support Java Script

Salah satu contoh penggunaan java script yang dapat Anda lihat yaitu di menu blog. Untuk mengetahui apakah aplikasi browser yang Anda pakai support terhadap java script atau tidak adalah dengan cara menekan tombol menu. Ketika Anda menekan tombol menu tidak terjadi loading dan menu dropdown langsung muncul, maka aplikasi browser yang Anda pakai telah support terhadap java script.

  • Handal untuk Akses Download

Alasan banyak orang menggunakan UC Browser adalah karena UC Browser memiliki kecepatan yang baik saat loading dan pada saat melakukan download. Jika Anda memiliki kebutuhan untuk melakukan download file, download film, download MP3 dan lain sebaginya, Anda perlu memanfaatkan UC Browser. Dengan aplikasi browser ini Anda juga dapat melakukan pause dan resume saat mendownload.

  • Menyediakan Add On

Berbeda dengan Opera Mini yang tidak menyediakan layanan add on, UC Browser malah menyediakan add on yang dikhususkan bagi pengguna yang membutuhkan fitur tambahan. Dengan tersedianya add on ini pengguna akan merasa puas untuk berselancar di internet.

  • Mode Malam

Kelebihan lain yang dimiliki oleh UC Browser ini adalah Anda bisa memilih mode malam atau mode siang. Sehingga Anda akan bisa menghemat baterai jika menggunakan mode yang sesuai.

  • Lambat

Salah satu kekurangan UC Browser ini adalah lambat dan berat saat mengakses situs-situs yang berat seperti memiliki banyak gambar. Meskipun mahir dalam hal mendownload, tapi UC Browser kalah saat mengakses situs-situs yang terbilang berat. Anda akan membutuhkan waktu yang lama saat mengakses situs yang berat di UC Browser. Jika sudah terjadi seperti ini, banyak orang yang kemudian menutup tab dan pindah ke aplikasi browser lainnya.

  • Tampilan

UC Browser memiliki tampilan yang lebih ramai jika dibandingkan dengan Opera Mini. Pada tampilan depan UC Browser telah menampilkan berita. Tampilan yang seperti ini akan membuat pengguna bingung. Apalagi untuk pengguna yang masih baru dan awam.

  • Berita yang Update

UC Browser memungkinkan Anda untuk mengikuti berita yang paling update. Berita-berita ini diambil dari situs berita mereka sendiri yakni UC News. Namun sayangnya, pada berita-berita yang ditampilkan kadang terdapat berita hoax.

Kelebihan UC BrowserKekurangan UC Browser
- Memiliki kecepatan loading dan download- Memakan banyak RAM
- Memberikan berita yang update- Lambat saat mengakses situs yang berat
- Menyediakan mode malam - Memiliki tampilan yang lebih rumit

Pilih Mana: Opera Mini atau UC Browser?

Setelah dipaparkan di atas, Anda telah dapat menilai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara Opera Mini dan UC Browser. Perbedaan antara Opera Mini dan UC Browser telah dirangkum pada tabel berikut:

Opera MiniUC Browser
- Memiliki tampilan yang sederhana - Memiliki tampilan yang lebih lengkap dan ramai
- Didirikan pada Agustus 2005- Didirikan pada Agustus 2004
- Tidak memiliki add on- Mengonsumsi banyak RAM

Kesimpulan

Opera Mini dan UC Browser memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dari penjelasan di atas Anda setidaknya telah memiliki gambaran untuk memilih aplikasi ini, apakah Opera Mini atau UC Browser? Jika Anda memiliki aktivitas yang sering melakukan download, maka sebaiknya Anda menggunakan aplikasi UC Browser yang lebih memiliki kecepatan download.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Opera Mini vs UC Browser

VS

Leave a Reply