SmartphoneTechnology

Pilih Mana: Oppo A1K atau Realme C2?

Persaingan smartphone saat ini sangat begitu ketat. produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan spesifikasi yang handal dan kamera yang apik. Saat peluncuran smartphone terbaru banyak dibandrol dengan harga selangit. Namun, beberapa waktu lalu smartphone terbaru diluncurkan dibandrol dengan harga ramah dikantong yaitu Oppo A1K atau Realme C2.

Walaupun dibandrol dengan harga yang cukup murah dibandingkan smartphone lain namun keduanya dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi yang mampu bersaing dengan smartphone lainnya. Namun. Pada artikel kali ini akan kita bandingkan kedua smartphone Oppo A1K atau Realme C2 dari segi spesifikasi, kekurangan dan kelebihan agar dapat kita lihat dengan harga yang hampir sama, dimanakah perbedannya dan mana yang lebih baik? Yuk langsung saja kita bahas di bawah ini.

Oppo A1K

Secara kasat mata, Oppo A1k tampil mirip Realme C2, menampilkan layar lega dan poni tetes air di tengah untuk tempat kamera selfie. Oppo A1k lengkapi layar luas 6,1 inci dan hadir dalam dua varian warna, yakni warna merah serta hitam.

Salah satu smartphone Oppo termurah ini didukung dengan sistem operasi ColorOS6 yang berbasis Android 9.0 Pie. Kinerjanya mengandalkan prosesor jenis MediaTek MT6762R dengan GPU IMG GE8320.

Perangkat ini didukung dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Sementara, untuk baterainya berkapasitas 4.000mah dan menggunakan dukungan port kabel USB micro. Baca juga Pilih Mana: Realme C2 atau Oppo A3S?

Oppo A1k dilengkapi dengan kamera utama 8MP dengan aperture f2.2 dan kamera selfie 5MP dengan aperture f2.0.

Spesifikasi Oppo A1K

Desain
Desain merupakan bagian  terluar yang pasti akan dilihat oleh konsumen. Maka dari itu, untuk memberikan kesan awal yang menarik maka Oppo pun membangun bodi dari smartphone ini dengan konsep yang modern dan kekinian meski bahan material pembentuk bodinya dari bahan plastik.

Oppo A1K memiliki konsep bentuk bodi yang begitu ideal seperti flagship dengan dimensi bodi 154.5 x 73.8 x 8.4 mm dan berbobot 170 gram. Tentu saja, dengan ukuran bodi tersebut maka tidak heran jika smartphone ini tampak cukup ramping dengan tampilan yang berkesan cukup modern. 

Oppo A1K sudah mengusung layar penuh dengan poni bergaya waterdrop dan memiliki luas layar 6.1 inci HD+ 720 x 1560 pixels.

Performa
Oppo A1K ini mengandalkan beberapa komponen cukup handal yang siap menjamin performa mumpuni. Seperti bekalan chipset MediaTek MT6762 Helio P22 yang siap ditenagai oleh prosesor Octa Core berkecepatan 2.0 GHz. Dengan begitu maka sudah barang tentu ponsel ini punya kestabilan sistem yang cukup bagus dan tidak mengecewakan.

Kartu grafis berupa PowerVR GE8320 pun juga turut digunakan untuk menjamin mutu grafik yang tajam dan smooth. Sedangkan dalam hal sistem operasionalnya, kali ini spesifikasi Oppo A1K dibekali dengan OS Android Pie 9.0.

Kamera Oppo A1K
Oppo A1K pun hadir dengan sebuah kamera utama tunggal 8 MP yang sudah dilengkapi fitur LED flash, HDR, dan panorama. Oppo A1K sendiri juga telah dilengkapi dengan kamera depan yang memiliki kemampuan resolusi 5 MP. Sehingga, bisa dipastikan para pengguna dapat memperoleh hasil foto selfie yang cukup bagus.

Kelebihan Oppo A1K

  • Baterai awet
    Kapasitas baterai yang besar menjadi nilai lebih dari Oppo dalam menjual handphone ini. Kapasitasnya sebesar 4.000 mAh yang membuat daya tahan baterai sangat optimal. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan sistem bernama Smart Management, sehingga ia dapat bertahan selama 17 jam.
  • Memori internal besar
    Oppo A1k dibekali dengan memori internal 32GB yang cukup lega untuk banderol harga yang tergolong murah dibandingkan dengan smartphone terbaru lainnya. Memori ini sendiri masih bisa diekspansi dengan menambah 256GB dengan menggunakan memori eksternal untuk penyimpanan foto maupun video.
  • Sistem operasi terbaru dan optimal
    Oppo A1K datang dengan dilengkapi sistem operasi Android Pie versi 9 yang dipercantik dengan antarmuka ColorOS 6 besutan Oppo sendiri. Karenanya, Oppo A1K memiliki banyak fitur, salah satunya adalah smart bar. Fitur smart bar memungkinkan kalian untuk beralih antar aplikasi, membalas pesan, memindahkan file saat menonton video, dan bermain game.

Kekurangan Oppo A1K

  • Belum ada fingerprint sensor
    Kekurangan dari Oppo A1K ini yaitu, belum tersedia sensor sidik jari (fingerprint sensor) untuk penunjang sektor keamanannya. Sayangnya Oppo A1k tidak menjelaskan apa perangkat ini dilengkapi face unlock atau tidak. Jadi kemungkinan kamu hanya bisa menggunakan password, pola, ataupun PIN saja.
  • Desain bodi belakang polos
    Kekurangan selanjutnya lebih ke soal selera tiap-tiap pengguna. Oppo A1k hadir dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan merah dengan bodi belakang bermaterial polikarbonat. Bodi belakang ini hanya menggunakan lapisan doff polos dan belum memiliki pola atau desain yang atraktif, Seperti pada Realme C2,
  • Tidak fast charging
    Kekurangan dari Oppo A1K yaitu tidak dibekali dengan VOOC fast charging, alias fitur yang membuat pengisian daya baterai lebih cepat. Jadi, kalian harus sedikit bersabaruntuk mengisi baterainya samapi penuh ya.

Realme C2

Realme C2 merupakan penerus generasi sebelumnya, realme C1 yang berhasil mengambil perhatian pasar dengan strategi serupa. Hadir lebih fresh, bodi smartphone ini mengusung tekstur doff dipadu motif garis berbentuk segitiga sehingga terlihat seperti potongan berlian yang berkilau. Posisi agak acak membuat smartphone ini akan terus berkilau, meski dilihat dari beragam sudut pandang.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lenovo atau Samsung?

Untuk bagian layar, Realme C2 hadir dengan notch populer berbentuk dewdrop atau tetes air. Bentuk ini begitu digemari karena mampu menciptakan tampilan layar yang lebih luas.

Resolusi layar smartphone ini adalah sebesar 720×1560 piksel dengan ukuran 6,1 inci. Ini memberikan kerapatan piksel yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Untuk perlindungan, juga terdapat lapisan Gorilla Glass 3.

Fitur unggulan Realme C2 yaitu Colos OS 6.0 karena smartphone ini sudah mengusung Android 9.0 Pie.

Spesifikasi Realme C2

Desain
Ukuran dimensi 154.3 x 73.7 x 8.5 mm dan berbobot 166 gram. Melihat dimensi dan bobotnya tersebut maka sudah barang tentu jika Realme C2 ini memiliki bentuk bodi yang cukup slim dan terkesan kekinian.

Bahan material bodinya masih menggunakan bahan plastik, belum aluminium. Sehingga, kekokohan bodinya belum setangguh dengan ponsel yang menggunakan bahan aluminium.

Layar Realme C2 penuh berponi dengan luas 6.1 inci. Selain itu, nantinya panel yang digunakan berjenis IPS LCD yang mana diklaim mampu memberikan ketajaman resolusi HD+ 720 x 1560 pixels. Realme C2 ini sudah dibekali pelindung layar berupa Corning Gorilla Glass 3 yang cukup handal dalam mencegah terjadinya goresan di pada layarnya.

Performa
Realme C2  dielngkapi dengan chipset MediaTek MT6762 Helio P22 yang akan ditenagai oleh prosesor Octa Core yang berkecepatan 2.0 GHz. Dengan demikian maka performa atau kinerja operasionalnya bakal cukup stabil saat dijalankan.

Realme C2 juga dibekali dengan kartu pengolah grafis berupa GPU PowerVR GE8320 yang cukup handal dalam menjamin tampilan grafiknya. Sedangkan dalam hal kinerja operasional sistemnya, spesifikasi Realme C2 ini akan mengandalkan OS Android Pie 9.0 ColorOS 6 Lite.

Kamera
Dari sisi kameranya Realme C2 juga akan dibekali dengan dual kamera utama 13 MP + 2 MP yang dilengkapi LED flash, HDR, dan panorama. Sehingga, bisa dipastikan dapat membidik foto dengan hasil yang cukup menjanjikan. Tidak sampai di situ saja, bahkan Realme C2 sendiri juga menyediakan kamera depan dengan kemampuan resolusi 5 MP.

Kelebihan Realme C2

  • Desain modern
    Realme C2 hadir dengan desain yang disebut Diamond Cut, yaitu sebuah desain unik menyerupai berlian guna mematahkan desain tradisional. Hal ini lah yang membuatnya tampak memesona meski dibanderol dengan harga yang murah.
  • Kapasitas baterai yang besar
    Realme C2 ditenagai oleh baterai 4.000 mAH yang merupakan sorotan ponsel pintar ini. Ia dapat digunakan selama sekitar 2 hingga 3 hari tanpa masalah. Jadi, smartphone  ini cocok bagi kamu yang hanya punya budget pas-pasan, namun ingin mempunyai handphone berbaterai tangguh.
  • Software terkini
    Realme C2 beroperasi dengan Android Pie versi terbaru. Dengan ColorOS 6, Realme C2 merombak banyak perubahan baru dan perbaikan visual dari versi sebelumnya. Dalam hal desain, UI baru menggunakan latar belakang putih dengan warna gradien halus untuk penampilan yang bersih.

Kekurangan Realme C2

  • Bodi rentan
    Smartphone  ini dibekali dengan bodi plastik halus yang membuatnya agak rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan yang tidak disengaja. Jadi, kamu harus sangat berhati-hati pada saat menggenggamnya.
  • Tidak ada sensor sidik jari
    Sudah menjadi kewajiban semua smartphone zaman sekarang untuk memiliki fitur sidik jari agar memudahkan penggunanya. Namun, tidak adanya fitur penting ini di Realme C2 adalah sesuatu yang tidak perlu dipermasalahkan karena harga yang dibandrol untuk smartphone ini cukup murah.
  • Bodi agak tebal
    Ukuran layar yang hanya 6,1 inci ditambah desain masa kini tanpa bezel, membuat Realme C2 sangat nyaman dalam genggaman tangan. Tetapi, ukurannya memang cukup tebal. Hal ini adalah efek samping dari kapasitas baterainya yang besar.

Tabel Spesifikasi Oppo A1K dan Realme C2

Spesifikasi Oppo A1K Realme C2
Tampilan 6,1 inci 6,1 inci
Kamera Depan 5 MP 5 MP
Baterai 4000 mAh 4000 mAh
Prosesor MediaTek Helio P22 MediaTek Helio P22
Kamera Belakang 8 MP 13 MP + 2 MP
Tanggal Peluncuran 1 Mei 2019 (Resmi) 15 Mei 2019 (Resmi)
Prosesor Inti octa, 2 GHz, Cortex A53 MediaTek Helio P22
Memori Internal 32 GB 16 GB
Resolusi Gambar 3264 x 2448 Piksel 4128 x 3096 Piksel
Rekaman Video 1920x1080 @ 30 fps 1920x1080 @ 30 fps

Pilih Mana: Oppo A1K atau Realme C2?

Oppo A1K Realme C2
Kelebihan- Baterai awet - Memori internal besar - Sistem operasi terbaru dan optimal - Desain modern - Kapasitas baterai yang besar - Software terkini
Kekurangan- Belum ada fingerprint sensor - Desain bodi belakang polos - Tidak fast charging - Bodi rentan - Tidak ada sensor sidik jari - Bodi agak tebal

Kesimpulan

Oppo A1K dan Realme C2 merupakan smartphone yang dibandrol dengan harga yang sangat bersahabat dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Namun, dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya juga mempunyai perbedaan yang cukup terlihat dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kalian dan artikel kali ini dapat menjadi referensi kalian dalam memilih antara Oppo A1K dan Realme C2. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A1K VS Realme C2

VS

Leave a Reply