Pilih Mana: Oppo A1K atau Realme C2?

Memilih smartphone di era digital ini bisa menjadi hal yang membingungkan. Di tengah banyaknya pilihan dan spesifikasi yang ditawarkan, menentukan mana yang paling tepat untuk kebutuhan dan budget kalian bisa terasa rumit. Artikel ini hadir untuk membantu kalian yang sedang mencari smartphone di kisaran harga Rp 1 jutaan, dengan membandingkan dua pilihan populer: Oppo A1K dan Realme C2.

Kedua smartphone ini menawarkan fitur dan spesifikasi yang menarik dengan harga yang relatif terjangkau. Baik Oppo A1K maupun Realme C2 memiliki kamera yang mumpuni, baterai yang tahan lama, dan desain yang stylish. Namun, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian memutuskan.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Oppo A1K dan Realme C2, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Oppo A1K

Walaupun pada saat ini Oppo telah memusatkan perhatiannya pada segmen handphone kelas premium atau smartphone flagship, mereka tidak melupakan fakta bahwa segmen low-end masih memiliki pangsa pasar yang signifikan. Oleh karena itu, perusahaan asal China ini menaruh harapan besar pada Oppo A1K.

Menjadi pesaing di pasar ponsel murah memang tidak mudah, mengingat adanya persaingan yang sangat ketat dari merek-merek ternama. Namun, Oppo A1K tetap mempertahankan keyakinannya dengan mengedepankan desain yang menarik, spesifikasi yang memadai, dan keunggulan dalam hal daya tahan baterai.

Berikut Spesifikasi Oppo A1K:

Baterai

Oppo A1K turut menawarkan fitur kecerdasan buatan pada baterainya, yang dikenal sebagai adaptive battery. Dengan kehadiran fitur ini, daya tahan baterai dapat diperpanjang lebih lama daripada yang seharusnya. Adaptive battery ini juga menjadi solusi bagi Oppo A1K yang tidak dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya cepat.

Sistem Operasi

Dikarenakan menggunakan sistem operasi Android Pie versi 9, ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur yang disebut smart bar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah beralih antar aplikasi, membalas pesan, bermain game, dan memindahkan file saat menonton video secara langsung.

Kamera

Pada kamera belakangnya, Oppo telah menyematkan fitur HDR untuk meningkatkan ketajaman dan kejernihan hasil jepretan. Meskipun demikian, diperlukan kecermatan dalam menemukan spot dengan pencahayaan yang memadai agar hasil foto menjadi lebih optimal.

Bahkan dalam kondisi minim cahaya atau backlight, hasil fotonya tidak terlalu memuaskan. Namun, berkat fitur HDR, gambar yang diabadikan tetap tajam dan hidup, memberikan pengalaman fotografi yang lebih memuaskan.

Fitur

Fitur utama yang dimiliki oleh ponsel ini adalah digital wellbeing, yang berfungsi sebagai pencegah kecanduan gadget. Ketika pengguna menggunakan aplikasi terlalu lama, ponsel ini secara otomatis memberikan peringatan, memungkinkan pengguna untuk mengontrol waktu penggunaan perangkat setiap harinya.

Sebagai langkah keamanan tambahan, Oppo A1K dilengkapi dengan fitur face unlock yang mudah dan praktis digunakan. Fitur ini memiliki tingkat akurasi data yang tinggi dan sulit untuk diduplikasi, sehingga menjaga privasi dan keamanan data yang tersimpan dalam ponsel.

Kelebihan Oppo A1K

Dibekali Corning Gorilla Glass

Oppo A1K menampilkan layar IPS LCD selebar 6,1 inci yang telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Proteksi ini memastikan bahwa layar tidak mudah retak atau tergores ketika tidak sengaja terjatuh atau tergesek dengan benda lain. Dengan adanya fitur perlindungan ini, pengguna tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan tambahan biaya guna membeli pelindung layar tambahan.

Desain Terlihat Mahal untuk Kelasnya

Walaupun dikategorikan sebagai smartphone entry-level, ponsel ini memiliki desain yang menyerupai smartphone mid-range. Layar penuh dan desain kamera yang menyerupai waterdrop memberikan kesan elegan. Namun, pilihan warnanya terbatas pada merah dan hitam.

Dual SIM

Di era saat ini, sangat krusial untuk memilih ponsel yang mampu mendukung aktivitas multitasking. Oleh karena itu, Oppo A1K telah menyediakan dukungan untuk dual SIM card berjenis nano SIM dengan mode dual stand-by. Berbeda dengan konsep dual SIM hybrid yang memaksa pengguna untuk memilih antara SIM 2 atau microSD untuk slot kedua.

Dengan adanya fitur dual SIM stand-by ini, pengguna memiliki kebebasan untuk menambahkan microSD jika merasa kapasitas penyimpanan yang tersedia masih kurang. Sehingga, pengguna dapat lebih leluasa menjalankan berbagai aktivitas sesuai dengan kebutuhan mereka melalui ponsel ini.

Jaringan Sudah 4G

Masih tergolong sebagai perangkat baru sejak diluncurkan pada tahun 2019, Oppo A1K menonjol dengan konektivitas jaringannya yang tak perlu diragukan. Ponsel ini mendukung tiga jenis jaringan utama, yakni GSM, HSPA, dan LTE. Kemampuan dual SIM card standby memungkinkan kedua kartu SIM terhubung langsung dengan jaringan 2G.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jaringan HSPA dan LTE hanya dapat digunakan pada satu dari kedua SIM yang digunakan untuk mengakses internet. Oppo A1K juga telah mendukung jaringan 4G dengan kecepatan LTE-A atau sering disebut sebagai 4,5G. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir mengenai keterbatasan jaringan saat menikmati aktivitas berselancar di media sosial.

Baterai Lumayan Awet

Oppo melengkapi ponsel ini dengan baterai tipe Lithium Polymer yang tidak dapat dilepas, memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh. Meskipun belum mendukung pengisian daya cepat, baterainya terbukti memiliki daya tahan yang baik. Oppo A1K menggunakan kabel micro USB 2.0 untuk proses pengisian daya, dengan output sebesar 5V 2A atau setara dengan 10 Watt.

Kamera Beresolusi Tinggi

Seperti yang banyak diketahui, Oppo merupakan merek ponsel yang selalu menonjolkan kualitas kamera, hal ini juga terlihat pada Oppo A1K. Meskipun hanya dilengkapi dengan kamera tunggal, Oppo A1K mampu menjadi yang terbaik di kelasnya. Ponsel ini membawa kamera belakang dengan resolusi 8 MP dan kamera depan 5 MP.

Hasil foto yang dihasilkan menunjukkan kejernihan dan detail yang optimal, terutama dengan pencahayaan yang memadai. Dengan harga sekitar Rp1,4 jutaan, resolusi kamera Oppo A1K sudah dapat dianggap sangat baik, apalagi dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps yang dimilikinya.

Kekurangan Oppo A1K

Prosesor Kurang Maksimal

Oppo A1K dilengkapi dengan chipset MediaTek MT6762 Helio P22 (12 nm) dan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Meskipun kinerjanya sudah terbilang baik, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini masih ketinggalan jauh jika dibandingkan dengan beberapa perangkat terbaru sekelasnya yang telah mengadopsi komponen internal yang lebih canggih.

Pengaturan Grafis Rendah

Dalam uji nilai AnTuTu, ponsel Oppo ini hanya mencapai skor sekitar 70 ribu. Dengan demikian, kinerjanya dalam bermain game tidak begitu memuaskan. Terutama, pengaturan grafis yang tersedia masih dalam kategori rendah, sehingga kurang responsif ketika digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG. Meskipun demikian, untuk beberapa game ringan, ponsel ini masih cukup layak digunakan.

Nggak Ada Fast Charging

Dengan memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh, seharusnya fitur pengisian cepat menjadi kelebihan yang menambah kepuasan pengguna pada ponsel ini. Namun, sayangnya, perangkat ini tidak dilengkapi dengan teknologi VOOC untuk pengisian daya baterainya. Akibatnya, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya hingga penuh menjadi relatif lama.

Charger bawaan ponsel ini hanya memiliki output sebesar 10 Watt. Proses pengisian daya dari level 10% hingga mencapai penuh memakan waktu lebih dari 2 jam. Oleh karena itu, ponsel ini mungkin kurang cocok untuk mereka yang aktif menggunakan ponsel dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Meski demikian, solusi untuk masalah ini dapat ditemukan dengan menggunakan powerbank yang sesuai dengan kebutuhan.

Belum Ada Fingerprint

Oppo A1K tidak menyertakan fitur sensor sidik jari atau fingerprint untuk tingkat keamanan tambahan. Bagi mereka yang telah terbiasa dengan fitur ini, kekurangan ini mungkin mengecewakan. Namun, sebagai alternatif, Oppo A1K menawarkan face unlock yang responsif. Meskipun terdapat kekurangan, Oppo A1K tidak langsung terlihat lemah, karena Oppo selalu berusaha memberikan solusi untuk spesifikasi yang mungkin dianggap kurang optimal pada Hp Oppo A1K.

Realme C2

Hampir semua merek smartphone memusatkan perhatian pada seri premium mereka, namun Realme memperkuat eksistensinya di segmen low-end dengan merilis sejumlah perangkat yang sangat mengesankan.

Salah satunya adalah Realme C2. Ponsel ini dapat dianggap sebagai salah satu opsi terbaik dalam rentang harga Rp 1 jutaan. Bahkan, tidak ada yang dapat dianggap sepele dari apa yang ditawarkan oleh Realme C2. Keunggulannya jauh melampaui harapan sebagai ponsel murah.

Berikut Spesifikasi Realme C2:

Desain

Realme C2 dirancang menggunakan bahan baku berkualitas tinggi, memberikan kesan kokoh pada strukturnya. Tombol daya diletakkan dengan baik di sisi kanan, sementara tombol volume dan slot SIM dapat ditemukan di sisi kiri bodi. Penempatan tombol-tombol ini dirancang agar mudah dijangkau. Slot kartu yang disediakan dapat menampung dua kartu SIM Nano dan kartu microSD. Di bagian bawah bingkai, terdapat jack headphone 3,5mm, port microUSB, grille speaker, dan mikrofon.

Layar

Realme C2 hadir dengan layar HD+ dewdrop berukuran 6,1 inci yang memiliki bezel lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Ketika membahas mengenai kualitas tampilan, Realme C2 dapat diandalkan sebagai produk yang menawarkan kualitas hebat dengan harga yang cukup terjangkau. Ponsel pintar ini menampilkan warna-warna cerah yang menyenangkan mata, baik saat melihat gradien ikon aplikasi maupun mendalami kedalaman warna dalam konten video.

Keunggulan lain dari tampilan Realme C2 adalah ketajaman yang luar biasa, terlihat dari minimnya pixelation dan jaggedness ketika menonton video bahkan pada kualitas 720p. Realme juga menonjolkan sudut pandang yang baik dan tingkat kecerahan yang memukau, sehingga membuat tampilan layar semakin berwarna. Tidak akan ada masalah ketika melihat layar di dalam ruangan maupun di bawah sinar matahari yang cerah.

Performa

Realme C2 mengusung chipset octa-core 2 GHz MediaTek Helio P22 12nm. Sebagai perbandingan, terdapat juga Realme C2 yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 450 dengan kecepatan 1.8 GHz. Dengan prosesor MediaTek yang lebih canggih, Realme C2 menawarkan kinerja yang unggul dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pengalaman menggunakan Realme C2 akan memuaskan, terutama dengan kemampuannya untuk menjalankan tugas dengan baik. Antarmuka pengguna (UI) yang responsif memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang sangat mulus. Realme C2 hadir dalam dua varian penyimpanan, yaitu 2GB + 16GB dan 3GB + 32GB.

Prestasi gaming Realme C2 juga patut diacungi jempol. Smartphone ini mampu menjalankan game dengan grafis intensif dengan cukup baik, memberikan pengalaman gaming yang memuaskan bagi pengguna.

Kamera

Untuk sektor kamera, Realme C2 menawarkan kamera utama berkekuatan 13 megapiksel bersama dengan kamera kedalaman sekunder 2 megapiksel. Pada bagian depan, Realme C2 dilengkapi dengan kamera selfie sebesar 5 megapiksel yang telah terintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), yang sebenarnya tetap konsisten dengan spesifikasi Realme C1.

Meskipun Nightscape tidak hadir dalam fitur kamera Realme C2, namun digantikan oleh Chroma Boost, suatu teknologi yang mampu meningkatkan saturasi dan kontras, memberikan kemampuan untuk menghasilkan foto yang menarik secara visual. Smartphone ini juga mendukung penggunaan video slow-mo dengan kemampuan merekam hingga 80fps pada resolusi 480p, memungkinkan pengguna untuk mengabadikan momen dalam kualitas gambar yang optimal.

Kelebihan Realme C2

Desain Terlihat Muda

Realme C2 tampil dengan desain yang segar dan dinamis. Meskipun bahan body-nya masih menggunakan plastik, kehadiran material tersebut tetap dapat diterima berkat penampilannya yang stylish. Bagian belakang smartphone ini dirancang dengan pola yang menyerupai berlian, memberikan sentuhan estetika yang menarik.

Desainnya juga diperkaya dengan penggunaan tingkatan warna yang berbeda, menciptakan tampilan yang memikat. Realme C2 tersedia dalam dua varian warna yang keren, yaitu Hitam Berlian dan Biru Berlian. Kombinasi warna yang menarik ini membuat ponsel ini menjadi pilihan yang cocok bagi kalangan anak muda yang menginginkan gaya yang tidak monoton.

Layar Besar dan Terlindungi

Panel depan Realme C2 menampilkan tampilan yang dinamis. Layarnya berukuran 6,1 inci dengan notch sekecil tetesan embun, memberikan kesan yang elegan tanpa terlalu mencolok. Dengan resolusi 1520 × 720 piksel dan aspek rasio 19,5:9, layar ini menghasilkan kerapatan piksel standar hingga 282 ppi, memberikan pengalaman visual yang halus untuk kelas ponsel menengah ke bawah.

Kelebihan lainnya, layar ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau goresan. Ini menjadi nilai tambah yang signifikan mengingat Realme C2 ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Keseluruhan, layar smartphone Realme C2 ini dapat dianggap sangat baik untuk kelasnya, menampilkan warna yang cerah dan tajam.

Mengusung Kamera Ganda

Realme C2 hadir dengan sistem kamera belakang ganda, masing-masing dengan sensor sebesar 13 MP (utama, f/2.2) dan 2 MP (sekunder, f/2.4). Untuk meningkatkan kinerjanya, kedua kamera ini dilengkapi dengan fitur HDR dan panorama. Hasil foto yang dihasilkan oleh Realme C2 sangat memuaskan untuk kelasnya.

Teknologi AI dengan Chroma Boost diterapkan pada kamera ganda Realme C2 untuk mencapai keseimbangan warna yang sempurna dalam foto. Efek bokeh juga disertakan, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar objek dengan detail yang optimal. Selain itu, ponsel ini mendukung perekaman video dengan kualitas 1080p@30fps.

Meskipun gambar yang dihasilkan oleh kamera Realme C2 menampilkan detail yang baik di bawah sinar matahari pada siang hari, namun hasilnya mungkin tidak seoptimal saat pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah.

Prosesor yang Dapat Diandalkan

Dari sisi Prosesor yang dimilikinya, Realme C2 memang dirancang khusus untuk penggunaan dasar smartphone. Perangkat ini mengusung prosesor MediaTek Helio P22 Octa-core dengan kecepatan clock mencapai 2.0 GHz. Realme C2 hadir dalam dua opsi memori, yaitu 2 GB RAM dengan 16 GB ROM atau 3 GB RAM dan 32 GB ROM.

Untuk aktivitas sehari-hari seperti penggunaan media sosial, menjelajahi internet, dan bermain game-game ringan, Realme C2 dapat diandalkan dengan baik. Namun, perlu dicatat bahwa ponsel ini bukanlah pilihan yang optimal untuk tugas-tugas berat. Secara keseluruhan, Realme C2 dapat dianggap sebagai perangkat yang menyenangkan dan menghibur.

Baterai Jumbo dan Tahan Lama

Untuk memperpanjang waktu penggunaan, Realme C2 telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh! Dengan satu kali pengisian penuh, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari atau lebih. Sehingga, ketika berada di luar ruangan, pengguna tidak perlu sering mencari sumber daya karena daya tahan Realme C2 dapat diandalkan dengan baik.

Ada Face Unlock

Salah satu fitur menarik lain yang dimiliki oleh Realme C2 adalah Face Unlock yang memungkinkan pengguna membuka kunci ponsel dengan menggunakan wajah. Face Unlock pada Realme C2 menampilkan kinerja yang cepat dan responsif, tanpa menghadapi masalah signifikan selama penggunaan.

Kekurangan Realme C2

Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Jika kalian memiliki kebiasaan mengandalkan sensor sidik jari untuk keamanan dan akses ponsel, Realme C2 mungkin bukan pilihan yang sesuai. Fitur ini tidak tersedia di Realme C2, namun, kekurangan ini sebaiknya dianggap sebanding dengan harga jual yang terjangkau.

Sebagai alternatif, Realme C2 dilengkapi dengan fitur Face Unlock untuk membuka kunci ponsel. Meskipun tidak secepat dan seaman pemindai sidik jari, Face Unlock Realme C2 masih dapat diandalkan dengan baik. Perlu diketahui bahwa saat ini, sensor sidik jari telah umum ditemui pada banyak smartphone dari berbagai segmen.

Masih Menggunakan microUSB 2.0

Pandangan penulis mengenai smartphone terkini menegaskan perlunya beralih dari teknologi microUSB 2.0 menuju teknologi yang lebih modern. Meskipun demikian, penulis menyatakan bahwa untuk smartphone sekelas Realme C2, keberadaan teknologi tersebut masih dapat dimaklumi, dan pengguna tidak perlu mengeluh mengenai hal tersebut.

Resolusi Tidak Terlalu Tinggi

Resolusi layar Realme C2 hanya mencapai 720 × 1520 piksel, yang tergolong tidak sangat tinggi untuk standar smartphone saat ini. Hal ini menyebabkan keterbatasan untuk menikmati video dalam format Full HD. Meskipun demikian, dari perspektif penggunaan sehari-hari, resolusi tersebut masih mampu memberikan pengalaman yang memadai.

Perbandingan Oppo A1K dan Realme C2

Oppo K3Realme C2
Kelebihan- Dibekali Corning Gorilla Glass
- Desain Terlihat Mahal untuk Kelasnya
- Dual SIM
- Jaringan Sudah 4G
- Baterai Lumayan Awet
- Kamera Beresolusi Tinggi
- Desain Terlihat Muda
- Layar Besar dan Terlindungi
- Mengusung Kamera Ganda
- Prosesor yang Dapat Diandalkan
- Baterai Jumbo dan Tahan Lama
- Ada Face Unlock
Kekurangan- Prosesor Kurang Maksimal
- Pengaturan Grafis Rendah
- Nggak Ada Fast Charging
- Belum Ada Fingerprint
- Tidak Ada Sensor Sidik Jari
- Masih Menggunakan microUSB 2.0
- Resolusi Tidak Terlalu Tinggi
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Jika prioritas utama adalah daya tahan baterai dan performa yang handal, Oppo A1K mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Namun, bagi yang mencari nilai lebih ekonomis dengan pengalaman pengguna yang memadai, Realme C2 bisa menjadi opsi yang menarik. Penting bagi calon pembeli untuk mempertimbangkan fitur yang paling penting bagi mereka dan sejalan dengan anggaran yang dimiliki.

Anda Pilih Oppo A1K atau Realme C2?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!