Pilih Mana: Oppo A1K atau Samsung A10?

Pemilihan smartphone atau handphone tidak terlepas dari pemilihan spesifikasi yang baik, banyak sekali produsen elektronik handphone ini yang mengeluarkan tipe berbagai macam dengan spesifikasinya yang baik, salah satu handphone yang saat ini banyak menjadi incaran adalah Oppo A1K dan Samsung A10.

Oppo A1K dan Samsung A10 memiliki spesifikasi yang baik dengan harga yang cukup terjangkau, penasaran dengan penjelasan mengenai kedua handphone tersebut? Apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

Oppo A1K

Handphone Oppo berjenis smartphone ini sekarang tidak hanya sebagai penunjang kebutuhan untuk berbicara saja, tetapi banyak fungsi lain yang lebih menarik yang didapatkan dari sebuah atau fitur smartphone. Seperti untuk kebutuhan untuk menjelajah internet, game atau permainan keperluan berbisnis, serta masih banyak lagi fungsi yang lainnya dengan banyak dukungannya dari pengembang aplikasi smartphone ini.

Banyak sekali tipe dari Oppo ini yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, salah satunya yang banyak menjadi perbincangan akhir-akhir ini adalah Oppo A1K, Layar handphone ini mengangkat notch tetesan air. Berukuran 6.1 inci dan aspek rasio 19.5:9, menghasilkan sudut pandang yang lebih besar. Dapur pacunya menggunakan Helio P22 dan RAM 2 GB.

Adapun memori internalnya berdaya tampung 32 GB. Apabila kurang tersedia slot microSD. Handphone Oppo A1k menggunakan antarmuka ColorOS 6 yang berbasis pada Android 9.0 Pie. Sistem antarmuka ini membawa berbagai macam fitur terkini seperti Smart Driving, Smart Bar, dan Smart Assistant memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitasnya.

Kelebihan Oppo A1K

Baterai awet

Jika kamu adalah anak muda yang gemar bermain sosial media, ngegame, streaming, atau mendengarkan musik, Oppo A1K adalah pilihan yang tepat. Kapasitas baterai yang besar menjadi nilai jual Oppo dalam menjual handphone ini. Kapasitasnya sebesar 4.000 mAh yang membuat daya tahan baterai sangat optimal. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan sistem bernama Smart Management, sehingga handphone ini dapat bertahan selama 17 jam.

Desain simple namun elegan

Oppo A1K terdiri dari dua pilihan warna, yaitu merah dan hitam. Tampilannya sederhana namun tetap elegan, didukung dengan bodi plastik yang dilapisi matte membuatnya tetap terlihat elegan saat digunakan. Ukuran handphone ini juga sangat pas dan nyaman saat dipegang dengan satu tangan.

Harga terjangkau

Dengan beberapa fitur yang cukup baik dengan kualitas yang baik, Oppo A1K ini dibanderol dengan harga yang pas apalagi buat anak-anak muda. Untuk memiliki handphone keren ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang kamu sekitar Rp. 1.600.000 (per Desember 2023), harga yang terbilang lumayan cukup terjangkau ya.

Kekurangan Oppo A1K

Tidak ada fingerprint

Walaupun dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap dan kualitas yang baik, namun sayang handphone ini tidak menyediakan fasilitas sensor fingerprint.

Tidak fast charging

Kekurangan dari Oppo A1K lainnya adalah tidak dibekali dengan VOOC fast charging, alias fitur yang membuat pengisian daya baterai lebih cepat. Jadi, kamu harus sedikit bersabar ya untuk mengisi baterainya.

Tidak cocok untuk game HD

Oppo A1K memang tidak didesain untuk pengguna yang gemar bermain games dan membutuhkan grafis tinggi. Handphone ini lebih cocok untuk pengguna yang mempunyai banyak aktivitas di sosial media saja. Namun, handphone ini tetap bisa digunakan pada games yang kasual seperti Stack, Dream Eleven, dan Combo Critters.

Samsung A10

Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi juara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya. Hingga saat ini Samsung banyak mengeluarkan handphone yang memiliki kualitasnya semakin baik dan bagus, seperti tipe yang saat ini banyak menjadi pilihan semua orang yaitu Samsung A10 Samsung Galaxy A10 dibekali layar selebar 6.2 inci.

Dengan lebar 6.2 inci, smartphone tersebut memiliki resolusi 720 x 1.520 piksel. Galaxy A10 diotaki Exynos 7884 dengan fabrikasi sebesar 14 nm. Dari segi penyimpanan, smartphone berponi tersebut dibekali RAM dan besaran penyimpanan internal 2/32 GB yang dapat diekspansi hingga 1TB menggunakan microSD. Ponsel tersebut juga memiliki resolusi kamera utama sebesar 13 MP.

Kelebihan Samsung A10

Baterai yang tahan lama

Baterai pada handphone ini tahan lama dengan pemakaian yang tidak intensif. Pemakaian intensif saat bermain game atau multimedia tanpa henti baterai masih akan berkurang sedikit Jika kamu menggunakan handphone ini untuk aktivitas normal maka akan tahan seharian. Baterai 3.400 mAh akan mendukung daya tahan yang cukup lama untuk handphone dengan spesifikasi ringan.

Layar tajam dan desain elegan

Handphone ini memiliki resolusi layar 720 x 1520 piksel atau HD+ yang sangat tajam jika dibandingkan dengan handphone sekelasnya. Tidak hanya memiliki layar yang bagus, tapi juga warna yang cerah dengan teknologi IPS LCD dengan dukungan 16 juta warna. Jika bicara teknisnya, Samsung A10 memiliki layar dengan jumlah piksel 271 ppi. Samsung Galaxy A10 memiliki desain premium. Layar dengan bentuk Infinity-V Display membuat handphone ini kelihatan modern. Serta tebal bodi 7.9 mm dengan plastik mengkilap mampu memberikan rasa elegan saat digenggam.

Harga yang terjangkau

Setelah kamu mengetahui spesifikasi lengkap, serta kelebihan dan kekurangan Samsung A10, tentu kamu penasaran bukan dengan harganya? Samsung Galaxy A10 dengan kapasitas 2GB RAM dan 32 GB memori internal dijual dengan harga Rp. 1.800.000 (per Desember 2023). Kamu dapat membawa pulang handphone ini dengan membelinya di toko resmi Samsung atau melalui merchant resmi yang bekerja sama dengan Samsung. Pastikan kamu membeli di toko yang terpercaya ya, untuk mendapatkan garansi resmi.

Kekurangan Samsung A10

Tidak ada sensor fingerprint

Galaxy A10 sama sekali tidak dibekali dengan sensor fingerprint di bagian depan maupun belakangnya. Padahal sebagian pengguna smartphone masih sangat nyaman untuk membuka kunci secara cepat dengan sidik jar.

Tidak ada fast charging

Meskipun daya tahan baterai dari perangkat ini cukup lama, namun tidak fitur fast charging tidak hadir dalam perangkat yang satu ini sehingga pengisian daya baterainya akan berjalan cukup lama.

Kapasitas RAM yang kecil

Handphone ini merupakan varian paling bawah di antara seri Samsung Galaxy A lainnya. Begitu juga dengan kapasitas RAM 2GB. Hal ini berpengaruh terhadap kegiatan multitasking, kamu tak dapat membuka banyak aplikasi sekaligus. Namun, untuk kegiatan media sosial dan nonton video masih bisa dilakukan dengan nyaman kok.

Perbandingan Oppo A1K dan Samsung A10

Oppo A1KSamsung A10
Kelebihan- Baterai awet
- Desain simple namun elegan
- Harga terjangkau
- Baterai yang tahan lama
- Layar tajam dan desain elegan
- Harga yang terjangkau
Kekurangan- Tidak ada fingerprint
- Tidak fast charging
- Tidak cocok untuk game HD
- Tidak ada sensor fingerprint
- Tidak ada fast charging
- Kapasitas RAM yang kecil
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas mengenai Oppo A1K dan Samsung A10 adalah handphone yang saat ini banyak diminati oleh orang-orang baik anak muda hingga orang dewasa dengan harga yang masih sangat terjangkau, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pemilihan handphone sendiri sebenarnya bisa kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Anda Pilih Oppo A1K atau Samsung A10?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!