ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Oppo A1K atau Vivo Y91C?

Jika memilih smartphone atau handphone, tidak lepas dari pemilihan kamera terutama dan spesifikasi lainnya. Sudah banyak perusahaan elektronik mengeluarkan produk-produk smartphone mereka dengan kualitas yang baik dan harga juga yang bervariasi. Seperti perusahaan elektronik Oppo dan Vivo. Kedua perusahaan ini sudah banyak dikenal orang-orang dari anak muda hingga orang tua, mengenai kedua perusahaan tersebut, salah satu tipe dari kedua merek yang banyak dijual adalah Oppo A1K dan Vivo Y91C. Penasaran dengan penjelasan dari kedua tipe tersebut? Disini saya akan menjelaskannya, yuk dibaca ya.

Oppo

Handphone Oppo berjenis smartphone ini sekarang tidak hanya sebagai penunjang kebutuhan untuk berbicara saja, tetapi banyak fungsi lain yang lebih menarik yang didapatkan dari sebuah atau fitur smartphone. Seperti untuk kebutuhan untuk menjelajah internet, game atau permainan keperluan berbisnis, serta masih banyak lagi fungsi yang lainnya dengan banyak dukungannya dari pengembang aplikasi smartphone ini.

Pada bulan April tahun 2013 Oppo untuk awal kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Saat sebelum produknya dipromosikan ke Indonesia, Oppo terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, Amerika dan Qatar. Sejak saat itu Oppo terus melakukan promosi memberitahukan kualitas brand nya lewat promosi Media Cetak, Televisi, Internet dll. Baca juga Pilih Mana: Honor 9i atau Xiaomi Redmi Note 7?

Oppo A1K

Layar handphone ini mengangkat notch tetesan air. Berukuran 6.1 inci dan aspek rasio 19.5:9, menghasilkan sudut pandang yang lebih besar. Dapur pacunya menggunakan Helio P22 dan RAM 2 GB. Adapun memori internalnya berdaya tampung 32 GB. Apabila kurang tersedia slot microSD.

Handphone A1k menggunakan antarmuka ColorOS 6 yang berbasis pada Android 9.0 Pie. Sistem antarmuka ini membawa berbagai macam fitur terkini seperti Smart Driving, Smart Bar, dan Smart Assistant memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitasnya. Dan juga smartphone ini menjadi pilihan smartphone kelas menengah karena harganya yang terbilang cukup murah.

Kamera Oppo A1K

Mengenai kamera, Oppo A1k menggunakan kamera belakang dengan sensor 8 MP yang sudah dilengkapi dengan dual- LED flash. Untuk kamera depan, kamera selfie Oppo A1k dibekali dengan kamera 5 MP.

Spesifikasi Oppo A1K

Layar smartphone yang terbilang cukup luas
Mempunyai desain yang cukup menarik
Hadir dengan baterai yang besar
Smartphone ini sudah menggunakan interface khas Oppo
Oppo A1k hadir dengan dukungan prosesor dari Mediatek, yaitu Mediatek Helio P22

Warna Tersedia Oppo A1K

Hitam
Merah

Harga Oppo A1K

Harga yang dipasarkan atau dijual dari smartphone Oppo tipe A1K ini adalah sekitar Rp. 1.500. 000 saja.

Vivo

Vivo sendiri pertama kali masuk pasar global di Asia Tenggara dan India pada tahun 2014. Diposisikan sebagai produk yang relatif premium di China, Kiprah Vivo di jagat handphone dunia akhirnya mulai benar-benar mengusik vendor raksasa pada kuartal pertama 2015, dimana nama Vivo sukses merangsek masuk ke 10 besar vendor smartphone dunia dengan market share 2,7%.

Tetapi hal itu tidak lalu membuat Vivo Puas. Berbekal regu research and development mumpuni yang berada di Shenzhen dan Nanjing yang berjumlah 1.600 personil per Januari 2016, Vivo akhirnya kian mempertegas posisi dengan masuk jajaran 5 besar dunia pada Q1 2016. Menargetkan pada anak- anak muda yang aktif dan trendi, Vivo mencampurkan eksterior produk, audio berkelas dan pengalaman pengguna yang cepat dan halus.

Vivo Y91C

Vivo Indonesia masih terus menggempur pasar low- end atau entry- level tanah air dengan menghadirkan seri Y91C. Smartphone Vivo Y91C secara biasa masih mengusung desain yang serupa dengan keluarga Y91 series lainnya dengan balutan casing polikarbonat dengan finishing glossy dan warna yang bergradasi.

Handphone Vivo Y91C menawarkan performa yang kompetitif dengan dukungan SoC MediaTek Helio P22 yang ditandemkan dengan RAM 2GB. Berdasarkan pantauan Laptophia, handphone ini sudah tersedia toko online maupun offline terkemuka tanah air.

Smartphone entry- level Vivo Y91C RAM 2GB ROM 32GB mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek perbandingan 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6.22 inci yang disematkan teknologi panel IPS(In- Plane Switching) dengan resolusi HD+ 720 x 1520 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 271 piksel per inci yang cemerlang. Sayangnya, tidak disebutkan terdapatnya proteksi anti gores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.

Kamera Vivo Y91C

Sisi fotografi dari Vivo Y91C RAM 2GB ROM 32GB ini terbilang standar saja karena dibekali satu kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa aperture f atau 2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1 atau 3 inci dan 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Walaupun tidak dibekali kamera kedua, kamera belakang Y91C ini masih mampu memotret mode portrait atau bokeh.

Kamera depan Vivo Y91C RAM 2GB ROM 32GB cukup memadai dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f atau 1.8 berukuran ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty 2.0 yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna sebab mampu mendeteksi 296 titik wajah.

Spesifikasi Vivo Y91C

Harga yang cukup terjangkau
Desain yang cukup baik
Baterai yang cukup besar
Warna yang elegan
Dapur pacu yang cukup baik
Performa yang cukup baik

Warna Tersedia Vivo Y91C

Fusion black
Sunset red

Harga Vivo Y91C

Harga yang dipasarkan atau dijual dari smartphone Vivo tipe ini adalah sekitar Rp. 1.800.000 saja.

Pilih Mana: Oppo A1K atau Vivo Y91C?

Oppo A1KVivo Y91C
Kelebihan - Layar smartphone yang terbilang cukup luas - Mempunyai desain yang cukup menarik - Hadir dengan baterai yang besar - Harga yang cukup terjangkau - Desain yang cukup baik - Baterai yang cukup besar
Kekurangan- Kualitas kamera yang masih cukup biasa saja - Keamanan fingerprint tidak ada - Kapasitas RAM masih kecil - Masih single kamera

Kesimpulan

Kedua merek tersebut adalah merek yang sudah banyak dikenal semua orang. Kedua tipe yang dijelaskan juga memiliki spesifikasi yang cukup baik. Terlebih lagi harga yang dijual adalah harga yang cukup terjangkau, dan untuk memilih smartphone disesuaikan saja dengan selera kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A1K vs Vivo Y91C

VS

Leave a Reply