Pilih Mana: Oppo A37 atau Vivo Y53?

Dalam era teknologi yang terus berkembang pesat, kehadiran berbagai pilihan smartphone menjadi suatu keharusan bagi konsumen yang ingin memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan mereka.

Dua brand yang cukup dikenal di pasar smartphone adalah Oppo dan Vivo, yang keduanya menawarkan beragam produk dengan spesifikasi yang menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua model yang cukup populer, yakni Oppo A37 dan Vivo Y53. Dengan berbagai fitur dan performa yang dimilikinya, pemilihan antara keduanya dapat menjadi tugas yang menantang.

Artikel ini akan memberikan gambaran mendalam mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing model, membantu kalian untuk memutuskan pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Oppo A37

Pada bulan Juni 2016, Oppo meluncurkan smartphone bernama Oppo A37. Ponsel ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan perangkat dengan harga terjangkau namun tetap menampilkan kesan elegan, serta memiliki spesifikasi yang memadai untuk sebuah smartphone.

Berikut spesifikasi Oppo A37:

Desain

Penampilan yang sangat modis dari smartphone Oppo menjadi salah satu daya tarik utama yang ditawarkan oleh perangkat pintar ini. Hal ini dapat terlihat dari kombinasi casing yang terbuat dari logam dan kaca yang melapisi seluruh bodinya. Oleh karena itu, banyak orang yang menyukai ponsel ini karena memiliki tampilan modis dan menggoda.

Performa

Spesifikasi Oppo A37 dapat dianggap cukup handal, mengusung prosesor Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang dipasangkan dengan GPU Adreno 306 untuk mendukung kinerja grafis. Selain itu, ponsel Oppo ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB, memberikan dukungan yang memadai untuk kinerja multitasking.

Layar

Sementara itu, layar pada ponsel Oppo A37 memiliki lebar 5,0 inci dengan resolusi HD dan teknologi IPS LCD, menawarkan tampilan yang sangat nyaman dan jernih. Ponsel ini juga ergonomis dipegang dengan satu tangan. Selain itu, layar HD ini dilindungi oleh Gorilla Glass, memberikan perlindungan ekstra untuk menjaga keawetan layar saat mengalami jatuh atau terbentur.

Kamera

Spesifikasi kamera Oppo A37 menampilkan kamera utama berkekuatan 8MP yang dilengkapi dengan fitur Auto Fokus dan Flash LED. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi sebesar 5MP dengan fitur screen flash. Keberadaan kedua kamera ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.

Kelebihan Oppo A37

Memiliki Desain yang Elegan dan Dilengkapi Pelindung Layar

Oppo A37 menampilkan layar seluas 5.0 inci dengan resolusi HD 720 x 1280, serta dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass 4 untuk menjaga keawetan layar dari benturan atau goresan. Desain premium Oppo A37 terlihat pada konstruksi unibodi yang dipadukan dengan body metal berbahan aluminium alloy. Tersedia dalam varian warna gold dan rose gold, Oppo A37 memiliki dimensi panjang 143.1 mm, lebar 71 mm, dan ketebalan 7.7 mm. Dengan berat 140 gram, ponsel ini memberikan kenyamanan saat digenggam dan dioperasikan.

Kapasitas Penyimpanan yang Besar dan Performa yang Handal

Oppo A37 dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 16GB dan RAM sebesar 2GB. Kapasitas ini menyediakan ruang yang cukup luas bagi pengguna untuk menyimpan berbagai jenis file, aplikasi, dan lainnya. Kemampuan penyimpanan ini dapat diperluas melalui penggunaan kartu microSD dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB tanpa harus mengorbankan slot SIM 2 yang terdapat pada smartphone Oppo A37 ini.

Ponsel Oppo A37 menggunakan GPU Adreno 306 yang memiliki keunggulan dalam efisiensi daya, dan menjalankan perangkat lunak Android v5.1 Lollipop serta UI ColorOs 3.0. Performa dari GPU dan perangkat lunak tersebut sudah cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi. Oppo A37 juga dirancang dengan menggunakan chipset Snapdragon 410.

Dilengkapi Dual SIM 3G/4G LTE dan Slot MicroSD

Oppo A37 dilengkapi dengan dua slot SIM yang mendukung jaringan 4G LTE, memungkinkan pengunduhan data dengan kecepatan hingga 150 Mbps dan pengunggahan data dengan kecepatan maksimal 50 Mbps. Untuk daerah yang belum tercover oleh jaringan 4G LTE, ponsel ini juga menyediakan dukungan untuk jaringan alternatif seperti GSM dan HSPA. Selain itu, Oppo A37 menyediakan konektivitas jarak dekat melalui jaringan Nirkabel Wi-Fi 802.11 dan hotspot. Terdapat juga berbagai fitur konektivitas lainnya, termasuk Bluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0, dan dukungan A-GPS.

Teknologi Pure Image

Dilihat dari segi kamera, Oppo A37 dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 8MP yang dilengkapi dengan LED flash, serta kamera depan beresolusi 5MP. Meskipun memiliki resolusi kamera yang lebih rendah dibandingkan dengan model pendahulunya, yakni Oppo F1s, Oppo A37 masih mampu menghasilkan foto yang cerah dan jelas berkat adanya teknologi pure image yang terdapat pada ponsel ini.

Kekurangan Oppo A37

Tidak Dilengkapi Sensor Fingerprint

Oppo A37 tidak dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari, berbeda dengan sejumlah produk Oppo lainnya maupun beberapa produk dari merek seperti Xiaomi, Lenovo, atau bahkan produk lainnya yang memiliki harga sebanding atau bahkan lebih terjangkau.

Baterai Non-Removable

Oppo A37 dilengkapi dengan baterai Lithium Ion non-removable berkapasitas 2.630 mAh. Kapasitas tersebut sudah memadai untuk digunakan sepanjang hari, baik saat bermain game maupun membuka aplikasi lain yang dibutuhkan.

Vivo Y53

Pada tahun 2017, Vivo meluncurkan smartphone dengan kategori kelas menengah ke bawah yang diberi nama Vivo Y53. Meskipun ditujukan untuk pasar kelas menengah bawah, hal ini tidak mengurangi keunggulan dan keandalan smartphone ini. Vivo selalu menyematkan teknologi unggulan pada setiap produknya, bahkan pada kelas menengah bawah sekalipun. Banyak yang menyebutkan bahwa smartphone ini dapat dianggap sebagai primadona baru di kelasnya.

Berikut spesifikasi Vivo Y53:

Desain dan Layar

Tampil dengan desain yang mewah dan elegan, smartphone ini melibatkan bahan metal pada bagian luar, menambah kesan kelas pada perangkat ini. Desain yang sedikit melengkung pada keempat sisi pojoknya memberikan sentuhan estetis. Layarnya memiliki ukuran 5.0 inci dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen, memberikan pengalaman visual yang memikat. Untuk melindungi layarnya, smartphone ini dilengkapi dengan kaca anti gores dari Corning berjenis Gorilla Glass. Sayangnya, resolusi layar hanya mencapai 540 x 960 piksel, menjadi satu aspek yang mungkin dapat menjadi pertimbangan bagi pengguna yang mengutamakan resolusi tajam.

Performa

Pada sektor dapur pacu, terdapat mesin kelas dari Qualcomm Snapdragon 425 yang memiliki empat inti alias Quad core. Mengenai kecepatan kinerjanya, mampu menjalan proses sistem dengan kecepatan 1.4 GHz. Vivo Y53 juga dilengkap dengan memori RAM cukup besar dikelasnya yakni 2 GB. Sementara untuk memori penyimpanan alias internalnya sebesar 16 GB. Sistem operasi yang dibawa Vivo Y53 adalah dari Android versi 6.0 Marshmallow.

Kamera

Beralih ke aspek kamera, Vivo Y53 menonjol dengan kamera berkualitas. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 8 MP yang dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash, serta kamera depan berukuran 5 MP yang juga dilengkapi dengan fitur LED flash.

Keberadaan fitur-fitur ini tidak hanya menambah keunggulan pada kamera, tetapi juga memberikan kepuasan ekstra bagi para penggemar selfie. Dengan adanya fitur LED flash, pengguna tidak perlu khawatir saat berada di tempat dengan pencahayaan yang kurang, membuat pengalaman selfie menjadi lebih optimal.

Baterai

Vivo Y53 memiliki daya baterai berkapasitas 2.500 mAh Li-Ion, dilengkapi dengan fitur fast charging yang memungkinkan pengisian daya yang cepat. Meskipun demikian, baterai ini bersifat non-removable, artinya tidak dapat dilepas.

Kelebihan Vivo Y53

Kamera yang Oke

Vivo Y53 dilengkapi dengan kamera utama berkekuatan 8 MP yang menawarkan fitur-fitur canggih, seperti autofocus, aperture f/2.0, HDR, dan LED Flash. Kombinasi fitur tersebut memastikan hasil foto yang optimal dengan detail yang jelas dan warna yang hidup. Tak hanya itu, Vivo Y53 juga menawarkan berbagai mode otomatis pada kameranya, memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk berkreasi dalam menghasilkan foto yang kreatif dan menarik.

Dilengkapi USB On-The-Go

Dengan kehadiran fitur USB On-The-Go pada Vivo Y53, penggunanya kini memiliki kemampuan untuk menghubungkan flash drive langsung ke smartphone tersebut. Hal ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses data yang tersimpan pada flash drive tanpa memerlukan perangkat tambahan.

Fitur ini memungkinkan transfer data yang cepat dan efisien antara Vivo Y53 dan flash drive, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengelola dan berbagi berbagai jenis file langsung melalui perangkat mereka.

Dual SIM Card

Vivo Y53 menawarkan kepraktisan dengan dilengkapi dua slot kartu SIM, memungkinkan penggunanya untuk menyematkan dua kartu SIM secara simultan. Keunggulan ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang memiliki dua nomor telepon atau kartu SIM berbeda, namun tidak ingin repot membawa dua smartphone secara bersamaan. Dengan adanya dua slot kartu SIM, Vivo Y53 memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengelola komunikasi tanpa harus berganti-ganti perangkat.

Harga yang Terjangkau

Vivo Y53 menawarkan solusi smartphone yang terjangkau dengan harga mencapai Rp 1,7 juta, menjadikannya pilihan yang diminati oleh banyak konsumen di Indonesia. Kelebihan utama dari perangkat ini terletak pada penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 425, memastikan performa yang cukup handal untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, Vivo Y53 juga dilengkapi dengan kemampuan dual SIM, memungkinkan pengguna untuk mengakses dua kartu SIM secara bersamaan. Kecepatan internet juga menjadi salah satu keunggulan, berkat dukungan jaringan 4G-LTE yang memastikan koneksi yang stabil dan cepat.

Layar 5 inci berjenis IPS memberikan pengalaman visual yang memuaskan, sementara baterai berkapasitas 2500 mAh memberikan daya tahan yang cukup untuk menjalankan aplikasi dan aktivitas sehari-hari.

Kekurangan Vivo Y53

Tidak Ada Fingerprint Scanner

Salah satu kelemahan yang dapat diidentifikasi pada Vivo Y53 adalah ketiadaan fitur Fingerprint Scanner. Tanpa kehadiran teknologi pemindai sidik jari ini, tingkat keamanan data pengguna menjadi kurang optimal.

Baterai yang Tidak Bisa Dilepas

Salah satu kekurangan tambahan yang perlu diperhatikan pada Vivo Y53 adalah terletak pada sifat baterainya yang bersifat non-removable atau tidak dapat dilepas. Hal ini berarti pengguna tidak dapat dengan mudah mengganti baterai sendiri, dan jika terjadi masalah pada daya tahan baterai atau kinerja baterai yang menurun, proses penggantian baterai menjadi lebih rumit.

Perbandingan Oppo A37 dan Vivo Y53

Oppo A37Vivo Y53
Kelebihan- Memiliki Desain yang Elegan dan Dilengkapi Pelindung Layar
- Kapasitas Penyimpanan yang Besar dan Performa yang Handal
- Dilengkapi Dual SIM 3G/4G LTE dan Slot MicroSD
- Teknologi Pure Image
- Kamera yang Oke
- Dilengkapi USB On-The-Go
- Dual SIM Card
- Harga yang Terjangkau
Kekurangan- Tidak Dilengkapi Sensor Fingerprint
- Baterai Non-Removable
- Tidak Ada Fingerprint Scanner
- Baterai yang Tidak Bisa Dilepas
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pilihan antara keduanya sangat tergantung pada preferensi dan kebutuhan individual pengguna. Bagi mereka yang mengutamakan kemampuan fotografi dan desain yang menawan, Oppo A37 dapat menjadi pilihan yang menarik. Di sisi lain, Vivo Y53 mungkin lebih cocok bagi mereka yang mencari smartphone dengan performa stabil tanpa harus menguras dompet.

Dalam mengambil keputusan, sebaiknya pertimbangkan dengan seksama faktor-faktor seperti kebutuhan penggunaan sehari-hari, anggaran, dan preferensi pribadi. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Oppo A37 atau Vivo Y53?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!