Smartphone

Pilih Mana: Oppo A37 vs Oppo A39

Beberapa dari kita mungkin sedang kebingungan untuk memilih ponsel mana yang paling bagus di antara Oppo a39 dan Oppo a37 untuk dijadikan ponsel pilihan yang akan kita gunakan. Oppo A39 disebut sebagai generasi penerus dari Oppo A37.

Oppo A39 memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan Oppo A37 dan diklaim memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada Oppo A37. Walaupun begitu, kedua ponsel ini sama-sama menawarkan desain yang elegan dan performa yang baik. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan antara kedua ponsel ini, mari kita simak uraian di bawah ini.

 Oppo A37 vs Oppo A39

Oppo A37

Oppo merilis smartphone yang diberi nama Oppo a37 ini pada bulan Juni 2016, ponsel ini sangat cocok bagi kita yang ingin memiliki ponsel dengan harga terjangkau tetapi tetap terkesan elegan dan memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk sebuah smartphone. Baca juga : Pilih Mana: Oppo A5 2020 atau Redmi Note 7?

Kelebihan Oppo A37

  • Memiliki desain yang elegan dan dilengkapi pelindung layar

Oppo A37 memiliki ukuran layar 5.0 inci dengan resolusi layar HD 720 x 1280 serta dilengkapi pelindung layar dengan jenis Gorilla Glass 4 yang akan membuat layar ponsel tetap terjaga ketika terbentur atau tergores sesuatu. Oppo A37 juga dilengkapi dengan desain premium yang memberikan konstruksi unibodi yang dikombinasikan dengan balutan body metal (aluminium alloy).

Oppo A37 memiliki pilihan warna gold dan rose gold. Dimensinya memiliki panjang 143.1 mm, lebar 71 mm, serta ketebalan 7.7 mm. Oppo A37 memiliki berat sebesar 140 gram, cukup nyaman untuk digenggam dan dioperasikan.

  • Performa yang handal

Oppo A37 dilengkapi dengan memori internal sebesar 16GB dan RAM sebesar 2GB. Kapasitas ini tentu merupakan ruangan yang cukup besar bagi pengguna untuk menyimpan beraneka ragam file, aplikasi dan yang lainnya. Ruang penyimpanan ini pun masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD card yang kapasitas maksimalnya mencapai 256 GB tanpa harus mengorbankan slot SIM 2 yang ada pada smartphone Oppo A37 ini.

Oppo A37 menggunakan GPU Adreno 306 yang memiliki keunggulan hemat daya dan menggunakan software Android v5.1 Lollipop serta UI ColorOs 3.0.

Oppo A37 vs Oppo A39

Performa Oppo A37 sudah sangat cukup untuk kita menjalankan berbagai aplikasi. Oppo A37 juga dirancang menggunakan chipset Snapdragon 410.
  • Dual SIM 3G/4G LTE dan slot MicroSD

Oppo A37 memiliki dua slot SIM yang didukung dengan jaringan 4G LTE, dapat mengunduh dengan kecepatan 150 Mbps dan mampu mengunggah data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Bagi kita yang daerahnya belum didukung oleh jaringan 4G LTE, ponsel ini juga sudah menyematkan jaringan alternatif seperti GSM dan HSPA.

Sedangkan untuk koneksi jarak dekatnya, Oppo A37 menyediakan jaringan Nirkabel Wi-Fi 802.11 dan hotspot. Fitur konektivitas lainnya yang terdapat di ponsel ini adalah Bluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0 dan support A-GPS.

  • Teknologi Pure Image

Ditinjau dari kamera, Oppo A37 memiliki kamera belakang dengan resolusi 8MP lengkap dengan LED flash dan kamera depan dengan resolusi 5MP. Meskipun memiliki resolusi kamera yang rendah dibanding pendahulunya yaitu Oppo F1s, Oppo A37 tetap dapat menghasilkan foto yang terang dan jernih berkat teknologi pure image yang ada di ponsel ini.

Kekurangan Oppo A37

  • Tidak dilengkapi sensor fingerprint

Oppo A37 tidak memiliki sensor pemindai sidik jari seperti produk Oppo lainnya atau produk lain seperti Xiaomi, Lenovo atau produk lain yang memiliki harga sama bahkan yang memiliki harga yang cukup jauh di bawahnya.

  • Baterai Non-Removable

Oppo A37 dibekali dengan baterai non-removable Lithium Ion yang memiliki kapasitas 2.630 mAh. Kapasitas ini sudah cukup untuk digunakan untuk seharian, baik untuk bermain game atau membuka aplikasi lain yang diperlukan.

OPPO A39

Oppo A39 merupakan produk yang dirilis tidak jauh dari Oppo A37, yaitu pada akhir tahun 2016, sejatinya, smartphone ini banyak memiliki kesamaan dengan Oppo A37 disebabkan waktu rilisnya yang tidak terlalu jauh.

Kelebihan Oppo A39

  • Desain elegan lengkap dengan pelindung layar

Oppo A39 memiliki desain CandyBar dengan dimensi 72.9 x 149.1 x 7.65 mm dan berat hingga 147 g, meski memiliki berat yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Oppo A37, ponsel ini tentu masih tergolong ringan untuk digenggam. Sayangnya, ponsel pintar ini hanya dirilis dengan satu pilihan warna yaitu warna gold.

Walaupun hanya memiliki satu pilihan warna, smartphone ini tetap memiliki desain yang sama elegannya dengan Oppo A37 karena sama-sama dibuat dengan material body metal. Oppo A39 memiliki lebar layar berukuran 5.2 inch, dengan resolusi 720 x 1280.

Sama seperti pendahulunya, Oppo A39 juga dilengkapi dengan pelindung layar berjenis Gorilla Glass 4 agar dapat melindungi apabila terjadi benturan atau goresan pada layar ponsel.

Oppo A37 vs Oppo A39

  • Kapasitas Penyimpanan besar 

Oppo A39 memiliki sistem operasional yang sama dengan Oppo A37 yaitu menggunakan OS android v5.1 Lollipop dan user interface color OS UI 3.0.

Namun, Oppo A39 memiliki penyimpanan yang lebih besar dibandingkan Oppo A37 yaitu RAM 3 GB dan memori internal sebesar 32GB. Oppo A39 menggunakan chipset MediaTek MT6750 Quad-core 1.5 GHz ARM Cortex-A53, Quad-core 1.0 GHz ARM Cortex-A53 yang akan menjadikan kinerja ponsel semakin cepat.

Dengan OS android yang terbilang tinggi, serta dengan dukungan prosesor yang ada mengharuskan ponsel pintar Oppo A39 dibekali daya pacu yang tinggi pula. Untungnya Oppo A39 dibekali daya pacu GPU Mali-T860 MP2, Dual-core 400 MHzMemory menjadikan kinerja ponsel semakin tangguh.

  • Dual SIM 3G/4G LTE dan slot MicroSD

Tidak berbeda dengan Oppo A37, Oppo A39 juga memiliki dua slot kartu SIM 3G/4G LTE dan memiliki slot microSD yang tidak mengharuskan kita mengorbankan slot kartu SIM kedua.

  • Kamera beresolusi tinggi

Oppo A39 memiliki kamera belakang dengan resolusi 13MP 4160 x 3120 pixels, Led Flash, Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom, Geotagging, Panorama, HDR, Touch focus, Face detection, White balance settings, ISO settings, Exposure compensation, Self-timer, Scene mode, video 1080p@30fps dan kamera depan 8MP. Resolusi yang dimiliki Oppo A39 jelas lebih baik daripada Oppo A37 meskipun tetap tidak sebaik Oppo pada seri ‘F’.

Kekurangan Oppo A39

  • Tidak ada sensor fingerprint

Sama seperti Oppo A37, seri Oppo A39 ini juga tidak dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang biasanya dimiliki oleh ponsel dengan harga yang setara dengan ponsel ini.

  • Baterai Non-Removable

Oppo A39 dibekali dengan baterai tanam Li-Po 2900 mAh. Jika dibandingkan dengan Oppo A37, tentu Oppo A39 memiliki daya tahan yang lebih lama meski sama-sama tidak dilengkapi dengan fitur fast charging dan sama-sama memiliki baterai yang tidak bisa dilepas.

Pilih Mana : Oppo A37 vs Oppo A39

Oppo A37Oppo A39
Kelebihan- Memiliki desain yang elegan dan dilengkapi pelindung layar - Performa yang handal - Dual SIM 3G/4G LTE dan slot MicroSD - Teknologi Pure Image - Desain elegan lengkap dengan pelindung layar - Kapasitas Penyimpanan besar  - Dual SIM 3G/4G LTE dan slot MicroSD - Kamera beresolusi tinggi
Kekurangan- Tidak dilengkapi sensor fingerprint - Baterai Non-Removable - Tidak dilengkapi sensor fingerprint - Baterai Non-Removable

Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang sudah kita simak di atas, baik Oppo A37 dan Oppo A39 memiliki spesifikasi yang jelas sekali sama bagusnya, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Namun, pada beberapa bagian, tidak dapat dimungkiri bahwa Oppo A39 memang lebih unggul daripada produk yang lebih dulu diproduksi yaitu oppo A37 meskipun harganya terbilang lebih mahal. Jadi, pilihan tetap berada di tangan kita, pilihlah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Semoga bermanfaat, ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A37 vs Oppo A39

VS

Leave a Reply