Smartphone

Pilih Mana: Oppo A57 vs Oppo F1s

Oppo merupakan brand gadget yang berasal dari perusahaan China ini selalu berinovasi untuk menghasilkan gadget yang selalu diminati dan mengikuti tren yang ada saat ini seperti dalam hal merilis smartphone dengan kamera selfie yang menggiurkan seperti Oppo A57 dan Oppo F1s.

Nah, dalam artikel kali ini Selera.id akan membahas mengenai perbandingan antara dua merk smartphone besutan Oppo tersebut yaiitu antara Oppo A57 dan Oppo F1s. Langsung saja yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

Oppo A57 vs Oppo F1s

Oppo A57

Produsen smartphone Oppo resmi merilis smartphone Android kelas entry teranyarnya, seri A57 awal nya dipasarkan di China. Smartphone Oppo A57 ini mengusung RAM 3 GB dengan kamera depan 12 megapiksel.

Oppo A57 memiliki RAM kapasitas 3 GB dan memori penyimpanan internal sebesar 32 GB. Slot kartu microSD yang disertakan mampu menampung kapasitas hingga 128 GB. Oppo A57 dilengkapi juga dengan slot kartu dual-SIM.

Oppo A57 memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 435 (MSM8940) dengan prosesor 64-bit octa-core 1,4 GHz, dan prosesor grafis (GPU) Adreno 505.

Untuk bagian baterai, Oppo A57 dibekali dengan kapasitas baterai 2.900 mAh. Oppo mengklaim, baterai tersebut dapat menghidupkan perangkat selama 11 jam untuk menonton video tanpa henti atau 23 jam untuk telepon secara terus menerus.

Oppo juga membekali A57 dengan sensor pemindai sidik jari. Smartphone ini menjalankan Android 6.0 yaitu Marshmallow. dan dapat dipercantik dengan tampilan antarmuka dari Oppo yaitu dengan ColorOS 3.0. Baca juga Pilih Mana: Oppo Reno atau Oppo F11 Pro?

Kelebihan Oppo A57

  • Dilengkapi dengan fingerprint
    Kelebihan Oppo A57 yang pertama pada Oppo A57 ini yaitu pada Fingerprint. Home yang dibuat menyerupai tombol fisik pada bawah layar Oppo A57 juga difungsikan sebagai sensor sidik jari. Oppo mengklaim bahwa sensor ini mempunyai performa yang lebih baik dibanding buatan merek lain karena memilki kecepatan pengenalan sidik jari yang hanya 0,2 detik saja.
  • Dibekali dengan performa yang handal
    Oppo A57 ini dilengkapi pula dengan chipset Qualcomm Snapdragon 435 dapat  dikatakan sebagai langkah yang baik untuk menunjang penggunaan smartphone Oppo A57 ini. Dengan processor 8 inti berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3GB terasa cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi populer masa saat ini.
  • Memiliki resolusi kamera yang lebih besar
    Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Oppo A57 adalah memiliki resolusi yang lebih besar dan lebih baik. Oppo A57 memiliki kamera depan dengan resolusi 16 MP dan kamera belakang dengan resolusi 13 MP. dan terdapat pula  fitur bokeh yang dapat membuat foto selfie Kamu agar menjadi lebih menarik perhatian.

Kekurangan Oppo A57

  • Resolusi layar yang masih standar
    Saat ini banyak ponsel di yang berada dikelas yang sama dengan Oppo A57 mulai beralih menggunakan layar dengan resolusi Full HD, Namun, Oppo A57 ini masih menggunakan resolusi HD yang membuat smartphone ini sedikit ketinggalan. Untuk browsing dan bermedsos ria, layar ini masih cukup memuaskan walau kurang memuaskan untuk nonton film dan gaming yang menuntut resolusi besar.
  • Belum dilengkapi dengan fast charging
    Kekurangan Oppo A57 lainnya yaitu smartphone ini belum adanya fitur Vooc Flash charge, proses pengisian daya baterai sampai dengan penuh dapat memakan waktu hingga sekitar 3 jam. Hal ini dikarenakan hardware seperti chipset yang memang belum mendukung kemampuan charging cepat.
  • Kamera depan tidak dilengkapi dengan LED Flash
    Kamera depan hanya dilengkapi dengan Screen Flash yang kualitasnya tidak sebagus LED Flash. Oleh sebab itu, hasil selfie kurang memuaskan saat di ambil pada malam hari dengan menggunakan smartphone ini.

Oppo A57 vs Oppo F1s

Oppo F1s

Salah satu smartphone yang menjadi favorit bagi para penggila Selfie yaitu Oppo F1s. Oppo F1s dirilis pada Agustus tahun 2016 lalu. Tidak seperti ponsel lain yang seakan lebih mengutamakan kamera belakang, kelebihan Oppo F1s justru ada pada kamera depannya.

Oppo mengklaim kualitas kamera 13 megapiksel miliknya tak kalah hebat dengan kamera selfie 16 megapiksel. Pasalnya, kamera belakang dilengkapi dengan sistem PDAF yang memungkinkan hasil foto mencapai resolusi 50 megapiksel dengan hasil yang lebih sempurna.

Kelebihan Oppo F1s

  • Dilengkapi kamera depan 16MP
    Kelebihan pertama pasa Oppo F1s ini yaitu pada bagian kamera depan yang dimilikinya. Menyandang nama Selfie Expert pada labelnya. Tentunya kamera Oppo F1s ini dilengkapi dengan sensor sebesar 1/3.1 dengan resolusi 16 megapixel ini terbukti mampu memberikan foto selfie yang terbaik di kelasnya.
  • Memiliki desain yang mewah dan elegan
    Oppo cukup terkenal sebagai produsen smartphone yang menghadirkan desain smartphone elegan. Oppo F1s pun demikian. Hadir dengan material metal, Oppo menciptakan F1s dalam balutan bodi yang tipis serta sudut-sudut ergonomis yang terkesan elegan dan mewah.
  • Dibekali dengan processor octa-core & 3GB RAM
    Smartphone Oppo F1s ini juga didukung dengan Cpu processor octa-core 64-bit MT6750, dengan GPU Mali T860 MP2, dan 3GB RAM didalamnya. Dilihat pada bagian CPU dan RAM, memang Oppo F1s ini cukup handal untuk menggunakan aktivitas sehari-hari seperti untuk bermain game, browsing internet, dan lain sebagainya.

Kekurangan Oppo F1s

  • Tidak ada sertifikat tahan air dan debu
    Oppo F1s memang hampir unggul untuk berbagai sektornya, Namun tetap saja ada yang  menjadi kekurangannya. Yaitu smartphone ini tidak diperkuat dengan tipe ponsel tahan air dan debu, baik itu dari rating IP65,IP67,atau IP68.
  • Layar tidak didukung super AMOLED
    Layar Oppo F1s sebenarnya cukup baik. Tetapi, yang menjadi kekurangannya, Smartphone ini tidak dilengkapi tipe super AMOLED. Tipe layar Oppo F1s sendiri masih tipe TFT IPS, sedangkan tipe super AMOLED adalah yang paling baik diantara tipe panel layar lainnya.
  • Kamera tidak didukung teknologi OIS
    Kamera depan dan kamera belakang Oppo F1s cukup handal untuk ponsel sekelasnya. Tetapi kekurangannya yaitu, Smartphone ini tidak didukung teknologi OIS, baik itu dikamera belakang atau kamera depan.

Oppo A57 vs Oppo F1s

Oppo A57 vs Oppo F1s

Spesifikasi Oppo A57 Oppo F1s
PerformaSnapdragon 435. MediaTek MT6750.
Penyimpanan 32 GB. 32 GB.
Baterai 2900 mAh.3075 mAh.
ChipsetQualcomm Snapdragon 435 MSM8940.MediaTek MT6750.
Grafik Adreno 505.Mali-T860 MP2.
Prosesor Inti octa, 1,4 GHz, Cortex A53.MediaTek MT6750.
Ukuran Layar 5,2 inci (13,21 cm).13,5 inci (13,97 cm).
Warna Black, Gold, Rose Gold.Gold, Rose Gold, Gray.

Spesifikasi Hardware
Yang pertama yaitu dari segi hardware, Oppo A57 telah dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Sedangkan, Oppo F1s memiliki prosesor MediaTek MT6750 Octa-core berkecepatan 1,5 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Jika kita lihat perbandingan yang ada dari spesifikasi hardware tersebut , Oppo F1s lebih unggul dibandingkan Oppo A57.

Kamera
Perbandingan selanjutnya antara Oppo A57 dan Oppo F1s yaitu pada bagian kamera yang keduanya sama-sama menggunakan kamera depan dengan resolusi 16 MP aperture f/2.0 dan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 ditambah LED Flash.

Dalam hal kualitas kamera Oppo A57 dan Oppo F1s, kedua sama-sama bisa menghasilkan foto yang baik. Namun untuk hasil kamera selfie yang lebih sempurna Oppo F1s yang menjadi pemenangnya.

Layar
Terakhir dari segi layar. Kedua smarthpone ini sama-sama dibekali dengan layar yang memiliki resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD. Sementara Oppo A57 memiliki lebar layar 5,2 inci dan OPPO F1s memiliki lebar layar 5,5 inci ditambah kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4. OPPO F1s menang dalam hal ketahanan terhadap goresan.

Pilih Mana: Oppo A57 vs Oppo F1s

Oppo A57 Oppo F1s
Kelebihan- Dilengkapi dengan fingerprint. - Dibekali dengan performa yang handal. - Memiliki resolusi kamera yang lebih besar. - Dilengkapi kamera depan 16MP. - Memiliki desain yang mewah dan elegan. - Dibekali dengan processor octa-core & 3GB RAM.
Kekurangan- Resolusi layar yang masih standar. - Belum dilengkapi dengan fast charging. - Kamera depan tidak dilengkapi dengan LED Flash. - Tidak ada sertifikat tahan air dan debu. - Layar tidak didukung super AMOLED. - Kamera tidak didukung teknologi OIS.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas bahwa Oppo F1s cukup lebih unggul dalam segi performa dan daya tahan baterainya tetapi harga yang dibandrol tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan Oppo A57. Sedangkan, Oppo A57 memiliki harga yang lebih murah dengan spesifikasi yang nyaris serupa dengan Oppo F1s. Oleh karenanya, dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kalian sediakan ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A57 vs Oppo F1s

VS

Leave a Reply