ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Oppo A9 2020 atau Oppo F11?

Oppo merupakan suatu perusahaan berasal dari Tiongkok yang saat ini menjadi populer di Indonesia, bagaimana tidak banyak sekali tipe smartphone yang dikeluarkan Oppo ini memiliki spesifikasi terbaiknya. Kedua diantaranya adalah Oppo A9 2020 dan Oppo F11.

Oppo A9 2020 dan Oppo F11 baru-baru ini dikeluarkan pihak Oppo dengan spesifikasi terbaiknya. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua smartphone ini? Tenang saja, kami akan menjelaskan pada artikel Selera.id kali ini.

 Oppo A9 2020 atau Oppo F11

Oppo A9 2020

Perusahaan smartphone asal Tiongkok ini, merupakan Oppo kembali mengeluarkan perangkat terbarunya yaitu Oppo A9 2020. Kinerja Oppo A9 2020 dipastikan lebih mulus dibanding model di seri Oppo A sebelumnya. Baca juga Pilih Mana: Realme X vs Samsung M30S

Smartphone Oppo A9 2020 ini memiliki kualitas terbaik dan memiliki spesifikasi yang sangat bagus. Dan juga Oppo A9 2020 dibekali dengan fitur-fitur terkini. Harga yang dijual cukup tinggi jika melihat dari segi kualitasnya worth it deh.

Spesifikasi Oppo A9 2020

1. Layar dan desain
Oppo A9 2020 ini dilengkapi dengan layar berukuran  , resolusi HD+ dengan screen to bodi dengan rasio 89%. Juga, smartphone ini dibekali dengan Sunlight Visibility Improvement untuk melakukan penyesuaian kontras pada pixel.

Untuk desain dari Oppo A9 2020 ini juga cukup terlihat elegan, membuat mata Anda akan tertuju dengan pilihan warna dari smartphone ini warna-warna yang cantik. Terdapat dua speaker dengan Dolby Atmos dan Hi-Res Audio yang menghadirkan suara yang optimal.

2. Kamera
Untuk kamera depan smartphone ini memiliki konfigurasi 16 MP dengan fitur Al Beautification dan kamera ini tersimpan di notch tetesan air. Untuk fitur Al Beautification ini dapat mengidentifikasikan warna kulit, jenis kulit, usia, dan jenis kelamin.

Sedangkan, untuk kamera belakang dengan konfigurasi 48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP + 2 MP depth sensor. Adanya keempat kamera tersebut mampu menghasilkan foto maksimal berkat konfigurasi Quad Camera.

Karena lensa 2 MP tersebut pengambilan gambar dapat dilakukan sebesar 119 derajat sehingga memungkinkan pengguna mengambil gambar di ruang terbatas.

3. Baterai
Fitur andalan lainnya berada di kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 11.8 jam untuk streaming video dan 7.7 jam untuk bermain game online. Dalam satu kali pengisian baterai ini mampu bertahan hingga 19 jam.

Rupanya tidk hanya itu saja, baterai ini juga diisi dengan daya 10 W melalui port USB C dengan reverse charging sehingga bisa dijadikan power bank untuk mengisi smartphone lain.

4. Performa
Smartphone ini didukung dengan chipset processor Qualcomm Snapdragon 665 yang dilengkapi dengan CPU octa-core 4 x 2.0 GHz Kryo 260 Gold + 4 x 1.8 GHz Kryo 260 Silver dan GPU Adreno 610.

Dengan chipset Snapdragon tersebut dapat mengurangi tingkat konsumsi sebanyak 20%. CPU ini juga mampu meningkatkan hingga 40% ,sedangkan GPU 100%. Untuk sistem operasi, Oppo memakai sistem antarmuka Color Os 6.0.1 berbasis Android 9.0 Pie.

 Oppo A9 2020 atau Oppo F11

Kelebihan Oppo A9 2020

  • Kapasitas baterai besar
    Dari akses multimedia, gaming, hingga kamera dapat ditunjang dengan adanya kapasitas baterai yang besar Li-Po sebesar 5.000 mAh. Baterai ini juga dibekali dengan fitur Reverse Charging untuk penghematan dan alur baterai yang fleksibel.
  • Kualitas kamera yang bagus
    Setelah Anda mengetahui spesifikasi kamera dari smartphone Oppo A9 2020 ini Anda akan mengetahui jika smartphone ini memiliki kualitas kamera yang sudah sangat cukup bagus. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki hobi selfie dan foto-foto.
  • Performa yang handal
    Selain dua kelebihan di atas, kelebihan lainnya dari Oppo A9 2020 ini memiliki performa yang sangat handal. Sudah dijelaskan di atas, spesifikasi performa dari smartphone Oppo A9 2020 ini. Bisa menjadi referensi nih jika Anda ingin mengganti smartphone.

Kekurangan Oppo A9 2020

  • Tanpa fitur NFC
    Kembali menjadi idola serta diharapkan hadir, rupanya Oppo A9 2020 masih belum membawa fitur NFC. Memang tidak menjadi suatu kewajiban menghadirkan fitur tersebut, di samping harganya yang mahal. Namun, suatu smartphone akan lebih berfungsi dengan kehadiran fitur NFC.
  • Tidak ada fitur VOOC
    Pada Oppo A9 2020 yaitu, fitur VOOC yang menjadi andalan Oppo dalam berbagai macam perangkat andalannya tampaknya tidak hadir pada perangkat ini. Padahal fitur ini akan sangat membantu saat mengisi daya ke baterai Oppo A9 2020 yang sangat besar itu.
  • Resolusi standar
    Kekurangan lainnya yaitu, Oppo A9 2020 memiliki panel beresolusi HD+ (1.600 x 720 piksel) dalam layar 6.5 incinya. Seharusnya dengan harga yang tinggi harusnya smartphone ini bisa bersaing lagi dengan memiliki resolusi tinggi.

Oppo F11

Smartphone Oppo F11 terbaru adalah perangkat smartphone dari Oppo dengan spesifikasi tinggi dan dapat diandalkan untuk berbagai macam aktivitas kehidupan modern yang serba cepat dan dinamis.

Harga Smartphone Oppo F11 terbaru juga relatif murah dan sangat wajar, apalagi jika melihat fitur-fitur yang dimilikinya. Dengan harga yang cukup murah, Anda akan dimanjakan bukan hanya dari sisi visual namun juga kinerja.

Spesifikasi Oppo F11

1. Layar dan desain
Dimana Oppo F11 menganut konsep desain bergaya waterdrop. Namun dengan rancang bangun yang lebih matang. Dan lebih elegan.

Body bagian belakang tampil menarik dengan warna gradasi yang merupakan perpaduan dua warna. Sementara layar dari Oppo F11 ini sekitar 6.5 inci dan dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 pixel.

2. Kamera
Oppo F11 dibubuhi kamera utama ganda beresolusi 48 MP dan 5 MP. Lensa utamanya Oppo F11 beresolusi 48MP. Sedangkan lensa keduanya menggunakan depth sensor. Oppo F11 menggunakan sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 dengan resolusi 48 MP.

 Oppo A9 2020 atau Oppo F11

Foto menggunakan lensa utama Oppo F11, hasil fotonya tidak pecah ketika di zoom. Resolusi foto yang dihasilkan Oppo dengan lensa utama lebih besar.

3. Baterai
Oppo F11 juga dibekali dengan baterai yang mempunyai kapasitas 4.020 mAh.

Berkat kapasitas internal yang besar, daya tahan baterainya yang lama, dan pengisian daya baterai cepat membuat Oppo F11 mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya di yang ada di pasaran.

4. Performa
Perangkat yang satu ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P70. Pihak Oppo mengklaim bahwa konfigurasi hardware ini mampu membuat Oppo F11 memiliki performa yang bertenaga.

Oppo F11 ini berhasil mendapatkan skor mencapai 147.391 poin dari aplikasi AnTuTu. Sementara pada pengujian Geekbench, produk ini mendapatkan skor yang mencapai 1.574 poin untuk Single Core dan 5.993 poin untuk Multi-core.

Kelebihan Oppo F11

  • Kualitas kamera baik
    Kelebihan yang utama dari Oppo F11 ini adalah kualitas kamera dari smartphone Oppo ini sudah sangat cukup baik. Hasil foto yang Anda dapat juga sudah cukup memuaskan Anda yang suka hobi dengan fotografer.
  • Desain yang modern
    Oppo memang dikenal dengan smartphone yang mengeluarkan desain kekinian. Terbukti dengan Oppo F11 ini perusahaan Oppo memberikan desain yang modern dan terlihat mewah. Oppo F11 ini juga mengadopsi desain layar dengan poni minimalis bergaya waterdrop di atasnya.
  • Performa yang tangguh
    Kelebihan yang terakhir dari smartphone ini adalah performa yang cukup tangguh disematkan oleh smartphone Oppo F11 ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan performa yang ada pada smartphone canggih ini.

Kekurangan Oppo F11

  • Baterai tergolong kecil
    Kekurangan yang pertama dari smartphone Oppo F11 ini, kapasitas baterai dari smartphone ini terbilang cukup kecil atau tidak begitu besar. Apalagi, jika dibandingkan dengan Oppo A9 2020.
  • Kamera keadaan gelap kurang oke
    Selain baterai yang tergolong kecil, kamera dari smartphone ini memang memiliki kualitasnya yang super bagus sekali. Namun, jika dalam keadaan gelap smartphone ini terbilang kurang oke. Namu, Anda bisa menggunakan flash untuk hasil yang maksimal.
  • Tidak ada fitur NFC
    Untuk kekurangan yang terakhir dari smartphone Oppo F11 ini adalah sama halnya dengan Oppo A9 2020 ini tidak memiliki fitur NFC.
KeteranganOppo A9 2020 Oppo F11
LayarLayar 6.5 inci Layar 6.5 inci
KameraKualitas kamera terbaik Kualitas kamera terbaik
BateraiBaterai jumbo 5.000 mAhBaterai 4.020 mAh
PerformaPerforma yang handal dan tangguhPerforma yang handal dan tangguh
HargaRp. 3 jutaan per November 2019Rp. 3 jutaan per November 2019

Pilih Mana: Oppo A9 2020 atau Oppo F11?

Oppo A9 2020 Oppo F11
Kelebihan- Kapasitas baterai besar - Kualitas kamera yang bagus - Performa yang handal - Kualitas kamera baik - Desain yang modern - Performa yang tangguh
Kekurangan- Tanpa fitur NFC - Tidak ada fitur VOOC - Resolusi standar - Baterai tergolong kecil - Kamera keadaan gelap kurang oke - Tidak ada fitur NFC

Kesimpulan

Kedua smartphone Oppo ini A9 2020 dan F11 ini memiliki spesifikasi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk segi spesifikasi, mungkin Oppo A9 2020 ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan Oppo F11. Pilihlah smartphone sesuai dengan kebutuhan Anda ya, semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo A9 2020 vs Oppo F11

VS

Leave a Reply