ElektronikGadgets

Pilih Mana: Oppo F1 Plus atau Vivo V15 Pro?

Smartphone adalah telepon genggam atau telepon seluler pintar yang dilengkapi dengan fitur yang canggih dan berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer. Smartphone saat ini menjadi kebutuhan untuk semua orang. Karena dengan smartphone akan membuat kamu lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang yang kamu sayangi.

Zaman sekarang banyak sekali perusahaan elektronik yang mengeluarkan tipe smartphone. Seperti merek Oppo dan Vivo yang mengeluarkan tipe terbaru mereka yaitu Oppo F1 Plus vs Vivo V15 Pro. Pada artikel di bawah ini saya akan membahas spesifikasi mengenai kedua tipe smartphone tersebut.

Oppo F1 Plus

Sebelum membahas mengenai spesifikasi dari Oppo F1 Plus, di bawah ini akan menjelaskan terlebih dahulu sejarah Oppo. Yuk, langsung saja baca sejarah Oppo ya.

Sejarah Oppo

Oppo adalah produsen elektronik yang berbasis di Dongguan, Guangdong, China. Produk utamanya termasuk MP3 player, pemutar media portabel, LCD-TV, eBook, pemutar DVD. Dibuat pada tahun 2004, perusahaan ini sudah terdaftar dengan nama merek Oppo di belahan dunia. Baca juga Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 7?

Menurut informasi IDC, Oppo menduduki peringkat ke-4 merek smartphone di seluruh dunia pada tahun 2017, dan merupakan merek smartphone nomor 1 di China pada tahun 2016. Pada bulan April tahun 2013 Oppo untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi.

Sebelum produknya dipasarkan ke Indonesia, Oppo terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, Amerika dan Qatar. Sejak saat itu Oppo terus melakukan promosi memperkenalkan kualitas brand nya melalui iklan Media Cetak, Televisi, Internet dan lainnya.

Oppo F1 Plus ini  banyak menjadi pilihan oleh banyak orang, karena memiliki kualitas dan juga spesifikasi yang sangat bagus. Di bawah ini akan menjelaskan spesifikasi dari Oppo F1 Plus.

Spesifikasi Oppo F1 Plus

Desain Oppo F1 Plus
Oppo F1 Plus didesain lebih premium, terbuat dari bahan metal full body dengan rasio 98.02% dari seluruh bahan metal yang digunakan. Bezel smartphone ini berukuran 1.66 milimeter dan menggunakan layar kaca 2.5D sehingga lebih terlihat premium.

Vendor Oppo mengatakan perlu 68 langkah pemolesan sehingga menghasilkan desain premium berukuran 151.8 milimeter x 74.3 milimeter dengan ketebalan 6.6 milimeter. Smartphone ini mempunyai berat 145 gram.

Dengan body ringan dan tipis pastinya Oppo F1 Plus akan lebih nyaman untuk digenggam. Vendor oppo menawarkan 2 varian warna yaitu Gold, Rose Gold pengguna bisa memilih sesuai warna kesukaannya.

Kamera Oppo F1 Plus
Mengenai sektor fotografi, smartphone ini dibekali kamera yang beresolusi tinggi, untuk kamera belakang beresolusi 13 MP, 4160 x 3120 pixel. Dilengkapi fitur autofocus, LED flash, Continuous shooting, Digital zoom, Digital image stabilization, Geo tagging, Panorama, HDR, Touch focus, Face detection, Video 1080p@30Fps.

Oppo F1 plus dibekali Kamera depan lebih baik daripada kamera belakang yaitu beresolusi 16 MP, dilengkapi fitur 1080p@30Fps, 5-element lens, Wide-angle lens. Sector fotografi inilah yang menjadi daya tarik untuk pecinta ponsel yang suka selfie. Jadi sangat wajar jika harga Handphone ini cukup mahal.

Baterai Oppo F1 Plus
Smartphone Oppo F1 Plus dibekali baterai yang cukup tahan lama, berkapasitas 2.850 mAh baterai berjenis Non-removable Li-Po dengan daya tahan 250 Jam untuk waktu siaga dan 31 jam untuk waktu aktif.

Kelebihan Oppo F1 Plus

  • Layar Super Amoled
    Keunggulan utama smartphone Oppo F1 Plus ada pada bagian layar tampilannya. Dilengkapi layar seluas 5.5 inci 1920 x 1080 pixel full HD yang sudah mengusung tipe super Amoled Dengan dukungan layar super Amoled membuat tampilannya jernih dan tajam, hal ini jelas berbeda dengan layar tipe IPS.
  • Kualitas Kamera Depan Terbaik Dikelasnya
    Oppo fF Plus didukung kamera depan sebesar 16MP. Kamera depan F1 plus memang didesain khusus bagi pengguna yang hobi foto selfie. Hal ini terbukti dengan teknologi sensor lensa aperture F/2.0 mampu untuk menangkap cahaya 4x lebih dari smartphone android lainnya.
  • Dilengkapi Pengisian Daya Cepat
    Oppo F1 Plus dilengkapi teknologi pengisian daya cepat atau disebut Vooc Flash Charge dengan kapasitas baterai sebesar 2850 mAH.

Kekurangan Oppo F1 Plus

  • Baterai Tidak Bisa Dilepas
    Meski memiliki pengisian daya yang cepat tetapi smartphone ini memiliki baterai yang tidak bisa dilepas.
  • Tidak Tahan Air
    Meski harga dari smartphone ini mahal, tetapi tidak ada sertifikat yang mengklaim bahwa smartphone ini akan tahan air dan debu.
  • Belum USB-C
    Kekurangan dari smartphone ini belum di support dengan USB-C, padahal untuk kompetitor lain sekelas sudah banyak yang menggunakan fitur tersebut.

Untuk mempermudah kamu memahami spesifikasi dari Oppo F1 Plus, lihat tabel di bawah ini.

Tabel Spesifikasi Oppo F1 Plus

SpesifikasiOppo F1 Plus
DesainElegan dan Mewah
KameraHDR, LED Flash dan Panorama
SIMDual SIM
BateraiNon-removable Li-Po 2.850 mAh
Ukuran151.8 x 74.3 x 6.6 mm
HargaRp. 5.499.000 (per Agustus 2019)
Lihat juga:  Pilih Mana: DANA atau GO-PAY?

Vivo V15 Pro

Sebelum membahas mengenai Spesifikasi dari Vivo V15 Pro, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sejarah Vivo. Baca penjelasan sejarah Vivo di bawah ini.

Sejarah Vivo

Vivo adalah produsen smartphone global dengan fasilitas produksi dan pusat R & D di China (Dongguan, Shenzhen, Nanjing, Beijing, Hangzhou dan Chongqing), India, Indonesia dan Amerika Serikat (San Diego).

Selama bertahun-tahun, Vivo sudah mengembangkan pasar smartphone, dengan kehadiran di Cina, India dan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Filipina). Dan banyak memasarkan smartphone.

Pada 2017, Vivo akan memperluas ke daerah-daerah seperti Hongkong, Macau, Taiwan, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Timur Tengah. Sebenarnya Vivo dan Oppo merupakan dari satu induk dari pabrik yang sama. Pabrikan teknologi tersebut bernama BBK Electronics.

Tipe smartphone ini memiliki kualitas dengan spesifikasi yang sangat baik, sehingga banyak diminati oleh banyak orang dari orang dewasa hingga orang tua. Di bawah ini akan menjelaskan mengenai Spesifikasi dari Vivo V15 Pro.

Spesifikasi Vivo V15 Pro

Desain Vivo V15 Pro
V15 Pro hadir dengan desain all screen, dengan bezel yang tipis dan tanpa notch. Bentang layarnya 6.39 inci dengan resolusi 1080 x 2316 pixel. Menggunakan panel Super AMOLED, layarnya terlihat tajam dan cerah, apalagi ketika digunakan di bawah terik matahari.

Dimensinya sedikit lebih kecil  yakni 157.25 milimeter x 74. 71 milimeter x 8.21 milimeter dengan bobot 185 gram. Ukurannya terbilang pas di genggaman, desain bodinya yang melengkung di sisi kiri dan kanan. Tidak terasa terlalu lebar atau terlalu tinggi meski untuk penggunaan satu tangan masih agak sulit.

Kamera Vivo V15 Pro
Kamera belakang V15 Pro jauh lebih baik dan mampu memanjakan penggunanya. Terdapat 3 kamera utama untuk memotret di bagian belakang ponsel. Terdiri dari kamera penting berkemampuan 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera bokeh 5 MP.

Untuk kamera utamanya jelas memiliki fungsi sangat bagus. Terutama ketika digunakan memotret dalam kondisi low light yang sedang populer belakangan ini. Tidak hanya 3 lensa di belakang, kemampuan AI dan fitur yang menyertainya membuat pemanfaatan kamera Vivo 15 terasa menyenangkan.

Mulai dari keberadaan mode HDR, Live Photo, dan Portrait Light Effect. Yang disebut terakhir memberi efek pantulan cahaya layaknya foto studio. Ditambah fungsi AI yang mampu membaca kebutuhan efek yang sesuai pada setiap kondisi objek foto.

Baterai
Smartphone ini mendukung dual engine fast charging yang membuat pengisian daya lebih cepat. Tetapi sayangnya, kapasitas baterai justru menjadi lebih kecil yaitu hanya 3.700 mAh. Bandingkan dengan seri Vivo V15 yang kapasitasnya 4.000 mAh.

Kelebihan Vivo V15 Pro

  • Kualitas Kamera yang Bagus
    Kualitas kamera dari Vivo V15 Pro ini sangat bagus, sangat cocok untuk kamu yang hobi selfie.
  • Performa yang Kencang
    Memiliki performa yang kencang yang tangguh yang tidak dapat kamu ragukan lagi.
  • Desain yang Elegan
    Vivo V15 Pro menghadirkan dua warna berbeda, yaitu Topaz Blue dengan gradasi biru tua dan biru muda, serta pilihan warna Coral Red. Ini adalah pilihan warna yang begitu atraktif.

Kekurangan Vivo V15 Pro

  • Bodi yang Mudah Kotor
    Meski dengan desain yang baik tetapi bodi dari Vivo V15 ini mudah kotor.
  • Bodi Berbahan Plastik
    Dengan harga yang mahal tetapi bodi smartphone ini masih terbuat dari plastik
  • Belum USB-C
    Kekurangan dari smartphone ini belum di support dengan USB-C, padahal untuk kompetitor lain sekelas sudah banyak yang menggunakan fitur tersebut.

Untuk mempermudah kamu memahami spesifikasi dari Vivo V15 Pro, lihat tabel di bawah ini.

Tabel Spesifikasi Vivo V15 Pro

SpesifikasiVivo V15 Pro
DesainElegan dan Mewah
KameraHDR, LED Flash dan Panorama
SIMDual SIM
BateraiNon-removable Li-Po 3.700 mAh
Ukuran157.3 x 74.7 x 8.2 mm
HargaRp. 5.199.000 (per Agustus 2019)

Pilih Mana: Oppo F1 Plus atau Vivo V15 Pro?

Oppo F1 PlusVivo V15 Pro
Kelebihan- Layar super amoled - Kualitas kamera depan terbaik dikelasnya - Dilengkapi pengisian daya cepat- Kualitas kamera yang bagus - Performa yang kencang - Desain yang elegan
Kekurangan- Baterai tidak bisa dilepas - Tidak tahan air - Belum USB-C- Bodi yang mudah kotor - Bodi berbahan plastik - Belum USB-C

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas Oppo F1 Plus dan Vivo V15 Pro keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi jika memilih keduanya menurut saya lebih unggul Oppo F1 Plus walaupun harga lebih mahal sedikit dibandingkan Vivo V15 Pro. Tetapi untuk kamu jika ingin memilih smartphone di antara kedua ini bisa kamu sesuaikan saja dengan selera kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F1 Plus vs Vivo V15 Pro

VS

Leave a Reply