Pilih Mana: OPPO F11 atau Vivo V15?

Sudah sangat kita ketahui semakin hari teknologi akan semakin canggih, seperti teknologi untuk berkomunikasi. Handphone, adalah suatu alat komunikasi genggam, yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Karena dengan handphone kamu bisa menjadi lebih dekat dengan orang yang kamu sayangi, juga handphone sebagai alat kebutuhan untuk menjelajah internet, game dan lain sebagainya. Salah satu merk handphone yang sangat diminati orang-orang adalah OPPO dan Vivo, tipe OPPO F11 dan Vivo V15 adalah tipe dari yang sedang booming. Berikut adalah penjelasan mengenai OPPO F11 dan Vivo V15.

OPPO F11

Oppo F11 menempatkan kamera depan di dalam poni tetesan air( water drop notch). Ukuran layar dari merk handphone ini Oppo F11 yakni 6. 53 inchi panel IPS LCD resolusi 1080 x 2340. Soal kamera depan, meski letaknya berbeda, pernyataan yang diusung tetap sama, yakni 16 megapiksel dengan lensa bukaan diafragma f atau 2. 0.

Oppo mengklaim kalau kamera handphone ini juga dibekali teknologi AI dengan 23 jenis adegan yang dapat dikenali, dan peningkatan warna yang mereka sebut sebagai Color Mapping. Di sektor dapur pacu, OPPO F11 dipersenjatai chipset MediaTek Helio P70 yang dipadu dengan dua pilihan RAM, yakni 4 GB dan 6 GB. Ada dua pilihan memori internal yang bisa dipilih, yakni 64 GB dan 128 GB. Oppo mengklaim untuk mengisi daya hingga 100 persen membutuhkan waktu 80 menit saja. Oppo F11 masih menggunakan port microUSB.

Berikut Spesifikasi OPPO F11:

Kamera OPPO F11

Oppo F11 dibubuhi kamera utama ganda beresolusi 48 MP dan 5 MP. Lensa utamanya Oppo F11 beresolusi 48MP. Sedangkan lensa keduanya menggunakan depth sensor. OPPO F11 menggunakan sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 dengan resolusi 48 MP. Sensor ini dilengkapi dengan ukuran ukuran photosite 0, 8 mikrometer dan berbasis BSI( backside illuminated) yang dinamakan ISOCELL Plus.

Melalui teknologi tetra cell, Oppo F11 akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari 4 piksel yang berdekatan untuk membuatnya sebanding dengan ukuran piksel tunggal 1, 6μm. Foto menggunakan lensa utama Oppo F11, hasil fotonya tidak pecah ketika di zoom. Resolusi foto yang dihasilkan Oppo dengan lensa utama lebih besar.

Warna Tersedia OPPO F11

Warna yang tersedia dari OPPO F11 ini ada tiga:
Fluorite Purple
Marble Green
Jewelry White

Kelebihan OPPO F11

Fitur Kamera Menggunakan Ultra Night Mode

Mirip dengan Oppo F11 Pro yang memiliki resolusi 48 MP f/1.79 dan dilengkapi dengan sensor kamera sekunder berkekuatan 5 MP, kombinasi ini dapat meningkatkan kualitas gambar yang tajam dalam berbagai kondisi, termasuk pencahayaan yang minim. Bukaan lensa yang otomatis lebar memungkinkan cahaya masuk lebih besar, terutama dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

Keunggulan lain dari Oppo F11 adalah fitur Ultra Night Mode yang mempermudah pengguna dalam memotret pada malam hari. Dengan penggabungan beberapa foto pada eksposur yang berbeda, mode ini meningkatkan dynamic range ketika kondisi cahaya terbatas.

Fitur menarik lainnya adalah Dazzle Color Mode, didukung oleh mesin kecerdasan buatan (AI engine), yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan kecerahan dan warna yang sangat tajam.

Menggunakan Performa Helio P70

Meskipun oppo f11 memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan dengan saudaranya, oppo f11 pro, yakni selisih sekitar 1 jutaan rupiah, namun keduanya menggunakan chipset terbaik, yaitu MediaTek Helio P70.

Keberadaan chipset ini memberikan keunggulan saat bermain game dengan oppo f11, di mana performanya akan optimal dan lancar tanpa perlu menyesuaikannya ke mode rendah. Selain itu, untuk meningkatkan performa lebih jauh, pengguna dapat memanfaatkan fitur Hyper Boost yang bekerja secara otomatis ketika bermain game.

Kapasitas Baterai Cukup Besar

Ketika kalian tengah sibuk dengan aktivitas yang memakan waktu, memiliki ponsel ini bisa menjadi pilihan yang tepat berkat kapasitas baterai sebesar 4020 mAh. Selain itu, manajemen daya yang efisien pada perangkat ini menjadikan ketahanan baterai lebih optimal.

Tak hanya itu, Oppo F11 juga menawarkan fitur menarik berupa fast charging VOOC 3.0, yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 100 persen dalam waktu singkat, hanya dalam 20 menit. Kalian dapat menggunakan fitur ini tanpa khawatir, karena sistemnya terjamin aman dan tidak akan merusak daya baterai secara keseluruhan.

Desain Modern

Keunggulan dari merek Oppo terletak pada desainnya yang selalu terkini dan sangat menyenangkan bagi mata. Desain layar poni yang minimalis dan gaya waterdrop pada Oppo F11 membuatnya terlihat semakin elegan dan menarik. Bagian belakangnya memiliki gradasi warna yang indah, dengan dua opsi warna menarik, yaitu fluorite purple dan marbie green.

Fast Charging

Untuk mereka yang tidak ingin menunggu lama saat mengisi ulang baterai, Oppo F11 adalah pilihan yang sangat sesuai. Pasalnya, Oppo F11 telah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat hingga 20W (VOOC 3.0). Kecepatan pengisian baterainya sangat dapat diandalkan dan tidak diragukan lagi.

Kekurangan OPPO F11

Tidak Ada Kamera Pop Up

Jika kalian mengharapkan kamera pop-up seperti yang ada pada Oppo F11 Pro, kalian tidak akan menemukannya pada versi standar Oppo F11. Fitur ini tidak disematkan pada model standar, melainkan hanya terdapat kamera depan yang ditempatkan di bagian atas dengan desain poni bergaya waterdrop, mirip dengan banyak ponsel lain yang beredar di pasaran.

Tidak ada fitur NFC

Mungkin bagi beberapa individu, ketiadaan fitur NFC tidak dianggap penting, namun bagi sebagian yang lain, hal ini dapat menjadi permasalahan signifikan karena saat ini NFC menjadi sangat diperlukan. NFC, yang merupakan singkatan dari Near-Field Communication, memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran data secara cepat dalam jarak dekat, hanya dengan jarak 4 inci saja.

Masih Memakai MicroUSB 2.0 Biasa (Belum Pakai USB Type-C)

Sangat disayangkan bahwa Oppo F11 masih menggunakan koneksi USB konvensional seperti ponsel lama. Pada era ponsel terkini yang seharusnya telah mengadopsi USB Type-C, keputusan Oppo F11 untuk tetap menggunakan USB konvensional menjadi suatu kekurangan, mengingat keberadaan USB Type-C memiliki manfaat yang signifikan untuk ponsel-ponsel modern saat ini.

Vivo V15

Smartphone teranyar ini merupakan smartphone pertama dari Vivo yang meluncur di Indonesia yang menggunakan kamera depan dengan teknologi pop up. Tidak tanggung- tanggung, resolusinya diklaim terbanyak yang sempat ada di Indonesia, yaitu 32 MP.

Untuk hardware, Vivo V15 dibekali chip Mediatek Helio P70, RAM dengan 6 GB, dan media penyimpanan sebesar 64 GB. Vivo V15 berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka khas Vivo, FunTouch 9.

Vivo V15 dibekali baterai 4. 000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat. Untuk dapur pacunya, Vivo V15 dibekali dengan prosesor Mediatek Helio P70. Sedangkan RAM- nya sebesar 6 GB dan memori internal sebesar 64 GB yang dapat ditambah dengan slot microSD hingga 256 GB.

Berikut Spesifikasi Vivo V15:

Kamera Vivo V15

Vivo V15 dibekali 3 kamera belakang. Kamera utamanya mempunyai sensor 12 megapiksel dengan lensa bukaan f atau 1. 8, kamera kedua resolusi 8 megapiksel f atau 2. 2, dan kamera ketiga 5 megapiksel f atau 2. 4. Kamera depan maupun belakang Vivo V15 juga dilengkapi fitur Artificial Intelligence( AI), mencakup AI Beauty untuk mempercantik foto wajah, dan AI Portrait Lighting untuk tingkatkan sinar dalam foto portrait.

Ketiga kamera Vivo V15 itu turut dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan, dengan lebih banyak pembaharuan untuk tingkatkan pengetahuan mobile photography pelanggan. Buat mensupport keahlian fotografi pada Vivo V15, baik lewat 32MP Pop- Up Camera atau AI Triple Camera, Vivo V15 sudah dilengkapi dengan RAM 6GB dan ROM 64GB dengan slot microSD hingga 256GB, sehingga sangat memungkinkan pengguna menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Warna Tersedia Vivo V15

Warna yang tersedia dari Vivo V15 ini ada dua:
Glamour Red
Royal Blue

Kelebihan Vivo V15

Desain Kekinian

Vivo V15 dan V15 Pro mengusung desain modern yang sesuai dengan tren perangkat seluler saat ini, ditandai dengan kover belakang bergradasi yang memukau. Selain itu, keduanya memutuskan untuk tidak menggunakan notch di bagian depan, menciptakan tampilan layar yang lebih luas. Vivo V15 memiliki rasio layar ke bodi sebesar 85.6%, dengan bezel yang tipis.

Bodi belakang perangkat ini dirancang seakan dilapisi kaca, memberikan kesan premium yang sangat menarik. Vivo V15 Pro hadir dalam berbagai pilihan warna, termasuk Topaz Blue, Glamour Red, Frozen Black, dan Royal Blue. Keberagaman warna ini memberikan opsi personalisasi yang lebih luas bagi pengguna.

Kualitas Layar Baik

Jika Vivo V15 Pro menyajikan layar berukuran 6.5 inci dengan panel AMOLED, Vivo V15 menghadirkan layar berbasis teknologi IPS LCD yang sedikit lebih kecil, yakni 6.3 inci. Resolusi layar pada HP Vivo V15 telah mencapai full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan rasio layar 19:5:9. Meskipun menggunakan panel IPS, layar HP ini tetap menawarkan kualitas yang baik dan memberikan kenyamanan saat digunakan.

Layar HP ini telah dilindungi dengan Gorilla Glass generasi kelima, produk pelindung layar dari Corning. Hal ini membuat pengguna tidak perlu khawatir akan kemungkinan tergores atau retak pada layarnya. Dengan adanya pelapisan tersebut, pengguna juga tidak perlu memasang pelindung layar tambahan.

Triple Kamera

Vivo V15 menampilkan tiga kamera belakang dengan resolusi masing-masing 24 MP, yang telah dilengkapi dengan dual pixel phase detection auto focus untuk memastikan fokus yang optimal pada subjek foto. Tidak hanya itu, terdapat juga kamera ultra wide 8 MP untuk mengabadikan gambar dengan cakupan yang lebih luas. Vivo V15 juga dilengkapi dengan lensa depth sensor sebesar 5 MP, yang memungkinkan efek latar belakang blur atau bokeh.

Kamera belakang ini didukung oleh LED Flash serta fitur-fitur seperti HDR dan panorama. Keunggulan lainnya adalah kemampuan kamera menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI, yang dapat secara cerdas menyesuaikan pengaturan kamera dengan objek yang akan difoto.

Selain kamera belakang yang impresif, Vivo V15 juga menonjol dengan kamera selfie-nya yang unik, menggunakan desain motorized pop-up yang mampu naik dan turun secara otomatis. Lensa kamera selfie ini memiliki resolusi sebesar 32 MP, menawarkan kualitas foto selfie yang memukau.

Baterai Tahan Lama

Vivo melengkapi ponsel ini dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang termasuk besar. Baterai ponsel ini mampu bertahan sepanjang hari dengan penggunaan yang wajar. Selain itu, ponsel ini telah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat Dual Engine, sehingga kalian hanya memerlukan waktu sekitar tiga puluh menit untuk mengisi daya baterai hingga 50%.

Kekurangan Vivo V15

Masih Menggunakan USB Tipe Mikro

Salah satu kekurangan yang dapat diidentifikasi pada HP Vivo V15 Pro adalah penggunaan port USB-nya. HP ini masih menggunakan port USB tipe mikro yang dianggap usang, sedangkan kebanyakan ponsel terbaru saat ini sudah beralih ke port USB tipe-C.

Penting untuk dicatat bahwa USB tipe-C memiliki kinerja transfer data yang lebih baik dibandingkan dengan USB tipe mikro, karena merupakan generasi terbaru dalam perkembangan teknologi USB.

Tidak Tahan Air dan Debu

HP Vivo V15 ini juga memiliki kelemahan lain, yaitu ketiadaan ketahanan terhadap air dan debu. Ya, HP ini belum mendapatkan sertifikasi IP. Oleh karena itu, perlu berhati-hati ketika menggunakan perangkat terbaru dari Vivo ini.

Perbandingan OPPO F11 dan Vivo V15

OPPO F11 Vivo V15
Kelebihan- Fitur Kamera Menggunakan Ultra Night Mode
- Menggunakan Performa Helio P70
- Kapasitas Baterai Cukup Besar
- Desain Modern
- Fast Charging
- Desain Kekinian
- Kualitas Layar Baik
- Triple Kamera
- Baterai Tahan Lama
Kekurangan- Tidak Ada Kamera Pop Up
- Tidak ada fitur NFC
- Masih Memakai MicroUSB 2.0 Biasa (Belum Pakai USB Type-C)
- Masih Menggunakan USB Tipe Mikro
- Tidak Tahan Air dan Debu
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

OPPO F11 dan Vivo V15 adalah handphone atau smartphone yang banyak disukai oleh orang-orang, dengan spesifikasi yang bagus mulai dari bentuk, warna, resolusi kamera yang baik. Keduanya mempunyai warna tersedia yang bagus, bentuknya yang ramping walaupun agak terlalu besar, tetapi tidak masalah untuk sebagian orang.

Kamu bisa membeli di toko offline juga bisa di online, harga dari kedua tipe handphone ini cukup mahal, tetapi kalau dari merk OPPO dan Vivo sendiri ada tipe yang lebih murah. Kalau di tipe ini memang cukup mahal tetapi sesuai dengan kualitas yang ada, jadi sesuaikan saja dengan selera kamu lebih suka OPPO atau Vivo.

Anda Pilih OPPO F11 atau Vivo V15?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!