Smartphone

Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Oppo F11?

OPPO kembali mengguncang pasar smartphone tanah air lewat dua smartphone yang menjadi jagoan barunya, yakni OPPO F11 dan F11 Pro. Meski kedua smartphone sama-sama mengusung jargon yang sama yaitu “Brilliant Portrait”, Tetapi ternyata F11 dan F11 Pro ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup terlihat. Oleh karenanya, kali ini kita akan membahas kedua smartphone keluaran Oppo tersebut pada artikel di bawah.

Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro merupakan smartphone pabrikan asal Negeri Tirai Bambu itu rilis dengan kamera yang tersembunyi (pop-up camera) dengan sensor 16 megapiksel (MP) dan daya baterai 4.000 mAh dengan pengisian super cepat VOOC Flash Charge 3.0. OPPO F11 Pro hadir dengan dilengkapi chip MediaTek Helio P70 dengan proses teknologi 12 nanometer. Selama dua pekan mencoba ponsel OPPO F11 Pro dengan kapasitas RAM 6 GB dan memori internal 64GB. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Vivo V15 Pro?

Desain Oppo F11 Pro

Desain Oppo F11 Pro material bagian belakangnya berbahan plastik, tetapi Oppo memolesnya hingga tampilannya mirip seperti kaca. Tapi yang bikin menarik konsep gradasi diagonalnya. Jadi sudut kiri bawah berwarna biru, tengah hitam dan kanan atas ungu. Saat terkena cahaya terlihat mempesona.

Untuk posisi kamera yang tadinya berada di pojok kiri atas pada F9 Pro, kini berpindah. Oppo menempatkannya di tengah atas. Tersusun sejajar dengan sensor sidik jari dan logo Oppo.Kendati secara dimensi lebih besar dari F9 Pro, F11 Pro tetap nyaman dalam genggaman. Terkadang saat tangan berkeringat, ponsel ini agak sedikit licin, pun begitu dalam paket penjualannya Oppo menyertakan case pelindung.

Oppo F11 Pro memakai AMOLED karena produksi gambar terang, tajam, dan kaya warna. Ternyata layar ponsel ini memakai LTPS IPS LCD. Dapat menikmati video atau bermain game jadi lebih menyenangkan. Terlebih layar ponsel ini cukup lapang, 6,53 inch dengan resolusi Full HD+ dan saat digunakan di bawah matahari terik masih bisa menampilkan gambar tanpa terhalang layar gelap..

Performa Oppo F11 Pro

OPPO F11 Pro juga disisipi dengan prosesor Mediatek Helio P70 yang kecepatannya bisa mencapai 2.1 GHz. Performa ini akan buat kinerja smartphone jadi lebih halus dan responsif. Jadi, tidak perlu takut smartphone menjadi lemot.

Kinerja processor itu juga akan ditunjang dengan kapasitas memori RAM 6GB. Kapasitas memori ini bisa dibilang lebih besar dibanding sejumlah smartphone sekelasnya yang masih menawarkan RAM di angka 4 GB. Untuk urusan ruang penyimpanan (storage), OPPO F11 Pro memberikan dua pilihan sesuai kebutuhkan kamu. Buat yang sudah cukup dengan kapasitas normal, storage 64 GB sepertinya sudah cukup. Namun, buat yang ingin lebih lagi, bisa mengambil kapasitar storage 128 GB.

OPPO F11 Pro juga ditenagai dengan baterai sebesar 4000 mAh. Untuk pemakaian normal, baterai ini bisa bertahan sepanjang hari. OPPO F11 Pro juga bisa untuk dipakai menonton video selama 12 jam dan main game hingga 5,5 jam nonstop. Kalau pun Baterai habis, fitur Fast Charge 3.0 akan bantu pengisian daya lebih cepat.

Oppo F11

Oppo membuat perubahan positioning yang cukup radikal, dari mem-branding produknya sebagai Selfie Expert menjadi Portrait Master. Hal ini karena seri F11 memiliki keunggulan utama foto portrait dalam kondisi minim cahaya. OPPO F11 Series hadir dengan dua versi, yakni F11 dan F11 Pro. Perbedaan utamanya terdapat pada penggunaan kamera depan, kapasitas memori, baterai dan tentu saja perbedaan di harga cukup jelas terasa. Di bawah akan kita bahas lebih lanjut mengenai Oppo F11

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Samsung A50?

Desain Oppo F11

Generasi terbaru seri F ini hadir dengan dua varian, yaitu OPPO F11 dan OPPO F11 Pro. Pembeda utama hanyalah pada konsep kamera depan, di mana seri F11 konvensional dengan menaruh sensor kamera di atas layar bagian depan. Sedangkan OPPO F11 Pro menyembunyikan di dalam body dan hanya muncul ketika mode kamera depan diaktifkan.
Perbedaan konsep ini berpengaruh kepada bentuk desain. Dimana OPPO F11 menganut konsep desain waterdrop seperti yang ada di seri sebelumnya. Namun dengan rancang bangun yang lebih matang.

Body bagian belakang tampil menarik dengan warna gradasi yang merupakan perpaduan dua warna. OPPO F11 Pro memiliki tiga pilihan warna yaitu Fluorite Purple, Marble Green dan Jewelry White. Bagian atas dan bawah frame dibuat membulat untuk mendapatkan kenyamanan pengguna saat menggenggam smartphone ini.

Performa Oppo F11

Oppo F11 ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P70 dengan kecepatan hingga 2,1Ghz. Secara performa, prosesor ini dapat mengubah pemrosesan single-thread menjadi pemrosesan multi-threaded. Sehingga meningkatkan kinerja pemrosesan sekaligus mengurangi konsumsi daya. Dipadu dengan kartu grafis Mali G-72 MP3, membuat F11 mampu memainkan game dengan resolusi tinggi (Full HD).

Smartphone ini juga mengaplikasikan teknologi Kmalloc yang memungkinkan OPPO F11 mengalokasikan memori lebih efisien untuk mengurangi pemborosan memori. Selain itu juga dibekali dengan mesin akselerasi kinerja yang disebut Hyper Boost yang diklaim dapat meningkatkan responsifitas performa. Teknologi ini mengoptimalkan alokasi sumber daya sistem dan perangkat keras untuk digunakan secara efektif untuk merespons games agar berjalan lancar tanpa hambatan.

Pada bagian penyimpanan sudah tersedia 4GB dengan memori internal 128 GB. Ini berbeda dengan seri OPPO F11 Pro yang RAM-nya memang lebih besar yakni 6GB, namun dengan memori penyimpanan lebih kecil yakni 64GB.

Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Oppo F11?

Oppo F11 Pro Oppo F11
Kelebihan - Daya tahan baterai lama - Performa cepat - Pengisian daya baterai cepat- Mengisi daya baterai sangat cepat - Kualitas layar yang tajam dan tangguh - Kamera depan dan belakang yang hasilnya bagus di siang hari
Kekurangan- Tidak ada NFC - Noda sidik jari mudah menempel- Tidak ada fitur NFC - Bahan bodi mudah kotor bekas sidik jari

Kesimpulan

Dari artikel di atas sudah kita bahas mengenai smartphone antara Oppo F11Pro dan Oppo F11 yang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kamu yang Ragu terhadap sistem kamera pop up Oppo F11 Pro bisa cepat rusak dan tidak tahan lama, bisa untuk memilih Oppo F11. Namun jika kalian ingin memilih smartphone yang desain yang kekinian dan keren, kalian dapat memilih Oppo F11 Pro.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F11 Pro VS Oppo F11

VS