Smartphone

Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Samsung A50?

Saat ini perkembangan teknologi sedang maju dengan pesat, tak tertinggal dengan smartphone yang hadir dengan berbagai fitur canggihnya. Semua brand berlomba – lomba menghadirkan smartphone terbaik nya. salah satunya merk Oppo dan Samsung yang bersaing ketat mengeluarkan smarthphone terbaru setiap tahunnya. dari beberapa seri smarthpbone tersebut kita akan bahas Oppo F11 Pro dan Samsung A50 di bawah ini.

Oppo F11 Pro

OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang bernama OPPO F11 Pro di Indonesia. Selain memiliki desain layar penuh, spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh smartphone ini menarik.

Tidak hanya itu, baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan pengisian daya baterai super cepat VOOC 3.0 Flash Charging pun telah hadirnya di dalamnya. Smartphone ini juga hadir dengan kamera ganda yang kamera utamanya beresolusi 48 MP.  Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy M20 atau Samsung Galaxy A20?

Desain Oppo F11 Pro

OPPO F11 Pro ini dilengkapi dengan layar 6,53 inci yang beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19,5:9. Dibandingkan smartphone seri F sebelumnya, kali ini desainnya terasa berbeda karena menggunakan kamera depan pop-up bernama Rising Camera yang memungkinkan kamera depannya berada di dalam smartphone.

Dengan kata lain, kamera depannya akan muncul ke bagian atas apabila penggunanya melakukan foto selfie atau video call. Sementara itu, kamera depannya akan kembali ke bagian dalam apabila penggunanya mengakses kamera belakang atau keluar dari aplikasi kamera bawaannya.

Hal ini pun membuat layarnya memiliki desain Panoramic Screen yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa memiliki poni sama sekali. Beralih ke bagian belakangnya terdapat dua kamera utama, LED Flash, dan sensor fingerprint yang disusun secara vertikal.

Bodi belakangnya pun dibalut dengan warna Thunder Black yang unik seperti gabungan dari warna ungu, biru tua, dan hitam. Debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bagian belakangnya sehingga sebaiknya langsung menggunakan casing tambahan yang tersedia dalam paket penjualannya.

Pada bagian bawahnya terdapat port jack audio 3,5mm, port microUSB, dan lubang speaker. Selanjutnya, slot kartu SIM, microSD, dan tombol Power berada di bagian kanannya. Sedangkan tombol volume berada di bagian kirinya.

Performa Oppo F11 Pro

OPPO F11 Pro dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal 64 GB. Dengan kombinasi hardware ini pihak OPPO mengklaim bahwa smartphone ini akan menghasilkan performa yang tinggi.

Untuk membuktikannya, saya pun menguji F11 Pro dengan menjalankan beragam aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari, mulai dari Telepon, SMS, jejaring sosial, messaging, pemutar video, editor dokumen, pemutar musik, dan email.

Hasilnya OPPO F11 Pro ini mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Untuk performa gaming, saya pun mengujinya juga dengan menjalankan beberapa game populer, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, AOV, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.
AOV, PUBG Mobile, dan Mobile Legends dapat dijalankan secara mulus dengan grafis tinggi dan High Frame Rate. Namun khusus Final Fantasy XV Pocket Edition sebaiknya menggunakan grafis menengah agar dapat berjalan dengan lancar.

Samsung A50

Samsung telah merilis ponsel Galaxy A50 di Indonesia. Ini adalah ponsel keluarga Galaxy A pertama yang diluncurkan di Indonesia dan juga pertama yang menggunakan penamaan dengan 2 angka.

Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung J7 Pro atau J7 Plus?

Senjata utama dari Galaxy A50 adalah 3 kamera belakangnya dan pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar yang mana dua hal tersebut nampaknya kini sedang menjadi tren di ponsel baru.

Selain itu juga, Galaxy A50 menawarkan baterai yang cukup besar yaitu 4.000 mAh yang dikombinasikan dengan fast charging agar penggunanya lebih bebas menggunakan ponselnya untuk waktu yang lama.

Desain Samsung A50

Galaxy A50 memiliki desain dengan bodi yang cukup ringan dengan bobot 166 gram, dan memiliki dimensi 158,5×74,7×7,7 milimeter. Setiap sudut ponsel itu memiliki lengkungan sehingga membuat nyaman ketika digenggam, bagian belakangnya didesain dengan bahan plastik yang mengkilat, membuat bodi ponsel seperti kaca. Hal itu rentan terhadap bekas sidik jari yang kotor, jika tidak rajin dibersihkan, ponsel akan terlihat jorok.

Dengan ukuran layar 6,4 inci Super AMOLED, screen-to-body ratio 84,9 persen, resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Layar dirasa cukup kokoh karena dilapisi Corning Gorilla Glass 3, tapi sebaiknya dilapisi dengan anti gores atau pelindung benturan tambahan, agar lebih aman.

Di dalam kotak, Samsung tidak menyediakan softcase, sehingga pengguna perlu lagi membelinya. Karena dengan memakai softcase pengguna tidak akan merasa licin menggunakan smartphone dan cukup untuk melindungi bodi. Namun, pengguna disarankan untuk memilih hardcase agar ponsel lebih aman.

Samsung menggunakan layar Infinity-U Super AMOLED didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design. Bagian layar terdapat notch kecil berbentuk tetesan air sebagai tempat kamera depan, dan di atasnya terdapat speaker untuk mendengar komunikasi telepon.

Performa Samsung A50

Samsung Galaxy A50 dilengkapi dengan chipset Exynos 9610 (10 nanometer), dan grafis chip Mali-G72 MP3. Chip tersebut dilengkapi unit penglihatan dan pemrosesan gambar berdasarkan mesin jaringan saraf. Exynos 9610 merupakan prosesor yang menampilkan modem LTE dan konektivitas nirkabel yang beragam untuk pengalaman seluler yang lebih cepat dan lancar.

Chip tersebut didampingi dengan kapasitas RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, Galaxy A50 juga menghadirkan kapasitas RAM 6 GB/ 128 GB. Exynos 9610 juga memungkinkan Galaxy A50 memberikan pengalaman gaming tanpa hambatan, seperti 3D gaming, serta menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar.

Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Samsung A50?

Oppo F11 Pro Samsung A50
Kelebihan - Desain yang menawan - Kamera yang jernih - Performa yang unggul- Fingerprint di balik layar - Dilengkapi tiga kamera utama - RAM yang lumayan besar
Kekurangan- Tidak Tahan Air dan Debu - Tidak Ada NFC- Bodi plastik - Tidak anti air

Kesimpulan

Dari artikel di atas yang sudah kita bahas mengenai Oppo F11 Pro dan Samsung A50. Apabila dilihat segi sensor fingerprint dalam layar, kamera depan, varian, fitur, daya tahan baterai, dan harga yang ditawarkan maka Galaxy A50 yang lebih unggul. Sementara OPPO F11 Pro dapat menjadi pilihan apabila dilihat dari segi kamera belakang, desain layar, dan kemampuan pengisian daya baterai yang lebih cepat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F11 Pro VS Samsung A50

VS

Leave a Reply