Smartphone

Pilih Mana: Oppo F1s atau Samsung J7 Prime?

Samsung merupakan perusahaan teknologi terbesar asal Korea Selatan yang berhasil menggebrak pasar smartphone kelas menengah dengan menghadirkan smartphone besutannya bernama Samsung J7 Prime. Tidak hanya Samsung, sebelumnya juga ada vendor Oppo yang turut menghadirkan smartphone buatannya dengan sebutan Oppo F1s. Jika membahas kedua perangkat dari masing-masing vendor ini, Oppo F1s vs Samsung J7 Prime bagus mana? Di bawah ini kelebihan dan kekurangan keduanya.

Oppo F1s

Dikutip dari Kompas.com, Oppo mempercayai otak untuk Oppo F1s dari prosesor Mediatek MT6750 Octa core berkecepatan 1,5 GHz. Selain itu, smartphone ini didukung fasilitas RAM 3 GB yang juga dilengkapi dengan kapasitas ruang penyimpan internal sebesar 32 GB yang bisa diekpansikan hingga 128 GB. Baca juga Pilih Mana: OPPO F11 atau VIVO V15?

Kelebihan Oppo F1s

1. Resolusi kamera depan 16 MP
Meskipun memiliki resolusi kamera belakang berukuran sama yakni 13 MP. Namun, resolusi kamera depan dari Oppo F1s jelas lebih unggul dibanding Samsung J7 Prime. Jika pada Samsung J7 Prime hanya dibekali resolusi kamera 8 MP, sedangkan Oppo F1s memiliki resolusi kamera depan mencapai 16 MP.

2. Ponsel lebih ramping
Oppo F1s memiliki desain ponsel yang lebih ramping dibandingkan dengan desain yang dimiliki oleh Samsung J7 Prime.

Kekurangan Oppo F1s

1. Dibanderol harga lebih mahal
Saat membahas harga, maka banderol harga untuk Oppo F1s jelas lebih mahal sedikit dibanding Samsung J7 Prime. Oppo F1s dibanderol harga mulai dari Rp 3,5 juta sementara Samsung J7 Prime hanya dibanderol harga mulai dari Rp 3 juta.

2. Kerapatan pixel rendah
Oppo F1s hanya memiliki kerapatan pixel lebih rendah yakni 267 ppi, sedangkan Samsung J7 Prime memiliki 1,5x kerapatan pixel lebih tinggi yakni 401 ppi.

Samsung J7 Prime

Samsung J7 Prime mempercayai prosesor Exynos 7870 Octa core sebagai dapur pacunya dan GPU Mali-T830MP2 berkecepatan 1,6 HGz untuk memacu performa grafis ponselnya. Sehingga dapat disimpulkan performa dari Samsung J7 Prime tergolong cukup mumpuni untuk menemani aktivitas penggunanya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Infinix atau Xiaomi?

Kelebihan Samsung J7 Prime

1. Memiliki kapasitas baterai yang besar
Walau membenamkan resolusi kamera yang lebih kecil dibanding Oppo F1s. Samsung ternyata unggul dalam sektor kapasitas baterainya yang lebih besar. Samsung J7 Prime memiliki dukungan baterai mencapai 3300 mAh sementara Oppo F1s hanya memiliki kapasitar baterai 3075 mAh.

2. Layar sudah Full HD
Jika Oppo F1s hanya dilengkapi dengan layar beresolusi HD (1280 x 720 piksel), sementara Samsung J7 Prime sudah dilengkapi dengan layar beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Dengan demikian kualitas layar yang ada di Samsung J7 Prime jelas lebih baik ketimbang Oppo F1s.

Kekurangan Samsung J7 Prime

1. Dimensi lebih tebal
Oppo F1s memiliki ketebalan 0,7mm lebih tipis dibanding Samsung J7 Prime. Dalam hal ini, ketebalan yang dimiliki Oppo F1s hanya sebesar 7,4mm sementara 8,1mm merupakan ketebalan yang dimiliki Samsung J7 Prime.

2. Belum didukung sensor cahaya belakang
Samsung J7 Prime menangkap gambar kurang begitu baik layaknya yang dilakukan Oppo F1s. Hal ini karena Samsung J7 Prime belum didukung sensor cahaya belakang atau lebih dikenal dengan sensor BSI (Backside Illuminated).

 Pilih Mana: Oppo F1s atau Samsung J7 Prime?

Oppo F1sSamsung J7 Prime
Kapasitas baterai– Hanya 3075 mAh– Berkapasitas 3300 mAh
Teknologi layar– Mengusung teknologi layar PLS TFT– Didukung teknologi IPS LCD
Harga– Berkisar diharga Rp 3,5 juta– Berkisar diharga Rp 3 juta

Kesimpulan

Jika dilihat dari harga dan dukungan kapasitas baterai yang besar maka Samsung J7 Prime bisa jadi pilihan Anda. Namun untuk Anda yang mencari keunggulan spesifikasi dan juga kamera, maka Oppo F1s menjadi pilihan terbaiknya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F1s vs Samsung J7 Prime

VS

Leave a Reply