ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Oppo F5 Youth vs Oppo F5

Produsen smartphone Oppo, mengeluarkan smartphone yang mempunyai harga terjangkau tetapi kualitas yang sangat mumpuni. Kedua smartphone ini yaitu Oppo F5 Youth dan Oppo F5 memiliki spesifikasi yang hampir sama namun tetap berbeda.

Apa perbedaan dari keduanya? Bagaimana spesifikasi keduanya? Mana yang lebih unggul dari keduanya? Untuk itu Anda bisa langsung saja baca artikel Selera.id di bawah ini.

Oppo F5 Youth vs Oppo F5

Oppo F5 Youth

Smartphone Oppo F5 Youth merupakan salah satu smartphone lifestyle yang patut Anda mengetes kemampuannya. Seperti telah menjadi trend di tengah masyarakat, kalau memiliki smartphone selain harus mempunyai desain yang menarik juga mampu melakukan banyak hal. Baca juga Pilih Mana : Oppo A37 vs Oppo A39

Itu lah yang coba ditampilkan smartphone Oppo F5 Youth ini. Anda akan mendapati suatu ponsel berperforma menarik seperti smartphone Oppo F5 Youth dan juga mempunyai kualitas yang tangguh.

Tidak hanya tampil cantik, smartphone Oppo F5 Youth juga menawarkan segudang fitur yang pastinya sangat digandrungi oleh konsumen khususnya Anda yang berjiwa muda. Smartphone Oppo F5 Youth hadir juga dengan spesifikasi yang bisa dikatakan cukup tangguh.

Kelebihan Oppo F5 Youth

  • Desain yang terlihat mewah
    Desain bezel less pada Oppo F5 Youth membuat tepian layar lebih tipis dan membuat layar lebih lebar dan berkelas. Oppo F5 Youth tetap menggunakan desain unibody dengan bahan polycarbonate yang membuatnya tampak mewah dan mahal.
  • Kualitas kamera yang tinggi
    Mengandalkan kamera selfie dengan fitur kecerdasan buatan atau AI Beauty Recognition Technology yang dapat meningkatkan kualitas hasil kamera depan namun masih tetap terlihat natural. Dengan fitur kecerdasan buatan ini, kamera depan Oppo F5 Youth dapat mendeteksi lebih dari 200 titik pada wajah sehingga dapat mengenali wajah pengguna, warna kulit, umur, dan usia.
  • Fitur keamanan yang canggih
    Facial Unlock sudah disematkan pada Oppo F5 Youth. Anda bisa membuka kunci smartphone dengan menggunakan pengunci wajah. Cukup hadapkan wajah Anda pada kamera depan. Dan di bagian belakang juga dibekali dengan sensor sidik jari. Sehingga ponsel Anda lebih aman. Buat Anda yang sering lupa pola kunci atau password, Anda bisa gunakan 2 fitur canggih ini.

Kekurangan Oppo F5 Youth

  • Layar tidak didukung amoled
    Kekurangan yang pertama dari Oppo F5 Youth ini adalah meskipun layar tampilan dengan ukuran layar yang besar, yaitu 6 inchi full HD, akan tetapi teknologi layar oppo F5 Youth ini tidak didukung tipe super AMOLED yang lebih baik dari tipe layar TFT.
  • Tidak tahan air dan debu
    Jika Anda mencari smartphone yang tahan terhadap air dan debu, sayangnya Oppo F5 Youth ini bukanlah menjadi pilihan yang pas. Karena smartphone ini termasuk kedalam jajaran smartphone yang tidak tahan air dan debu. Wajar saja, karena Oppo F5 Youth ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau.
  • Belum ada fitur NFC
    Selain tidak tahan air dan debu, smartphone F5 Youth ini juga tidak memiliki fitur NFC. Pada smartphone, teknologi NFC ini dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai yang biasa dipakai untuk alat pembayaran. Ya, dengan NFC, Anda dapat melakukan pembayaran dengan sekali tap saja. Selain itu, NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer data dengan lebih mudah, hingga menjalankan sebuah aplikasi secara otomatis.

Oppo F5

Oppo F5 merupakan satu lagi smartphone terbaru dari Oppo yang mulai meramaikan pasar tanah air, dengan aneka fitur pilihan dan teknologi canggih. Smartphone ini tampil minimalis dan modern dengan mengutamakan tampilan luar yang dinamis dan cocok untuk Anda dengan mobilitas tinggi.

Pada smartphone Oppo F5 Anda tidak akan lagi menemukan tampilan layar ponsel yang kabur, karena layar telah dilengkapi dengan resolusi yang cukup besar. Bentuk smartphone Oppo F5 memang sangat menjanjikan untuk segi desain, sangat sesuai untuk Anda yang mengutamakan gaya hidup dan kepraktisan.

Diluar itu, kinerja smartphone Oppo F5 juga pantas diacungi jempol berkat adanya fitur keras yang mendukung produktivitas perangkat. Dalam penggunaan harian, Anda dapat mengandalkan perangkat yang satu ini untuk berbagai aktivitas multitasking, banyak hal yang bisa dilakukan smartphone ini.

Oppo F5 Youth vs Oppo F5

Dengan dijual harga smartphone Oppo F5 yang relatif ekonomis. Untuk ponsel cerdas kelas menengah, harga Smartphone Oppo F5 ini sudah terbilang ekonomis dan terjangkau, dengan segudang fitur dan spesifikasi yang tinggi.

Kelebihan Oppo F5

  • Kualitas kamera yang tinggi
    Kelebihan yang utama dari Oppo F5 ini adalah kualitas kamera dari smartphone ini sudah sangat tinggi, foto yang dihasilkan tidak akan kabur. Oppo F5 juga mengandalkan Artificial Intelligence (AI) untuk makin mengoptimalkan hasil foto Anda. Dengan teknologi A.I. Beauty Technology, kamera ini punya lebih dari 254 titik pengenalan wajah. Jadi, Oppo F5 dapat lebih tepat mengenali setiap detail wajah.
  • Layar yang elegan
    Mungkin kelebihan yang satu ini sering menjadi pertimbangan saat Anda akan membeli suatu smartphone. Maka dari itu, Oppo F5 ini mengeluarkan desain yang sangat cukup elegan. Layar Full View tersebut juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5 sehingga Anda tidak perlu khawatir layarnya akan lecet jika tergores kunci atau koin di kantong Anda.
  • Performa yang tangguh
    Urusan performa, spesifikasi Oppo F5 tidak perlu diragukan lagi. Spesifikasi Oppo F5 tersebut membuatnya sangat layak Anda pertimbangkan, utamanya dengan harga yang cukup terjangkau.

Kekurangan Oppo F5

  • Menggunakan material polycarbonate
    Bodi Oppo F5 seharusnya bisa lebih cantik atau memiliki bodi yang solid, sayangnya hal tersebut tidak terjadi. Penggunaan desain material polycarbonate menjadi kekurangan tersendiri. Pasalnya, material polycarbonate adalah material plastik yang membuat smartphone ini tampak terasa murahan desainnya.
  • Tanpa pelindung layar
    Anda yang membeli Oppo F5 diharuskan menggunakan tempered Glass. Pasalnya, tidak ada pelindung layar pada smartphone ini, ini juga jadi salah satu kekurangan lain. Andaikan Oppo memakaikan pelindung layar semacam Corning Gorilla Glass, tentu akan membuat layar yang tetap terlindungi.
  • Tanpa adanya NFC
    Absen fitur NFC juga jadi kekurangan tersendiri. Banyak smartphone di kelas harga yang sama yang sudah menyematkan fitur NFC. Terlebih fitur NFC ini memiliki manfaat yang banyak. Tidak sedikit orang yang butuh smartphone dengan fitur NFC. Jika saja Oppo ingin menyematkan fitur NFC, smartphone ini juga jadi punya nilai lebih.

Oppo F5 Youth vs Oppo F5

1. Layar
Untuk Smartphone Oppo F5 Youth hadir dengan layar yang lebar sebesar 6 inci dengan resolusi besar, dimensi perangkat ini adalah 15.6 x 76 x 7.5 mm dengan balutan body eksklusif yang berkelas. Sedangkan untuk Oppo F5 layar sebesar 6 inci juga dengan resolusi 156.5 x 76 x 75 mm.

Untuk segi layar keduanya memiliki spesifikasi yang sama persis.

2. Kamera
Oppo F5 Youth yang murah, Anda akan dimanjakan kamera selfie dengan resolusi tinggi sebesar 16 MP, dan untuk kamera utama adalah 13 MP. sayangnya untuk tipe yang satu ini, belum didukung LED flash pada kamera depan, kendati demikian hasil foto tetap juara.

Untuk Oppo F5 Resolusi yang ditawarkan adalah 20 MP untuk kamera depan dan 16 MP, kualitas kamera luar biasa, ditambah lagi fitur kamera lanjutan yang sudah hadir juga menambah kesempurnaannya.

Oppo F5 Youth vs Oppo F5

Dari segi kamera sudah jelas Oppo F5 jauh lebih unggul dibandingkan dengan Oppo F5 Youth.

3. Dapur pacu
Untuk chipset yang digunakan adalah tipe Helio P23 yang di dalamnya tertanam CPU Octa Core dengan kecepatan 2.3 GH, berpadu dengan GPU Mali G71 MP2 yang juga sama-sama tangguh dan juga membenamkan RAM berkapasitas 3 GB dan ROM 32 GB.

Untuk Oppo F5 menggunakan jenis Octa Core dengan kecepatan tinggi 2.5 GHz, tidak heran jika dalam kinerjanya sangat mulus dan responsif, Oppo F5 RAM 4GB ROM 32GB.

Sudah jelas untuk segi dapur pacu sangat jauh lebih unggul dan bagus Oppo F5 dibanding dengan Oppo F5 Youth.

4. Baterai
Baterai yang tertanam pada Oppo F5 Youth berkapasitas 300 mAh. Baterai berjenis Lithium Ion ini non-removable sehingga Anda tidak dapat menggantinya sendiri jika terjadi kerusakan.

Sama halnya dengan Oppo F5 Youth, dimana Oppo F5 ini memiliki kapasitas sama yaitu 3.200 mAh.

Untuk segi baterai keduanya sama-sama memiliki kapasitas baterai sebesar 3.200 mAh.

5. Harga
Keduanya sama-sama dijual dengan harga yang cukup terjangkau, jadi tidak perlu Anda ragukan lagi.

Untuk memilih keduanya sesuaikan dengan selera dan juga kebutuhan Anda saja, soal harga sudah cukup ekonomis dan terjangkau.
KeteranganOppo F5 YouthOppo F5
Dimensi 156.5 x 76 x 7.5 mm 156.5 x 76 x 7.5 mm
Resolusi 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio
Baterai 3.200 mAh3.200 mAh
Dapur Pacu kecepatan 2.3 GH, berpadu dengan membenamkan RAM berkapasitas 3 GB dan ROM 32 GB Octa Core dengan kecepatan tinggi 2.5 GHz, Oppo F5 RAM 4GB ROM 32GB
Chipset Mediatek MT6763T Helio P23 (16 nm) Mediatek MT6763T Helio P23 (16 nm)

Pilih Mana: Oppo F5 Youth vs Oppo F5

Oppo F5 YouthOppo F5
Kelebihan- Desain yang terlihat mewah - Kualitas kamera yang tinggi - Fitur keamanan yang canggih - Kualitas kamera yang tinggi - Layar yang elegan - Performa yang tangguh
Kekurangan- Layar tidak didukung amoled - Tidak tahan air dan debu - Belum ada fitur NFC - Menggunakan material polycarbonate - Tanpa pelindung layar - Tanpa adanya NFC

Kesimpulan

Dari smartphone produsen Oppo ini yaitu tipe Oppo F5 Youth dan Oppo F5 ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah smartphone sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Tetapi, jika keduanya dibandingkan maka untuk segi kualitas dan fitur lainnya Oppo F5 jauh lebih unggul dibanding Oppo F5 Youth yang masih rendah. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F5 Youth vs Oppo F5

VS

Leave a Reply