Smartphone

Pilih Mana: Oppo F7 atau Vivo V9?

Dua perusahaan asal Tiongkok yang saat ini memiliki banyak produk smartphone yang banyak digunakan dan diminati adalah Oppo dan Vivo. Kedua produk yang dimiliki oleh kedua brand ini juga kerap dibandingkan karena memiliki produk dengan spesifikasi yang hampir mirip. Dua produk dari dua brand tersebut yaitu Oppo F7 dan Vivo V9. Manakah yang lebih baik dari keduanya? Oppo F7 atau Vivo V9?

Meskipun kerap dibandingkan karena memiliki produk yang memiliki spesifikasi hampir mirip, namun Oppo dan Vivo memiliki banyak perbedaan. Perbedaan lebih jelas dari kedua produk ini dapat Anda lihat pada artikel di bawah ini.

Oppo F7

Oppo F7 merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh brand Oppo. Dikutip dari Kompas.com Oppo F7 ini diluncurkan pada akhir Maret 2018. Smartphone ini juga merupakan smartphone pertama yang memiliki sensor 25 megapiksel Sony 567 yang memiliki kemampuan high dynamic range (HDR).

Kelebihan Oppo F7

Berikut beberapa kelebihan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Sedikit Lebih Besar

Salah satu kelebihan Oppo F7 adalah memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Vivo V9. Dengan kapasitas yang lebih besar, maka pemakaian smartphone Oppo F7 ini sedikit lebih lama dibandingkan dengan Vivo V9. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo F7 yaitu 3400 mAh sedangkan Vivo V9 memiliki kapasitas baterai sebesar 3260 mAh.

  • Mendapatkan Skor AnTuTu Lebih Besar

Kita saat ini telah mengenal luas bawah aplikasi AnTuTu memiliki kemampuan untuk mengetahui kinerja smartphone. Aplikasi ini dapat mengetahui kinerja smartphone tanpa harus menggunakan smartphone tersebut. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki skor AnTuTu yang lebih besar jika dibandingkan dengan Vivo V9.

  • Memiliki Resolusi Kamera Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki resolusi kamera yang lebih besar jika dibandingkan dengan Vivo V9. Oppo F7 memiliki kamera utama dengan resolusi sebesar 16 MP dilengkapi dengan LED Flash dan memiliki kamera depan dengan resolusi sebesar 25 MP. Sedangkan Vivo V9 memiliki kamera utama ganda sebesar 12 MP + 12 MP dilengkapi dengan LED Flash dan kamera depan dengan resolusi sebesar 24 MP.

Kekurangan Oppo F7

Berikut beberapa kekurangan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Memiliki Dual Kamera

Salah satu kekurangan Oppo F7 adalah belum didukung atau belum memiliki fasilitas kamera ganda. Sedangkan Vivo V9 telah memiliki dual kamera. Meskipun begitu, resolusi kamera yang dimiliki oleh Oppo F7 ini lebih besar meskipun belum memiliki dual kamera atau kamera ganda.

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo F7 ini adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan Vivo V9. Selisih harga yang dimiliki oleh dua smartphone ini yakni sekitar 200 hingga 300 ribu rupiah.

  • Tidak Tersedia NFC

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah belum dibekali dengan NFC (Near Filed Communication). Dengan harga yang relatif mahal, seharusnya Oppo telah bisa dilengkapi dengan Oppo F7.

Kelebihan Oppo F7Kekurangan Oppo F7
- Kapasitas baterai sedikit lebih besar- Belum memiliki dual kamera
- Mendapatkan skor AnTuTu lebih besar- Harga lebih mahal
- Memiliki resolusi kamera lebih besar- Tidak tersedia NFC

Vivo V9

Vivo V9 merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh brand Vivo pada April 2018. Smartphone ini secara fisik agak serupa dengan V9 “reguler”. Dengan layar 6,3 inci dan dengan panel IPS membuat kamera smartphone ini tampak baik. Sebelumnya kami telah membahas perbandingan antara Oppo F5 vs Vivo V7 Plus.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A1K atau Oppo A3S?

Kelebihan Vivo V9

Berikut beberapa kelebihan Vivo V9 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kamera Ganda pada Kamera Utama

Salah satu kelebihan smartphone Vivo V9 adalah telah memiliki dual kamera atau kamera ganda pada kamera utamanya. Vivo V9 telah mengusung dual kamera 12 MP + 2 MP pada kamera utamanya serta ditambahi LED Flash.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Oppo F7. Kedua smartphone ini memiliki harga dengan selisih sekitar 200 hingga 300 ribu. Jika dilihat dari sisi ini, maka jelas Vivo V9 memiliki harga yang lebih terjangkau. Karena itulah, dengan spesifikasi yang hampir sama, maka Vivo V9 lebih baik untuk dipilih.

  • Memiliki Kapasitas Memori Cukup Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki kapasitas memori yang cukup besar. Vivo V9 memiliki memori dengan kapasitas 64 GB dan memiliki slot micro SD dengan penyimpanan mencapai 256 GB. Dengan kapasitas memori yang cukup besar dan ditambahnya slot micro sD ini, Anda akan mudah dalam menyimpan file yang Anda butuhkan.

Kekurangan Vivo V9

Berikut beberapa kekurangan Vivo V9 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Sedikit Lebih Kecil

Salah satu kekurangan Vivo V9 adalah memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Oppo F7. Vivo V9 memiliki kapasitas baterai sebesar 3260 mAh sedangkan Oppo F7 memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar yakni sebesar 3400 mAh. Dengan jumlah kapasitas baterai yang lebih kecil ini, maka jangka pemakaian Vivo V9 lebih singkat karena kapasitas baterai yang lebih kecil.

  • Mendapatkan Skor AnTuTu Lebih Kecil

Skor uji benchmark yang dengan aplikasi AnTuTu dari smartphone Vivo V9 ini lebih kecil jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Oppo F7. Hal ini dikarenakan Oppo F7 memiliki skor AnTuTu sebesar 90.606 sedangkan Vivo V9 mendapatkan skor AnTuTu sebesar 139.772. Semakin besar skor yang dimiliki atau didapatkan dari aplikasi AnTuTu ini merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan kinerja sebuah smartphone.

  • Memiliki Resolusi Kamera Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo V9 ini adalah memiliki resolusi karena yang lebih kecil daripada Oppo F7. Vivo V9 memiliki kamera depan dengan resolusi kamera sebesar 24 MP dan Oppo F7 memiliki kamera depan dengan kapasitas sebesar 25 MP.

Kelebihan Vivo V9Kekurangan Vivo V9
- Memiliki kamera ganda pada kamera utama- Kapasitas baterai sedikit lebih kecil
- Harga lebih terjangkau- Mendapatkan skor AnTuTu lebih kecil
- Memiliki kapasitas memori cukup besar- Memiliki resolusi kamera lebih kecil

Pilih Mana: Oppo F7 atau Vivo V9?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Oppo F7 dan Vivo V9. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Oppo F7 Vivo V9
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Skor AnTuTu lebih besar- Skor AnTuTu lebih kecil
- Belum memiliki kamera ganda- Memiliki kamera ganda

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Oppo F7 dan Vivo V9 di atas, dapat dikatakan bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, jika Anda perhatikan lebih banyak, maka Anda bisa melihat bahwa Oppo F7 lebih baik dari Vivo V9. Sayangnya, harga Oppo F7 ini lebih mahal daripada Vivo V9.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo F7 vs Vivo V9

VS

Leave a Reply