Smartphone

Pilih Mana: Oppo Joy 3 atau Oppo Neo 3?

Oppo saat ini merupakan merek smartphone yang cukup merajai pasar melalui produknya yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni dengan harga yang cukup ekonomis, salah satunya seperti Oppo Joy 3 dan Oppo Neo 3.

Oppo Joy 3 dan Oppo Neo 3 merupakan smartphone yang memiliki performa cukup baik untuk aktivitas sehari-hari. Desain yang diusung pun simple dan tentunya cukup untuk masuk ke dalam kantong saku atau pakaian kamu.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai detail dari Oppo Joy 3 dan Oppo Neo 3 agar bisa kamu jadikan perbandingan dalam memilih smartphone andalan kamu. Disini aja ya guys!

Oppo Joy 3 atau Oppo Neo 3

Oppo Joy 3

Oppo membekali ponsel Joy 3 16GB ini dengan dengan layar sentuh berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang berukuran 4,5 inci dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 218 piksel per inci.

Sayangnya, ponsel Joy 3 16GB ini masih mengandalkan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan balutan antarmuka ColorOS, padahal para pesaingnya sudah mengadopsi Android Lollipop. Bahkan smartphone yang lebih ekonomis seperti platform Android One sudah menikmati sistem operasi Android 6.0 Marshmallow terbaru dari Google.

Ponsel ini dibekali dengan memori internal atau ROM berkapasitas yang cukup lega, yaitu 16GB yang bisa diperluas melalui slot microSD sampai maksimal 32GB. Baca juga Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020?

Kamera Oppo Joy 3

Oppo Joy 3 disenjatai dengan kamera beresolusi 5 MP sebagai kamera utamanya. Kamera pada bagian belakang Oppo Joy 3 tersebut bahkan sanggup menghasilkan foto dengan resolusi 2.592 x 1.944 pixels. Sedangkan untuk kamera depan disematkan kamera 2 MP yang sudah sangat mumpuni untuk sekedar foto selfie atau video chat.

Ditambah lagi Oppo menambahkan fitur seperti Autofocus, LED Flash serta lensa kamera dengan aperture F/2.4, sehingga sanggup mengoptimalkan hasil foto memakai kamera utamanya. Sebagai pelengkap spesifikasi Oppo Joy 3 ini, kamera utamanya juga bisa dipakai untuk merekam video dengan resolusi 720 pixels.

Baterai Oppo Joy 3

Pabrikan asal Tiongkok ini membekali smartphone entry-level andalannya dengan baterai berkapasitas 2000mAh untuk memenuhi kebutuhan dayanya.

Fitur Oppo Joy 3

  1. LED Flash
    Oppo Joy 3 dibekali dengan LED Flash yang berfungsi untuk pencahayaan tambahan saat kamu ingin mengambil gambar pada ruangan gelap.
  2. Autofocus
    Autofocus merupakan system bawaan kamera yang bisa menentukan ketepatan fokusnya. Oppo tidak melewatkan fitur ini ke dalam Oppo Joy 3 buatannya sehingga kamera pada Oppo Joy 3 bisa mendeteksi objek yang akan di foto berapapun jaraknya.

Oppo Joy 3 atau Oppo Neo 3

Kelebihan Oppo Joy 3

  • Sudah dibekali dengan jaringan 3G HSDPA untuk mengakses internet
    Selain itu ponsel pintar Oppo Joy 3 juga sudah dilengkapi dengan koneksi data GPRS dan juga EDGE. Dukungan jaringan data tersebut berfungsi untuk membantu para konsumen Oppo Joy 3 supaya tetap bisa mengakses internet saat berada ditempat yang belum tersentuh jaringan 3G.
  • Kamera cukup mumpuni
    Kelebihan Oppo Joy 3 berikutnya yaitu pada segi kamera, dimana ponsel pintar Oppo Joy 3 telah dibekali dengan dual kamera yang akan membantu para konsumen Oppo Joy 3 saat sedang melakukan aktivitas fotografi.
  • Kinerja responsif
    Perangkat Oppo Joy 3 juga sudah dibekali dengan 1 GB RAM yang akan mendukung supaya kinerja dapur pacu Oppo Joy 3 bisa bekerja lebih maksimal dan lebih responsif walaupun saat dipakai menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan.

Kekurangan Oppo Joy 3

  • Belum didukung jaringan 4G
    Pada segi konektivitas yaitu belum mendukung koneksi 4G LTE. Saat sekarang ini smartphone berbanderol Rp 1,8 juta sudah banyak yang didukung jaringan 4G LTE.
  • Layar belum dilengkapi pelindung layar
    Kekurangan Oppo Joy 3 selanjutnya yaitu pada segi tampilan layar, dimana layar dikenakan Oppo Joy 3 tidak dilengkapi dengan pelindung layar sehingga akan membuat layar Oppo Joy 3 rawan terkena goresan.
  • Resolusi layar cukup
    Resolusi layar cukup rendah 480 x 854 pixels yang dirasa ukuranya masih terlalu kecil untuk ukuran layar 4,5 inci.

Oppo Neo 3

Oppo Neo 3 mengusung ukuran 4, 5 inci berukuran 480 x 854 pixels pada resolusinya. Dari segi layar Oppo Neo 3 sudah memenuhi syarat smartphone dan untuk tipe layar yang sudah mendukung IPS LCD dengan kedalaman 16 juta warna.

Sistem operasi yang dimiliki Oppo Neo 3 masih mendukung Android OS, v4. 2.1 Jelly Bean yang merupakan versi lawas namun senantiasa mendukung banyak aplikasi.

Selain itu smartphone ini mempunyai performa yang cukup responsif dengan ditenagai prosesor Dual-core dengan clock speed 1.3 GHz yang akan diimbangi dengan RAM 1 GB sehingga sangat lancar saat memproses aplikasi berat atau game berat.

Memori eksternal yang mendukung smartphone ini mempunyai kapasitas maksimal 32 GB. Dengan dukungan memori eksternal akan membantu menambah keleluasaan pengguna dalam menyimpan aplikasi, game atau foto.

Kamera Oppo Neo 3

Oppo Neo 3 mempunyai kamera utama dengan resolusi 5 MP dengan ukuran 2592х 1944 pixels dan fitur yang mendukung autofocus, LED flash, Geo-tagging untuk menunjang kualitas dari foto yang dihasilkan.

Oppo Joy 3 atau Oppo Neo 3

Konsumen bisa bebas membidik objek di tempat minim cahaya dengan bantuan LED flash yang ada. Selain itu bila konsumen mau mengabadikan momen dengan kamera video, smartphone ini sanggup merekam video yang terbilang cukup.

Tidak cuma itu saja smartphone Oppo Neo 3 ini juga dilengkapi dengan kamera kedua yang mempunyai resolusi 2 MP.

Baterai Oppo Neo 3

Baterai yang ditanamkan dalam ini bisa dibilang cukup baik yaitu 1900 mAh yang sanggup menunjang mobilitas smartphone kamu. Untuk memory sendiri Oppo Neo 3 R831K ditanamkan memory internal 4GB dan juga RAM sebesar 1GB.

Fitur Oppo Neo 3

  1. LED Flash
    Sama seperti Oppo Joy 3, Oppo Neo 3 juga dibekali dengan LED Flash yang berfungsi untuk pencahayaan tambahan saat kamu ingin mengambil gambar pada ruangan gelap.
  2. Autofocus
    Sama juga dengan Oppo Joy 3, Oppo Neo 3 juga memiliki autofocus yang merupakan sistem bawaan kamera yang bisa menentukan ketepatan fokusnya. Oppo tidak melewatkan fitur ini ke dalam Oppo Neo 3 buatannya sehingga kamera pada Oppo Neo 3 bisa mendeteksi objek yang akan di foto berapapun jaraknya.

Kelebihan Oppo Neo 3

  • Menyediakan dua buah slot sim card
    Menyediakan dua buah slot sim card GSM, dengan dual sim card konsumen dapat memasukkan 2 sim card dari operator berbeda dan kedua SIM card Mendukung akses internet 3G.
  • Ukuran layar cukup luas
    Ukuran layar yang lumayan luas yakni 4,5 inci, sehingga konsumen bisa cukup leluasa dalam me-navigasi menu menu yang ada pada layar sentuh, tetapi senantiasa nyaman ketika dimasukkan dalam saku pakaian.
  • Memory internal cukup mumpuni
    Menyediakan Penyimpanan internal yang cukupan yakni 4GB, namun sebagian sudah dipakai untuk menyimpan file file sistem operasi dan aplikasi bawaan sehingga tersisa kurang lebih 2 GB

Kekurangan Oppo Neo 3

  • Kecepatan transfer data yang lambat
    Bluetooth yang dipakai versi lama yakni 2.1 sehingga mempunyai kecepatan di bawah versi 3 dan 4, bisa dibilang cukup lama dalam transfer data.
  • Resolusi layar kurang mumpuni
    Untuk bentang layar 4.5 inci, resolusi layar tergolong biasa saja yaitu 854 x 480 piksel, dengan kerapatan yang biasa saja yakni 218 ppi
  • Kapasitas baterai yang rendah cuma 1900 mAh
    Dengan kapasitas baterai yang sangat rendah ini, tentunya aktivitas kamu sehari-hari membutuhkan pengisian daya berulang-ulang.
SpesifikasiOppo Joy 3Oppo Neo 3
CPUMediatek MT6582, Quadcore 1.3 GHz Cortex-A7 Dual-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPUMali-400 MP2 Mali-400
O.S. Android OS, v4.4 (KitKat) Android 4.2.1 (Jelly Bean)
Baterai 2000 mAh 1900 mAh
GPSYesYes
Sensor Proximity Sensor, Accelerometer, Ambient Light, G-Sensor Accelerometer, proximity
Harga per Oktober 2019Rp 1.599.000,-Rp 1.200.000,-

Pilih Mana: Oppo Joy 3 atau Oppo Neo 3?

Oppo Joy 3Oppo Neo 3
Kelebihan- Sudah dibekali dengan jaringan 3G HSDPA untuk mengakses internet - Kamera cukup mumpuni - Kinerja responsif - Menyediakan dua buah slot sim card - Ukuran layar cukup luas - Memory internal cukup mumpuni
Kekurangan- Belum didukung jaringan 4G - Layar belum dilengkapi pelindung layar - Resolusi layar cukup - Kecepatan transfer data yang lambat - Resolusi layar kurang mumpuni - Kapasitas baterai yang rendah cuma 1900 mAh

Kesimpulan

Oppo Joy 3 dan Oppo Neo 3 memiliki harga yang ekonomis, namun spesifikasi dan performa yang diberikan cukup mumpuni untuk aktivitas sehari-hari asal dipakai secara wajar. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih Oppo Joy 3 karena memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Joy 3 vs Oppo Neo 3

VS

Leave a Reply