Smartphone

Pilih Mana: OPPO K3 atau Vivo S1?

Produsen smartphone saat ini semakin gencar dengan memproduksi handphone canggih ditambah spesifikasi dan fitur-fitur yang mutakhir untuk aktivitas manusia sehari-hari, salah satunya seperti OPPO K3 dan Vivo S1 yang saat ini menjadi dambaan kalangan remaja.

OPPO K3 dan Vivo S1 adalah smartphone yang sesuai untuk kamu yang hobi bermain game mobile karena menyematkan baterai yang cukup besar sehingga mampu bertahan seharian pada pemakaian normal.

Ingin tahu lebih dalam mengenai detail dari OPPO K3 dan Vivo S1? Untuk itu pantengin terus Selera.id agar bisa kamu jadikan perbandingan dan referensi dalam memilih smartphone andalan sehari-hari. Disini aja ya!

OPPO K3

OPPO K3 memakai chipset Snapdragon 710 dari Qualcomm. Chipset yang sama juga digunakan pada OPPO R17 Pro, OPPO Reno, dan Realme X.

Chipset ini memiliki arsitektur 8 inti Kryo dengan kecepatan clock sampai 2.2GHz. Kemudian grafisnya memakai GPU Adreno 616 menjamin rasa visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien dan mutakhir.

Sedangkan itu untuk memori, memakai RAM 6GB LPDDR 4x. Pemakaian memori jenis itu membuat efisiensi serta performa yang meningkat. Begitupun dengan penyimpanan internal 64GB USF2.1 yang bisa membaca serta menulis memori dengan cepat.

Kalau masalah layar, pastinya hal itu menjadi fitur yang paling ditonjolkan di OPPO K3. Handphone ini hadir dengan OLED Panoramic Full Screen 6,5 inci beresolusi 2340 x 1080. Kehadiran modul kamera tersembunyi rising-camera membuat OPPO K3 bisa mempunyai panoramic full screen serta rasio screen-to-body sebesar 91,1%. Baca juga Pilih Mana: Oppo K3 atau Realme X?

Kamera OPPO K3

Kamera depan OPPO K3 mempunyai resolusi 16MP dengan bukaan f/2.0 mengenakan sensor Sony IMX471 yang sangat andal dipakai untuk berswafoto. Diperkuat dengan teknologi AI, sistem bisa meningkatkan kualitas hasil foto dengan lebih natural. Namun jika mau, kamu bisa membuat kulit lebih halus dan tirus supaya terlihat lebih cantik.

Untuk kamera belakang, OPPO K3 mempunyai kamera ganda di mana untuk kamera utama memakai sensor Sony IMX519. Konfigurasinya merupakan kamera utama resolusi 16MP serta bukaan f/1.7, dan kamera kedua yang berfungsi sebagai depth-sensor resolusi 2MP dengan bukaan f/2.4. Kamera itu didukung sederet fitur yang akan memaksimalkan hasil foto konsumen, seperti Ultra Night Mode 2.0 dan OPPO Portrait Mode 2.0.

Baterai OPPO K3

Untuk memenuhi kebutuhan daya konsumen, OPPO K3 dibekali baterai sebesar 3.765 mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0. Teknologi ini memungkinkan konsumen untuk memuat daya lebih cepat 25% dari VOOC generasi sebelumnya.

VOOC Flash Charge 3.0 juga mempunyai teknologi pengaturan suhu yang memungkinkan perangkat untuk tetap bisa dipakai kala pengisian daya berlangsung.

Fitur OPPO K3

  1. Frame Boost
    Frame Boost akan menstabilkan frame- rate yang didapat pada game.
  2. Touch Boost
    Touch Boost akan meningkatkan respons sentuhan saat bermain game.
  3. ColorOS 6
    OPPO K3 memakai antarmuka Color OS seri 6.0 yang berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie dan didesain untuk smartphone full-screen. ColorOS 6 mempunyai banyak fungsi, termasuk Riding Mode, OPPO Cloud Service, Smart Assistant, serta Gesture Navigation. Fitur-fitur itu memungkinkan konsumen merasakan gaya hidup yang lebih cerdas.

Kelebihan OPPO K3

  • Layar AMOLED yang nyaman
    OPPO K3 mempunyai layar 6,5 inchi yang disebut dengan Panoramic Screen. Seperti layaknya smartphone masa kini, layar tersebut tidak memuat kamera depan berkat teknologi rising camera sehingga tidak ada bagian khusus yang mengganggu di dalamnya.
  • Hemat baterai dan pengisian cepat
    Dilengkapi dengan baterai 3.765 mAh, OPPO K3 bisa menjadi smartphone yang tahan lama, terlebih dibantu dengan chipset yang lebih efisien. Selain itu, OPPO K3 juga dilengkapi dengan VOOC Flash Charge 3. 0 yang bisa mengisi daya dengan lebih cepat.
  • Dukungan software yang bagus
    OPPO K3 sudah dibekali dengan sistem khusus bernama ColorOS 6. Dengan sistem ini, OPPO K3 menawarkan tampilan yang lebih cantik namun mudah untuk dipakai berkat lebih banyak fitur baru di dalamnya.

Kekurangan OPPO K3

  • Tidak ada NFC
    OPPO K3 sayangnya belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa dipakai untuk transfer data, melakukan pembayaran, sampai menghubungkan perangkat.
  • Slot MicroSD absen
    Sebenarnya tidak ada yang salah dengan absennya slot MicroSD saat dukungan memori internalnya besar. Namun perihal itu amat berbeda dengan OPPO K3, yang mana fitur ini cuma dilengkapi dengan memori internal sebesar 64 GB.
  • Kamera Motorized Pop-up
    Walaupun terdapat garansi yang ditawarkan oleh Oppo K3, tetapi sesungguhnya teknologi terbaru ini belum teruji bertahan dalam waktu yang lama. Produk ini tergolong masih sangat baru untuk bisa dibuktikan kualitasnya.
Spesifikasi OPPO K3Keterangan
Ukuran layar AMOLED 6,5 inci, 1.080 x 2.340 piksel, rasio 19,5:9
Sistem operasi Android Oreo 9.0, ColorOS 6.0
Prosesor CPU: Snapdragon 710, Octa-core 2x2,2 GHz, 6x1,7 GHz; GPU: Adreno 616
RAM 6 GB
Baterai 3.765 mAh, VOOC 3.0 Fast Charging 20W
Harga Rp 3.999.000,- per Oktober 2019

Vivo S1

Pada pencatatan skor Antutu, Vivo S1 menghasilkan total angka 146000. Sedangkan lewat aplikasi Geekbench 4 didapatkan hasil 1854 (single-core) dan 5991 (multi-core).

Lihat juga:  Pilih Mana: Redmi 5 atau Redmi 5 Plus?

Hasil di atas dihasilkan dari prosesor kelas menengah baru dari MediaTek yang dipakaikan ke Vivo S1, yaitu Helio P65. Kehadiran seri SoC tersebut memang berada di tengah seri Helio P60 dan P70, namun dengan arsitektur yang lebih baik.

Helio P65 menawarkan kinerja dual-core Cortex-A75 dengan clock 2 GHz serta 6 core efisiensi dari Cortex-A55 dalam satu klaster DynamIQ. Maka tidak heran bila skor yang didapatnya juga lebih besar dibanding pendahulunya.

Kamera Vivo S1

Melalui kombinasi kamera belakang 16MP f/1.78, 8 MP f/2/2, dan 2 MP f/2.4, membawa pengalaman berfoto jadi lebih bervariasi. Tidak cuma memotret ala bokeh atau dengan sudut normal, tapi kamu juga bisa memotret menggunakan lensa 8MP yang rentang sudutnya lebih luas.

Berpindah ke kamera depan Vivo S1 yang bertampilan water drop. Di mana Vivo masih memberikan perhatian besar pada kebutuhan swafoto melalui lensa berkekuatan 32 MP f/2.0. Menggunakan rentang resolusi sedemikian besar, tentu hasil fotonya pun sangat memuaskan. Ditambah mode wajib semacam AI Beauty, Fun Video, atau AR Stickers yang makin membuat berswafoto makin asyik.

Baterai Vivo S1

Kinerja prosesor maupun grafis pada Vivo S1 didukung dengan daya baterai 4.500 mAh yang sudah dibantu fast charging walau port USB masih bertipe 2.0. Itu bisa terwujud sebab Vivo sudah membawa teknologi Dual Fast Charging.

Sehingga pasokan daya bisa dipercepat serta waktu pengisian baterai makin efisien. Dalam waktu tiga puluh menit, paling tidak bisa terisi sekitar 25-30 persen daya pada baterai.

Fitur Vivo S1

  1. Pemindai sidik jari
    Pemindai sidik jari di bagian bawah layar menjadi salah satu highlight dari kehadiran Vivo S1. Cuma perlu pembiasaan saja untuk yang sebelumnya akrab dengan pemindai di bagian belakang.
  2. Multi-Turbo
    Multi-Turbo yang mampu mengurangi frame-drop sampai 300%. Kamu juga bisa mengatur game mana saja yang akan terintegrasi dengan fitur tersebut.
  3. Navigasi
    Fitur navigasi yang menggunakan gesture jari, sehingga layar lebih bersih. Atau perubahan widgets yang bisa kamu aplikasikan di layar utama ponsel.

Kelebihan Vivo S1

  • Layar ‘bening’ dengan Super AMOLED
    Vivo S1 dibekali dengan layar berjenis Super AMOLED yang terkenal ‘bening’. memberikan kecerahan maksimal saat terkena sinar matahari sekali pun. Selain itu, layar jenis ini juga amat efisien dalam mengkonsumsi daya.
  • Tiga kamera belakang
    Walaupun kini sudah banyak ponsel yang hadir dengan tiga kamera utama, fitur ini senantiasa istimewa untuk kelas menengah. Perpaduan ketiga kameranya cukup powerful, dengan konfigurasi 16MP (lensa wide, PDAF), ditambah 8 MP (lensa ultra wide) dan 2 MP untuk efek bokeh.
  • Sensor sidik jari di layar
    Soal keamanan, Vivo membekali S1 dengan teknologi sensor sidik jari di kembali layar layaknya yang tersemat pada smartphone flagship masa kini. Vivo menyebutnya sebagai Screen Touch ID. Fitur ini membuat desain bodi belakangnya terlihat bersih dan rapi.

Kekurangan Vivo S1

  • Masih memakai port microUSB
    Walaupun masuk segmen menengah, sayangnya Vivo S1 tidak dibekali dengan USB Type-C dan justru mengusung microUSB 2.0. Perihal ini termasuk ‘ketinggalan’, karena microUSB kalah telak dalam urusan transfer data, akomodasi daya, sampai kegunaannya lainnya.
  • Tidak mendukung NFC
    Near Field Communication (NFC) merupakan teknologi yang cukup penting di era digital seperti sekarang. Salah satu fungsinya yakni untuk memudahkan transaksi dengan uang elektronik.
  • Bodi rentan kotor
    Walaupun mempunyai desain keren dengan gradasi warna yang cantik, bodi Vivo S1 sangat gampang kotor dari jiplakan jari. Sehingga lebih disarankan untuk menggunakan soft case maupun hard case supaya lebih higienis.
Spesifikasi Vivo S1Keterangan
Ukuran layar AMOLED 6,5 inci, 1.080 x 2.340 piksel, rasio 19,5:9
Sistem operasi Android 9 Pie dan antarmuka FunTouch OS 9.0.
Prosesor CPU: Snapdragon 710 GPU: Adreno 616
RAM 4 GB
Baterai 4.500 mAh, dual engine fast charging 18 watt.
Harga Rp 3.600.000,- per Oktober 2019

Pilih Mana: OPPO K3 atau Vivo S1?

OPPO K3Vivo S1
Kelebihan- Layar AMOLED yang nyaman - Hemat baterai dan pengisian cepat - Dukungan software yang bagus - Layar ‘bening’ dengan Super AMOLED - Tiga kamera belakang - Sensor sidik jari di layar
Kekurangan- Tidak ada NFC - Slot MicroSD absen - Kamera Motorized Pop-up - Masih memakai port microUSB - Tidak mendukung NFC - Bodi rentan kotor

Kesimpulan

OPPO K3 dan Vivo S1 memiliki spesifikasi dan performa yang cukup mutakhir dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Keduanya tentu memiliki beberapa kelebihan serta kelemahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih pilihnya Vivo aja deh karena baterai yang lebih besar dan performa yang lebih mumpuni. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

OPPO K3 vs Vivo S1

VS